nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Benteng Malborough Bengkulu Lintasan Pertama yang Dilalui Oleh Gerhana Matahari Total (GMT)








Tanggal 9 Maret 2016 adalah terjadinya Gerhana Matahari Total. Indonesia sangat  istimewa dan membanggakan karena hanya di Indonesia satu-satunya negara di dunia yang dilintasi oleh GMT tersebut.

Ada dua belas kota di Indonesia yang kebagian dilewati oleh GMT tersebut. Kota tersebut adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Selain itu, semua provinsi di Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Di luar daerah yang dilintasi jalur totalitas gerhana hanya akan bisa menikmati Gerhana Matahari Sebagian (GMS). 


 Dari 12 kota tersebut salah satunya adalah kota Bengkulu yang menjadi lintasan pertama yang dilalui oleh GMT tersebut. Dengan kepekatan 1,008 magnitundo, dengan kategori sangat pekat. Gerhana matahari total pada posisi lintasan titik nol ini terjadi di Kabupaten Muko-muko tepat pada pukul 07.19, yang disebut sebagai puncak gerhana, dimana bulan akan menutupi matahari secara penuh. 

        Gerhana matahari total yang terjadi pagi hari akan membuat langit menjadi  gelap selama beberapa saat. Matahari  yang  biasanya memancarkan  sinar  terang  maka saat gerhana  akan  tertutup  bulan sehingga korona atau mahkotanya bisa terlihat.


                 "Ketika gelap piringan matahari tertutup seperti kondisi magrib, tapi kalau magrib masih ada senjanya. Kalau ini gelap ada cahayanya lembut sekali, suasana seperti ada cahaya bulan, gelap. Masih bisa lihat sekitar tapi remang-remang," ucap Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin kepada detikcom
.
 
               Dari laman  Pemerintah Provinsi Bengkulu banyak terdapat informasi dan ajakan untuk mengajak masyarakat maupun wisatawan untuk bersama-sama melihat fenomena yang langka tersebut.


              Di Kota Bengkulu sendiri, gerhana matahari juga terjadi meski tidak sepekat Muko-muko. "Meski tidak sepekat di Muko-muko, matahari akan tertutup 90% di kota Bengkulu, jadi sebenarnya hampir sama dengan di Muko-muko, hanya selisih 10%. Ini sebuah fenomena alam yang sangat langka dan sebaiknya tidak kita lewatkan" ujar Sudoto, asisten administrasi umum Sekretaris Daerah  (Setda)  Provinsi Bengkulu.

              Terkait hal ini, Pemprov Bengkulu sudah menyiapkan tempat bagi masyarakat dan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara untuk dapat menyaksikan gerhana matahari, yakni di puncak Benteng Marlborough, sebuah benteng bersejarah yang indah, peninggalan kerajaan Inggris.



Gerhana di wilayah Bengkulu akan dimulai pukul 06.19 sampai dengan pukul 08.27 WIB. Puncak gerhana dimana keadaan menjadi gelap akan terjadi pukul 07.19 dan hanya berlangsung 1 menit 43 detik.

             Acara di Benteng Malborough akan diawali dengan sholat gerhana secara berjamaah yang juga akan diikuti oleh Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti. Masyarakat juga dapat menyaksikan puncak GMT melalui teropong yang sudah disiapkan dan akan mendapatkan penjelasan ilmiah mengenai fenomena alam ini dari para ahli.



             Menurut Pemda provinsi Bengkulu, saat itu juga akan dihadiri oleh oleh ketua DPR RI Dr. H. Ade komarudin dan 4 anggota DPR RI Misbakun, Markusnari, Bambang Susatyo, Firman Subagyo. Serta tokoh nasional Agung Laksono,” terang Kepala Biro Umum Darpinudin.

          Menurut  Gubernur Bengkulu, dipilih lokasinya Benteng Malborough ini karena merupakan bagian dari promosi objek wisata bernilai historis tinggi tersebut.




          Apalagi Benteng yang dibangun  Inggris sejak tahun 1700 tersebut langsung berhadapan dengan Samudera hindia dan merupakan Benteng terbesar di Asia Tenggara. Tentu saja mempunyai daya tarik yang lebih bagi wisatawan Inggris maupun masyarakat umum. 



         Saya berencana mengajak keluarga terutama Nawra untuk melihat fenomena tersebut ke sana, sekalian salat dan rekreasi. karena fenomena tersebut belum tentu dapat dilihat lagi nantinya. 



        Kami belum mempersiapkan  alat atau kacamata untuk melihat GMT tersebut, kemungkinan akan melihat dari mobil saja atau menggunakan cara sederhana. misalnya dengan kardus, hehehe.

          Aku promosi Bentengnya ya , biar teman-teman pada mupeng datang , hihihi. tempatnya asik kok, dijamin deh.
 
Baca Juga

Related Posts

22 comment

  1. Met sholat gerhana besok ya, semoga benteng rapi setelah acara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak dapat salat di sana, padahal udaha dr pagi. penuh sesak

      Hapus
  2. wahh kereen mba. aku berasa lg jalan-jalan

    BalasHapus
  3. Wahhh... Pengen deh ke sana.
    Sudah saya folback ya Mbak :).

    BalasHapus
  4. Benteng nya emang kuereeen mak. ..

    BalasHapus
  5. ga lihat langit pagi ini. anakku demam tinggi jadi rawat anak yg sakit mba. makasi infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama Mb, nawra ku ajak salat juga demam thpus , dia gak mau ditinggal. terpaksa bawak obat juga ke masjidnya

      Hapus
  6. Kelewat GMT.
    Asyik, ya, Mbak. Nggak usah jauh-jauh tetep bisa lihat GMT. :))

    BalasHapus
  7. Benteng ini apa masih saudaraan sama benteng yang di Yogya ya Mbak? Namanya hampir sama. Apa arsiteknya sama? #kepoh :D

    BalasHapus
  8. iya bener, jarak lokasinya cuma setengah kilo dari rumahku

    BalasHapus
  9. di tempat tinggal saya gak gerhana Mbak, kemarin itu mataharinya hanya terlihat kekuningan :)
    saya menyaksikan GMT lewat TV dan rasanya mengharukan,,
    kalau menyaksikan GMT seperti Mbak MIlda pasti lebih mengharukan lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mb, ahamdulillah . sempat salat gerhana juga

      Hapus
  10. Beruntung banget ya Mba..kota Bengkulu menjadi perlintasan GMT.. Kalo di Palembang kami melihatnya dari Jembatan Ampera.. sayang gak begitu sempurna penampakan GMT karena tersaput asap pabrik dan awan tebal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, Mb Rita orang palembang ya. rumah saya juga ada di sana Mb. di jalan kapten rivai

      Hapus
  11. Aku sudah dua kali ke benteng Marlborough di Bengkulu.. Yang paling asyik tuh kita bisa naik ke atas dan melihat ke arah lautan di kejauhan.. Ternyata benteng Marlboroug menjadi tempat kumpul dan nonton bareng GMT di kota Bengkulu ya Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, ya. yang ketiga kontak saya ya. kita kopdaran

      Hapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin