nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Mengenal Jenis dan Pengolahan Coklat Bubuk



Mengenal Jenis dan Pengolahan Coklat Bubuk

 
 Pye Brownies, Salah Satu Olahan Kue yang Menggunakan Bahan Coklat

Selain teh dan kopi, coklat bisa menjadi pilihan yang baik bagi penikmat minuman panas. Minum secangkir coklat panas akan terasa sangat nikmat di musim hujan seperti ini. Rasa coklatnya yang khas dapat mendatangkan mood dan efek menenangkan bagi yang meminumnya.

 Minuman coklat dapat dibuat dari campuran coklat bubuk, susu dan gula. Bisa juga menggunakan krim sebagai pengganti susu. Selain untuk minuman, coklat juga digunakan untuk membuat berbagai jenis kuliner unik  seperti kue, roti, cereal, makanan ringan, permen, coklat batangan, es krim dan produk-produk makanan lainnya.

Coklat ini sendiri adalah coklat yang beraroma kuat. Coklat jenis ini dibuat dengan cara menghaluskan biji coklat yang telah dikeringkan dan dipisahkan dari lemak coklatnya. 

Setelah itu diproses penambahan tepung dan pemanis, kemudian dilanjutkan dengan proses pengeringan. Coklat yang dihasilkan adalah coklat dengan tekstur halus berbentuk bubuk, dengan daya tahan lebih lama. Ada beberapa jenis yaitu:

1.   Beraroma pahit dengan warna pekat. Jenis ini biasanya ditambahkan pada pembuatan roti atau kue. Dan bersifat sifat mengeringkan adonan.
2.   Coklat bubuk sedang adalah coklat yang mempunyai kepekatan sedang. Coklat jenis ini mudah didapatkan. Ada tersedia banyak di pasar, toko bahan-bahan kue dan supermarket.

Cara pengolahan coklat itu sendiri ada 2 macam yaitu:

Proses Natural

Tahap pertama proses ini dimulai dengan pembersihan biji coklat /kakao kemudian dipanggang untuk menumbuhkan aromanya. Setelah itu dilakukan proses pemisahan antara kulit dan biji. 

Lalu dilanjutkan dengan alkalisasi, yaitu penambahan Calium Carbonat. Hasil alkalisasi kemudian dilakukan proses penggilingan menjadi cocoa liquor dan penambahan bahan pencampur. 

Setelah itu dilakuka  proses ekstraksi dengan cara ditekan. Hasil ekstraksi berupa lemak coklat (cocoa butter) dan padatan yang disebut cocoa press cake. 

Terakhir,  lemak coklat akan diproses menjadi coklat batangan dan cocoa press cake akan dihaluskan menjadi coklat jenis bubuk.

Proses Fermentasi

Pada proses fermentasi coklat hasil panen dibelah dipisahkan bijinya, kemudian dikumpulkan pada suatu wadah berupa container kayu. Biasanya dasar container dilengkapi lubang kecil untuk drainase dan aerasi. Fermentasi akan terjadi selama 2 – 6 hari.

 Setelah itu dilanjutkan dengan proses pengeringan hingga diperoleh kadar air 7 – 8 %. Biji kemudian disortir dan di sangrai. Langkah selanjutnya hamper sama dengan proses Natural, yaitu proses ekstraksi untuk mendapatkan lemak coklat dan padatan yang selanjutnya diolah menjadi coklat jenis bubuk.

Merk coklat jenis bubuk yang biasa dijumpai di pasaran diantaranya adalah:

1.   Bensdorp,
2.   Van Houten,
3.   Tulip Bordeux,
4.   Windmollen.

Tiap orang pasti memiliki selera yang berbeda dalam memilih coklat bubuk yang disukai. Biasanya pemilihan berdasarkan pengalaman dari pemakaian sebelumnya. 

Harga juga menentukan. Jika digunakan sebagai bahan minuman tidak menjadi masalah, tetapi untuk pembuatan kue biasanya agak lebih rumit. Merk yang dianjurkan untuk kue biasanya Bensdorp. 

Namun semuanya tetap kembali pada selera orangnya. Baca juga berbagai resep masakan tradisional dan modern di resep masakan tradisional 

Related Posts

28 komentar

  1. agak lebih ribet y mbak, pakai proses fermentasi sgalaa.

    BalasHapus
  2. betul, apalagi untuk mendapatkan hasil terbaik, ya harus agak ribet:)

    BalasHapus
  3. aku cuma tau jadinya aja ya mbak, enak :) Salam kenal mbak, terima kasih sudah berkunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mb, salam balik....bener apalagi kalo udah jadi makanan atau minuman ya Mb

      Hapus
  4. coklat yang ada di toko perlengkapan kueh jenis apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang biasa digunakan untuk kue itu jenis bensdrop

      Hapus
    2. yang aku tahu vanhouten... Coba ah nanti cari yang merk bensdrop . Makasih ya mbak ^_^

      Hapus
  5. Kalau minuman kyk Milo, ovaltine itu masuk coklat gak ya Mbak? Seringnya minum itu seh, yg praktis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti Mba ada coklatnya. minuman kayak begitukan sejak awal emang udah dicampur ama coklat. memang dibuat praktis biar kita suka dan mudah

      Hapus
  6. Ternyata prosesnya lumayan ribet juga ya, Mbak. Saya taunya jadi dan tinggal makan. XD

    Btw, untuk cokelat bubuk khusus minuman aku belum nemu merek yang pas sama lidahku, pernah coba beberapa merek tapi masih kepahitan. Ada rekomendasi mungkin, Mbak?

    BalasHapus
  7. bener Mba, ribet...saya pernah juga lihat pengolahannya di TV. duh, ternyata lama.

    cobain aja Mba yang merek Tulip... atau Van... beli dikit aja dulu. ntar kalo doyan baru nambah

    BalasHapus
  8. sealama ini gak pernah ngerti proses pengolahan coklat taunya beli jadi trus diseduh panas2.. aku pernah nyoba si vanhouten itu mayan

    BalasHapus
  9. diantara beberapa merek coklat yang disebutkan itu tak ada satupun yang saya tahu Mbak :(
    gak pernah bikin kue sih jadi gak tau merek cokelat :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau dekat lebaran ni mb, hayuuk bikin kue

      Hapus
  10. Wah widya baru tahu bahwa proses pengolahan cokelat bubuk harus melewati beberapa proses. Terimakasih informasinya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sama saya juga tahunya makan aja sebelum ini

      Hapus
  11. Wah, baru tau aku coklat bisa di olah secara natural.
    Salam kenal Mbak

    BalasHapus
  12. Aku sih langsung beli jadinya aja ya, hehe... jadi tukang makannya aja.
    atau kalau mbak Mildaini mau kirim ke rumah juga boleh kq :3

    BalasHapus
  13. Ribetnya jadi wanita :D untung saya laki-laki :D

    BalasHapus
  14. Coklat..
    Jadi inget dulu waktu mash di kampung, biji coklat yg sdh tua dibakar atau di goreng. Terus dimakan pake gula..hemm serasa makan permen coklat asli.

    *coklat kakau

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dulu juga punya, tiga pohon di halaman samping tapi pas saya mau nikah ya ditebang deh, hiiks

      Hapus
  15. mbak minta saran dong... kalo buat bikin coklat yg dilelehin trus dicetak gtu enaknya pake coklat apa sih?

    BalasHapus
  16. enggak nyangka, dengan bentuk buah coklat yang seperti itu, setelah diperoses bisa menjadi cokelat yang menggiurkan lidah

    BalasHapus
  17. Maaf mau nanyak, kalo coklat bubuk yang kilonan itu bahaya apa tdk ya kalo lngsng dwbt jajanan ringan, misal saja keripik coklat gtu.. Soalnya ada yg bilang klo coklat bubuk jenis yg sy mksd itu katanya masih mentah? Apakah benar? Trimakasih

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin