Menu

Rabu, 14 Maret 2018

/
Assalammualikum Wr. Wb

Mildaini.com_ Grojongan Sewu Sebagai Wisata Air Terjun Utama di Karanganyar. Keluarga saya sangat menukai datang dan mandi di kawasan wisata air terjun. Selain tempatna asik, sejuk. Main ke wisata air terjun bisa melekatkan kasih sayang di antara keluarga dan pastinya juga bikin happy. Banyak lokasi air terjun yang sudah kami kunjungi.

Saya saat berada di lokasi air terjun Curug Embun, Kepahiang

Nah, kali ini saya mau bercerita tenang objek wisata air terjun di Karanganyar, Solo. Mana tahu, ada yang butuh informasinya ya.

Grojogan Sewu adalah sebuah air terjun di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, yang boleh dikata paling terkenal di kabupaten tersebut. Kawasan air terjun telah lama menjadi sebuah kawasan wisata yang diminati wisatawan terutama wisatawan domestik di wilayah sekitar Jawa Tengah.

Air terjun setinggi 80 kilometer ini mendapatkan namanya dari istilah dalam Bahasa Jawa. Grojogan artinya adalah “air terjun” sedangkan “sewu” adalah tinggi air terjun dalam satuan tradisional yaitu pecak. Satu pecak kira-kira setara dengan satu telapak kaki orang dewasa.
Namun ternyata, Kabupaten Karanganyar tidak hanya memiliki Grojogan Sewu sebagai satu-satunya tempat wisata berbentuk air terjun. 

Salah satu air terjun yang menarik di Solo, sumber google.

Berikut ini kawasan wisata air terjun lainnya selain Grojogan Sewu yang juga menarik untuk dikunjungi. Gunakan jasa sewa mobil Solo IxoTransport untuk mencapai tujuan wisata berikut.

Destinasi Wisata Air Terjun di Karanganyar

1.    Wisata Air Terjun Parang Ijo Karanganyar

Air Terjun Parang Ijo berada di Desa Girimulyo, kira-kira 20 menit dari kompleks Candi Cetho. Air terjun ini menawarkan pemandangan menarik dan kisah di balik penamaan Parang Ijo yang cukup mengesankan.

Baru Klinthing, sebutan warga atas sebuah banjir besar yang pernah terjadi di kawasan tersebut, membuat sebuah pohon yang tadinya berdiri di atas tebing di wilayah itu hanyut. Pohon itu lantas terdampar di antara dua tebing (dalam bahasa setempat juga disebut parang). Hal ini membuat aliran air dari atas tebing bisa melalui batang pohon. Lama-kelamaan, pohon dipenuhi lumut sehingga terlihat menghijau.

Pada tahun 1982, banjir besar kembali melanda kawasan tersebut. Pohon di antara dua parang itu hanyut ke bawah. Aliran air yang semula harus melewati pohon menjadi tidak terhambat dan membentuk air terjun setinggi kurang lebih 50 meter itu.

Demikianlah legenda Air Terjun Parang Ijo. Di tempat ini, Anda dapat bersantai, berkemah, dan menjajal flying fox. Rental mobil di Solo murah IxoTransport menawarkan paket wisata terjangkau ke Parang Ijo.

Bisa gunakan aplikasi untuk kenyamanan berliburan
2.    Wisata Air Terjun Jumog Karanganyar

Air Terjun Jumog berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Sebelum ditemukan, kawasan air terjun berupa semak belukar yang belum dijangkau manusia. Baru pada tahun 2004, air terjun ini mulai dikelola secara serius.


Jumog dikenal sebagai “surga yang hilang”. Alasannya, seperti yang telah diungkap di atas yaitu sebelumnya kondisi air terjun tertutup semak-semak.


Air Terjun Jumog merupakan air terjun berjenis air terjun bersisian (Klueng). Sebagaimana julukan yang disandangnya, pemandangan di air terjun ini memang seperti surga. Pada pagi atau siang hari, kadang-kadang ada pelangi muncul di air terjun. Pemandangan tersebut tentunya menambah indah air terjun ini.


Rental sewa mobil di Solo murah IxoTransport menawarkan paket wisata mengunjungi Air Terjun Jumog dengan tarif terjangkau. Segera hubungi ixotransport.com untuk informasi selengkapnya.


3.    Wisata Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgondani memiliki ketinggian lebih dari 100 meter. Karena tingginya itu, air terjun ini tampak megah. Air terjun ini seolah-olah memiliki dua tingkatan. Lereng air terjun memiliki tonjolan sehingga membuat “lantai dua”. Namun, manusia tidak bisa menjangkau tingkatan kedua ini karena berada di ketinggian yang berbahaya.


Selain karena topografinya yang unik, air terjun Pringgodani juga memiliki nilai wisata religius. Di tempat ini, ada sebuah pertapaan bernama Pertapaan Pringgodani. Biasanya, orang-orang sering bersemedi di sini karena dipercaya di sinilah tempat orang-orang sakti bertapa. Warga percaya tempat ini adalah bersemedi Eyang Koconegoro. Tidak diketahui apakah pernyataan tersebut benar atau sekadar mitos belaka.


Beberapa pilihan sewa mobil di solo, sumber google
 Paket wisata ke Air Terjun Pringgodani ditawarkan oleh rental mobil Solo murah  IxoTransport. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, kunjungi ixotransport.com.

Paket wisata ke tiga air terjun terkenal di Tawangmangu ini dapat dipesan di iXoTransport, layanan sewa mobil Solo murah. Hubungi 085778910777 melalui WhatsApp.


Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.