Menu

Senin, 12 Juni 2017

/

Banyak sekali orang-orang yang lebih suka memilih berpergian dengan menggunakan pesawat terbang. Pergi dengan menggunakan pesawat terbang membuat kita lebih cepat sampai di tempat tujuan, menghemat waktu dan juga tenaga. Apalagi saat ini hampir semua wilayah di Indonesia sudah ada jalur penerbangannya. Bahkan ada yang jadwal terbangnya setiap hari. Terus dalam satu hari ada beberapa jadwal. Misalnya saja jurusan Bengkulu- Jakarta untuk maskapai tertentu ada yang memiliki lima kali jadwal terbang.

Belum lagi saat ini banyak sekali penawaran atau pilihan maskapai yang bisa kita gunakan untuk berpergian. Harga dan fasilitas yang ditawarkan juga beragam dan bersaing. Kita tinggal memilih dan membeli sesuai kebutuhan. Apalagi pembelian tiket pesawat bisa dilakukan secara online. Semuanya menjadi daya tarik banyak orang untuk memilih berpergian dengan pesawat. Terutama orang dengan mobilitas tinggi.

Bandara Fatmawati Bengkulu
Kebutuhan untuk berpergian dengan pesawat ini semakin meningkat permintaannya pada saat liburan dan hari raya.Banyak orang yang mudik.Berdasarkan kalkulasi Kementerian Perhubungan RI, jumlah penumpang melalui jalur udara pada musim mudik Lebaran 2017 (1438 H) mengalami kenaikan tertinggi pada arus mudik 2017 ini. Jumlah penumpang melalui jalur udara naik sekitar 9% dibanding musim mudik lebaran tahun 2016 yang lalu.

Untuk mengantisipasi tingginya arus mudik jalur udara tahun ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI membuat beragam kebijakan & strategi. Berikut ini penjelasan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso tentang kesiapan angkutan udara lebaran 2017 (1438 H)

Bukan cuma umat muslim , akan tetapi di luar itu banyak orang yang juga memilih berpergian dengan pesawat untuk liburan. Memanfaatkan hari libur yang panjang.

Meski sudah banyak orang yang menggunakan pesawat terbang saat berpergian. Akan tetapi masih banyak juga yang belum tahu apa saja budaya  terbang dengan aman, nyaman dan selamat. Bahkan orang yang sudah sering berpegian dengan pesawat pun masih suka lupa untuk melakukan kiat-kiat smart untuk terbang



Oleh karena itu ada baiknya kita ulas dan bahas kembali budaya apa saja yang harus diperhatikan para penumpang pesawat terbang untuk perjalanan yang lebih aman, nyaman dan selamat.

Tapi sebelum itu kita nyanyi dulu ya, biar lebih fresh  dan gak tegang untuk sebagian orang, masih banyak yang takut dan kuatir saat pergi dengan pesawat. Mendengarkan lagu ini akan bikin hati kamu nyaman, aman dan tentram sama seperti halnya dengan do'a yang selalu kita panjatkan saat berpergian meninggalkan keluarga. Judul lagunya Selamanya

Sebelum kau melangkah
Keluar dari rumah
Ingat-ingatah wajah
Yang menunggu tanpa lelah

Kehadiranmu kembali
Untukmu terbang kembali
Pulang ke rumah kita
Tuk bersama selamanya

Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karena hati yang nyaman
Kan bawa pulang senyuman
Selamanya

Coba perhatikan lirik lagu di atas, bikin tambah semangat, iya kan. Bikin kita termotivasi untuk menjaga diri dan melakukan berbagai budaya baik  agar aman, nyaman dan selamat naik pesawat. Agar bisa  sampai ditujuan dan kembali kumpul kembali dengan keluarga.

Beberapa Budaya Penerbangan yang harus diketahui oleh #SobatAvasi untuk tetap Selamat, Aman dan Nyaman saat terbang.

Saat Membeli Tiket

  • Pilihlah maskapai yang sesuai dengan selera dan kebutuhan
  • Pastikan saat mem-booking memberikan nama atau identitas yang sesuai dengan KTP/SIM/Paspor. Nama harus sama antara nama di tiket dengan kartu identitas.
  • Periksa kembali waktu dan tujuan penerbangan, Jangan ada yang salah
  • Jika membeli tiket secara online maka simpan tiket elektronik dengan baik, nanti saat di bandara tinggal menunjukkan kepada petugas tidak perlu membawa kertas tiket
  • Catat kode booking ditempat lain, untuk menghindari jika terjadi tiket tertinggal atau tercecer sehinga bisa di cetak kembali di bandara.
  • Beli tiket jauh-jauh hari terutama saat liburan atau mudik lebaran

Saat Menyiapkan Barang atau Packing

  • Bawalah kover atau ransel dengan warna yang mencolok serta tandai dengan khas agar mudah dan cepat ditemukan di mesin bagasi penumpang
  • Pilihlah pakaian yang multifungsi atau yang bisa dipakai padu padan. Sehingga tidak terlalu banyak mmebawa pakaian
  • Gulung bahan pakaian yang tidak mudah kusut
  • Slipkan barang-barang yang kecil di bagian kover atau ransel yang kecil
  • Masukan baju terlebih dahulu ke dalam plastik. Misalnya seperti plastik bekas baju laundry. Untuk menghindari terkena noda atau basah
  • Ikat plastik bajunya  atau dilakban, agar isi tidak mudah keluar atau terbongkar
  • Hindari untuk meletakkan barang berharga di kover/ ransel 
  • Ransel atau kover yang bisa dibawa ke kabin adalah dengan berat 7Kg dengan dimensi P x Lx T (58x46x23) . Berdasarkan PM 49 thn 2012
  • Bawalah barang seperlunya

Ketika Melewati Pemeriksaan
  • Simpan alat-alat yang mengandung logam di bagian bagasi pesawat
  • Lepaskan aksesories yang mengandung logam sebelum melewati mesin metal detector
  • Bawa ransel atau tas kecil
  • Jangan bercanda saat melewati pemeriksaan mesin metal detector
  • Dahulukan barang yang lewat mesin conveyor belt bandara baru kita masuk lewat mesin metal detector
Waktu Chek In
  • Pastikan chek in tepat waktu.
  • Paling telat 30 menit sebelum terbang
  • Tunjukkan tiket dan identitas yang sama
  • Ambil dan simpan kartu boarding pass, baggage tag (dokumen bagasi/label)
  • Lalu masuklah ke ruang tunggu atau gate yang sesuai dengan jadwal penerbangan yang tertera di tiket
Saat Chek In

Saat Berada di dalam Pesawat
  • Matikan handphone
  • Duduklah di nomer kursi yang telah dipilih
  • Tanyakan kepada petugas apakah bisa berpindah kursi. Jika tidak maka duduklah ditempat yang sesuai dengan nomer kursi di tiket
  • Memilih kursi dilakukan saat chek in terutama chek in online. Pilihlah kursi di dekat jendela dan tidak di tengah atau di lorong karena akan terganggu saat orang lewat
Duduklah di nomor kursi yang tertera di tiket

Ketika harus Mendarat Darurat
  • Brace For Impact dan merunduk
  • Pasang sabuk pengaman
  • Duduk tenang dan lurus
  • Tegakkan sandaran kursi dan meja agar tidak menganggu terutama
  • Saat terjadi turbulensi atau perubahan tekanan udara maka segera pasang masker oksigen
  • Orang tua harus terlebih dahulu pasang masker baru menolong anaknya

Saat Mendarat dan Sampai di Tempat Tujuan

  • Hidupkan kembali handphone jika sudah berada di dalam gedung bandara
  • Tunggu bagasi sesuai jalur, pastikan mengambil bagasi yang sama, periksa dengan seksama, Banyak tas yang sama.
  • Siapkan label bagasi
  • Laporkan kepada petugas jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai
Tiba di Bandara Adi Sucipto, Yogjakarta

Nah #SobatAviasi, eh sebentar udah tahu belum Aviasi itu apa. Jadi Aviasi itu adalah ilmu tentang penerbangan. Kata sobat Aviasi digunakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara atau yang disingkat dengan DJPU untuk menyebutkan para penumpang atau pelanggan pesawat terbang. Atau sebutan bagi orang-orang yang suka berpergian dengan pesawat dan orang-orang yang menyukai dunia penerbangan.

Nah, itu beberapa budaya penting untuk aman, nyaman dan selamat berpergian dengan pesawat terbang ya. Tak perlu kuatir dan takut, jika sudah mempersiapkan semuanya dengan baik dan maksimal. Kita hanya tinggal pasrah kepada Allah SWT. Berdo'a dan semoga Allah melindungi perjalanan kita , sampai bertemu kembali seperti jingle lagu Selamanya di atas itu.

Kalo kamu penasaran dengan lagunya, bisa ditonton video berikut ini



Untuk mengetahui atau mendapat informasi terbaru mengenai #SobatAviasi bisa dengan melihat sosial media DJPU beikut ini

Facebook Sobat Aviasi
Instagram @djpu151

Oh, ya saat ini juga sedang berlangsung lomba VLOG tentang penerbangan, kalian bisa ikutan ya dengan melihat secara detil di info lomba ini.



Selamat terbang

26 comments

Lengkap banget petunjuknya ya

Reply

iya, alhamdulillah semoga bisa membantu yang nyari informasi

Reply

Penting banget diketahui apalagi ini mau mudik

Reply

Wah lengkaapp infonyaa. Thank for sharing mba

Reply

Alu suka lagunya mbak, semangat gitu :)

Reply

Asyiknyaaa naik pesawat

Reply

Meski belum tahu kapan naik pesawat, tapi save ah. Suatu saat pasti dipakai juga ilmunya. ^_^ Terima kasih

Reply

Aku takut banget naik pesawat. :'D

Reply

Terima kasih sudah berbagi pengalaman mba. Aku takut naik pesawat

Reply

Alhamdulillah bermanfaat banget buat yang mudik menggunakan pesawat ya mba

Reply

Saya jugaa pengeen mbaak mudik pake pesawaat sbnernya lebih cepet dan nyaman hehehe, tp di kampung saya belum ada bandara eh adanya landasan udara TNI :" wkwkwk #terusditimpukmbakmilda. . bermanfaaat banget sharingnyaaa buat nanti pas melancong pake pesawat. hehehe makasiih mbaaak :D

Reply

Paling prihatin sekaligus khawatir kalau lihat orang-orang yang masih menyalakan ponsel untuk berkomunikasi saat pesawat sudah bersiap tinggal landas atau sudah landing, tapi masih muter-muter mau parkir. Duh, kenapa mereka ga berpikir kalau tindakan itu membahayakan? :(

Reply

Bermanfaat banget informasi ini buat yg baru pertama kali menggunakan transportasi udara

Reply

Itu lirik jinglenya emang easy listening banget ya mbak. Saya sampaikan membayangkan jinglenya diputar selama kita masuk ke dalam pesawat. Seru kali ya?

Reply

Wah seru kayaknya kalo ikut, ,

Reply

Dan ada lagi, makan secukupnya sebelum naik pesawat karena di dalam pesawat tidak diberi makan gratis melainkan harus membeli sendiri :D :D

Reply

wah saya yg pas bagian "jangan bercanda" itu rada gmna yah, kan gak asik banget diem dieman gitu menunggu wkwkwk

Reply

Habis baca ini jadi pingin terbang lagi, kangen terbang apalagi pas musim mudik

Reply

Wah..aku packingnya msh suka asal2an.ihihi

Reply

Tipsnya lengkap banget

Reply

kalo aku rapih suka bawaan banyak soalnya

Reply

idih kakak serius amat ya

Reply

Belum pernah mudik pakai pesawat, tapi bisa disimpenin tipsnya

Reply

Salam kenal mba Mildaini, meskipunn sudah sering naik pesawat kalau saya masih ada rasa deg-degan terutam ketika di daerah pegunungan. Tapi kuncinya adalah berdoa.

Reply

Lagu Selamanya itu udah stuck in my head Mbak :D

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.