Menu

Senin, 20 Maret 2017

/

Assalammualaikum Wr. Wb

Di dalam perbendaharaan kata atau kosakata Indonesia di bidang pertanian sering kita dengar istilah yang dipakai secara bersaing oleh penutur bahasa Indonesa. Kali ini saya akan membahas dua istilah ini dulu ya. Dalam istilah bidang pertanian. 

Istilah kata tersebut adalah Gaga Rancah dan Huma Padi


Lalu, pertanyaannya apakah kedua istilah tersebut mempunyai makna yang sama atau berbeda.

Kita akan membahas kedua istilah tersebut ya, supaya tidak salah paham dalam menggunakannya.

Di pulau Jawa memang lebih dikenal dengan istilah Gaga Rancah. Sedangkan untuk istilah Padi Huma lebih dikenal di daerah Melayu.



Ketika masyarakat petani di Jawa mengalami masalah dalam menanam padi atau kurang beruntung akibat cuaca yang tidak menentu. Para petani pasti akan mengalami kerugian. Untuk mengurangi kerugian tersebut, maka para petani menanam padi Gaga Rancah. Padi tersebut sangat lazim ditanam di lahan yang kering akibat kurangnya air. Jadi Gagah Rancah adalah jenis padi yang sangat cocok ditanam di lahan yang pasokan airnya kurang

Sedangkan di daerah Sumatera lebih dikenal dengan istilah kata Huma Padi. Sama halnya dengan Gaga Rncah. Huma Padi adalah sebuah kegiatan menanam padi di ladang. Di lahan yang juga pasokan airnya kurang. Di daerah Melayu dikenal juga dengan istilah Padi Ladang. Untuk menyebutkan cara bertanam atau hasil padi yang ditanam di lahan yang kurang air.

Jadi kedua istilah tersebut Gaga Rancah atau Huma Padi sebenanya memiliki arti dan maksud yang sama. Hanya berbeda daerah yang menggunakan istilah tersebut.



Selain itu istilah Gaga Rancah lebh sering dipergunakan karena istilah tersebut digunakan oleh pemerintah dalam program swasembada pangan. 

Jadi istilah Gaga Rancah lebih populer dan dikenal oleh sebagian besar orang.

Berikut ini adalah senarai kata atau istilah untuk menambah wawasan kita dalam kosakata Indonesia

- Eco city ..............) Eko kota

- Feature race...............) Balapan utama

- Frontliner......................) Garda depan

- Fruitarian.................) Fruitarian

- Globetrotter..................) Pelanglang Buana

Gimana, sudah sering mendengar istilah di atas. Jika belum semoga informasi ini bisa menambah wawasanmu tentang kosakata ya



Mari kita melestarikan Bahasa Indonesia dengan cara mempelajari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sampai jumpa, salam literasi

Sumber : Lembar Komunikasi, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 

39 comments

Jadi nambah pengetahuan setelah membaca ini mba :), sering sering ya bikin artikel tentang literasi mba, biar saya bisa nambah ilmunya juga :)

Reply

Wah aku malah baru tahu ada dua kosakata itu , mba Milda. Hehehhe

Reply

Makasih mb infonya, jadi harus banyak belajar kosa kata B.Indo nih

Reply

wah, terimakasih infonya. sangat bermanfaat :)

Reply

Iya, in sya Allah akan sering minimal sebulan sekali

Reply

Iya mba moga bermanfaat

Reply

Sama2 , tunggu info bulu depan ya

Reply

Iya, bisa kita emang kaya banget

Reply

Hmmm ... baru dengar istilah2 di atas dari artikel ini.
oke fix, perlu banyak belajar

Reply

Yag sudah saya temui baru "frontliner", Mbak. Terima kasih sharing-nya :)

Reply

aku baru mendengar Gaga Rancah ini, Mbak. Makasih sharing nya ya

Reply

indonesia memang sangat kaya dengan tata bahasa dan kosa kata

Reply

Fix, maen kesini jadi nambah ilmu dan pengetahuan :)
Baru istilah seperti itu, Mba :)

Reply

Iya,Alhamdulillah emang banyak yg kita belum tau nih

Reply

Kalau huma padi saya pernah dengar waktu SD, nah kalau gaga rancah malah baru dengar mbak. Makasih infonya ya

Reply

Globetrotter wah istilah baru . .dapat mengenal kata yang lain

Reply

baru dengar istilah tersebut, salam info dari kami... :)

Reply

Waaah, kosa kalimat baru neh. Good Bu Mil.

Reply

nambah perbendaharaan kata nih mba...

Reply

sering denger istilah padi gaga ketika masih sekolah dulu, tapi sekarang udah ga pernah lagi. Berganti sama IR gitu ya mba

Reply

Semoga pengetahuan saya akan bertambah dan bisa bermanfaat bagi kehidupan saya nantinya amin.

Reply

baru denger istilah ini mbak, tp kalau "Ketika Mas Gagah Pergi" ini sudah gak asing, karena biasanya LDK sering memutar filmnya, hihihi

Reply

idih, kamu ada2 aja deh

Reply

aamiin, sama2 mendoakan ya

Reply

iya yurma Gagah ya bukan gaga say

Reply

iya, bnayak yang baru ya

Reply

sama2, semoga bermanfaat ya

Reply

alhamdulillah, sama2 ya

Reply

sangat kaya emang, luar biasa

Reply

saam2 ya say, semoga bermanfaat

Reply

padi huma pernah dengar mba, kalau gaga rancah masih asing. Kaya juga ya kosakata B. Indonesia :) makasi infonya ya mba

Reply

Frontliner udah pernah denger. Cuma yang Gaga Rancah ini baru tau saya. Artikelnya bermanfaat mba

Reply

pas SD kelas 4 ato 5 gitu aku dulu nemu kata huma di sebuah bacaan
baru paham pas bisa liat KBBI
klo gaga rancah sering aku denger mbak, mbah putri sering cerita

Reply

Jadi istilah keduanya sama aja ya mba, hanya beda penyebutan di asal daerah aja. Siiip, informatif sekali mba, soalnya aku baru denger kedua istilah tsb *kuper ��

Reply

Gagah rancah, baru kenalan di sini. Padahal aku anak petani loh mbak hehehe.. Informasinya bermanfaat ini, :)

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.