Menu

Sabtu, 01 Oktober 2016

/



Assalammualaikum Wr. Wb

Suatu hari, sahabat lama saya menelpon.  Bercerita, kalo dia ingin sekali membuka sebuah usaha. Namun bingung akan membuka usaha apa. Lalu saya menawarkan kepadanya sebuah usaha waralaba. Sebuah bisnis yang semuanya sudah disiapkan, sehingga tinggal jalan saja dan tak perlu membangun semuanya dari nol.

Teman saya sangat tertarik karena memang almarhum suaminya juga meninggalkan dua buah ruko yang selama ini disewakan kepada orang lain. Sejak kepergian suami, otomatis, semua keperluan dan biaya hidup ditanggung oleh teman saya seorang diri. Dua anaknya sedang bersekolah dan butuh biaya yang juga sangat banyak.

Usaha waralaba adalah salah satu pilihan tepat yang bisa dijalankan oleh teman saya tersebut. Lalu saya memberikannya berbagai informasi terkait dengan usaha waralaba yang saya informasikan kepadanya.

Menurut Wikipedia , Waralaba, bahasa Inggris  franchising; bahasa perancis : franchise yang aslinya berarti hak atau kebebasan adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa

Syarat untuk mendaftar usaha waralaba ini sangat mudah dan bisa dipenuhi oleh siapa pun yang ingin memulai usaha. Pastikan semua syarat di bawah ini sudah terpenuhi, sehingga tinggal mendaftar saja.
  • Minat di industri minimarket
  • WNI, Badan Usaha (CV, PT, Koperasi & Yayasan )
  • Luas lokasi  ± 150 s.d 250m2
  • Dana Investasi
  • Memenuhi Persyaratan Perijinan
  • Mengikuti Sistem & Prosedur Alfamart
Selain itu kenapa saya merekomendasikan usaha waralaba Alfamart, hal ini karena teman saya tidak punya basic pendidikan di bidang bisnis atau ekonomi, terutama soal keuangan. Jika akan dipelajari dulu, tentu saja akan lebih lama. Kapan Mulainya. Lalu membangun sebuah brand dari nol, bukanlah sebuah pekerjaan mudah. 



Kelebihan usaha waralaba Alfamart adalah

JANGKAUAN LUAS

Sampai dengan saat ini Alfamart telah menjangkau seluruh daerah Pulau Jawa dan Bali, Pulau Sumatera (Dalam proses: Aceh, Sumatera Barat dan Pangkal Pinang), Sulawesi Selatan dan Utara di Pulau Sulawesi dan Pulau Kalimantan di daerah Kalimantan Selatan dan Barat. Alfamart pun sudah secara aktif melakukan ekspansi ke beberapa wilayah di Asia seperti di Filipina.

PRESTASI 

Seiring bertambahnya usia Alfamart, hampir seluruh penghargaan bergengsi dalam pengenalan merek di tanah air sudah diterima Alfamart. Hal ini menjadi bukti jutaan pelanggan setia setiap harinya memilih gerai Alfamart dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari mereka.

KOMUNITAS TOKO

Kami berupaya mewujudkan Alfamart menjadi “A True Community Store” yang menjadi dasar filosofi kegiatan kami dalam memberikan layanan yang cepat berkualitas dan aksesibilitas yang mudah bagi pelanggan di sekitar gerai.
  • Gerai Pilihan Berbelanja
    • Harga kebutuhan pokok sehari-hari yang terjangkau
    • Pelayanan yang memuaskan
    • Suasana yang nyaman
    • Lokasi yang dekat dan mudah dijangkau masyarakat
  • Zona Komunitas
    • Lantai 2 gerai sebagai tempat kegiatan masyarakat:
    • Arisan
    • Rapat warga
    • Tempat belajar anak-anak
    • Demo produk, demo masak
    • Tempat sosialisasi (pendidikan nutrisi)
  • Informasi Komunitas
    • Media komunitas untuk lingkungan sekitar
    • Informasi kesehatan
    • Pengumuman pengurus lingkungan (RT/RW)
    • Informasi jual beli dan sewa (rumah, kendaraan)
    • Informasi promosi
  • Nilai Tambah Bagi Komunitas
    • Payment Point (utilitas, pembayaran cicilan kendaraan, remittance)
    • E – Services: ticket, e commerce
    • Pengetahuan mengenai produk
    • Kesempatan magang kerja bagi pelajar dan kerja paruh waktu bagi warga sekitar
  • Jutaan Pelanggan Setia Alfamart
    • Pelanggan setia adalah asset yang berharga, jutaan masyarakat sudah tergabung dalam keanggotaan pelanggan setia Alfamart.





Dalam hal ini, ada tiga tipe kerjasama yang dapat kita pilih untuk memulai usaha waralaba Alfamart. Tipe kerjasama waralaba yang ditawarkan oleh Alfamart ada 3 macam, 

1.Skema gerai baru dimana Franchisee mengajukan usulan lokasi untuk pembukaan gerai baru.

2. Skema kedua adalah skema gerai baru – konversi dimana Franchisee mengajukan usulan lokasi yang masih berupa toko kelontong/ minimarket untuk di kembangkan menjadi gerai Alfamart.

3.Skema ketiga adalah skema gerai take over, dimana Franchisee mengambil alih kepemilikan gerai milik Alfamart yang sudah berjalan.

Sepertinya teman saya tersebut, akan memilih skema yang pertama. Dia sudah punya lokasi yaitu tokonya. Jadi dia bisa mengajukan untuk pembukaan gerai baru.

Wah, kayaknya enak ya. Jadi kepengen juga. Apa Toko Nawra diganti aja ya jadi Alfamart. Kalo bisa dan saya mau tentunya saya harus memilih skema dua. Karena toko sudah ada dan sudah berjalan.

Teman-teman yang lain, hayuk ah ikutan usaha waralaba Alfamart. Apalagi kalo sudah punya toko, tambah lebih mudah. Atau punya toko tapi usahanya segitu saja, ibarat kata jalan di tempat. Ya, mending di Franchisee aja ama Alfamart.

Apa? Mau mikir dan pelajari dulu. Oke deh, tapi janga lama-lama ya. Nanti bisa keduluan ama yang lain. Sayang banget ya.
23 comments

Wah, enak ya kalo udah punya lah, apalagi sudah ada aktivitas memulai pertokoan walau pun secara toko kelontong, kemudian dengan modal yang cukup disulap jadi Alfamart.

Reply

Iya sekarang Alfamart udah sampe pelosok, di kampungku udah banyak banget

Reply

Makasih Mbak... wah jd pingin buka waralaba

Reply

berapa ratus juta ya biaya franchise-nya ?

Reply

selama ini penasaran dengan bisnis franchise Alfamart akhirnya nemu tulisan mbak milda, thanks info nya mbak :)

Reply

Nah, soal biaya, syarat dan ketentuan gimana Mbak, apa aja? Saya dah lama penasaran, :)

Reply

alfamart sekarang udah sampe mana-manaa :3

Reply

Harus modal gedhe ya mbak buka waralaba alfamaret

Reply

Alfamart memang sangat menjanjikan, sudah masuk ke tiap-tiap kecamatan. Selain itu, menyediakan barang jualan yang dibutuhkan oleh khalayak ramai, jadi laris manis deh. Tapi aku belum punya modal :(

Reply

Semakin membuat banyak kesempatan untuk menjalankan bisnis dg berwirausaha

Reply

iya, apalagi bagi yang gak bisa bisnis

Reply

nabung dulu deh mba, hehehe

Reply

kalo gede, tergantung juga sih mba, bagi aku ya gede D

Reply

iyap, udah kayak iklam mie instan

Reply

bisa, langsung di cek di webnya aja mba

Reply

iya mba, langsung eksekusi ya

Reply

hihihi, macam2 mba sayang

Reply

benar, udah kayak kacang goreng

Reply

Suatu hari nanti kita beli beberapa, atau bikin pesaingnya ^_^

Reply

aamiin, semoga terkabulkan ya KO

Reply

Sepertinya udah gak perlu mikir bu, ini mah yang penting punya banyak duit buat beli lahan yg strategis & bayar invest ke alfanya sendiri.. btw nice info & salam kenal

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin