Menu

Selasa, 19 April 2016

/


 
Mildaini.com. Sejumlah seniman Bengkulu, pada tanggal 10 April 2016 yang lalu sepakat untuk membentuk sebuah komunitas seni. Sebagai wadah untuk berkreasi, memberikan ruang dan kesempatan kepada para seniman Bengkulu untuk berkarya dan mengekspresikan dirinya terhadap dunia seni. Ya, seni apa saja deh. pokoknya ada bau seninya, hehehe.

Kebetulan saya juga diundang dan diajak gabung ni. Menurut mereka saya cocok buat bergabung di divisi seni sastra, hmmm. Memang benar yak, menulis pun adalah bagian dari seni dan butuh sentuhan seni juga, menulis tanpa seni. Ibarat makan tanpa gulai Rendang, kurang sedap, hehehe.

Pertemuan yang diadakan di art space restoran Ayam Lepas yang  ada di kawasan wisata pantai Panjang Bengkulu tersebut, akhirnya memutuskan untuk memberikan nama komunitas tersebut dengan sebutan ' Komunitas Ambin'

Logo Ambin, Keren Ya.
Komunitas Ambin? apaan sih artinya. Menurut Bang Fendi, Owner Rumah Makan Kopi Aceh dan juga selaku pembina komunitas Ambin. Bang Fen ini selain juragan Kopi dia juga seniman loh, hobinya melukis. Lain waktu saya bagi cerita ya tentang profil beliau. Kali aja diajak  makan dan ngopi geratis di kedainya, hihihi.

Kata Ambin diambil dari salah satu kosakata daerah yang berasal dari salah satu suku yang ada di Bengkulu. Kalo gak salah sih dari suku Serawai. Ambin arti harfiahnya 'mengambil, menggendong, mengangkat' jadi filosofinya dengan komunitas Ambin ini diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak seniman dengan berbagai jenis bakat seni serta dapat mengangkat seniman tersebut untuk bisa berkarya, tampil dan memberikan manfaat secara luas bagi masyarakat Bengkulu dan akhirnya dapat juga memberikan sumbangsi bagi dunia seni di Indonesia.

Keren kan visi misi Ambin. Sebuah impian yang indah ya.

Ketua Ambin, Yang Jilbab Hijau ya, Dokter Diana

Lalu, apa bedanya komunitas Ambin dengan komunitas seni lainnya yang ada di Bengkulu. Bukankah sudah banyak komunitas sejenis. Kenapa gak gabung saja atau membesarkan komunitas yang ada. 

Nah, menurut ketua Ambin drg Diana Gustinawati yang seorang dokter tetapi juga doyan nguli kamera, hehehe. Komunitas Ambin berbeda dengan komunitas seni yang sudah ada di Bengkulu. Dimana di Ambin,  hampir semua talent atau bakat yang ada akan Ambin coba akomodir. 

Komunitas yang sudah ada hanya berfokus pada satu atau dua jenis seni saja. Contohnya,  ada komunitas seni yang fokusnya hanya di seni gerak seperti tari, fokus pada seni dol, fokus pada seni teater dan puisi, sosial budaya dan lain sebagainya

Berbeda dengan Ambin, semua bakat seni diberikan ruang dan perhatian yang sama. Mulai dari seni gerak, dol, akustik, drama, fotografi, seni sastra, dan bakat seni unik lainnya seperti mendongeng, menggambar, dan lain sebagainya. Akan kita coba tampung, wadahi dan berikan perhatian yang sama, jelas bu dokter yang juga doyan foto-foto dan menulis puisi ini mantap.

Liat Wajah dan Ekspresi Para Pengurus Ambin, Pada Ceria Semua

Wah, kalo begitu komunitas Ambin adalah salah satu komunitas multitasking dong karena semua bakat seni bisa ditampung di sana. Benar sekali, belum pernah nemu atau gabung ke komunitas seni yang kayak beginian kan. Inilah impian yang akan diusung, dijaga dan dikembangkan oleh para pengurusnya.

So, buruan gabung dan daftar ya. 
Oh, ya menurut ketua komunitas Ambin. Catet ya, Komunitas Ambin akan launcing nih pada Sabtu, 14 Mei 2016. di Resto Ayam Lepas pantai Panjang Bengkulu. 

Akan ada banyak acara gabungan loh, mulai dari pembacaan puisi, seni musik, tari, drama, mendongeng dan lain sebagainya. Jadi kalo malam mingguan kalian belum ada acara buruan hubungi panitianya untuk datang dan gabung. 

Jika kamu ngakunya orang seni Bengkulu dan seniman, tapi belum gabung dan daftar ke Ambin. Sayang bangetlah, belum keren 100 persen deh. 

Kalo mau gabung , bisa hubungi kontak person di bawah ini atau inbok aja deh ke fesbuk mereka langsung.

Fb Diana Gustina , Hp. 0812 8445 9900
Fb Effendi Muhammad Jamal, Hp 0812 7104 1586
2 comments

semangaaaat... semoga kita senantiasa dalam lindungan cinta.... salam..

Reply

suksees selalu komunitas ambin....

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin