Menu

Selasa, 15 Maret 2016

/


 {Profil Blogger} Muna Sungkar Dosen Cantik  Suka
 Menulis dan Jalan-jalan



          Assalammu’alaikum Wr. Wb, apa kabar teman-teman semua. Khususnya para Mommy cantik dan cerdas. Semoga hari ini semakin baik , sehat, cantik dan semua urusan lancar jaya. Aamiin.

              Kali ini saya mau bercerita tentang sahabat baru saya. Namanya Mba Muna Sugkar. Eiit, pasti sama dong ya pikirannya ama saya. Ini orang namanya mirip ama salah satu keluarga artis di Indonesia, hehehe. Menurut feelingku sih, mereka pasti masih ada hubungannya. Nah, hubungannya seperti apa yang saya belum tahu. Yang saya tahu pasti Mba Muna ini adalah Wanita berdarah Aceh-Arab.

         Nanti kita tanyain deh secara khusus, bila perlu kita buat satu tulisan lagi deh yang membahas soal itu. Hubungan Mba Muna Sungkar dengan keluarga Mark Sungkar atau Shireen Sungkar. Pasti pada penasarankan, sama kayak saya ya.

          Saat ini Mba Muna Sungkar dan keluarganya tinggal dan menetap di daerah Semarang. Mungkin lain waktu  kalo ada kesempatan mampir ya, biar kenal dan ngobrol lebih dekat lagi dengan Mba Muna. Pasti lebih asik.

Muna Sungkar dan Vespanya
 
         Tetapi pada saat ini saya ingin bercerita tentang sahabat saya tersebut dari sisi yang lain. Sejak dulu saya selalu suka dan gimana gitu, kalo melihat atau punya teman yang seorang guru atau dosen tetapi juga suka menulis. Apalagi kalo sudah punya buku solo. Wow, saya lebih mengaguminya. Saya salut saya Mba Muna Sungkar ini, yang memang cantik, pintar dosen dan suka menulis pula. Jadi 100 persen hebat kan.

           Kenapa saya salut?  karena sebagian besar teman saya yang guru atau dosen selalu punya alasan ‘sibuk’ jika diajak atau ditanyakan kapan mau menulis. Tentu saja hal ini sangat penting ya dan sejalan. Mereka para dosen atau guru memang sangat dekat dengan dunia mengajar dan tulis menulis. Seharusnya kan mereka juga punya kegiatan rutin untuk menulis. Ya, bisa saja di media blog atau media massa. Namun sayang kebanyakan dari mereka gak sempat  dan gak ada waktu buat menulis. Apalagi secara rutin menulis blog, hihihi. 

              Namun berbeda dengan Mba Muna, beliau adalah salah satu orang yang selalu punya waktu dan minat untuk menulis. Meski juga pastinya sibuk ya. Apalagi selain sebagai dosen di Universitas Islam Agung Semarang (UNISSULA) yang mengajar di Fakultas Komunikasi. Beliau juga adalah seorang ibu dan istri. So pasti kesibukannya gak jauh beda deh dengan emank-emak kebanyakan. Sangat jarang ketemu orang yang seperti Mba Muna Sungkar ini.

Muna Sungkar bersama Nadia Putrinya

            Oh, ya kegiatan menulis itu beliau awali dengan menulis blog sejak tahun 2012. Beliau suka menulis apa saja, tetapi karena beliau punya hobbi jalan-jalan. Kebanyakan tema yang beliau ulas di blognya adalah soal jalan-jalan.

          Selain itu Mba Muna Sungkar adalah blogger yang cukup aktif datang ke event-event undangan yang diadakan oleh beberapa teman di Semarang. Termasuk juga salah satu aktifis di Blogger Ganjel Rel. Sebuah komunitas Blogger Semarang yang sangat mendorong anggota-anggotanya untuk lebih aktif datang ke acara-acara gathering yang diadakan komunitas mereka dalam rangka upgrade ilmu, maupun meningkatkan level mereka dengan menulis buku. 

Tulisannya juga sangat menarik, kenapa biasa begitu. Ya pastinya dong beliau kan dosen komunikasi. Tentu saja teknik menulis dan berkomunikasi dengan pembaca lewat tulisan, beliau sudah jago. Gak perlu diragukan lagi.

Balik lagi ya soal hobbi jalan-jalan Mba Muna Sungkar ini. Ternyata beliau sudah berjelajah kemana-mana loh. Baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Hebatnya lagi dalam melakukan hobby-nya, Mbak Muna tidak ragu membawa serta anaknya dimanapun ia dan suami melakukan traveling. Bahkan saat usia anaknya baru menginjak satu tahun. 

Mba Muna dan Keluarga Saat Jalan-jalan

Benar-benar keluarga yang kompak ya. Gak mungkin gak asik jalan-jalan kalo ama anak dan suami sendiri. Pastinya lebih nyaman, aman dan sangat menyenangkan. Ini perlu juga saya tiru, tapi kalo backpakeran yang dilakukan Mba Muna. Wah, butuh perjuangan kayaknya gimana saya membawa anak tiga buat jalan-jalan. Sudah kebayang repotya deh, hihihi. 

           Membaca blog Mba Muna Sungkar seolah kita diajak untuk mengenal banyak hal yang berkaitan dengan jalan-jalan. Tempat wisata, makanan sampai tips-tips keren tentang jalan-jalan. 

Wajar saja kan beliau suka menulis soal traveling di blognya yang diambil dari kisah nyata yang beliau alami. Membaca ceritanya pastinya lebih asik karena kita memperoleh informasi dari pelakunya langsung. Cerita soal perjalanan beliau dapat kita baca di blog beliau yang berjudul momtraveler.com.

           

           
 Menurut Mba Muna, jalan-jalan itu juga obat, ngilangin stress, mengisi kepenatan dan kekosongan serta bagian dari menghibur diri. Jadi   traveling ternyata menurut Mba Muna adalah salah satu  obat yang ampuh untuk menghilangkan berbagai penyakit. 

Jika waktu dan kesempatan yang terbatas, biasanya Mba Muna dan keluarga hanya jalan-jalan di dalam kota saja atau di sekitar tempat tinggalnya saja, Semarang, Solo,  Yogjakarta. 

           Nah, ini dia yang semakin bikin saya salut. Berkah ngeblog Mba Muna akhirnya bisa membuat dia punya buku. Yang ditulis berdasarkan pengalamannya.

Buku pertama berjudul 3 Emak  Gaul Lagi Keliling Kota ditulis bersama dengan temannya Mba Fenny Ferawati & Mba Ika Koentjoro   




Buku kedua, adalah buku solo yang berjudul Jelajah Ujung Barat Indonesia: Banda Aceh – Sabang 




          Jika ingin kenal lebih banyak tentang Mba Muna Sungkar, bisa juga langsung kepoin sosial media beliau ya, dijamin kalian bakal tambah salut dan lebih terinspirasi.

Facebook : Muna Sungkar
Twitter :@Mom_traveler
Instagram :@momtraveler

36 comments

Mbak Muna memang sosok yang inspiratif yah Mbak :)

Reply

Pengen ketemu mbak Muna....

Reply

salut mba Muna...salut
juga untuk mba Milda....

Reply

Baru tau Mbak Muna dosen. Ke mana aja saya? Keren, ih. Sibuk produktif.

Reply

Wah orang Semarang ya ternyata, tetangga ane dong :D #tangga daerah maksudnya. Hehehe

Reply

Oh mba Muna dosen komunikasi ya? Taunya dosen aja :)

Reply

selalu ada hal baru yang tersaji dari bu dosen ini. keren deh

Reply

hhhee iya mbak. seneng bnget bisa kenal sama mbak Muna hhee

Reply

iya bener, nabah banyak hal

Reply

emang Bu dosen keren ya Mba

Reply

hehehe, pasti pintar ngomong ya Mb

Reply

hayuuk, sesama tetangga saling kunjungi :)

Reply

hahaha, kesian. masa sih gak tau

Reply

salut juga buat Mb anita

Reply

hayuuk Mb, ka dekatan yo

Reply

Aku suka karena mba muna itu traveler yang inspiratif. Kalo traveling pasti selalu sama keluarga. Duh, jadi pengen ketemu mba muna :)

Reply

luar biasa keren perempuan naek vespa ;)

Reply

Saya hampir belum pernah baca blognya momtraveler ini, Mbak. Sering mampir tapi belum sempat baca..

Reply

baru tau beliau dosen komunikasi, pernah dengar tapi belum akrab tuk mampir. Thankyou infonya mildaini :)

Reply

Ooo...mbak muna dari semarang.. Tak pikir Jakarta.. Iya, sering mbaca update an blog nya mbak Muna di salah satu komunitas. Pengen mampir ke blog nya mbak muna ah..

Reply

iya, anak dan suaminya pun mau ikutan

Reply

bener, saya aja gak bisa. apalgi yg model jadul

Reply

hehehe, so komunikasinya pasti bagus ya Mb

Reply

semarang Mb, hayuuk kopdar

Reply

Keren banget ulasannya ya, aiih cetar yang nulis dan ditulis ya.

Reply

hahaha, yang komen juga cetaar

Reply

Baca tulisan ini aku jadi banyak tauu lagi ttg mbak Muna

Reply

SeMoga nnti byk dosen muda yg kay mb muna

Reply

bener Mb, jadi makin tahu

Reply

Loh aku belum baca yg mba Muna, hihii..maafkan aku ya mba Milda.

Btw, aku jadi tertarik juga pengen tahu, hubungan mba Muna dg seleb yg punya nama belakang sama.

Reply

hehehe, na ini ntar kita tanyakan ama mba muna ya

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin