nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Makan Umbi Garut Apakah Bisa Turunkan Asam Lambung

Assalammualaikum.Wr.Wb

Ha apa kabar sahabat Milda Ini, semoga selalu sehat, berlimpah rejeki dan kebahagiaan. Bagi teman yang sakit semoga diberikan kesembuhan. Ada teman yang bertanya  Makan Umbi Garut Apakah Bisa Turunkan Asam Lambung. Nah, sebelum kita membahas soal Umbi Garut. Mari kita kenali dulu, apa itu penyakit asam lambung.


https://www.mildaini.com


Mengenal Penyakit Asam Lambung


Penyakit asam lambung ini merupakan penyakit refluks gastroesofagus yang juga dikenal dengan sebutan GERD .Ini adalah penyakit kronis yang terjadi saat asam lambung atau empedu mengalir ke saluran makanan dan mengiritasi dinding dalamnya. Refluks asam dan heartburn (asam lambung naik) lebih dari dua kali seminggu dapat mengindikasikan GERD.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit GERD adalah  nyeri panas di dada yang biasanya terjadi setelah makan, kondisi ini akan semakin parah jika si penderita berbaring.


Umbi Garut, Obat Alami Untuk Atasi Penyakit GERD


Umbi garut adalah salah satu tanaman yang sebenarnya bukan berasal dari Indonesia. Kita pasti menduga kalau tanaman ini asalnya dari daerah Garut. Padahal aslinya umbi garut berasal dari Filipina dan banyak dijumpai di Kepulauan Karia dan Amerika Selatan.

Jika kentang, umbi-umbian lainnya yang banyak ditanam di lahan pertanian dan dibudidayakan seacra luas. Namun Umbi Garut ini justru lebih banyak ditanam di pekarangan. Dulunya Umbi garut sering dimakan sebagai cadangan makanan di saat masa paceklik.

Bentuk Umbi garut ini lonjong dengan warna putih agak kekuningan dan ada garis-garis horizontal pada bagian luarnya. Memang agak berbeda atau memiliki tampilan yang khas jika dibandingkan denga umbi-umbian lainnya.

Menurut situs pustaka.setjen.pertanian.go.id, umbi garut ini mengandung energi, lemak, protein, air, serat, dan pati. Tapi selain itu, umbi garut juga memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, vitamin B6, kalium, folat, riboflavin, dan tiamina.


https://www.mildaini.com
Umbi Garut, sumber abahtani.com


Dengan banyak kandungan zat penting tersebut, Umbi Garut memiliki banyak manfaat di antaraya adalah sebagai obat  penyakit lambung. Kandungan sari pati pada umbi garut ternyata bisa meningkatkan kadar pH lambung sehingga bisa menurunkan jumlah dan luka pada lambung.

Hal ini diperkuat dalam jurnal Potensi Antibakteri Umbi Garut sebagai Bahan Makanan Prebiotik yang di dalamnya dijelaskan kalau umbi garut bisa dijadikan sebagai makanan prebiotik yang di dalamnya mengandung pati resisten.

Pati resisten ini yang masuk ke dalam usus besar akan difermentasikan menjadi prebiotik baik yang bisa melawan bakteri jahat. Dengan begitu usus akan bebas dari bakteri jahat yang bisa menyebabkan beragam penyakit pencernaan.

Secara alami penderita asam lampung bisa  mengonsumsi air perasan Umbi Garut yang dapat mengpbati rasa perih atau panas yang dirasakan di lambung akibat iritasi.


Nutriflakes, Cara Praktis Makan Umbi Garut Untuk Atasi GERD


Nah, ada acara praktis untuk minum air perasan Umbi Garut ini untuk mengobati penyakit asam lambung. Sebab saat Anda mengolah Umbi Garut untuk mengambil air perasannya dengan menggunakan peralatan memasak di rumah. Belum tentu didapatkan hasil yang baik, bersih dan tepat. Belum lagi kerepotan yang ditimbulkan, mulai dari harus mencabut atau membeli Umbi Garut, mengupas, mencuci lalu diparut. Prosesnya juga membutuhkan ketelatenan dan hati-hati. Butuh waktu dalam pembuatannya.

Oleh karena itu, bagi penderita GERD ada cara praktis untuk mendapatkan manfaat dari Umbi Garut ini untuk mengobati penyakit asam lambung. Anda bisa mengkonsumsi Nutriflakes.

Nutriflakes adalah makanan sehat berbentuk sereal yang mengandung efek terapi untuk meredakan gejala asam lambung dan maag. Sangat cocok untuk Anda yang menderita asam lambung dan maag kronis yang menahun.


https://www.mildaini.com
Nutriflakes, Cara Praktis Atasi Asam Lambung


Nutriflakes aman dikonsumsi karena terdaftar BPOM . Selain itu selain mengandung Umbi Garut, Nutriflakes juga mengandung zat penting lainnya seperti , daun kelor, psyllium husk, susu etawa, dan gula aren. Semua bahan ini memang dikenal baik untuk kesehatan.

Nutriflakes merupakan sereal Umbi Garut yang diformulasi untuk meredakan asam lambung tinggi. Sereal Nutriflakes ini  aman dikonsumsi anak-anak dari usia 2 tahun hingga lansia. Nutriflakes bekerja secara alami  untuk mengatasi berbagai keluhan di lambung.

Oh, ya satu lagi nih kebaikan dari Nutriflakes untuk yang sedang berdiet. Kandungan karbohidrat dan nutrisi Nutriflakes akan membuat Anda akan lebih kenyang lebih lama, mampu menahan lapar lebih lama sehingga program diet akan menajdi lebih mudah. Nutriflakes juga bisa dijadikan menu pengganti harian untuk yang sedang berdiet. 


Cara Mendapatkan Produk Nutriflakes


Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat kebaikan Nutriflakes ini, bisa menghubungi e-commerce Tokopedia Nutriflakes  dan Shopee Nutriflakes Serta follow juga akun Instagram Nutriflakes untuk mendapatkan berbagai informasi seputar produk, informasi gaya hidup, kesehatan termasuk promo.




Baca Juga

Related Posts

28 comment

  1. Yang punya maag acungkan tangan, aku! Hehe, tapi males banget sarapan dan makan tepat waktu jadi sering kambuh. Nah, udah nyoba beberapa obat dan solusi untuk ini sih apalagi kadang kalau banyak pikiran dan luka makan naik juga asam lambung. Kayaknya Umbi garut bisa dicoba.

    BalasHapus
  2. garut sama gadung sama gak ya? dulu ada yang jualan gadung yang dikukus keliling di deket rumah saya, sayangnya dah langka kayaknya yaa.
    Alhamdulillah sekarang ada dijual lagi bentuknya nutiflakes ya mbak, makannya jadi nyaman banget gak ketara lagi makan obat yaa. thanks infonya mbak

    BalasHapus
  3. Aku sangka umbi garut itu berasal dari garut tapi ternyata dari Filipina ya. Sekarang ga susah susah lagi ya ngolah umbi garut buat dijadiin obat asam lambung. Karena udah ada nutriflakes

    BalasHapus
  4. Aku tahu penampakan umbi garut itu, cuma ga ngeh kalo namanya itu, hiiiii.
    Nah, makin dipermudah ga perlu ngolah lagi umbinya kalo ada Nutriflakes cereal yang mengandung umbi garut, cucok banget buat mereka yang mempunyai penyakit asam lambung.

    BalasHapus
  5. Sudah ada yang praktis dan higienis tinggal konsumsi rupanya ya. asyik dong tinggal kontak ke sellernya. Asam lambung kambuh itu emang tidak enak. Jadi lebih baik menyiapkan dulu saja. Nyetok di rumah

    BalasHapus
  6. Jadi pengen cobain Nutriflakes nih...secara belum pernah tahu rasanya kayak apa yang bahannya dari umbi garut.. Termasuk inovatif juga ya..umbi larut dibikin jadi makanan kayak gini

    BalasHapus
  7. Aku sesekali asam lambung naik saat pekerjaan banyak dan setress pikiran.Duh,gak nyaman banget. Agak sulit ya di cari umbi garut di pasar rakyat.Banyaknya umbi ungu/putih. Coba deh aku stock Nutriflakes di rumah.Thanks infonya kak

    BalasHapus
  8. Aku sendiri pernah merasakan betapa tersiksanya saat asam lambung naik. Rasanya perih gitu dalam perut. Konon karena pencernaan pHnya terlalu asam ya. Maka umbi garut ini dapat menetralkan pH dalam pencernaan karena sifatnya basa..

    BalasHapus
  9. Kalau di daerah saya namanya Angkrik atau Irut. Iya, bener banyak yang mengatakan bisa untuk mengatasi asam lambung. Tapi ya itu, rasanya kurang praktis kalau bikin sendiri.

    Mending langsung beli Nutriflakes aja ya di online shop kesayangan.

    BalasHapus
  10. Wah, melihat sekilas umbi Garut tuh kayak ulat jumbo hihihi :D Ternyata banyak manfaat kesehatan ya jika kita mengonsumsinya. Zaman sekarang kita bisa menikmati umbi dengan cara praktis. Kepengen nyobain Nutriflakes nih. Kepoin ah media sosialnya.

    BalasHapus

  11. Umbi-umbian tuh emang ramah dengan sistem pencernaan ya mba. Mungkin karena secara genetika sebetulnya kita lebih cocok makan umbi-umbian. Makanan sejati kita kan umbi sebelum beras datang. ALhamdulillah ada kemasan modern umbu garut ya mba, ga pake ribet.

    BalasHapus
  12. Aku baru tahu dengan Umbi Garut ini. Kayaknya pernah makan. Tapi dulu gak tahu namanya. Wah, banyak manfaatnya ternyata ya. Salah satunya bisa solusi untuk GERD. Meski mungkin nyari Umbi Garutnya susah, tapi untungnya cari produk olahannya gampang. Ya Nutriflakes ini. Aku penasaran nih rasanya kalo udah diolah begini. Nyari ah, kepengen nyoba.

    BalasHapus
  13. Jaman aku kecil, sering banget makan garut ini, karena banyak tanamannya di kebun samping rumah. Sekarang nggak pernah menjumpai lagi karena kebunnya udah dibangun rumah.

    Ternyata Garut ini bagus buat yang punya penyakit asam lambung ya, bisa buat diet juga. Karena sekarang susah nyari Garut, bisa konsumsi nutriflakes saja

    BalasHapus
  14. baru tau ada umbi garut. jadi pengen deh nyobain nutriflakes. kayaknya bagus juga untuk diet nih

    BalasHapus
  15. Wah, baru tau bentuk dari umbi Garut. Biasanya bentuk umbi kan mulus gitu, ini bentuknya beda banget ta mbk dari umbi biasa. Manfaatnya juga luar biasa

    BalasHapus
  16. Wah ubi garut ternyata bisa mengobati maag ya, di tempat saya udah jarang banget. Cukup terbantu juga kalo ada Nutriflakes.

    BalasHapus
  17. unik banget ada sereal dari bahan umbi garut. Biasanya sereal dari biji-bijian dan diimpor. Ini malah dari Indonesia, khasiatnya pun banyak. Ku cek dulu ah ke e-commerce

    BalasHapus
  18. unik nih mbaa sereal bahan umbi garut. Biasanya sereal dari biji-bijian nah ini umbi. Berarti bisa yah dari umbi seperti ubi atau singkong dibuat bentuk sereal untuk sarapan sehat.

    BalasHapus
  19. Umbi Garut nggak hanya enak ya mbak, tapi juga kaya manfaat
    Sekarang ada cara mudah konsumsi umbi Garut ini ya mbak
    Ada nutriflakes

    BalasHapus
  20. Di Jogja masih banyak nih yang jual umbi garut ini. Ini dibikin kue juga enak sih umbinya. Cuma memang sekarang tanamannya agak susah ditemuin

    BalasHapus
  21. Oo umbi garut bisa ya. Kalau umbi yang lain bisa juga nggak ya. Soale ini kalau asam lambung ampun sampai eneg ya uwek keluar busa sakit banget abis itu :(((

    BalasHapus
  22. Bagaimana rasa cereal umbi garut yaa..
    Aku ingin sekali mencoba. Selain bisa digunakan untuk menu diet sehat juga yaa..

    BalasHapus
  23. Baru tau Umbi Garut, oke juga untuk diet yah? Wah jadi ingin nyobain

    BalasHapus
  24. Baru tau aku ada tanaman umbi garut ini. Yang aku tau obat lambung cuma kunyit loh, kalo umbi garut ga pernah denger.

    BalasHapus
  25. ahaha.. iya, lho. aku kira dari Garut. Bentuk umbinya unik ya, hihi.. Btw, boleh nih aku rekomen Nutriflakes sama saudara, tetangga, dan teman-teman. Tengqyu infonya mbak Milda.

    BalasHapus
  26. Baru tau produk ini, suami saya penderita asam lambung. Mau ah coba rekomendasi bu Milda. Apalagi di Shopee kadang banyak gratis ongkir.

    BalasHapus
  27. Aku baru tau nih ada umbi garut, ini beli di garut gitu kak? Jadi pengen coba deh

    BalasHapus
  28. aku juga baru tahu bentuk umbi garut ini mbak, aku kira tadi kayak ulat sagu awalnya
    kadang pas aku periksa ke dokter, dibilang asam lambung. tapi dokter ga pernah nyebut istilah GERD
    aku sendiri ga yakin apakah aku mempunyai GERD atau nggak, kadang suka bingung sendiri

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin