nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

ASI Tidak Keluar? Gunakan Tips Ini untuk Tingkatkan Produksi ASI

Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_ASI Tidak Keluar? Gunakan Tips Ini untuk Tingkatkan Produksi ASI. Memberikan ASI eksklusif untuk bayi merupakan satu kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Asupan gizi ini selain memang satu-satunya makanan utama yang bisa diberikan pada bayi yang baru lahir. Bahkan juga mempererat hubungan Ibu dan anak secara psikologi.

Source Unsplash

Namun, ada kalanya proses pemberian ASI ini tidak berjalan lancar. Tidak sedikit ibu yang produksi air susunya tidaklah selancar sebagaimana mestinya. Berikut ini tips untuk merangsang produksi ASI.

Jangan Berhenti, Teruslah Menyusui

Gerakan dari mulut bayi yang memberikan stimulus pada payudara akan merangsang tubuh ibu untuk memproduksi air susu. Maka pada saat produksi air susu tidak sebanyak biasanya, jangan berhenti, teruslah menyusui agar sistem tubuh Ibu terangsang untuk memproduksi ASI.

Lakukan Teknik Skin To Skin Nurse

Skin to skin nurse adalah teknik memberikan ASI dengan tidak ada penghalang sehelai kain pun antara ibu dan bayi. Dalam hal ini, kulit ibu dan bayi langsung bersentuhan. Tidak hanya merangsang produksi ASI, hal ini juga meningkatkan ikatan emosional ibu dan sang buah hati.

Pompa ASI di Antara Waktu Menyusui

Menjaga agar Ibu terus memproduksi ASI adalah langkah selanjutnya. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memompa. Lakukanlah pemompaan sekitar 10 menit pada masing-masing payudara.

Gunakan Kedua Payudara Secara Bergantian

Kadang memberikan ASI hanya dari satu payudara membuat ibu pegal. Maka dari itu lakukanlah secara bergantian. Tidak hanya membuat ibu nyaman, hal ini juga merangsang produksi ASI di kedua payudara.

Meningkatkan Pemberian ASI Saat Malam Hari

Kadar prolaktin (hormon pembuat susu) pada malam hari atau dini hari amatlah tinggi. Bila memungkinkan, bangunkan si kecil untuk menyusu setiap 3 atau 4 jam sekali agar ibu bisa memberikan gizi terbaik untuknya.

Konsumsi Asupan Gizi Pelancar ASI

Hal lain yang tidak bisa dilewatkan untuk meningkatkan produksi ASI adalah sumber dari air susu tersebut yaitu asupan gizi ibu. Disarankan agar Ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat perangsang produksi air susu seperti daun katuk, telur, darah merah, dan lain-lain.

Kebahagiaan dan Kondisi Psikologis Ibu

Penting sekali untuk menjaga mood ibu agar selalu bahagia. Hormon stres yang tinggi bisa membuat produksi ASI berkurang. Tidak adanya dukungan dari orang sekitar akan pemberian ASI eksklusif dan malah menyarankan untuk memberikan susu formula saja bisa juga membuat ibu stres.

Hypno-breastfeeding

Istilahnya terdengar keren, ya? Ini adalah teknik sederhana yang bisa ibu lakukan saat ASI tidak keluar. Cukup dengan membayangkan bahwa air susu mengalir keluar dengan deras adalah apa yang bisa ibu lakukan dengan teknik ini.


Itulah beberapa tips bermanfaat yang bisa dilakukan untuk merangsang produksi air susu. Kunci dari segalanya adalah jangan lupa juga untuk bekerja sama dengan ayah serta mintalah dukungan dari orang-orang terdekat.

BIRU.ID menyewakan peralatan bayi seperti stroller, car seat, mainan, ranjang, pagar bermain, bouncer, dan sewa pompa ASI. Ibu dan ayah bisa sewa untuk mingguan atau pun bulanan.

Selain lebih hemat karena mengurangi budget beli perlengkapan bayi, menyewa juga ikut berperan dalam gerakan urban sharing dan go green untuk mengurangi sampah yang tidak bisa terurai dengan cepat. Barang yang disewakan dijamin bersih, higienis, dan aman untuk si kecil.


Kunjungi situs resmi Biru.id di biru.id atau follow Instagram @biru.id.official. Anda bisa melakukan transaksi melalui Tokopedia di www.tokopedia.com/biruid serta subscribe channel YouTube Biru Penyewaan Barang Bayi.

Baca Juga

Related Posts

1 comment

  1. Jadi keingat bayi kami yang pertama hee
    Maklum anak pertama waktu itu, terima kasih atas informasinya kak, sangat bermanfaat untuk ibu-ibu muda dan papa muda juga he

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin