nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli



Assalammualaikum Wr. Wb

Memasuki usia kehamilan tri semester ketiga merupakan saat-saat yang membahagiakan sekaligus menegangkan. Sudah pasti ibu hamil akan merasa cemas menjelang persalinan sekaligus gembira menunggu kehadiran sang buah hati ke dunia sehingga berbagai persiapan pun akan dilakukan, baik untuk diri sendiri atau untuk sang buah hati. Salah satunya adalah mempersiapkan perlengkapan bayi yang sebentar lagi akan hadir. Perlengkapan bayi biasanya dipersiapkan saat usia kehamilan sudah menjelang 7 bulan atau setelah diketahui jenis kelamin sang bayi melalui USG. Saat Anda akan berbelanja, sebaiknya Anda sudah menyusun terlebih dahulu daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli di antaranya adalah:

1.    Pakaian Bayi.

Yang pertama kali wajib dibeli adalah pakaian bayi yang merupakan kebutuhan primernya. Disarankan dalam memilih baju bayi, hindari yang berbahan polyester atau nylon karena kedua bahan sintetis tersebut menghambat penyerapan keringat. Sebaliknya, pilih yang berbahan katun, karena katun merupakan bahan pakaian yang paling adem dan nyaman saat dikenakan. Hindari juga baju dengan aksesoris yang berlebihan sehingga dapat mengganggu gerak si kecil atau membuatnya iritasi. Hal ini dikarenakan kulit bayi sangat sensitif dan 3 kali jauh lebih tipis dari kulit orang dewasa.



2.    Popok.

Bayi baru lahir umumnya memiliki intensitas buang air kecil dan buang air besar yang lebih frekuensi sehingga popok merupakan salah satu benda yang masuk ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir yang tak boleh dilewatkan. Di jaman modern seperti sekarang ini, pilihan popok ada beberapa jenis, mulai dari popok kain biasa, popok clodi (cloth diapers) dan popok sekali pakai atau disposable diapers. Semua pilihan kembali pada Anda, namun sangat disarankan membeli popok clodi atau popok sekali pakai karena lebih praktis dan nyaman.



3.    Perlak atau Sprei Waterproof.

Perlak sangat bermanfaat sebagai alas tidur si kecil terutama bagi bayi baru lahir yang mengenakan popok kain biasa. Karena perlak dapat mencegah pipis atau kotoran bayi agar tidak mengenai kasur. Selain perlak, sekarang pun sudah ada sprei waterproof yang bisa menggantikan fungsi perlak. Pilihlah yang berukuran agak besar sehingga si kecil tetap dapat aktif bergerak.



4.    Gendongan Bayi.

Gendongan bayi juga jangan sampai dilewatkan sebagai perlengkapan bayi yang penting dan harus masuk dalam daftar belanja. Ada beberapa jenis gendongan bayi yang tersedia di pasaran, mulai dari gendongan yang berbentuk seperti selendang, ada juga gendongan depan serta gendongan ring slings. Sesuaikan saja mana yang sekiranya paling nyaman dengan Anda.



5.    Perlengkapan Mandi.

Untuk yang satu ini sepertinya semua ibu juga sudah mengerti. Pilih perlengkapan mandi bayi inti di antaranya adalah sabun, sampo, dan bedak yang hypo-allergenic dan lembut, jangan lupa juga membeli handuk khusus bayi yang lembut dan mudah menyerap air, waslap untuk melap tali pusar bayi dan juga perlengkapan lainnya seperti minyak telon untuk menjaganya agar tetap hangat. Berikut deterjen dan pewangi pakaian yang lembut.


6.    Perlengkapan P3K.

Pada usia-usia bulan pertama setelah kelahiran si kecil, ia membutuhkan perlindungan ekstra dari lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu Anda juga sebaiknya memasukkan beberapa perlengkapan P3K ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahiryang harus dibeli. Perlengkapan P3K yang dimaksud antara lain thermometer, kapas bayi, salep anti iritasi atau ruam popok, thermometer dan mungkin saja Anda akan membutuhkan salep untuk puting payudara yang iritasi pada saat awal menyusui.

Nah, itulah beberapa barang penting yang harus dipersiapkan oleh ayah bunda untuk menyambut kehadiran sikecil. Jika masih ragu jenis kelaminnya. Maka untuk warna baju dan perlengkapannya dipilih yang beal saja,warna netral saja misalnya warna biru.

Selamat menunggu kehadiran si bayi ya !
Baca Juga

Related Posts

35 comment

  1. untuk P3K biasnaya sudah dikasih dari rumah sakit... jadi saya ga beli mba hihi,, kalau popok beli seperlunya aja, setuju untuk baju harus hati2 banget ya mba milih bahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, cuma masih sangat jarang ortu yang menyiapkan p3k

      Hapus
  2. Mantap mbak, tapi istrinya belum ada. Hehe

    BalasHapus
  3. sekarang enak ya, ada sprei waterproof, lebih praktis. Kalau dulu mesti digelarin perlak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tapi aku masih kok mba pake perlak, termasuk perlak yang kecil

      Hapus
  4. Jadi inget waktu anakku masih pada baby. :D Apalagi waktu lahiran anak pertama benar2 antusias

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua hal yang pertama emang bikin gimana ya mak

      Hapus
  5. Wajib dibeli memang, meskipun terkadang malah kebanyakan gara2 kadoan yang membludak juga. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, saya juga tuh kadoan masih banyak banget ya

      Hapus
  6. Mira bru tahu klo mesti disiapkan sebelum kelahiran. N mesti sudah di msukkan dlm tas. Pas mw lahiran tinggal angkat aj. Ok,,,insya sblm lahiran nanti barang2 di atas akan segera di siapkan...
    Tp sayang sekali belum hamil. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba doakan ya mira hamil dulu ya, sehat dan dimudahkan

      Hapus
  7. yang sangat penting itu popok dan perlak, terlebih kalau bayinya tidak pakai pampers hehe..aku mah ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, gak pake pempers, yuhuuh bisa rame ya

      Hapus
  8. Save dulu ah buat referensi besok kalo punya baby. Makasih sharingnya mbak mildaaa :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semoga segera hamil ya dan lancar jaya

      Hapus
  9. Jaman anakku kecil aku pake perlak Mbak, harus dilemek i atasnya dengan kain. JAdi hobiku adalah mencuci kainnya itu kalo kena ompol :)

    BalasHapus
  10. Hehheee.....jd kpngn punya anak mbak 😍

    BalasHapus
  11. Noted. lagi mau jenguk teman yang baru melahirkan nih mbak, hehe.

    BalasHapus
  12. Duhh jd inget dulu suka woro woro wktu mendekati hpl

    BalasHapus
  13. Kalau saya kemarin beli kelambu juga biar bayinya nggak digigit nyamuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aku juga beli yang kecil ya, tapi jarang kepake, panas

      Hapus
  14. Ini bisa dijadikan catatan nih buat persiapan punya baby :). Perlak itu semacam alas tidur bayi yg spt terpal itu ya mbak? Belum pengalaman jadi blm byk tahu ttng hal atau benda apa aja yg harus dipersiapkan. Makasih mbak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betol perak nanti ada yang jual sudah jadi, lebih mudah pokoknya

      Hapus
  15. Perlengkapan P3K penting juga tuh mbak, tapi banyak yang suka lupa

    BalasHapus
  16. Apabila membutuhkan pakaian bayi, istri saya ada nih jualan pakaian bayi dari China murah murah. Salam.

    BalasHapus
  17. Tips yang sangat bermanfaat, terimakasih sudah berbagi . .

    BalasHapus
  18. Sudah punya list diatas tapi ngerasa masih ada yang kurang ini itu akuma mba heheh

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin