Menu

Selasa, 16 Mei 2017

/

Assalammualaikum Wr.Wb

Nyeri saat buang air kecil sering juga disebut dengan anyang-anyangan. Ini merupakan indikasi atau gejala awal adanya infeksi saluran kemih. Setiap orang mempunyai resiko yang sama bisa terindek keluhan ini. Baik orang tua, dewasa atau anak-anak. Berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. Semua bisa saja menderita dan mengalami keluhan nyeri saat buang air keci, menderita sakit infeksi kandung kemih atau mengalami anyang-anganan tersebut.

Namun perempuan akan memiliki risiko terkena gejala ini lebih besar daripada lelaki. Hal ini dikarenakan  secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) perempuan  ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih. Oleh karena itu sebagai perempuan kita juga harus waspada. 

Seorang perempuan akan memiliki risiko  terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun.

Anyang-anyangan itu apa?

Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Saat sedang buang air kecil, air kencing yang seharusnya keluar banyak namun saat mengalami anyang anyangan biasanya air yang keluar sedikit dan rasa yang muncul juga nyeri. Kejadian ini bias terjadi berulang kali, bahkan setiap kita merasa ingin pipis.

Apa Gejala Anyang-anyangan

Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U, Anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya. Namun, volumenya sedikit-sedikit. Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah  dalam penyimpanan air seni di kandung kencing.

Penyebab Timbulnya Anyang-anyangan



Penyebabnya paling banyak  infeksi saluran kemih. Selain ditandai anyang-anyangan, terkadang ada rasa perih dan panas saat kencing. Umumnya, terjadi karena sering menahan kencing.

Penyebab lain adalah, terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis.

5    Alasan Utama Perempuan Berisiko Tinggi Terkena
 Infeksi Saluran Kemih

1.Anatomi Saluran Kemih
Jarak antara saluran kemih (uretra) perempuan  ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih.

2. Kehamilan
Kehamilan terutama pada masa kehamilan besar tentu saja akan membuat tekanan terhadap kandung kemih sehingga kita sering sekali merasa ingin kencing meski pun yang keluar hanya sedikit. Hal ini berlangsung berulang-ulang kali. Karena faktor tekanan tersebut membuat kita ingin selalu pipis. Belum lagi saat mencebok atau membersihkan vagina, dengan kondisi perut yang besar membuat ibu hamil akan sedikit kesulitan untuk cebok, sehingga bisa jadi kurang bersih. Saat hamil saya juga mengalami anyang-anyangan.

Saya saat hamil anak keempat

3. Menstruasi
Saat menstruasi kita kadang juga menahan rasa ingin kencing, apalagi jika sedang berada di tempat umum. Sebab tidak ingin repot dan menghabiskan waktu untuk memperbaiki atau mengganti pembalut. Selain itu saat menstruasi pun kotoran darah akan menempel di vagina kita sampai kita mengganti pembalut dan membersihkannya. Hal ini bisa sampai berjam-jam. Apalagi dengan adanya produk pembalut yang mempunyai daya serap tinggi membuat perempuan jadi jarang berganti pembalut. Akibatnya akan lebih mudah terkena infeksi kandung kemih. Saya juga sering menahan kencing saat menstruasi.

4. Kebiasaan atau budaya
Perempuan saat BAK akan mencari tempat yang nyaman untk buang air kecil. Tidak bisa disembarang tempat seperti laki-laki. Oleh karena itu sebagain besar perempuan akan memilih  menahan untuk BAK sampai bertemu tempat yang pas untuk berkemih. Apalagi di kota besar, terkadang lama di kendaraan dan di jalan membuat seseorang perempuan terkadang  terpaksa menahan kencing.

5. Monopouse
Gejala-gejala tersebut biasanya meliputi: Perubahan pada siklus menstruasi, misalnya frekuensi menstruasi yang tidak teratur, volume pendarahan yang sedikit atau berlebih.
  •     Sensasi rasa panas, berkeringat, dan jantung berdebar (hot flushes).
  •     Kekeringan pada vagina yang dapat menyebabkan rasa gatal atau sakit saat berhubungan seks.
  •     Penurunan gairah seks.
  •     Berkeringat pada malam hari.
  •     Gangguan tidur, seperti sering terbangun tiba-tiba dan insomnia.
  •     Sulit konsentrasi.
  •     Emosi yang tidak stabil, misalnya uring-uringan, sedih, atau depresi.
  •     Kenaikan berat badan dan metabolisme yang lambat.
  •     Sakit kepala.
  •     Rambut yang menipis dan kulit kering.
  •     Lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih.

Ibu saya
Ibu saya karena sudah menopouse dan sudah tua sering sekali mengalami anyang-anyangan. Dalam sehari semalam bisa bolak balik berapa kali ke kamar mandi. Untuk BAK. Selang waktu ke luar dan masuk lagi ke kamar mandi untuk kencing, kadang hanya satu jam.

Oleh karena ibu saya juga membutuhkan obat untuk mengatasi sakit kandung kemih atau ayang-anyangan tersebut. Agar terlihat sehat dan bugar. Pilihan Prive Uri Cran powder adalah langkah yang bijak sebab lebih mudah dan praktis. Powder sangat cocok bagi ibu saya untuk minum obatnya.Dalam satu hari jika untuk mencegah cukup satu gelas. Tetapi jika sedang kesakitan atau ada keluhan  dalam satu hari diminum dua kali. Pagi hari dan malam sebelum tidur.

Tanda dan Gejala Infeksi Saluran Kemih

Perhatikan dan amati beberapa  tanda-tanda di bawah ini, apakah kita pernah mengalaminya. Sebagai tanda terjadi anyang-anyangan.

1.        Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
2.        Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
3.        Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
4.        Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
5.        Rasa perih ketika buang air kecil.
6.        Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
7.        Merasa lelah dan kurang sehat.
8.        Demam

Jika tanda-tanda tersebut sudah pernah kita alami atau sudah sering terjadi pada kita. Maka kita perlu waspada. Bisa jadi kita sudah terjangkit Infeksi Saluran Kemih.

Kenali Infeksi Saluran Kemih

Sewaktu saya jadi mahasiswi  magang di rumah sakit dan saat  berdinas di instalasi penyakit dalam. Saya sering sekali menemukan pasien dengan indikasi keluhan atau penyakit infeksi saluran kemih. Memang yang terbanyak adalah pasien perempuan. Terutama perempuan yang sudah menikah dan sudah pernah melahirkan. Sebagian besar mereka mengeluhkan rasa nyeri atau panas di sekitar kandung kemih atau di sekitar vagina. 

Kami sebagai perawat membantu pasien untuk mengeluarkan air kencing tersebut dengan dibantu dengan pemasangan kateter. Setelah dilakukan pemeriksaan. Pasien biasanya langsung diminta untuk melakukan foto rontgen. Memang akan terlihat seperti ada penumpukan sesuatu nanti di gambar foto rontgennya jika pasien memang positif mengidap infeksi atau terkena batu ginjal.

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Infeksi saluran kemih bawah dan atas.
Infeksi saluran kemih bawah, merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala dari kondisi ini meliputi rasa ingin selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat.

ISK bagian bawah merupakan infeksi yang terjadi di uretra dan kandung kemih (sistitis) dengan gejala berupa:

  •     Nyeri atau perih saat buang air kecil
  •     Rasa ingin selalu buang air kecil dan tidak bisa ditahan
  •     Rasa tidak nyaman dan nyeri pada perut bagian bawah
  •     Seperti ada tekanan pada panggul
  •     Bau urine yang sangat menyengat
  •     Warna urine yang keruh, bahkan kadang-kadang bercampur darah
  •     Badan terasa lelah, tidak enak, dan nyeri
  •     Perasaan bahwa urine tidak sepenuhnya keluar setelah selesai kencing

Infeksi saluran kemih Atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini  berupa:

  •     Demam
  •     Tubuh terasa dingin dan kadang menggigil
  •     Mual dan muntah
  •     Nyeri pada bagian pinggang dan punggung
  •     Gelisah
  •     Disorientasi


Selain itu, infeksi ini dibagi berdasarkan bagian sistem kemih mana yang terinfeksi sehingga mengakibatkan gejala-gejala yang berbeda, seperti:

Ginjal (pielonefritis akut): nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual, muntah.

Kandung kemih (sistitis): perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urine.

Saluran kencing (urethritis): kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Penyebabnya sama, yaitu akibat menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal dari anus ke saluran kemih.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E. coli yang umumnya hidup di dalam saluran cerna. Diperkirakan bakteri ini masuk ke dalam saluran uretra seseorang ketika kurang baik dalam melakukan pembersihan setelah buang air besar maupun kecil. Misalnya pada saat kertas toilet yang dia gunakan untuk membersihkan anus turut menyentuh organ kelaminnya, maka bakteri dapat masuk ke saluran kemih. Dalam kasus seperti ini wanita lebih rentan terkena ISK karena jarak uretra dengan anus pada tubuh mereka lebih dekat dan pintu uretra yang dekat dengan kandung kemih.

ISK juga bisa disebabkan oleh iritasi setelah berhubungan seksual dan akibat terganggunya kinerja pengosongan urin oleh kondisi tertentu (misal, pada sumbatan saluran kemih akibat batu ginjal).



Diagnosis Infeksi Saluran Kemih

Selain memeriksa riwayat kesehatan pasien dan menanyakan gejala-gejala yang dirasakan, upaya mendiagnosis ISK juga dapat dilakukan melalui beberapa tes untuk melihat adanya bakteri atau gangguan di dalam organ-organ saluran kemih. Beberapa jenis tes tersebut di antaranya seperti tes urine dan darah, pemeriksaan dengan menggunakan CT scan, sistoskopi, serta USG.

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Penyembuhan ISK dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Selain antibiotik, obat pereda nyeri juga mungkin diperlukan untuk meredakan demam atau rasa sakit yang ada.

ISK yang tergolong ringan biasanya sembuh setelah beberapa hari dilakukan pengobatan. Namun jika tergolong parah, penderita akan membutuhkan rawat inap beberapa hari di rumah sakit.
Komplikasi Infeksi Saluran Kemih

Tanganilah secepatnya jika  mulai merasakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Jika ISK dibiarkan berlarut-larut tanpa diobati, terutama jika  sering mengalaminya, bukan tidak mungkin ISK dapat menimbulkan komplikasi yang tergolong serius, misalnya gangguan pada ginjal dan sepsis.



Kelompok Orang yang Lebih Berisiko Terkena ISK:

  • Penderita batu ginjal dan pria yang mengalami pembengkakan kelenjar prostat - kedua kondisi ini dapat menghalangi pengosongan urine dari kandung kemih. Hal ini menyebabkan urine tertampung lebih lama dan memungkinkan bakteri untuk berkembang biak.
  • Pemakai kateter atau alat bantu kencing
  • Lahir dengan kelainan struktur kemih - memiliki kelainan pada struktur saluran kemih sehingga sisitem pembuangan urine terganggu atau menyebabkan urine menumpuk di uretra. Penderita kondisi ini sangat berisiko terkena ISK.
  • Wanita - hal ini disebabkan panjang uretra wanita lebih pendek dibandingkan uretra pria, sehingga bakteri yang masuk bisa lebih mudah mencapai kandung kemih. Selain itu, wanita yang aktif secara seksual juga lebih mudah terkena ISK.
  • Wanita yang telah menopause - kurangnya kadar estrogen setelah menopause menyebabkan perubahan lingkungan pada saluran kemih sehingga bakteri lebih mudah berkembang biak di dalam vagina atau uretra. 
  • Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi diafragma –- jenis kontrasepsi ini dapat menekan uretra dan mengganggu kinerja pengosongan urine.
  • Wanita yang pasangannya menggunakan kondom berlapis spermisida - zat ini dapat membunuh bakter baik sehingga bakteri jahat akan mudah berkembang biak dan menyebabkan infeksi.
  • Wanita yang sedang hamil
  • Orang yang baru melakukan prosedur operasi pada saluran kemihnya
  • Penderita diabetes
  • Orang yang sistem kekebalan tubuhnya rendah 
4. Cara Mencegah Timbulya Anyang-anyangan

 
Cara Mengatasi Infeski Kandung Kemih
1. Banyak Minum AIR PUTIH

Sebaiknya kita minum air putih sebanyak-banyaknya setiap hari. Ini prinsipnya agar kotoran yang menempel atau batu yang ada di kandung kemih akan ikut keluar atau terbuang bersamaan dengan keluarnya air kencing. Oleh karena itu minum air putih dan banyak terjadih proses kemih, akan juga berakibat baik terhadap kandung kemih kita. Coba perhatikan air kencing yang sering kita buang tersebut warnanya seperti apa. Semakin putih atau bening itu artinya semakin baik, bahkan sebaliknya air seni yang sudah lama tertahan, saat kita keluarkan warnanya keruh dan baunya tidak sedap.



2. Senam Kegel

Senam Kegel adalah gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Aktivitas ini bermanfaat mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam Kegel tidak membutuhkan tahapan dan instruksi rumit, atau ruangan dan pakaian khusus. Sebagai langkah awal, senam Kegel dapat dilakukan sambil berbaring dengan tahapan sebagai berikut:

Mengidentifikasi bagian yang disebut otot panggul bawah. Caranya adalah dengan mencoba menghentikan keluarnya urine saat Anda buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah Anda. Pada pria, jika Anda mengencangkan otot panggul sambil berkaca, bagian bawah penis Anda akan bergerak ke arah perut dan testikel akan naik.

Kosongkan kantung kemih. Ambil posisi berbaring. Kencangkan otot panggul bawah Anda, tahan hingga 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi 4-5 kali. Kemudian tingkatkan durasi dari 5 ke 10 detik.

Saat mengencangkan otot panggul bawah ini, hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong, serta tetaplah bernapas bebas.

Ulangi gerakan ini tiga kali sehari dengan pengulangan setidaknya sebanyak 3x10 kali. Namun hindari melakukan gerakan ini untuk menahan kencing karena justru dapat melemahkan otot panggul serta justru berisiko mengidap infeksi saluran kencing.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gerak tubuh ini sebaiknya dilakukan tiap hari. Anda tidak memerlukan waktu dan ruang khusus untuk melakukannya. Senam Kegel bahkan dapat dilakukan ketika Anda sedang duduk mengetik atau dalam perjalanan. Setelah otot panggul Anda makin kencang, cobalah untuk melakukan senam Kegel sambil berdiri atau berjalan.

Secara umum, manfaat senam Kegel dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Melemahnya otot yang mengontrol buang air besar.
  2. Otot panggul yang melemah dan melebar pasca-persalinan yang menyebabkan turunnya rahim. Kondisi ini dapat dicegah dengan melakukan senam Kegel selama masa kehamilan.
  3. Bagi ibu hamil, senam Kegel bermanfaat memperlancar proses persalinan. Otot panggul yang kuat dan elastis bermanfaat membuka jalan lahir dan mencegah episiotomi.
  4. Tidak sengaja mengeluarkan urine saat batuk, tertawa, atau bersin. Meski demikian, latihan ini tidak cukup untuk menangani kondisi yang sudah sangat parah.
  5. Membantu menjaga kontrol otot untuk buang air.
  6. Pada pria, senam Kegel juga bermanfaat meningkatkan performa seksual. Mengencangkan otot panggul bawah selama berhubungan seksual dapat membantu mengelola ereksi atau menunda ejakulasi.
  7. Bagi ibu hamil, senam Kegel bermanfaat memperlancar proses persalinan. Otot panggul yang kuat dan elastis bermanfaat membuka jalan lahir dan mencegah episiotomi.


Cara untuk meningkatkan manfaat SENAM Kegel.

  • Ingatlah manfaat senam Kegel sehingga termotivasi untuk melakukannya secara rutin.
  •  Lakukan senam Kegel di waktu yang sama tiap hari, seperti saat menggosok gigi, menonton berita sore di TV, atau duduk mengetik di pagi hari.
  •  Saya juga sering melakukan hal ini tanpa perlu aturan khusus. Jika sempat dan ada waktu luang saya lakukan. Caranya juga sangat mudah.

3. Mengkonsumsi Prive Uri Cran

Jika sudah melakukan pencegahan dengan banyak minum air putih dan senam kegel akan tetapi masih terasa nyeri dan anyang-anyangan. Maka kita perlu solusi lain untuk mengatasi keluhan dan rasa sakit tersebut. Kita harus minum obat. Secara rutin, tertib dan teratur agar penyakitnya tidak menjadi tambah parah.

Salah satu cara mengatasi Anyang-anyangan adalah dengan menggunakan ekstrak Cranberry, yang di dalamnya mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih. Ekstrak tersebut dapat kita temui dalam Prive Uri Cran.



Sejarah Cranberry

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.



Riset Mengenai Cranberry

Pada awalnya, sejak jaman terdahulu, cranberry digunakan untuk berbagai macam pengobatan, dikarenakan kandungannya yang amat sangat beragam dan bermanfaat bagi berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Dan kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Dan akhirnya pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Kandungan Cranberry

Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.



Manfaat Mengkonsumsi Cranberry

Banyak wanita di atas usia 20 tahun menderita infeksi saluran kemih yang menyebabkan ketidaknyamanan. Sementara, jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih.Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini.

Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

Kemasan Prive URI Cran

1. Kapsul. Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul / Hari Isi per Box: 30 Kapsul / Box

2. Powder. Prive Uri-cran plus. Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder Sachet Dosis: 1-2 Sachet / Hari Isi per Box: 15 Sachet / Box

Untuk ibu saya yang juga sering mengalami anyang-anyangan ini. Lebih mudah dan prakti, minum prive uri cran yang kemasan podwer. Tinggal dituangkan ke dalam segelas air. Setelah diaduk merata. Baru dimunumkan. Lebih nyaman dan praktis bagi orang tua. Jadi seolah seperti minum air putih seperti biasa. 

Prive Uri Cran dapat dibeli di


Referensi
http://uricran.co.id/
Kapita selekta kedokteran
52 comments

Anyang anyangan terjadi pada wanita aja ya ?

Reply

Aku belum pernah ngalami anyang2an. Kalo senam kegel sih udh rutin sejak hamil anak pertama sampai sekarang mbak :)

Reply

Anyang-anyangan juga beresiko datang berulang.
Kudu tahu tips cara pencegahan.
Prive Uri-Cran bisa menjadi salah satu solusi, ya, mbak.

Reply

paling penting menjaga kebersihan bagi wanita, dan jalankan hidup sehat

Reply

gimana sich penyakit anyang2 itu

Reply

banyak-banyak minum air putih mbak, biar gak anyang-ayangan

Reply

Waduh.. Ngeri ya.. Terima kasih infonya mbak, sangat informatif dan memberikan pencerahan agar kita terbiasa menjaga kesehatan

Reply

Info yg bagus untuk masa depan. Hehehehe

Reply

Ih, itu namanya anyang-ayangan ya. Mirip jengkolan berarti mbk

Reply

Kehadiran Anyang-anyang itu sangat mengganggu mbak, nggak enak banget..
biasanya didiamkan aj, nunggu reda sendiri. soalnya gk tau cara mengatasinya...baru tau klo ada penawrnya.

Reply

saya pernah dua kali terserang ayang-anyangan Mbaa, dan rasanya memang nyiksa banget. Alhamdulillah beberapa bulan ini udah gak ngalamin anyang-anyangan lagi karena udah rutin ngonsumsi uri-cran :)

Reply

Saya beberapa waktu lalu juga anyang anyangan mbak Milda. Gara garanya nahan pipis sebab si adik bayi ga mau ditinggal. Duh ... Nunda pipis malah jadi anyang anyangan. Alhamdulillah cepat teratasi.

Makasih infonya yang keren ini ya 😉

Reply

Anyang2an itu bikin ga nyaman sekali

Reply

duh jangan sampai deh terkena infeksi ini.

Reply

Mantap banget ulasannya Mbak Milda.aku juga gitu kalo lagi melakukan perjalanan, sering nahan BAB dan juga pilih2 soal keberishan toiletnya, ga penak juga heheee
Sukses ya mbak ^_^

Reply

anyang-anyang yang berasa banget itu waktu hamil. apalagi pas sudah hamil besar.. paling ga nyaman kalo pas perjalanan jauh.. mau buang air kecil terus bawaanya

Reply

Lengkaaaap. Instruktur senam buat bumil dan busui juga bilang kalau senam kegel baik dilakukan tiap hari

Reply

Saya juga pernah diserang anyang2an mbak, gak enak banget rasanya. Priva uri-cran memang menjadi solusi terbaik

Reply

iya bude wati semoga kita juga sehat selalu

Reply

Perlu nih siapkan Prive Uri-Cran buat mudik biar aman di perjalanan ya

Reply

Wah, yang sakit anyang-anyangan, sekarang gak usah galau lagi nih

Reply

1 lagi mba.. Penyebab anyang2an biasanya diderita wanita pengantin baru. Beberapa temanku mengeluh anyang2an saat baru menikah. Tapi ini penjelasannya lengkap bgt buat kena. Thx infonya mba ^_^

Reply

iya, tetapi mencega lebih baik ya mba

Reply

iya, karena itu gerbag awal masuknya bakteri

Reply

suka sakit pas pipis atau pipis gak kelar

Reply

terima kasih semoga bermanfaat

Reply

agak mirip, cuma ini sering dan bisa berulang

Reply

nah, skrg udah ada solusinya ya

Reply

wah, udah minum secara rutin ya mba

Reply

benar, nunda pipis gakbaik banget

Reply

Baru tahu kalo menopause juga mengalami ayang-ayangan. Lebih baik mencegah daripada mengobati ya mbak..

www.borusiallagan.com

Reply

iya mba eni, bawannya galau juga

Reply

iya mba, ade, semoga gak kena kita ya

Reply

iya, kalo di jalan emang kadang suka risih ya, nemu toilet gak bersih

Reply

memang kalo hamil kejadian begini, soalnya tekanan perut eh anak ya

Reply

wah, aku jadi keingat senamku yang mulai bolong

Reply

iya, gak nyaman ya say, sekarang udah ada solusi ya

Reply

ide yang bagus itu mak

Reply

alhamdulillah ya udah tau solusinya, tapi sehat lebih baik ya

Reply

hihihi, baru tahu mba:D

Reply

iya, betul, karena faktor usia juga

Reply

Bahaya banget ya, kalau sampai dibiarkan anyang-anyangan ini.

Reply

Hihihi...kalau lagi menstruasi, saya juga kadang males BAK, suka ditahan-tahan. Padahal gak baik, ya...

Reply

Memang seorang wanita itu sejak kecil harus diajari dan dibiasakan menjaga kebersihan diri termasuk alat reproduksi. Saat hamilpun saya juga terkena ISK mbak, mampir yuk di blog saya bundadzakiyyah (dot) com
thanx for share

Reply

Setuju mba Milda...
Yg anyang2an kudu rutin minum uri-cran
Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

Reply

anyang-anyangan itu bikin nyaman banget,harus bolak-balik ke kamar mandi

Reply

lengkapnya mba Milda ini kalau ngulas, makasi ya mba informatif sekali. sukses buat mba milda sekeluarga

Reply

anyang-anyangan seringkali menimpa kaum wanita, untungnya sekarang sudah ada uricran.. nice info mbak mildaini.. salm kenal yaa.. :)

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.