Menu

Senin, 18 April 2016

/
14 Jejak - Jejak  Buku Antologi Karya  Milda Ini


Seorang teman menelpon , dia dari kantor Bahasa Provinsi Bengkulu. Hendak mengundang saya untuk mengisi sebuah acara pelatihan menulis. Dimana pesertanya adalah perwakilan siswa-siswi tingkat SLTA yang ada di Bengkulu. Diperkirakan akan hadir sekitar 50 - 70 orang. Diakhir bulan ini acaranya.

Oleh karena itu saya terbesit untuk mengumpulkan beberapa tulisan saya yang tergabung di dalam buku-buku antologi. 

Memang belum terlalu banyak, tetapi cukup deh buat mengulang dan merekam kembali jejaknya. Bagaimana saya memulai mencari ide, menuliskan dan akhirnya mengirimkannya ke sebuah audisi atau panitia antologi.

Cerita ini akan saya share kepada mereka, semoga bisa menjadi inspirasi bagi mereka. Bisa sama-sama saling belajar.

Yuk, mari temani saya mengulang jejak-jejak tersebut, siapa tahu juga. Kita ada yang sebuku. 

Pertama, Buku ini saya tulis berdasarkan rasa cinta saya terhadap sosok nabi besar Muhammad SAW. Yang memang sangat istimewa dan patut diteladani.

Kedua, Buku ini saya tulis ketika pulang dari sebuah acara FLP di Yogja. Saya mendapatkan doorprize sebuah buku Asma Nadia. Dan tak lama kemudian Penerbit Leutika, mengadakan audisi menulis tentang Asma Nadia. Saya ikut dan alhamdulillah lolos. 

Ketiga, Buku ini dituliskan oleh saya dan teman-teman FLP Bengkulu. Kami membagi dua bukunya. Satu sisi berisikan kumpulan puisi dan sisi lainnya berisikan cerpen. Saya sangat menyukai desain kover buku ini, menurut saya sangat unik.




Keempat, Buku ini saya tuliskan sembari mengenang almarhum kakak saya yang sudah meninggakan kami. Beliau orangnya sangat baik dan senang memakmurkan masjid yang berada dekat dengan rumah kami. Masjid yang saya ceritakan di dalam buku ini. Mempunyai banyak sejarah dan cerita terutama mengenai saya, bapak dan kakak.

Kelima, Buku ini saya tulisakan bersama-sama dengan teman-teman FLP se- sumatera. Seru sekali membaca cerita-cerita yang ada di dalam buku ini. Kenapa? karena dituliskan berdasarkan lokalitas daerah masing-masing. Saya menuliskan tentang mitos dilarangnya pernikahan antara suku Rejang dan Serawai yang merupakan suku terbesar yang ada di Bengkulu.


Keenam, Buku ini paling seru saat menuliskannya. Saya bersama-sama dengan teman-teman di Ibu-ibu Doyan Nulis berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan proyek buku ini. Dibuku ini saya menuliskan tentang kota pantai kota Palembang (Meski tidak ada ya), Lalu menuliskan tentang batik Sasambo, NTB. Menuliskan tentang batik Palembang. Kemudian menuliskan tentang wisata air terjun yang ada di Bengkulu.

 

Ketujuh, Buku ini yang lucu, saya menuliskan pengalaman pribadi sewaktu merawat anak murid saya yang terkena kesurupan di sekolah. Kasihan ada, tetapi lucu juga. Sehingga membuat saya dan teman-temannya ikutan tertawa. Kisah itu saya abadikan di buku ini. Anaknya cantik sih. Cuma gegara bapaknya. 

Kedelapan, Buku ini, saya tuliskan bersama dengan dengan pengurus dan anggota baru FLP Bengkulu. Waktu itu kami sepakat, bahwa setiap anggota baru harus membuat sebuah cerpen dan cerpen terbaik akan kami bukukan. Dan alhamdulillah setelah diberikan pelatihan secara intensif, terpilihlah naskah-naskah terbaik di dalam buku ini. Ceritanya sangat lokalitas Bengkulu loh, jadi obat kangen.

Kesembilan, Buku ini saya tulis untuk mengenang kebaikan dan kejutan dari suami dan  berharap dapat kejutan lagi dari suami, hehehe. Ternyata setelah terbit pun bukunya. Saya belum mendapatkan kejutan-kejutan baru dari suami, hehehe.

Kesepuluh, Buku ini saya tulis untuk mengenang sisi tidak enaknya saat diperlakuakn tidak baik waktu menajdi guru honorer di sebuah sekolah. Kisah ini buat saya kenang sendiri dan bisa menjadi bagian dari pembelajaran bagi diri saya atau bagi orang lain. Semoga tak ada lagi yang mengalami hal serupa. Buku ini ditulis oleh saya dan teman-teman yang memang mempunyai kesan dan pengalaman saat mengajar.

Kesebelas, Buku ini adalah kali pertama saya menuliskan cerita anak-anak dalam sebuah buku. Pengalaman yang seru bersama-sama dengan teman-teman FLP Bengkulu. Sebelum naskah buku ini terkumpul. Kami sudah melakukan audisi erlebih dahulu dan diikuti oleh banyak orang. 
Keduabelas, Buku ini saya tulisakan untuk mengenang saat saya menghabiskan waktu masa lajang sebelum menikah. Bagaimaan saya mengisi hari-hari dan bersiap untuk menyambut pernikahan. Ternyata jadi jomblo itu berat, kawan, hehehe. Dan saya tak perlu waktu lama untuk melaluinya, saya segera menikah.

Ketigabelas, Buku ini saya dan teman-teman tuliskan berdasarkan pengalaman saat hendak menikah. Lucu, seru dan haru saat harus mengennag bagaimana saya mempersiapkan pernikahan saya yang tak boleh ada istilah ngutang. Tetapi alhamdulillah banyak rejeki, saya menikah dalam kondisi meriah dan tanpa utang. Ini kover awal bukunya, keren ya berwarna biru.

Lalu kami sepakat mengajukan naskah ini ke pernerbit Al -Kutsar, jadilah kover bukunya seperti ini. Keren juga ya. Buku ini sangat saya rekomendasikan buat teman-teman yang masih galau soal keinginan untuk menikah. Dan bertekad untuk menikah karena menikah itu ibadah, semoga Allah memudahkan. 

Keempatbelas, Buku ini saya tuliskan mengenai pengalaman saya membangun dan jatuh bangun bisnis dan impian saya. Termasuk ketika kami Bengkulu mengalami musibah gempa dan bisnis saya, toko dan barang-barang juga terkena imbasnya. Saya mencoba bangkit dan menata kembali impian tersebut. Alhamdulillah, semua ada solusinya.


Dari buku antologi di atas, adakah kita yang sebuku teman? kalo iya, alhamdulillah semoga segera tercapai terbit buku-buku yang lain ya. Aamiin

Alhamdulillah di tahun 2016 ini, saya mencoba untuk menulis buku solo. Sudah dapat kabar 4 buku saya dengan tema kesehatan akan segera terbit. Desain final buku dan kovernya sudah saya terima. Mohon doanya ya agar buku ini bermanfaat dan saya juga bersemangat untuk menulis lagi dengan teman dan judul-judul yang lain.


10 comments

ckckck, Mba Milda keren ih, ternyata karyanya udah banyak banget *jempol*

Reply

hehehe, belumlah Mba, masih belajar

Reply

banyak banget antologinya, saya aja masih jadi draft tuh tulisan :(

Reply

hehehe, hayuuk diselesaikan drafnya, semangat ya

Reply

wah, bukunya udah banyak mbaaa :)

Reply

masya allah banyak banget Mba :D keep up the good work :D

Reply

belum Mba, masih mau ngejar sekitar 6 buku lagi ni :)

Reply

hehehe, doain ya Mba, masih mau mencari 6 buku lagi

Reply

Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

Reply

terima kasih atas kinjungannya

semoga sukses selalu

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin