Menu

Rabu, 17 Februari 2016

/



Nawra Saat Menunggu Giliran Latihan Berenang


Kepada Nawra, sejak awal dia kan masuk sekolah dasar sudah saya ucapkan berkali-kali. Bahwa nanti dia akan belajar renang secara intesif. Hal ini karena olahraga renang selalu ada dan dijadikan salah satu kegiatan rutin di sekolah. Mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA bahkan hingga perguruan tinggi.

Jadi sayang jika ada kegiatan berenang dari sekolah. Nawra hanya bermain air saja dan cuma membasahi badan, terus mandi , ganti baju dan pulang.

Lagi pula sebaiknya memang keterampilan berenang harus dikuasai agar bisa menjaga diri sendiri saat berenang. Jika ikut kegiatan sekolah, pasti bapak atau ibu guru akan kesusahan untuk mengawasi semua anak didiknya saat di kolam renang.

Oleh karena itu saya mulai bercerita kepada Nawra dan memotivasi dia agar mau les renang secara disiplin. Dan ternyata dia mau. Ya, namanya juga anak-anak. Diajak bermain air pasti suka kan, hihihi.

Gakpapa awalnya bermain air dulu, tetapi lama-kelamaan menjadi jadwal rutin dan menjadi kebutuhan. Nanti pasti Nawra yang minta berenang, yakin deh. Kita lihat saja nanti ya.


Ya, supaya lebih paham dan bisa menambah wawasan.

Lalu, saya mencari tahu dimana sih lokasi kolam renang yang ada sekalian les renangnya. Saya mencari tahu informasi tersebut kepada guru olahraga di tempat dulu saya bekerja, di MAN Model Bengkulu.

Dari infomasi pak Guru Isnadi dan Soewanto Jaya, saya direkomedasikan untuk memasukkan Nawra les di kolam renang Teluk Benoal. Yang beralamat di Jalan Hibrida 3. Dari saran mereka, menyatakan bahwa cuma pak Heri yang bisa melatih anak yang mulai dari nol. Anak yang masih takut air dan belum bisa apa-apa. In sya Allah akan bisa berenang jika sudah diajarin ama beliau. Tetapi kalo sudah lihai dan mau ke tingkat atlit, ada lagi pak guru yang bisa mengajarinya. 

Jadi karena Nawra masih awam dan butuh bimbingan dasar, makanya saya putuskan akan mencoba les renang Nawra di sana saja, sesuai dengan anjuran mereka. 

Wow, lokasinya jika menggunakan kendaraan pribadi bisa menghabiskan waktu sekitar 15 menit dari tempat saya, dari Tengah Padang atau dari Komplek Perum Sopo Indah, Surabaya. Lumayan juga ya, hihihi.

Tetapi gakpapalah demi Nawra, semua akan kita coba dan semoga jarak tidak menjadi hambatan.
Saya dan Nawra sore itu langsung menuju lokasi kolam yang dimaksud. Kami berangkat dari rumah setelah salat Ashar. Dan memang selalu begitu, akhirnya jadwal latihan Nawra setiap habis Ashar baru kami berangkat dan pulangnya nanti jam enam sore. Sampai di rumah sudah Maghrib.

Di depan di loket masuk, setelah membayar untuk satu orang yang berenang Nawra dan satu orang yang menemani. Di kolam ini, biaya yang berenang dengan yang menemani berbeda. Alhamdulillah ya.

Saya juga sempat bertanya kepada penjaga loket mengenai les renang. Dari mereka saya diantarkan untuk menemui pak Heri. Yang menurut informasi mereka adalah seorang guru olahraga di salah satu MI di Tanjung Jaya, Bengkulu dan sudah memiliki sertifikasi renang secara Nasional. 

Lalu, saya berkenalan dengan pak Heri. Bertanya banyak hal mengenai seluk beluk les renang.

Pertama, uang pendaftaran hanya Rp. 75.000 , saya mendaftarkan Nawra sejak tahun 2012. ( saat sekarang kayaknya sudah menjadi Rp. 100.000). Peserta mendapatkan satu buah jaket.

Kedua, jadwal latihan setiap hari selasa sampai dengan ahad. Hari senin, kolam renangnya libur. Dari jam 16.00 sd 17.30 wib di kolam renang Teluk Benoal.

Ketiga, biaya renangnya perbulan hanya Rp. 100.000 , untuk delapan kali latihan. Jadi dihitung satu pekan dua kali. Namun batas pembayaran tersebut berlaku selama batas waktu dua bulan. Selebihnya hangus atau harus membayar kembali. Maksudnya secara jelas begini, uang bulanan dibayarkan Rp. 100.000,- untuk masa latihan selama dua bulan. Hal ini sama berlakunya dengan yang Nawra lakukan. Jadi karena kesibukan kami sebagai orang tua, jadwal les renang Nawra kadang hanya dilakukan sekali dalam sepekan. Sehingga jika dihitung delapan kali latihan itu bisa dipakai selama dua bulan, dengan waktu latihan hanya satu kali dalam sepekan.

Keempat, biaya masuk kolam dibayarkan masing-masing oleh peserta saat hendak latihan. Biaya tiket berenangnya dibayar terpisah dari biaya bulanan les renangnya.

Nah, jika dihitung dengan biaya dan keterampilan yang didapatkan oleh anak saat latihan berenang. Maka harga segitu saya rasa tak begitu mahal ya. 

Memang selain biaya bulanan dan tiket masuk, kadang saya juga menyediakan tambahan uang terutama untuk jajan. Ya, soalnya habis berenang itu biasanya Nawra sangat capek dan lapar. Sering minta makan nasi goreng, sate padang dan lain sebagainya, hehehe.

Tetapi kadang cuma membeli gorengan saja. Saya sering juga membawa makanan nasi dari rumah, biar lebih hemat. 

Selain untuk Nawra makanan dan cemilan tersebut juga buat saya, lumayankan menunggui orang berenang. Bikin lapar juga.

Nah, kalo kamu di Bengkulu pusing nyari tempat les renang anak dimana, hayuuk daftar di sini aja. 

Nanti ditulisan berikutnya saya ceritain ya, apa aja sih yang diajarin pas les renang itu. Apalagi buat anak-anak yang masih awam

Terima kasih ya sudah mampir dan kasih komentar, semoga selalu sehat dan banyak rejeki. Aamiin.




10 comments

terimakasih infonya gan :D

Reply

Anak-anak tiap abis les renang pasti beli makanan. Akhirnya aku bawakan aja bekal,, gitu aja masih kurang ,hehehe

Reply

iyalah Mb, lapar pastinya, hehehe

Reply

boleh ta mbak renang bawa makanan sendiri? kalo di kotaku biasanya yg nemenin (nggak nyemplung) nggak bayar mbak :D mungkin sekarang sudah beda apa ya. Btw aku follow blognya boleh ya. Trims

Reply

boleh kalo bawak makanan sendiri, yang jaga tetap bayar. ada yang beda ada juga yang sama. krna mereka gak mengawasi yg mandi

Reply

murah ya mbak 100rb perbulan dan itu waktu lesnya lama, aku nyesel kenapa waktu kecil gak ikutan les, soalnya sekarang malah takut air hehe

Reply

iya, lumayan. asal mau aja deh
dibandingkan di daerah lain, udah 25orb perbulan. ini malah ada 10 x latihan 200rb di kolam sebelah sana

Reply

Seru nih tempat les renangnya. Jadi pengen les renang juga x_x
Balada udah umur segini belum juga bisa renang wkwkwkwk

Reply

hahaha, kalo di sini ada kok Mb pelatih buat Emak2

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin