Menu

Senin, 01 Februari 2016

/





          Dokter gigi keluarga kami menyarankan agar Nawra, putri pertama kami untuk memasang kawat gigi. Meski saat ini usia Nawra baru 9 tahun. Ada sedikit masalah pada gigi Nawra.

          Baca di sini ya, usia berapa sebaiknya anak memakai kawat gigi


       Selanjutnya saya juga bertanya kepada dokternya berapa lamakah pemakaian kawat gigi tersebut. Apakah selamanya, duh pasti repot.

          Dokter menyarankan Nawra memakai kawat gigi nanti saat dia selesai ujian sekolah dasar. Pada masa liburan tersebut dia diminta untuk memakai kawat gigi. Kira-kira usianya mendekati 11 tahun.

          Memang pemakaian kawat gigi pada setiap orang berbeda-beda. Tergantung tingkat keparahan dan masalah gigi yang dihadapinya. Selain itu lamanya pemakaian kawat gigi juga dipengaruhi oleh , kesehatan gigi dan gusi.

          Hal penting lainnya yang mempengaruhi  lamanya memakai kawat gigi juga dipengaruhi oleh kebiasaan kita terhadap saran dan anjuran dokter ortodonti karena saat memakai kawat gigi ada banyak hal  (instruksi ) yang harus kita taati.

          Jika kita mengikuti instruksi dokter secara benar, maka pemakaian kawat gigi dapat dilepas jika

1. Dapat kita lepas saat usia 18- 36 bulan sejak dipakai. Kurang lebih tiga tahun pemakaian. Melepaskannya juga harus dilakukan oleh doketr ortodonti.
 
·     2. Retainer dapat dilepas setelah enam bulan dipakai. Bisa juga dilepas saat akan tidur dimalam hari. Tetapi hanya untuk beberapa tahun saja. Terutama setelah pemakaian enam bulan dan sudah mulai ada perubahan pada posisi gigi. Retainer berfungsi menstabilkan posisi baru pada gigi, gusi, dan tulang, termasuk mencegah posisinya kembali seperti semula. Alat ini dapat bersifat permanen atau lepas-pasang. Posisi gigi yang akan terus berubah dari waktu ke waktu sebagai proses alami membuat retainer mungkin perlu digunakan pada beberapa waktu 

Nah, kalo sudah dipasang selama kurang lebih tiga tahun, kawat gigi bisa dilepas. Jadi nanti jika Nawra memakainya sejak usia 11 tahun, maka akan dilepas saat dia berusia 13-14 tahun. Iyap, selepas dia menyelesaikan SMP. Wuihh, lama juga ya. Semoga dia betah dan telaten deh merawat kawat giginya. Saya juga akan selalu menjaga dan menyemangatinya.

Wah, kalo pemakaiannya agak lama begitu. Saya harus mencari informasi tambahan mengenai amankah memakai kawat gigi dan cara merawatnya. Lain waktu kita bahas lagi ya di edisi selanjutnya. Mengenai amankah memakai kawat gigi atau apakah ada resikonya . Terus satu lagi bagaimana merawat gigi yang memakai kawat gigi tersebut. Eiit, tapi sebelum masuk ke bahasan mengenai cara merawat kawat gigi, kita harus mengetahui dulu apa saja yang menjadi komponen kawat gigi tersebut sehingga merawatnya jadi jelas dan mudah.

Kalo teman-teman sudah punya pengalamannya, bolehlah bagi-bagi ilmu di blog saya. Yuk, kasih saran dan pendapatnya di kolom komentar. Semoga masukannya juga menjadi tambahan ilmu bagi saya dan Nawra.

Saat ini yang pasti Nawra dan saya lakukan adalah menjaga kebersihan giginya dengan rajin menyikat gigi dan menjaga jenis asupan makanannya. Terutama yang manis-manis, agar dapat dikurangi. Jika sudah memakan yang manis-manis sebaiknya segera untuk membersihkan dan menyikat gigi.  

Jadi teringat lagu ini,
Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong ibu
Membersihkan kawat gigiku
Hehehe.....
Gambar from google

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin