Menu

Jumat, 11 Desember 2015

/

     


          Mengajarkan anak makan sayuran adalah suatu perkara yang gampang-gampang susah. Terkadang anak- anak hanya menyukai jenis sayuran tertentu. Misalnya saja ketika dia menyukai sayuran wortel, maka dia akan selalu mau makan atau meminta sayur wortel tersebut. Cara mengolahnyapun terkadang selalu ingin sama, mereka kadang gak suka kalo kita memasaknya dengan cara lain. Misalnya kalo sukanya ditumis lalu kita ganti dengan dimasak sayur bening, belum tentu loh, anak kita mau makannya.

        Oleh karena itu sebagi seorang Mommy yang baik, kita harus terus berupaya untuk selalu mencari cara baru dan memasatikan bahwa anak-anak kita mau makan sayuran. 

        Kali ini saya mau sharing mengenai cara mengajarkan anak mau makan sayuran wortel. Dari namanya lucu ya, warnanya juga menarik. Apalagi sekarang warna wortel tidak melulu orens, tetapi ada warna-warna lainnya yang lebih menarik. Istilah kata saya wortel Raibow, hehehe.

        Sebelum itu kita bahas sedikit ya soal wortel, kalo dulu sih waktu SD guru selalu menerangkan bahwa wortel itu baik untuk kesehatan mata. Itu benar ya Mommy dalam 100 gram wortel terkandung 3.600 mikrogram vitamin A. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Pertanyaannya bagaimana cara agar anak kita mau mengkonsumsi wortel sebanyak itu ya. Pasti bisa, apalagi kalo sudah diolah terutama dalam berbagai bentuk masakan.

Lalu selain vitamin A Wortel juga mengandung vitamin C yang tinggi guna membantu tubuh untuk mempertahankan kesehatan. Jadi jika anak kita mengkonsumsi wortel otomatis dia juga sudah mendapatkan asupan vitamin C. Hebat bukan hanya dengan makan wortel.

Dalam menggunakan wortel sebagai bahan makanan kita juga harus memilih Wortel dengan baik. Ciri wortel baik adalah  kulitnya tipis, berwarna oranye, dan berbau khas. Tekstur wortel renyah dan rasanya agak manis, masih muda, kulit licin mengkilap, dan bentuknya lurus tidak berlekuk.  Tetapi jika warna wortelnya  lebih gelap itupun baik karena banyak mengandung karoten yang lebih tinggi

Selain itu jika wortel kita olah menjadi jus atau smoothie, sebaiknya gunakan gulanya sedikit saja jarena Wortel juga  memiliki kadar gula alami yang tinggi. Oleh karena itu,bagi penderita diabetes harus meminta saran dokter mengenai cara mengonsumsi wortel yang tepat.
 
Selain itu wortel berkhasiat untuk meningkatkan stamina tubuh, mengatasi sembelit, mengobati alergi, mengobati autis, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Wortel mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. 

        Nah, sekarang kita bahas  cara mengolah wortel agar disukai oleh anak-anak
1.  Jadikan minuman, kita bisa membuat wortel menjadi minuman jus atau smoothie. Boleh dengan olahan asli , hanya wortel dan tambahan sedikit gula atau bisa kita olah menjadi minuman dengan berbagai bahan tambahan seperti madu, youghurt
2.  Olah wortel menjadi bakwan atau gorengan, masukan potongan halus wortel ke dalam adonan dan campurkan dengan bahan lainnya ketika akan digoreng
3.  Masak sup, baik sup daging, sup ikan atau sum ayam. Sup telur juga enak, warna wortel yang menarik akan membuat aneka sup menjadi lebih menarik . anak-anak biasanya akan memakannya jika makanan tersebut terlihat menarik.
4.  Jadikan campuran berbagai jenis masakan. Misalnya ketika akan membuat tumisan kangkung, masukan beberapa potongan wortel ke dalam tumisan , warna wortel juga akan membuat masakan menjadi menarik
5.  Masukan wortel ke dalam campuran masakan sayuran bening. Misalnya ketika akan memasak sayur bening katuk, selain touge, jagung tambahan juga wortel. Masakan sayur bening bayam, masukan juga wortel ke dalam campuran touge. Warna wortel yang menarik juga akan membuat tampilan masakan sayur bening akan menjadi lebih menarik.  Pokoknya masukan wortel dalam berbagai olahan sayur ya Mommy.
6.  Olah wortel bersama timun menjadi makanan acar. Bisa dengan acar kuah bening atau di santan.
7.  Masukan irisan halus wortel ke dalam olahan ikan goreng saus tomat. Rasa wortel yang segar akan menambah nafsu makan ketika anak-anak mengunyah makanan.

Itulah beberapa cara saya memberikan olahan wortel kepada anak-anak. Sebaiknya menyajikan wortel kepada anak-anak selagi hangat. Ajaklah mereka makan di meja makan dengan tertib, apalagi setelah mandi pagi mereka akan lebih terasa lapar dan makannya jadi lahab. Memakan masakan wortel juga bisa dibarengi dengan makan yang lainnya. Misalnya dengan tambahan lauk, goreng tahu, tempe dan telur.
Selamat mencoba ya Mommy

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin