nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Bacaan Surat Al-Falaq Beserta Latin, Arti dan Hikmahnya

Bacaan Surat Al-Falaq Beserta  Latin, Arti dan Hikmahnya

Surah Al-Falaq – Surah Al-Falaq merupakan salah satu surah pendek dari Al-Qur'an yang paling sering dibaca pada saat sholat kebanyakan umat muslim di Indonesia. Surah ini menjadi favorit para umat karena pendeknya ayat dalam surat Al-Falaq serta mudah dihafal.

Walaupun hanya memiliki lima ayat, Surah Al-Falaq memiliki makna dan makna yang sangat mulia. Surah Al-Falaq memiliki kekuatan atas izin Allah SWT untuk melindungi Umat Islam dari segala keburukan dan surat Al-Falaq tergolong surat Makiyah karena diturunkan di kota Mekkah sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.


https://www.mildaini.com


Bacaan Surat Al-Falaq beserta Latin dan Artinya
 

Surah Al-Falaq adalah surat ke-113 dalam Qur’an. Nama Al-Falaq secara harfiah berarti waktu Subuh. Terjemahan Latin Surah Al-Falaq dan artinya yang didasarkan sepenuhnya pada Al-Qur’an adalah sebagai berikut:

Qul a'uzuu bi rabbil-falaq

Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),

Min sharri ma khalaq

dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,

Wa min sharri ghasiqin iza waqab

dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

Wa min sharrin-naffaa-thaati fil 'uqad

dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),

Wa min shar ri haasidin iza hasad

dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki."


Hikmah dari Surat Al-Falaq

  

Surah Al-Falaq memiliki keterkaitan dengan surah An-Naas, karena keduanya disebut almu`awwizatan, yang berarti "dua orang yang mencari perlindungan.", Hal ini memiliki keistimewaan bahwa Surah Al-Falaq dapat memberikan perlindungan.


Berikut merupakan hikmah dari surat Al-Falaq berdasarkan makna dan artinya:


1. Penyakit Menjadi Sembuh

Surat Al-Falaq mempunyai kemampuan yang berkhasiat untuk menjauhkan serta menyembuhkan penyakit. Hal ini sesuai dengan riwayat dari Aisyah ra istri Rasulullah SAW:

"Rasulullah SAW ketika merasakan sakit, terbiasa membacakan pada dirinya sendiri surat perlindungan (Al-Falaq) dan meniupkannya. Tatkala sakitnya semakin memburuk, aku yang ganti membacakannya kepadanya. Aku mengusap tangannya mengharapkan berkahnya.


2. Terlindung dari Keburukan dan Kejahatan

Salah hikmah surat Al-Falaq yang luar biasa adalah kekuatannya untuk memberikan perlindungan bagi mereka yang rajin mengamalkannya.

Baik dari perlakuan jahat secara fisik maupun serangan sihir dan guna-guna.

Jadi, muslimin dan Muslimah sangat dianjurkan untuk membaca serta mengamalkan surat Al-Falaq pada malam hari, sebelum tidur, dan saat bangun tidur, seperti yang diriwayatkan Aisyah ra:

"Nabi Muhammad SAW jika hendak menuju tempat tidurnya setiap malam, maka beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, lalu meniup keduanya sambil membaca Qul huwallahu ahad (Al-Ikhlas), Qul a'udzu birabbil falaq (Al-Falaq), dan Qul a'udzu birabbin nas (An-Nas), lalu beliau mengusapkan kedua tangannya kepada tubuhnya yang dapat beliau jangkau, yakni dimulai dari atas kepala dan wajahnya, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali. (HR. Al-Bukhari)


3. Terhindar dari Penyakit Ain

Dalam Ajaran Islam, penyakit ain yaitu perasaan iri dan  dengki yang berasal dari pandangan mata dan hati yang tidak dijaga dengan baik. Dengan membaca surat Al-Falaq, maka Insya Allah umat Muslim akan terhindar dan dijauhkan dari penyakit tersebut. Rasulullah SAW. Bersabda:

"Barang siapa yang ingin memperoleh penjagaan Allah dari orang yang bermaksud buruk, hendaknya ketika melihat orang itu memohon perlindungan dengan kekuatan Allah Azza wa Jalla dari kekuatan makhluk-Nya, kemudian membaca surat Al-Falaq, niscaya Allah menyelamatkan ia dari tipu daya setiap penipu, makar setiap pemakar, dan kedengkian setiap orang yang dengki." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/717)


Mau tau sumber yang lebih lengkap dari penjelasan Surat Al-Falaq diatas?,  Yuk klik sumber. Kunjungi juga Website INDOZONE untuk konten-konten tentang keislaman dan berita penting dan bermanfaat lainnya. Jangan sampai kelewatan!

Baca Juga

Related Posts

23 comment

  1. Wah banyak banget hikmahnya baca satu ayat, memang ayat-ayat suci di alquran memiliki banyak manfaat dan kandungan makna yang luar biasa. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  2. Terimakasih kakak sudah diartikan ayat-ayat suci dalam Alquran yang menyejukkan dan memberi kekuatan dan pengharapan

    BalasHapus
  3. surat al falaq termasuk surat yang aku sukai karena setiap ayatnya mengandung hal yang manfaatnya luarbiasa buat manusia

    BalasHapus
  4. Surat Al Falaq adalah salah satu surat yang paling sering aku bacakan ketika shalat sih
    Ternyata maknanya dalam yaaah

    BalasHapus
  5. MashaAllah~
    Mambaca Al-Qur'an adalah sebaik-baik obat. Dan Membaca surat Al-Falaq sebagai dzikr pagi dan petang agar terlindungi dari berbagai hal buruk, termasuk buhul-buhul sihir.

    Wallahu 'alam bishowab.

    BalasHapus
  6. Baru satu surat pendek dalam Al Quran, hikmahnya udah sebanyak ini ya mbak.
    Surat pendek ini juga yang sering saya baca saat sholat, terutama pas waktu sholat subuh

    BalasHapus
  7. Surat yang sering dibaca selain surat Al Ikhlas nih. Kalau tahu artinya rasanya bisa lebih memahami dan memaknai saat membaca ya

    BalasHapus
  8. Masya Allah begitu dalam hikmah surat Al Falaq ya..mampu memberikan perlindungan kita. Terima kasih sudah diingatkan bacaan , arti dan hikmah surat ini.

    BalasHapus
  9. Wah iya, ternyata surat Al Falaq yang sering dibaca saat shalat ini punya banyak kandungan hikmah ya mbak
    Terimakasih sudah berbagi info bermanfaat ini

    BalasHapus
  10. Banyak juga hikmah dari surat Al Falaq. Aku tuh sekarang tipe yang baca aja, kalau bisa sesuai tajwid. Surat pendek gini asal konsisten juga oke

    BalasHapus
  11. Salah satu surat yang paling sering aku baca saat shalat. Jujur aku lupa artinya. Terima kasih sudah mengingatnya, mak. Banyak ya hikmah di balik surat ini.

    BalasHapus
  12. QS Al-Falaq ini salah satu Surat pendek yang sering saya baca. Banyak manfaatnya ya ternyata QS Al Falaq ini dan menurut saya cocok di baca ketika sholat tahajut dan sholat subuh biasanya sihir2 menyerang di waktu tsb.

    BalasHapus
  13. Masha Allah. Terkadang baca surat hanya sebatas dibaca saat sholat aja. Tapi setelah dikaji artinya ternyata begitu dalam ya mba. Bermanfaat banget artikelnya

    BalasHapus
  14. Terima kasih mak untuk sharingnya. Untuk mengingat kembali dan membantu muslim untuk mempelajari surat ini

    BalasHapus
  15. Terima kasih mbak, sungguh luar biasa surah Al Falaq ini ya mbak, jadi paham artinya dan maknanya setelah membaca artikelnya mbak, makasih ya.

    BalasHapus
  16. Baru kemarin mengajarkan surat ini ke anak pertamau karena pelajaran dia membaca surat ini.
    Dan isi artikel ini bisa jadi pemgetahuan tambahan buat dia.

    BalasHapus
  17. Hanya lima ayat tapi makna nya dalam ya. aku yang dengerin aja bisa cepet hapal nih, soalnya ayatnya berima gitu kayak puisi

    BalasHapus
  18. biasanya aku suka baca aja, dan sekarang anakku sering baca pas solat. ternyat aayatnya indah ya mak. jadi pengen belajar banyyak lagi. apalagi tar lagi puasa banyakin pahala

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah surah ini ga boleh putus dibaca tiap hari oleh kami, khususnya anak supaya paham akan urgensinya diturunkan

    BalasHapus
  20. Masya Allah Tabarakallah makasi insightnya mak, penjabarannya, semoga kita senantiasa terhindari dari hal yang buruk ya

    BalasHapus
  21. Adem bangeeet baca artikel dan makin paham dengan artian di dalam surat Al-Falaq. Semoga kita dijauhkan dari segala penyakit ain yang bisa menjerumuskan kita ya mak.

    BalasHapus
  22. Bermanfaat sekali infonya, selain bacaan ada makna dan kandungannya juga jadi yang baca pun tidak hanya baca ayatnya aja tapi artinya juga

    BalasHapus
  23. Kami biasakan sebelum tidur baca 3 Qul. Semoga mendapat keberkahan dan perlindungan Allah. Terima kasih penjelasannya Mbak Milda

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin