nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Aku Mencoba Berhenti Makan Nasi

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Milda, apa kabar? Semoga selalu sehat, berlimpah rejeki dan kebahagian. Kali ini aku mau bercerita seputar kebiasaan baru saya yang sering tidak makan nasi.

Ada  yang bertanya, kenapa saya berhenti untuk makan nasi. Bukankan itu makanan pokok kita orang Indonesia. Apalagi sejak kecil, sejak mengenal MPASI, saya sudah disodori nasi oleh Emak dan Nenek saya.

Pasti sebuah keputusan yang berat, setelah hampir empat puluh tahun lebih selalu makan nasi. Lalu memutuskannya untuk tidak ingin mengkonsumsinya lagi. Bukan mengurangi, malah benar-benar meninggalkannya sama sekali.

Yah, keputusan yang sangat berat dan tidak ada satu pun masalah yang sudah saya alami seberat ‘Keputusan saya untuk Meninggalkan Nasi’


https://www.mildaini.com
Ini hanya gabar pendukung, jangan salah fokus yah


Alasan Ingin Putus

Layaknya sebuah hubungan, ketika saya ingin memutuskan tidak makan nasi lagi bukan tanpa alasan. Tentu saja saya punya alasan yang kuat, layaknya seperti hubungan dua orang. Jika salah satu ingin mengakhiri, tentu saja ia pasti punya alasan yang sangat jelas. 

Bahkan untuk mencari, menemukan dan memutuskan alasan tersebut. Butuh waktu yang lebih lama, bisa berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bisa membutuhkan tahun untuk menemukannya. Dan butuh kekuatan yang luar biasa untuk mengatakan alasan tersebut. 

Setelah mengatakan alasan tersebut. Dibutuhkan lagi komitmen untuk bisa berpegang teguh dengan alasan tersebut. Jika tidak layaknya sebuah hubungan tentu saja akan putus nyambung terus-menerus dan berkali-kali.


Tantangan Ingin Putus

Tapi kalo disodori menu atau ditawari makan nasi dengan ayam atau bebek goreng, sambel mercon, ada pete goreng, mungkin niat bisa terbelotkan, minimal iciplah. Tetap makan, tapi nasi dikurangi atau tanpa nasi sama sekali. Kayak video ini Sambal Mercon Ini 




Dia Menyakitiku

Alasan yang paling kuat dan paling utama karena nasi menyakitiku. Sebuah hubungan tidak akan langgeng, jika salah satu beranggapan bahwa ia tersakiti oleh yang lainnya. Sebuah hubungan akan terus harmonis jika setiap pasangan merasa sangat bahagia dan saling membutuhkan satu sama lainnya.

Tapi hal ini tidak saya temukan di dalam hubungan saya dengan nasi. Terutama dalam tiga tahun terakhir ini, ia selalu membuat saya sakit.


Pertanyaannya, sakit apa yang disebakan oleh makan Nasi?

Awalnya saya memutuskan untuk berhenti itu karena, acap kali kalo bangun pagi badan sakit semua, pegal seperti usai angkat beban berat. Kalo mau bangun dari tempat tidur, saya harus berjuang untuk menyatukan dulu jiwa dan raga serta psikologis saya,semuanya harus dalam keadaan siap. Lalu,saya sambung dengan doa-doa. Baru deh, kekuatan untuk bangun datang.

Pernah berpikir apa karena tempat tidur yang kurang nyaman. Ternyata tidak, kasur saya alhamdulillah empuk berlapis, hehehe.

Saya juga mengurangi jajan di luar, berupaya untuk masak sendiri. Apalagi dua tahun selama pandemi ini, banyak masak dan makan makanan original. 

Apa itu makanan original, yah makanan asli tanpa olahan tambahan palingan garam saja. Misalnya rebus jagung, ubi dan buah-buahan. Rebusan sayur termasuk cabe halus original. Tapi ada lalap jengkol, hehehe. Sesekali bolehlah kayak gini.

https://www.mildaini.com
Makanan ORIGINAL : D

https://www.mildaini.com
Contoh bekal nasi saat memutuskan ingin putus dengan nasi, mulai dikurangi porsinya


Cara aku mengawali untuk berhenti

Saat itu, saya tidak langsung memutuskan berhenti makan nasi, tapi saya coba kurangi.Eh, ternyata di badan terasa enak. Makin lama setelah semakin kecil porsinya, badan mulai terasa enak dan nyaman. Jadi, perlahan saya berhenti sama sekali.

Hal lainnya yang juga saya rasakan adalah, saat siang hari. Baik setelah makan atau belum, bawaannya ngantuk banget. Di kantor saya kadang tertidur di ruang shalat. Rasa kantuk akan semakin menjadi, kalo saya makan nasi. Yah, sudah, itu rasa kantuk seolah bergelayut di mata. Terpaksa harus ditidurkan, meski hanya sekejap saja.

Kalo perubahan di badan, otomatis lingkar pinggang mulai menyusut. Hanya saja sisa-sisa melahirkan di perut yang belum hilang. Ada baiknya sih, ditambah dengan olahraga untuk mengencangkan otot perut sehingga perut buncit bisa lenyap.

Semoga setelah ini deh, bisa lanjut dengan aktif berolahraga. Yah, minimal melakukan jalan pagi, jogging atau yoga.

Oh, ya untuk pengganti makan nasi, saya makan karbohidrat pengganti lainnya. Seperti Roti, singkong, ubi, olahan terigu dan lain sebagainya. Ditambah dengan konsumsi buah yang banyak, terutama buah pepaya, pisang, dan buah lainnya yangsedang musim. 

Tau sendiri kan, harga buah di bumi Nusantara ini masih rada mahal. Palingan buah lokal yang agak terjangkau, seperti Semangka, Melon, Pepaya California dan Pisang Ambon yang merupakan hasil kebun para petani yang ada di Bengkulu. 

Demikian dulu yah,sahabat Milda semuanya mengenai cerita aku mencoba untuk berhenti makan nasi. Yah, kalo kangen di makan aja, asal jangan sampai satu bungkus nasi Padang.

Sampai jumpa di cerita selanjutnya.


Baca Juga

Related Posts

26 comment

  1. Kolesterol tinggi? Semangat, Mbak, semoga lekas sembuh. Salfok sama ayam bebek, tempe, dan sambelnya. Santapan enak ini.

    BalasHapus
  2. Iya bisa banget berhenti mkn nasi...nanda sempet 1.5 tahun no nasi... Tp syg ny berhenti kmrn... Niatnya nanti mau coba lg hehehe

    BalasHapus
  3. Wah, itu dia deh yang bikin toleransi makan nasi lagi walaupun sedikit adalah adanya lalapan, sambal dan jengkol wkwkwkkwkw :) AKu juga udah mengurangi makan nasi beberapa tahun belakangan, tapi bukan meninggalkan ya karena masih butuh karbo. Supaya ga lekas naik bobot body dan lebih sehat :D Semoga kita berhasil ya mak aamii. Komitmen kenceng ah bismillah.

    BalasHapus
  4. Eh sepertinya kita samaan nih. Sudah selama pandemi ini saya pun mengurangi makan nasi. Ya meski belum bisa drastis tapi sudah lebih sedikit dibandingkan sebelumnya. Cuma kalau pas ada acara ngaliwet, wah suka bablas tuh. Abis ikan asin lalap sambal itu nagih banget hehehe kalau ga pakai nasi apa jadinya kan...

    BalasHapus
  5. Waah kereen kak sdh berhasil brenti makan nasi, aku pernah lihat podcast wulan guritno dia stop gula awale berat lama2 badan enak jd mupeng tp blm jg terealisasi 😭

    BalasHapus
  6. Wah..kereen mbak Milda.
    Aku belum bisa no nasi meski juga tidak tergantung nasi. Umpama uda makan karbo lain, aku gapapa ga makan nasi. Tapi ya sehari2 masih makan nasi. Paling bahaya buatku adalah kalau makan pakai ikan asin sama sambal dan lalapan... Soalnya jadi nambah nasi mulu huhuhu
    Semoga tercapai goal dari ga makan nasi ya mbaaak...

    BalasHapus
  7. Kalo no nasi banget aku sih nggak. Hanya mengurangi porsinya saja. Jd ganti karbo ya yg lain lah selain nasi. Badan lumayan enak dan berat badan juga berkurang.

    BalasHapus
  8. keren mba milda semangatnya untuk berhenti makan nasi, saya belum sanggup, duu apalagi kalau ketemu sambal, ikan asin dan lalapan auto nambah^_^

    BalasHapus
  9. Wah keren mbak Milda mau putus saama nasi hehe kalau saya belum bisa mbak, karena makan tanpa nasi kayaknya ada yang kurang tuh hehe btw alhamdulillah kalau bisa istiqomah yaa. saya juga kadang mengganti nasi dengan oat.

    BalasHapus
  10. Wahh keren nih. Molly juga berusaha untuk mengurangi nasi. tapi tidak berhenti sama sekali hahaa.. tapi itu bikin badan jadi kecil juga sih, soalnya sebagian besar karbonya diganti protein

    BalasHapus
  11. Makan tanpa nasi, kaya gak makan. Dulu bisa banget makan banyak. Kalau sekarang masih makan, tapi porsinya dikurangi. Jadi tetap enak di badan

    BalasHapus
  12. aku juga sering ngantuk apa itu tandanya harus putus juga dengan nasi yaa? apa faktor usia juga yaa? aku beranjak kepala 4 neh. emang bawaannya malas aja pengen tidur melulu

    BalasHapus
  13. Aku kalau berhenti sama sekali makan nasi kayaknya belum sanggup mba. Paling sering tuh kurangi porsi dan intensitasnya mba :)

    BalasHapus
  14. Saya juga sedang mengurangi nasi Mbak, tapi belum berhasil berhenti makan nasi. Belum sanggup lambungnya hihihi
    Tapi memang katanya tanpa makan nasi di badan lebih enak, ya

    BalasHapus
  15. Wah langsung ya menghentikan ga makan nasi mbak, gak bertahap. Semoga konsisten & semangat terus ya. Kalau aku belum bisa mbak, paling makan nasinya aja sedikit yang banyak lauknya :)

    BalasHapus
  16. iya, aku pernah nyobain sebulan no nasi
    Berat badan turun, badan jadi lebih enteng gitu

    BalasHapus
  17. Aku masih makan nasi nih cuma memang porsinya lebih sedikit lebih memperbanyak serat dari buah dan sayur dan meningkatkan protein hewani nih mak

    BalasHapus
  18. Ibuku juga latihan berhenti makan nasi mbak, karena punya riwayat diabet. Tapi ganti nasi merah sekarang. Lebih rendah kalori tapi tinggi serat

    BalasHapus
  19. Aku pernah begini, kak Milda..
    Stop makan nasi, diganti dengan karbo lain. Yang ada, seminggu pertama terasa banget bedanya. Antara konsentrasi dan tenaga jadi berasa kurang.
    Huhuu...aku balik lagi makan nasi. Kayanya, aku ga cocok sama diet nasi.

    BalasHapus
  20. Saya belum bisa menghilangkan nasi, masih sebatas mengurangi sih. tapi emang efeknya lumayan, badan jadi enteng dn gak pegal-pegal.

    BalasHapus
  21. Semoga sukses programnya ya Kak. Aku pertengahan tahun kemaren mengalami konstipasi parah. Saluran pencernaan harus didetok nih. Akhirnya stop nasi. Gantinya makan oatmeal. 2 minggu perut enak rasanya. Bisa rutin tiap hari BAB. Ini masih on off makan nasi. Semoga bisa lepas nasi sama sekali.

    BalasHapus
  22. Pernah gak makan nasi dan bb turun, namun rindu karena terpisah membuat aku kembali..heheheh

    BalasHapus
  23. sama dong saya jg mencoba jaga jarak sama nasi. padahal saya masih menyusui yg kata orang jawa kudu banyak makan biar asi bancar. tapi saya kuatir kalo keterusan makan nasi setumpuk nanti malah penyakitan. jd dikurangi didkit2 dan porsi sayur yg ditambah

    BalasHapus
  24. Saya juga pengen memulai pola makan yang lebih sehat. Bapak dulu mengidap diabetes di usia senja. Takutnya menurun juga. Boleh deh ini dicoba. Mengurangi konsumsi nasi dan mengganti dengan sumber karbohidrat lainnya

    BalasHapus
  25. Wah, ternyata saya ada temannya. Kalau makan nasi gitu badan jadi pegal-pegal apalagi kalau keseringan. Jadi ya saya sudah mulai ngurangin. kadang malah gak makan nasi sama sekali biar bisa banyak minum air putih, hehehe. Semangat mbak, semoga sehat selalu ya

    BalasHapus
  26. Wah semoga sukses dengan program mengurangi atau berhenti makan nasinya ya mba. Aku belum bisa. Tantangannya memang harga buah ga bisa dibilang murah 😂

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin