nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Cara Mudah Cek Denda Pajak Mobil

Cara Mudah Cek Denda Pajak Mobil

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, apa kabar sahabat Milda semuanya, semoga selalu sehat dan tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik yah. Dimana saja berada. Tetap menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak.

Eh, begini Milda cuma mengingatkan apakah teman-teman sudah membayar pajak mobil tahun ini? Coba cek dulu, sudah dibayar apa belum. Kalo sudah dibayar, ya Alhamdulillah. Aman deh!

denda pajak mobil


Penentu Besaran Pajak Kendaraan Bermotor

Saya pernah memeriksa besar jumlah pajak kendaraan yang kami punya dengan saudara saya. Ternyata pajak yang dikenakan kepada kita itu nominalnya berbeda-beda loh. Meski pun kendaraan tersebut dengan jenis yang sama dan atas nama kita semua. 

Faktor yang menyebabkan nominal pajak yang harus dibayar pemilik kendaraan.

Pertama Semakin mahal kendaraan yang kita punya, maka pajaknya juga semakin mahal. Kalo kita punya lebih dari satu kendaraan, maka kita akan dikenakan pajak progresif.


Kedua adalah jenis kendaraan yang dibeli atau digunakan. Tentu saja pajak kendaraan yang digunakan untuk pamakaian sendiri atau keluarga, akan berbeda dengan pemakaian umum. Termasuk juga jenis kendaraannya.


Telat Bayar, Denda Menanti

Tapi kalo belum dibayar apalagi telat, pasti ada dendanya. Butuh dana lebih dari jumlah pajak yang biasa dibayarkan karena ada denda. Lalu, berapa uang yang harus disiapkan sebagai cadangan denda. Sebab denda pajak kendaraan ini, jika telat satu hari atau bulan, dihitungnya tetap sama. Dihitung denda setahun. Bisa banyak ya.

Jadi berapa dana yang perlu disiapkan sebagai dana denda tersebut, lalu bagaimana cara mengetahui atau mengecek denda pajak mobil tersebut. Apa harus datang ke kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap)


Oh, tidak perlu datang langsung ke kantor Samsat, jika ingin mengecek besaranya denda pajak mobil kita. Kalo rumahnya lumayan jauh dari kantor Samsat, tentu saja akan merepotkan dan membuang waktu saja.


Ada beberapa cara untuk cek denda pajak mobil, tanpa harus datang ke kantor Samsat langsung. Silakan digunakan atau dipilih mana yang mudah dan bisa diakses dengan baik.

Cara Cek Denda Pajak Mobil


1.    Wajib pajak bisa mengunjungi website resmi Bapenda provinsi masing-masing. Lalu masukkan nomor polisi kendaraan yang kita miliki tersebut, berupa 4 digit angka dan huruf.
2.    Wajib pajak dapat mengunduh aplikasi pajak online berbasis Android dan iOS melalui PlayStore dan App Store. Unduh saja aplikasi e-Samsat
3.    Menggunakan aplikasi Cek Ranmor dari Polda Metro Jaya, yakni Cek Ranmor. Lalu masukkan nomor polisi kendaraan yang kita miliki tersebut, berupa 4 digit angka dan huruf.
4.    Memanfaatkan layanan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) dengan mengetik *368*1# di ponsel.Pada pilihan yang tersedia, pilih info pajak ranmor dan masukkan pelat nomor kendaraan.
5.    Gunakan layanan SMS. Hanya saja layanan SMS, hanya ada di daerah ini DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Format SMS pun berbeda-beda. 

Begitu mudah, untuk cek denda pajak mobil. Cukup gunakan smartphone, tinggal klik dari rumah saja, kita sudah bisa tahu. Jadi datang ke kantor atau layanan Samsat atau bayar pajaknya , kita sudah siap nominal pajak yang harus dibayarkan.

Related Posts

24 komentar

  1. oh ternyata mudah banget ya caranya? kemarin sih aku langsung proses aja gak tau kalo bisa melakukan pengecekan online gini. menarik juga sekarang perpajakan kendaraan ini, makin update

    BalasHapus
  2. Jadi teringat beberapa hari ini viral pengendasara sepeda motor yang mengacungkan jari tengahnya, lalu sama netizen dicari-cari sampai ke pajak kendaraannya. Emang jadi mudah banget sih ya sekarang ini mencari lewat teknologi digital.

    BalasHapus
  3. Kalau aku sebisa mungkin gak sampai kena denda. Lumayan duitnya buat jajan, hahaha. Tapi boleh juga sih kapan-kapan cek. Soalnya kadang ada yang minta buat bayarin pajak

    BalasHapus
  4. makasi ya mba buat reviewnya, jadi paham bagaimana cara mudah cek denda pajak mobil, gak asumsi lagi deh

    BalasHapus
  5. Wah, senangnya ada artikel ini. Kita jadi dapat info cara mudah cek denda pajak mobil deh. Aku mau coba ah cek pakai aplikaci Cek Ranmor. Mudah banget ya caranya. Kasih tau suamiku ah.

    BalasHapus
  6. wah, jadi paham step by stepnya mak.
    makasii banget sharing-nya
    semoga kita semua kkagak kena denda pajak mobil yak

    BalasHapus
  7. Jangan banyak alasan deh. Kalau telat langsung bayar dan banyak cara bayar tanpa harus datang ke samsat

    BalasHapus
  8. Beruntung ya kita hidup di jaman sekarang ini, kemajuan teknologi informasi benar-benar membantu kehidupan kita. Salah satunya untuk cek denda keterlambatan membayar pajak, nggak perlu ke kantor samsat. Cukup dari rumah saja pakai handphone

    BalasHapus
  9. Ternyata Bengkulu belum tersedia layanan smsnya ya mbak, kalo ada kan lebih mudah kalo mau ngecek-ngecek denda pajaknya

    BalasHapus
  10. Teknologi yang sudah demikian canggih memang seharusnya mampu bermanfaat dalam kehidupan. Salah satunya membantu masyarakat untuk menunaikan 'kewajibanny' kepada negara yaitu bayar pajak termasuk kalau ada dendanya. Tinggal klik aja, ya kan.

    BalasHapus
  11. wah senang ya mbak, sekarang semuanya serba online
    termasuk cek denda pajak mobil
    klo di daerahku beberapa tahun ini ada pemutihan, jadi nggak ada denda

    BalasHapus
  12. Asik kemudahan ini kalau bisa melakukan pengecekan denda mobil melalui wwbsite. Tapi bagaimanapun tetap berusaha untuk membayar tepat waktu ya :)

    BalasHapus
  13. Bagi yang telat bayar pajak, memang perlu cek denda pajaknya, biar tahu total pajak plus denda yang harus dibayarkan. Buat yang taat bayar pajak pada waktunya, ya santai sajalah ga perlu cek sana sini :D

    BalasHapus
  14. mudah banget ya mba jadi tahu nih berapa dendanya dan bisa atur dana, semuanya serba mudah nih tinhgal unduh aplikasi aja

    BalasHapus
  15. Tahun lalu saya telat bayar pajak, Mbak, gara-gara pandemi trus gak ke mana-mana. Alhamdulillah skrg sudah lunas plus dendanya. Nambah bujet sih, tapi lega krn gak ada tanggungan.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah selalu tepat waktu bayar pajak mobil. Jangan sampai telat, lumayan banget lho dendanya hehe. Boleh juga ini aplikasinya, kami biasanya udah hafal bulannya.. Jadi manual aja gitu

    BalasHapus
  17. Bayar pajak kendaraan itu terasa benar pas pandemi. Suami WFH, anak-anak PJJ...Nyaris di rumah terus kendaraan setahun lebih ini. Hanya dipakai pergi di akhir pekan atau kalau ada urusan sesekali...dan pajak tetap jalan heuheu

    BalasHapus
  18. Makanya sebaiknya bijak membeli kendaraan. Karena gak sekadar bayar harga kendaraannya juga. Nyesek kalau sampai kena denda gara-gara telat bayar, ya

    BalasHapus
  19. Terima kasih mbak infonya. Kadang krn kesibukan sampai lupa bayar pajak kendaraan, Ternyata sekarang gampang banget bisa dicek baik via aplikasi maupun cukup SMS aja ya.
    Jangan sampai nelat dendanya mayan huhu, apaagi kalu kendaraannya msh baru.

    BalasHapus
  20. Kalau telat, biasanya yang punya kendaraan tidak produktif lagi.
    Seperti punya ibuku di Surabaya. Sejak tidak ada Babe rahimahullah, nobil Babe tidak ada yang menggunakannya secara rutin. Hingga sering terlewat membayar pajaknya.

    BalasHapus
  21. Beli kendaraan seperti mobil jadi mesti bijak ya, mau beli harus siap sama pajaknya. Jangan sampai kena denda. Karena dendanya kan lumayan juga. Sayang duitnya

    BalasHapus
  22. Praktis dan membantu banget ya, bisa cek dulu di rumah, jadi pas dateng enggak kaget dan sudah siap bayar denda...
    Tapi mending jangan sampai telat deh ya...

    BalasHapus
  23. Pengetahuan baru nih buatku mba, bisa cek denda pajak kendaraan online gini. Pernah loh aku lupa ga bayar pajak motor, baru tau ketika bayar di tahun berikutnya. Duh lah, udahlah bayar untuk 2 tahun, masih kena denda pulak hehehee....

    BalasHapus
  24. Membantu ya webnya. Jadi bisa siap-siap dana yang harus dibawa.. Tapi memang bagusnya jangan sampai telat. Biar hemat pengeluaran

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin