nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Bertamu Ke Rumah Bung Karno




Bung karno diasingkan di Bengkulu pada tahun 1939-1942. Selama di Bengkulu Presiden Pertama Republik Indonesia itu ditempatkan di rumah yang awalnya merupakan tempat penyedian bahan pokok kebutuhan orang Belanda di Bengkulu. Rumah tersebut ditempati oleh Tan Eng Cian.Tak jauh dari rumah kediaman Bung Karno terdapat rumah keluarga ibu Fatmawati. Dan di sinilah awalnya pertemuan Bung karno dengan Ibu Negara Fatmawati Soekarno yang juga merupakan penjahit bendera pusaka Republik Indonesia, bendera merah putih.Saat ini rumah kediaman Bung Karno beralamat di jalan Soekarno-Hatta  kelurahan Anggut Atas tidak jauh dari lokasi masjid Agung Bengkulu dan Simpang Limo.


    

Di awal beranda rumah kita akan disambut oleh seperangkat kursi bambu dan di depannya terdapat meja penjaga rumah untuk melayani para pengunjung. Pas di depan saya duduk ini terdapat sebuah kamar dimana di sana dipajang sepeda onthel kepunyaan Bung Karno pada zaman dahulu.





Lalu memasuki ruang tamu kita akan bertemu dengan kursi tamu, berbagai jenis foto-foto Bung Karno dan keluarganya. Di kamar kita juga masih bisa menemukan perangkat tidur, ranjang, kasur, kelambu, lemari dan pakaian asli Bung Karno.Barang antik yang juga sangat gemar dilihat oleh pengunjung adalah lemari yang berisikan pakaian seragam kelompok tonil Monte Carlo, yang merupakan grup sandiwara yang diasuh oleh Bung Karno selama di Bengkulu.Hal yang menarik lainnya adalah koleksi-koleksi buku Bung Karno yang jumlahnya sangat banyak. Semua buku-buku tersebut tersimpan rapi dan dirawat dengan baik di dalam sebuah lemari.




Namun karena kondisi buku yang sudah lama, para pengunjung tak bisa lagi dengan leluasa untuk memegang atau membacanya. Buku-buku tersebut hanya dijadikan pajangan saja.Bagian lain dari rumah  Bung Karno  yang tak pernah dilewati oleh pengunjung ini adalah sebuah sumur yang terdapat di bagian beranda belakang rumah. Menurut mitos orang tetua Bengkulu, barang siapa yang mencuci muka di sumur itu akan menjadi orang besar dan kesuksesan, di masa yang akan datang, hehehe. Percaya gak percaya ya kawan-kawan!


Foto keluarga Bung Karno dan Ibu Fatmawati yang terpajang di salah satu sudut rumah kediaman Bung Karno di Bengkulu

Tiket masuk ke rumah Bung Krno ini hanya sebesar dua ribu rupiah, di sini juga disediakan aneka souvenir yang berkaitan dengan Bung karno dan ibu Fatmawati dan serta souvenir khas Bengkulu secara umum.




Juga tersedia buku-buku yang terbaru yang ditulis oleh penulis Bengkulu yang berkaitan dengan sejarah Bengkulu, Bung Karno dan keluarganya selama menjalani masa pengasingan di Bengkulu 

 
Baca Juga

Related Posts

2 comment

  1. Rumahnya kayaknya adeem banget ya mbak. Aku belom pernah ke Bengkulu, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, halaman rumahnya juga luas dan banyak pepohonan. Hayuuk, mbak kalo mau ke Bengkulu ntar aku ajak melancong. Wisata sejarahnya banyak dan berdekatan loh ^^

      Hapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin