Menu

Jumat, 19 Mei 2017

/


Dua tahun yang lalu keponakan saya yang baru bersekolah di kelas dua SMP meninggal dunia akibat sakit hepatitis. Sudah lama dia menderita sakit tersebut. Sudah juga keluar masuk rumah sakit. Badannya memang terlihat kuning, apalagi di bagian matanya. Semua kuning.

Dengan berbagai pengobatan akhirnya setelah empat bulan dalam masa kritis dan bolak balik berobat, dengan berbagai cara. Keponakan saya menyerah di hari itu, dia sudah tak kuat lagi menahan rasa sakit yang dideritanya. Keluarga pun mengikhlaskan. Namun ibunya masih berat dan masih merasa sedih, bahkan hingga saat ini. Maklum anak gadis cantik itu adalah anak pertama dan memang sedang beranjak remaja.

Sejak kejadian tersebut saya pun akhirnya mewanti-wanti diri sendiri, suami dan anak-anak untuk menjaga kesehatan dan mencoba untuk menjalani pola hidup sehat. Terutama saya dan suami yang bekerja banyak berhadapan dengan komputer, otomatis kurang waktu untuk istirahat. Padahal menjaga kesehatan hati itu sangat penting. Saya sering kali mengajak suami untuk banyak melakukan kegiatan yang positif, misalnya olahraga, menjaga berat badan dan melakukan kegiatan piknik bersama. Untuk mengajak anak beraktivitas fisik dan berolahraga ringan. Mengatur menu makan dan asupan gizi buat keluarga. Terutama untuk menghindari makanan yang kurang sehat.

Sangat penting mengajak keluarga bergaya hidup sehat
Sewaktu saya kuliah di keperawatan dan dinas di rumah sakit, saya juga sering membahas dan bertemu dengan pasien yang menderita berbagai penyakit gangguan hati. Ada pasien yang diisolasi sebab penyakitnya bisa menular. Merawat dan membantu mereka untuk sembuh membuat saya juga belajar untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga.
 
Hati  merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Berdasarkan fungsinya, hati juga termasuk sebagai alat ekskresi. Hal ini dikarenakan hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi.

FUNGSI HATI

Berdasarkan fungsinya hati termasuk alat ekskresi. Hal ini dikarenakan hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun serta menghasilkan ammonia, urea dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh ahti ini disebut detoksifikasi.

Hati manusia dewasa memiliki massa sekitar 1,4 Kg atau 2,5% dari massa tubuh. Hati juga merupakan organ terbesar kedua setelah kulit. Organ berwarna merah kecokelatan ini terletak di dalam rongga perut sebelah kanan atas, persisnya berada di bawah diafragma dan di sebelah kanan lambung.Permukaan atas berbentuk cembung dan berada di bawah diafragma sedangkan permukaan bawah tidak rata. Seluruh permukaan hati dilapisi pembuluh darah yang keluar masuk hati.

Hati menerima sekitar 1,4 liter darah per menit dari vena portal dan arteri hepatika. Normalnya, kita tidak bisa merasakan organ ini karena terlindungi oleh tulang rusuk. Di bawah liver, terdapat kantong empedu serta sebagian dari pankreas dan usus. 

Fungsi Hati Adalah

  • Membantu dalam metabolism karbohidrat
  • Membantu metabolism lemak
  • Membantu metabolism protein
  • Menetralkan obat-obatan dan hormone
  • Menyekresikan cairan empedu
  • Menghasilkan kolesterol tubuh
  • Sebagai tempat penyimpanan
  • Menyintesis garam-garam empedu
  • Sebagai fagosit
  • Mengaktifkan vitamin D

JAM PIKET ORGAN HATI

Organ hati terkadang menguat, terkadang lemah dan terkadang biasa-biasa saja. Sekitar jam 01.00-03.00 organ hati bekerja kuat. Pada saat itu terjadi proses pembuangan racun atau limbah hasil metabolism tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati maka akan terlihat dari kotoran dan gangguan mata. Apabila ada luka dalam, maka akan terasa nyeri.

Kemudian pada jam 13.00 – 15.00 organ hati melemah. Sebaiknya dianjurkan untuk tidur atau istirahat. Sebab dengan tidur sel darah merah akan terkumpul di dalam hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati kuat maka tubuh juga akan kuat untuk menangkal penyakit.
Di luar kedua jam tersebut organ hati bekerja biasa-biasa saja. 



PENYAKIT PADA ORGAN HATI

Hati merupakan organ yang menopang kelangsungan hidup hampir seluruh organ lain di dalam tubuh. Oleh karena lokasi yang sangat strategis dan fungsi multi-dimensional, hati menjadi sangat rentan terhadap datangnya berbagai penyakit. Hati akan merespon berbagai penyakit tersebut dengan meradang, yang disebut hepatitis.

Orang yang memiliki penyakit pada organ hati kemungkinan tidak bisa mencerna protein dengan baik, sehingga pembatasan protein diperlukan dan mengurangi hasil metabolisme protein yang bersifat toksik. Makanan yang tinggi protein diantaranya putih telur, ikan, daging-dagingan, dll.

Untuk mengimbangi protein yang dibatasi, asupan karbohidrat perlu ditingkatkan. Tetapi perlu juga dipilih sumber karbohidrat yang baik, misalnya nasi, singkong, jagung, dll tetapi tentunya lebih bijaksana jika bertanya pada ahli gizi. Meminum vitamin dan obat-obatan yang diresepkan dokter. Membatasi asupan garam, pilihlah makanan yang rendah garam. Hindari makanan yang mengandung kadar garam tinggi seperti ikan asin, teri, mie instan, dll.

Hati berperan penting menjaga tubuh tetap sehat dengan mengeluarkan racun dari tubuh yang masuk bersama makanan dan minuman. Hati memproduksi cairan empedu yang selain berfungsi membantu memecah lemak dari makanan, juga mampu menyimpan glukosa yang nantinya mendukung penyediaan energi bagi tubuh.

Penyakit hati bisa dicegah.Sayangnya, banyak kebiasaan sehari-sehari manusia yang berisiko menyebabkan gangguan pada hati. Oleh karenanya, apa pun bentuk gangguan yang menimpa organ ini dapat berisiko mengganggu sistem pengeluaran racun dari dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani, pada akhirnya berisiko mendatangkan penyakit yang membahayakan nyawa.

Hal Penting yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Fungsi Hati

Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Hati membutuhkan fruktosa, yaitu salah satu jenis gula, untuk memproduksi lemak. Tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi gula olahan dan pemanis buatan dari sari pati jagung dengan kadar fruktosa tinggi, maka dapat menyebabkan penumpukan yang berisiko menyebabkan penyakit hati. Jenis gula ini umumnya terdapat pada minuman soda, permen, dan kue manis. Risiko ini bahkan dapat terjadi pada orang yang tidak mengalami kelebihan berat badan sekalipun. Penelitian menemukan bahwa bahaya yang diakibatkan setara dengan yang diakibatkan dari konsumsi minuman keras.

Lemak Trans

Penelitian menemukan bahwa konsumsi makanan yang mengandung lemak trans dapat menyebabkan penyakit hati dengan luka parut pada jaringan. Lemak ini banyak terkandung di dalam makanan kemasan dan tertulis pada label kemasan sebagai partially hydrogenated vegetable oil atau vegetable shortening.

Konsumsi Suplemen Herba

Iming-iming kualitas suplemen herba atau alami tetap tidak menjamin keamanan produk sepenuhnya. Sebagian obat-obatan herba, seperti cascara, kaparal, comfrey, kava, dan ephedra, berisiko membahayakan organ hati. Beberapa suplemen herba yang mengklaim dapat memperbaiki fungsi hati juga belum terbukti secara medis.

Monosodium Glutamate/MSG

Beberapa penelitian mungkin menyebut penyedap rasa atau MSG sebagai bahan yang tidak berbahaya, namun penelitian lain pada hewan menemukan bahwa MSG dapat menyebabkan iritasi pada hati serta dapat memicu kanker hati dan Nonalcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD). Meski efeknya belum terbukti pada manusia, tapi ada baiknya untuk membatasi konsumsi MSG. Dalam produk kemasan, Anda dapat mengenali MSG dengan nama lainnya, seperti ekstrak ragi (yeast extract), ekstrak kedelai (soy extract), atau protein sayuran terhidrolisasi (hydrolyzed vegetable protein).

Antidepresan

Beberapa jenis antidepresan ternyata dapat membahayakan organ hati, meski hanya dikonsumsi beberapa hari. Kondisi ini lebih berbahaya pada orang yang sudah lebih dulu mengalami gangguan pada hatinya, terutama pada kelompok orang lanjut usia.

Terlalu Banyak Vitamin A

Kebutuhan ideal vitamin A harian adalah 700-900 mikrogram untuk laki-laki dan 600-700 mikrogram untuk perempuan. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin A dalam jangka panjang dapat berisiko mengalami kerapuhan tulang di usia tua. Overdosis vitamin A juga berisiko menyebabkan keracunan pada hati.

Pembuatan Tato yang Tidak Steril

Penyakit hati dapat disebabkan oleh infeksi hepatitis C yang bisa disebabkan oleh menggunakan peralatan tato yang tidak steril. Virus dapat menyebar melalui kontak langsung dengan darah orang yang terinfeksi.

Obesitas

Kelebihan berat badan dapat mengakibatkan penumpukan lemak pada sel-sel hati yang mana dapat menyebabkan Nonalcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD). Selain kelebihan berat badan, penyakit ini juga paling berisiko menimpa mereka yang mengalami diabetes dan berusia setengah baya (sekitar 40-60 tahun). Jika tidak ditangani, dalam jangka panjang luka parut yang mengeras dapat menggantikan jaringan yang sehat.

Pentingnya mengatur asupan gizi agar tidak kegemukan

Gaya Hidup Sehat yang Dapat dilakukan Untuk Mencegah Penyakit Hati

  1. Menjaga berat badan selalu ideal.
  2. Gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.
  3. Dapatkan imunisasi untuk melindungi diri dari hepatitis B dan A.
  4. Bijaklah dalam mengonsumsi obat-obatan dengan mematuhi dosisnya. Konsultasikan kepada dokter jika  ingin mengonsumsi suplemen herba bersamaan dengan obat bebas.
  5. Hindari terpapar cairan tubuh dan darah orang lain.
  6. Kenakan masker, lengan panjang, dan sarung tangan, serta pastikan ruangan  berventilasi saat menyemprotkan cairan pembersih, insektisida, atau fungisida. Lakukan tindakan pencegahan serupa saat menggunakan cat oles atau semprot dan bahan kimia berbahaya lainnya.
  7. Membatasi konsumsi minuman keras.
  8. Konsumsi lebih banyak makanan sehat dan segar, seperti buah dan sayur. Hindari seafood mentah. Karena dapat tidak didahului gejala tertentu, periksakan diri untuk mendeteksi kemungkinan tubuh terinfeksi hepatitis.

MENCEGAH DAN MERAWAT DENGAN MINUMAN ALAMI TEMULAWAK

Seputar Temulawak

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (family Zingiberaceae). Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia dan juga Malaysia. Di Indonesia, tanaman asli tumbuh di Jawa, Bali dan Maluku. Saat ini, sebagian besar budidaya temulawak berada di Jawa (Indonesia), Malaysia, Thailand, Filipina dan beberapa di India.

Curcuma xanthorrhiza Roxb., di daerah Jawa disebut sebagai temu lawak (Jawa), koneng gede (Sunda), sedangkan di Madura, disebut sebagai temo labak. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 5 m hingga 1500 m di atas permukaan laut dan tumbuh liar di bawah naungan di hutan jati, di tanah yang kering dan di padang alang-alang, ditanam atau tumbuh liar di tegalan. Untuk memperoleh hasil yang baik, perlu ditanam di tanah yang subur dan baik tata pengairannya.

Umumnya, bagian yang digunakan dari tanaman ini ialah rimpangnya, karena mengandung beberapa senyawa kimia, antara lain : minyak atsiri (ar-kurkumen, xanthorrhizol, beta-kurkumen dan germakren, dan kurkuminoid (kurkumin dan desmetoksikurkumin). Kurkumin diketahui sebagai antioksidan dan juga bermanfaat dalam melindungi hati dari racun (antihepatotoksik).


Minuman Temulawak

Temulawak merupakan tanaman terna berbatang semu setinggi kurang lebih 2 m, berwarna hijau atau coklat gelap. Akar rimpang terbentuk dengan sempurna dan bercabang kuat, berwarna hijau gelap. Rimpang memiliki ukuran besar dan tumbuh bercabang-cabang yang terdiri dari rimpang induk dan rimpang cabang. Rimpang induk memiliki bentuk bulat hingga bulat telur. Rimpang cabang tumbuh di sekitar rimpang induk dengan jumlah 3-4 rimpang memanjang. Kulit rimpang berwarna kuning tua hingga coklat kemerahan, warna daging rimpang jingga atau jingga kemerahan.

Daun tumbuh pada sekitar batang dengan jumlah 2-9 helai dengan bentuk bundar memanjang sampai bangun lanset, warna daun hijau atau coklat keunguan terang sampai gelap, panjang daun 31-84 cm, lebar 10-18 cm dan panjang tangkai daun termasuk helaian 43-80 cm. Perbungaan lateral, tangkai ramping dan sisik berbentuk garis. Bentuk bulir bulat memanjang, panjang 9-23 cm, lebar 4-6 cm, berdaun pelindung banyak yang panjangnya melebihi atau sebanding dengan mahkota bunga. Kelopak bunga berwarna putih berbulu, panjang 8-13 mm, mahkota bunga berbentuk tabung dengan panjang keseluruhan 4,5 cm, helaian bunga berbentuk bundar telur atau bundar memanjang, berwarna putih dengan ujung yang berwarna merah dadu atau merah, panjang 1,25-2 cm dan lebar 1 cm.

Kandungan Kimia Temulawak



Minyak atsiri (3-12%) : komponen utama adalah ar-kurkumen, xanthorrhizol, beta-kurkumen, germakren, furanodien, furanodienon, ar-turmeron, β-atlanton, d-kamfor. Kurkuminoid (0,8-2%) : terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin. Pati (30-40%). Temulawak juga dilaporkan mengandung flavonoid : katekin, epikatekin, kuersetin, myrsetin, kampferol, apigenin, luteolin, dan naringenin.

Kandungan Zat Bermanfaat Pada  Temulawak
Kurkumin

Kurkumin merupakan salah satu senyawa yang diisolasi dari tanaman Curcuma sp dan pemberi warna kuning pada tanaman. Temulawak memiliki kandungan kurkumin sebagai agen antiinflamasi yang dapat mengurangi radang sendi pada tubuh Anda. Kandungan kurkumin pada temulawak juga dapat menghambat pembentukan penggumpalan platelet darah, yang dimediasi melalui faktor pengaktivasi platelet (platelet activating factor, PAF), asam arakhidonat (arachidonic acid, AA), tromboksan A2 (thromboxane A2, TXA2) dan pensinyalan Ca2+yang bisa menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung.

Minyak Atsiri

Minyak atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak esensial (essential oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah cairan minyak pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri temulawak mengandung ar-kurkumen, xanthorrhizol, beta-kurkumen, germakren, furanodien, furanodienon, ar-turmeron, β-atlanton, d-kamfor. Minyak atsiri dapat difungsikan sebagai penekan pembengkakan jaringan dan meningkatkan produksi getah empedu. Minyak atsiri juga bisa membunuh mikroba.

Xanthorrhizol

Merupakan komponen minyak atsiri utama dan menjadi komponen spesifik yang hanya ditemui pada minyak atsiri temulawak serta tidak ditemui dari golongan Curcuma lain. Xanthorrhizol berfungsi sebagai antifungi, antibakteri, antioksidan dan antiinflamasi. Xanthorrhizol dalam temulawak juga mampu membasmi bakteri patogen penyebab karang gigi.

Kolagoga

Kolagoga adalah zat yang berfungsi sebagai peluruh atau penghancur batu empedu. Batu empedu merupakan penyakit yang terjadi di saluran atau kandung empedu. Faktor pencetusnya meliputi hiperkolesterolemia dan kadar bilirubin yang tinggi. Zat ini juga berfungsi merangsang aliran cairan empedu ke duodenum serta merangsang pengosongan kantung empedu.

Glikosida

Merupakan zat kompleks yang mengandung gula dan non-gula yang ditemukan pada beberapa tumbuhan, glikosida bagi manusia berfungsi sebagai sarana pengobatan dalam arti luas yang beberapa diantaranya adalah sebagai obat jantung, pencahar, pengiritasi lokal, analgetikum dan penurunan tegangan permukaan.

Flavonoid

Flavonoid adalah sejenis senyawa fenolik, terdiri dari kerangka flavon 15 atom karbon heterosiklik dengan variasi jumlah fenolik, metoksi dan subtitusi lain, yang sebagian besar dapat dijumpai dalam kandungan tumbuhan. Flavonoid di dalam tubuh manusia berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghambat proses penuaan serta mencegah berkembangnya sel kanker.

                         Manfaat Minum Temulawak

Memelihara Kesehatan Hati



Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) sejak turun temurun di Indonesia dikenal manfaatnya untuk kesehatan organ hati. Pada temulawak, terkandung zat berguna bagi tubuh seperti kurkumin yang memiliki khasiat alami sebagai antiinflamasi (antiradang) dan antihepatotoksik, yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati (liver). Temulawak tergolong aman dibandingkan obat kimia karena tidak menimbulkan efek samping yang berarti, secara uji klinis aman bagi manusia, dimana fungsi hati dapat terjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi temulawak. Temulawak sangat baik untuk menjaga ataupun memelihara kesehatan hati, ini karena temulawak dapat sebagai kolagoga. Kolagoga inilah yang membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu.

Mengurangi Radang Sendi



Temulawak memiliki daya antiinflamasi yang dapat mengurangi radang sendi pada tubuh. Kurkumin ini nantinya akan menghambat pembentukan dan transportasi mediator radang yang disebut prostaglandin (PGE2).

Temulawak dapat digunakan sebagai obat alami pereda radang sendi. Menurut studi, pasien yang mengkonsumsi kurkumin menunjukkan berkurangnya rasa sakit akibat radang sendi atau arthritis tanpa efek samping yang berarti.

Menjaga Fungsi Lambung



Manfaat temulawak yang lain adalah melancarkan proses pencernaan. Kandungan zat dalam temulawak diketahui mampu merangsang produksi empedu yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Tak ayal, temulawak mampu membantu penderita yang mengalami berbagai gangguan pencernaan, termasuk kembung, gas dan dispepsia.

Menurunkan Lemak Darah



Fraksi kurkuminoid atau ekstrak temulawak memiliki khasiat kesehatan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total. Khasiat temulawak menurunkan kolesterol atau lemak darah tentu saja juga berdampak baik untuk kesehatan jantung serta sistem kardiovaskuler dalam tubuh. Di samping itu ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoidnya dalam menurunkan kolesterol jahat, trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Manfaat Temulawak dapat juga dilihat di video berikut ini





                  Temulawak Bermanfaat Bagi Siapa Saja

Pekerja

Sari Temulawak sangat cocok untuk kamu yang selalu sibuk dengan pekerjaan, sering lembur, kurang istirahat serta kurang mengkonsumsi makanan/minuman sehat, karena Sari Temulawak bermanfaat menjaga fungsi ginjal, hati dan juga kadar kolesterol kamu.

Olahragawan

Sari Temulawak sangat cocok untuk kamu yang aktif berolahraga baik ringan maupun berat. Pada Sari Temulawak, kurkumin berguna sebagai antioksidan yang mempunyai kemampuan dalam menangkal radikal bebas oksigen, seperti anion superoksida, serta menepis radikal hidroksil yang membantu memelihara kondisi kesehatan tubuh. Zat ini juga bersifat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi radang sendi.

Cocok Untuk Semua

Sari Temulawak Herbadrink dibuat dari resep minuman tradisional, serta diproduksi tanpa pengawet. Sari temulawak sejak dulu dikenal bermanfaat untuk memelihara fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi pencernaan. Di beberapa penelitian juga disebutkan manfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

                       Solusi Minum Temulawak Praktis

Herbadrink Temulawak


Sari Temulawak Herbadrink dibuat dari resep minuman tradisional, serta diproduksi tanpa pengawet. Sari temulawak sejak dulu dikenal bermanfaat untuk memelihara fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi pencernaan. Di beberapa penelitian juga disebutkan manfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Dikemas secara praktis dan higienis, tinggal diseduh, bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Sari Temulawak Herbadrink rasanya enak dan segar, tepat untuk menjadi minuman herba-break Anda setiap hari. 

Sari Temulawak Herbadrink Sugar Free dibuat dari resep minuman tradisional, serta diproduksi tanpa pengawet. Sari Temulawak Herbadrink Sugar Free mengandung pemanis buatan Sukralosa, yakni pemanis buatan tanpa kalori. Selain itu, Sukralosa tidak memiltiki efek pada metabolisme karbohidrat, kontrol glukosa darah jangka pendek maupun panjang, ataupun pelepasan insulin. Sukralosa diperbolehkan penggunaannya pada makanan dan minuman di hampir 80 negara termasuk Indonesia dan telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga Sari Temulawak Herbadrink Sugar Free aman dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Sari temulawak sejak dulu dikenal bermanfaat untuk memelihara fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi pencernaan. Di beberapa penelitian juga disebutkan manfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Bentuk serbuk herbadrink Temulawak

Dikemas secara praktis dan higienis, tinggal diseduh, bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Sari Temulawak Herbadrink Sugar Free diracik tanpa mengurangi rasa kenikmatan minuman herbal dari alam, kualitas dan rasa manisnya yang pas terjaga dengan baik serta tepat untuk menjadi minuman herba-break Anda setiap hari.

Jaminan Kualitas Produk Herbadrink Temulawak

Indonesia memiliki kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Kekayaan alam ini berupa bahan-bahan rempah yang sejak dulu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Konimex percaya, bahan-bahan rempah ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat modern dalam menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu Konimex melakukan penelitian dan pengembangan produk kesehatan yang berbasis bahan-bahan alami.

Semakin tingginya biaya kesehatan serta seiring dengan kesadaran masyarakat bahwa tidak semua penyakit dapat disembuhkan dengan pengobatan modern, menumbuhkan kecenderungan di masyarakat untuk mencari pengobatan alternatif, antara lain dengan melestarikan dan memanfaatkan apa yang disediakan oleh alam. Kecenderungan masyarakat tersebut sejalan dengan pengembangan produk yang dilakukan oleh Konimex.

Cara Minum Herbadrink Temulawak

Sangat mudah dan praktis untuk minum herbadrink Temulawak tersebut. Ada dua kemasan. Kemasan biasa dan kemasan free sugar atau tanpa gula. Dalam satu kemasan kotak berisi lima sachet. Dalam satu sachet, berisi 7 gram bubuk Temulawak. Satu sachet cukup untuk satu kali minum.



Cara membuat minumannya boleh dengan menggunakan air hangat atau air dingin. Masukan satu sachet temulawak ke dalam gelas, lalu tambahkan air sebanyak 150cc. Kemudian aduk sampai merata.Kalos aya lebih suka diminum dengan air dingin dan ditambah dengan batu es. Minum temulawak dalam keadaan dingin lebih enak dan sedap. Apalagi jika sedang berada di suhu ruangan yang juga sejuk. Rasanya segar sekali.

Minum Dalam keadaan dingin ditambah es batu lebih segar
 
Tips dari saya bagi yang tidak ingin minum temulawak ini secara sekaligus atau langsung ingin dihabiskan. Sebaiknya saat akan minumnya kembali selang beberapa waktu, minuman diaduk terlebih dahulu agar bubuk temulawaknya tercampur dan merata. Kemudian sebaiknya tidak dibiarkan dalam waktu yang lama terpapar pada suhu ruangan karena akan merubah rasa dan warna. Jadi sebaiknya jika sudah dibuat segera diminum dan dihabiskan.

Berikut ini ada kreasi Resep Temulawak

Bahan :
1 sachet Sari Temulawak Herbadrink
1 helai daun pandan (potong kasar)
Buah Nanas secukupnya (potong kotak)
1 sdm biji selasih siap pakai
Es Batu secukupnya.

Cara Membuat :

Masukkan 1 Sachet Sari Temulawak Herbadrink
Tambahkan irisan Daun Pandan
Campurkan dengan 100ml Air
Aduk rata
Tambahkan potongan Nanas
Masukkan 1sdm Biji Selasih
Es Batu Secukupnya
Temulawak Exotic Herbadrink siap disajikan
*Untuk 1 orang

Video resep Sari Temulawak bisa dilihat di video berikut ini


Selamat mencoba, kamu juga bisa berkreasi dengan minuman Sari Temulawak ini. Buatlah sesuai dengan kemauan atau kesukaanmu sehingga kamu enjoy menikmatinya.

Jangan lupa ya, untuk menjaga pola hidup sehat demi kesehatan fungsi hati kita. Termasuk menjaga kualitas tidur dan waktu istirahat yang cukup. Supaya kerja hati tidak berat dan hati kita selalu kuat mendukung aktivitas kita sehari-hari. Kalau perlu kamu minum herbadrink sari Temulawak setiap hari. Dengan herbadrink kamu tak perlu repot lagi membeli temulawak, mengolahnya hingga siap diminum. Semua sekarang sudah menjadi mudah berkat teknologi dan produksi sari Temulawak dalam kemasan herbadrink.


Saya dan Sahabat baru Sari Temulawak


Herbadrink Temulawak membantu kita menjaga kesehatan fungsi hati!

Referensi
Web Herbadrink
Buku Kapita Selekta Kedokteran
Buku Jam Piket Organ Tubuh Manusia
Ensiklopedi Tubuhku Anugerah Ciptaan Allah
Dan berbagai referensi lainnya
29 comments

Awalnya aku menganggap remeh nih fungsi hati, mba. Tapi pas ada saudara yang kena penyakit hati, skarang jadi kuatir banget

Reply

iya mba, soalnya kita suka lalai dan gak pedulian, pas udah sakit baru deh

Reply

Baru tau kalau mba Milda perawat :D
Aku juga minum Herbadrink loh mba dirumah, segerrrr

Reply

Aku suka temulawak herbadrink ini mbak, karena ternyata rasanya enak. jadi mirip2 minum sirup, ga berasa samasekali temulawaknya

Reply

Baru tahu, hati juga ada jam piketnya.
Berarti kudu istirahat ya antara jam 1-3, baik siang atau malam, benar,mbak?

Reply

Ngeri ama penyakit ini, soalnya kadang2 terlambat terdeteksi, dan penanganannya pun sudah tidak maksimal. Makasi infonya mbak, biar bisa jaga2 diri dan keluarga

Reply

Hati itu salah satu organ paling penting untuk dijaga, rasanya setelah membaca informasi di atas seperti dapat pencerahan baru. temulawak emang bagus banget untuk kesehatan hati.

Reply

Wuiiih lengkap banget nih info menjaga hati 😍

Reply

iya, say, perawt cinta :D....pake air es enak banget

Reply

iya, kayak minum sirup aja, warnanya juga mirip :D

Reply

iya mb, semua organ tubuh ada jam piketnya. itu jam siag hari mba

Reply

Jika mirip sirup cocok diminum saat bulan puasa ntar nih. Hehehe

Reply

Menarik untuk dicoba mbak,artikel nya bermanfaat

Reply

iya, harus bisa menjaga pola hidup sehat

Reply

iya dibuat lengkap biar puas dan jelas informasi

Reply

Wah..aku divonis kena fatty liver nih mbak.pas bgt baca ini..
Ternyata ga boleh main2 dgn hati ya..aplgi kesehatan fungsi hati...😊

Reply

hati kita harus di jaga ya mbak, terlebih kalo hati ini belum ada yang punya :D

Reply

Baru tau ada yg namanya lemak trans. Dan baru tau sari temulawak bisa mencegah oenyakit hati. Nanti coba ah.

Reply

Saya juga minum iniiimba seger banget di minum

Reply

iya, memang lebih baik mencegah dan lebih murah, kalo udah sakit biaya berobat mahal ya

Reply

terima kaish semoga bermanfaat

Reply

iya, boleh bnaget dan ini tentu jauh lebih sehat ya

Reply

iya, silakan dicobain, terima kasih ya

Reply

semoga selalu sehat ya mba, gak kambuh sakitnya

Reply

itu benar dek, biar gak rugi dua kali ya

Reply

iya, ini salah satu ikhtiar untuk pencegahan

Reply

enak kan ya, segar dan cetar

Reply

jdi penasaran pengen nyobain.. u,u

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.