Menu

Sabtu, 02 Januari 2016

/



 
Hypermart Bengkulu Indah Mall (BIM)
            Apa yang biasa diburu ibu-ibu jika belanja di Mol. Pasti banyak ya, apa aja deh yang penting murah dan dibutuhkan. Apalagi jika ada diskon, rela deh berdesak-desakan, hehehe.
            Saya juga sering melakukan hal tersebut, berburu barang diskon keperluan sehari-hari. Bagi Buibu, selisih Rp. 500 – Rp. 1.000 pasti dikejar. Lumayan buat nambah-nambah membeli barang yang lain. Belum lagi struk belanja di Mol biasanya juga disertai pemberian kupon atau poin . Jika dikumpulkan dan sudah banyak bisa ditukarkan kembali, dapat lagi barang, gratisan.
            Hitungan Buibu, kalo soal uang gak usah diragukan lagi deh. Top markotop. Meski gak mendapatkan sekolah atau pelajaran khusus soal keuangan. Buibu sudah jenius aja deh, menghitung dan mempergunakan uang. Tetapi ada juga Buibu yang boros, tetapi lama-lama juga pasti gak boros lagi deh. Misalnya, saat kepepet.
            Namun barang yang selalu menjadi diskon dan diburu Buibu di mall sudah pasti adalah minyak goreng. Hampir di setiap sabtu-minggu, Mol memberikan diskon. Seperti di Hypermart, Giant dan lain sebagainya.
            Merek apa aja yang diberi diskon, ada merek tertentu, kadang dua atau tiga merek  sehingga pembeli bisa memilih. Tetapi sering juga hampir semua merek minyak goreng diskon bahkan dengan harga yang sama. Seru kan atau malah bikin bingung. Gak usah bingung-bingung donk Buibu, saya mau berbagi mengenai tips dalam membeli minyak goreng di mol saat diskon . Ini pengalaman saya.
            Pertama, jika berlangganan koran. Bacalah dengan teliti informasi mengenai waktu diskon. Jangan sampai terlewat. Biasanya Mol memasang iklan di koran , radio atau televisi. Jika tidak berlangganan, bisa juga dengan mengecek tanggal, biasanya Mol memberi diskon pada akhir pekan di akhir  bulan sampai awal bulan. Patokan mereka bisanya saat para pegawai swasta dan negeri gajian, hihihi. Kecuali pada saat momen tertentu. Jangan sampai salah tanggal diskon ya ,karena Mol biasanya tepat waktu. Belanjanya di waktu pagi atau siang hari karenanya biasanya pada sore hari pembeli semakin rame, antrian makin panjang dan bisa juga barangnya sudah habis. Kenapa jangan di sore hari, biasanya keluarga suka menghabiskan waktu akhir pekan hanya sekedar keliling dan belanja di Mol. Mengajak anak-anak bermain sambil belanja
            Kedua, baca dan simak informasi iklan minyak goreng tersebut dengan seksama. Jika mereknya banyak. Maka pilihlah minyak goreng yang biasa dan cocok untuk keluarga dan harganya yang paling hemat di antara berbagai merek. Sering juga kok, minyak dengan harga mahal dan kandungan nutrisi yang baik malah didiskon sama dengan minyak dengan merek tertentu. Minyak yang bagus dan baik salah satunya bisa dilihat dari warnanya yang kuning jernih kayak emas.
            Ketiga, pembelian minyak goreng biasanya dibatasi hanya untuk ukuran refil 2 liter dan maksimal pembelian dua pak. Jika ingin membeli dalam jumlah banyak. Maka pastikan setiap keluarga membeli dua pak dan tetap antri ya di kasir. Saya pernah mengalami ingin membeli minyak goreng  10 pak. Ketika sampai di kasir, hanya diperbolehkan membeli dua pak saja. Sisanya akan dihitung normal. Waktu itu harga satu pak yang diskon Rp. 20.490 sedangkan jika dibeli normal dua pak itu harganya menjadi Rp. 60.000,-. Duh, mahalnya. Solusinya saat itu ya terpaksa semua anggota keluarga yang ikut terpaksa beli dengan struk yang berbeda. Meski pun, pada kesempatan lain saya pernah juga mengalami  membeli  dalam jumlah banyak. Tetap dilayani tetapi struknya yang beda-beda. Tetapi pelayanan seperti ini tidak setiap saat bisa kita dapatkan. Jadi harus pandai-pandai juga melihat situasi, hehehe.
            Keempat, saat dikemasi di dalam asoi atau kantong kresek. Pastikan dalam kantong tersebut hanya diisi dua pak minyak saja. Saya pernah mengalami saat pulang membawa minyak dengan motor dan jatuh di jalan karena keberatan. Minyaknya bocor. Meski kemasan minyak biasanya adalah plastik yang kuat. Kemungkinan kebocoran  bisa saja terjadi, lebih baik berhati-hati.
            Kelima, selalu gunakan kartu diskon atau kartu poin belanja. Siapa tau nanti poinnya banyak dan bisa ditukarkan kembali untuk mendapatkan barang-barang tertentu.
            Kenapa banyak Buibu rela berburu diskon minyak goreng kemasan dan bermerek karena selain hemat, dalam pemakaian pun minyak gorengnya hemat. Membuat bentuk makanan menjadi lebih menarik. Bisa dipakai beberapa kali. Tidak membuat warna makanan berubah. Banyak juga minyak goreng yang mengandung kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Asik kan. Makanya banyak Buibu memburunya.
            Nah, itu beberapa cara supaya smart dalam memburu diskon minyak goreng di Mol ya Buibu. Lumayan ya jika bisa berhemat. Apalagi pas dapat diskon minyak goreng yang bagus.
           
           
4 comments

Gak pernah berburu ke mall. Di sini mah desa. :D

Reply

Haiya Mb ni, ada2 aja. Emang desanya dimana.

Reply

Hehehehe... seru membayangkannya.

Reply

hihihi, kalo beruntung mb

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin