nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Midtrans, Solusi Pembayaran Menyeluruh Bagi UMKM

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) merilis bahwa peran UMKM, termasuk usaha ultra mikro, mencapai 64,2 juta dengan kontribusi sebesar 61,07 persen terhadap PDB Indonesia. Selain itu, UMKM juga mampu menyerap 97 persen total tenaga kerja dan sekitar 60 persen dari total investasi di Indonesia. 

Dari data tersebut, bisa diprediksi bahwa terjadi perputaran uang yang cukup besar di usaha ultramikro ini. Akan ada transaksi setiap harinya, baik untuk uang masuk dan uang keluar. 

Di masa pandemi ini juga terjadi banyak pembatasan kegiatan sehingga banyak aktivitas UMKM, seperti transaksi keuangan dilakukan secara online. Hal ini juga melahirkan banyak improvisasi dari penyedia layanan keuangan. Mereka berupaya untuk menciptakan sistem yang bisa mendukung dan menjadi jalan untuk memudahkan berbagai transaksi pelaku bisnis.

Para pelaku usaha membutuhkan solusi pembayaran menyeluruh untuk usaha mereka. Di dalamnya, prinsip efisien dan efektif diutamakan untuk mendukung kegiatan bisnisnya sehingga memberikan kemudahan sistem pembayaran dan transaksi online dan/atau online payment.


https://www.mildaini.com


Untuk membantu memberikan solusi pembayaran yang menyeluruh dan mudah  , Midtrans hadir dan berupaya menyediakan solusi pembayaran yang dapat diandalkan, aman, dan sederhana dengan layanan pelanggan yang terbaik.

Midtrans adalah layanan payment gateway bagian dari ekosistem pembayaran Gojek Group. Sebagai perusahaan finansial berbasis teknologi, Midtrans mendukung pertumbuhan berbagai lini bisnis online lewat solusi pembayaran komprehensif dan inklusif dengan menyediakan layanan pemrosesan pembayaran online untuk berbagai entitas bisnis, mulai dari startup, UMKM, hingga usaha besar. 

Midtrans merupakan payment gateway terlengkap di Indonesia dengan 24 metode pembayaran untuk solusi bisnis untuk bisa melaju dan naik kelas.


3 Solusi Pembayaran Menyeluruh dari Midtrans


1. Online Payment (Pembayaran Online)

Midtrans menyediakan  24 pilihan metode pembayaran online, pelanggan atau konsumen  dapat membayar dengan mudah. Midtrans menjadi solusi cerdas untuk menerima pembayaran di mana pun dan kapan pun berada.  Selain itu, Midtrans juga sangat mudah untuk digunakan developer. Midtrans juga sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sehingga para pengguna akan merasa aman dan nyaman. Untuk proses pendaftaran dan aktivasi sangat cepat.


2. In-Store Payment

Untuk Anda yang memiliki toko? Midtrans memberikan solusi agar Anda bisa menerima pembayaran langsung di gerai Anda. Untuk bisnis online dengan In-Store Payment dapat mendukung untuk memperluas cakupan bisnis dengan buka toko offline. Midtrans telah bermitra dengan Moka, GoBiz, dan GoBiz PLUS untuk dapat digunakan di toko Anda tanpa perlu komitmen jangka panjang. 


3. Payouts

Dengan Midtrans dapat mengirim atau melakukan pembayaran dengan mudah ke jaringan mitra bank Anda. Memberikan kemudahan untuk pengiriman dana (disbursement) yang mengakomodasi semua kebutuhan, baik manual maupun otomatis, ke satu atau banyak akun bank atau e-wallet secara sekaligus dengan biaya sama rata.


https://www.mildaini.com



Bagaimana Mendaftar Midtrans?


Untuk mendaftar menjadi pengguna Midtrans, bisa melalui website atau juga bisa via WhatsApp. Untuk pendaftarannya juga sangat mudah, dokumen yang dibutuhkan juga tidak banyak. Anda hanya perlu menyiapkan KTP untuk aktivasi metode pembayaran GoPay dan bank transfer dan NPWP untuk aktivasi metode pembayaran lainnya. 

Dibutuhkan juga beberapa dokumen tambahan untuk validasi bisnis Anda. Dalam hal ini Midtrans akan menjaga keamanan data pengguna karena Midtrans memegang lisensi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI-DSS). 


Solusi Saudara Saya untuk Teman UMKM


Setelah membaca banyak informasi mengenai Midtrans ini, akhirnya saya merekomendasikan layanan payment gateway ini kepada saudara saya yang kebetulan berbisnis di bidang kuliner. Ia berdagang aneka camilan, oleh-oleh khas, aneka tumpeng, nasi dan kue kotak, dan berbagai jenis kuliner lainnya. 

Dengan semangat, ia menjualkan produknya secara offline dan online. Namun, sejak pandemi, ia berganti haluan. Lebih banyak dan gencar melakukan berbagai promosi secara online. Ia, memindahkan toko offline miliknya ke online. Ia, gunakan berbagai platform media sosial untuk mempromosikan barang dagangannya. Ada website, Instagram, Facebook dan aplikasi media sosial lainnya.

Upaya tersebut membuahkan hasil, bisnisnya tetap bertahan malah meningkat , transaksi secara online meningkat. Seiring sejalan dengan larangan pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan banyak melakukan aktivitas dari rumah.

Aktivitas berdagang ini akan semakin meningkat pada waktu libur akhir pekan dan menjelang lebaran. Namun, untuk transaksi harian ia juga cukup banyak pemesanan. Setiap hari ia banyak melakukan aktivitas bisnisnya. Mulai dari memeriksa daftar pesanan, menyiapkan pemesanan, mengecek pembayaran, mengecek tagihan dari produsen dan mitra, hingga melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan.


https://www.mildaini.com


Dalam waktu yang bersamaan, ia melakukan banyak hal, dibantu oleh anak dan istrinya. Untuk penjualan transaksi harian juga lumayan banyak sehingga ia kadang juga mengalami kerepotan. Harus mengirimkan pembayaran barang kepada produsen, membeli stok barang barang atau menerima pembayaran. Hal yang paling ia keluhkan adalah kerepotan soal pembayaran. Ia belum punya sistem yang smart, agar bisa melakukan pembayaran secara menyeluruh, yang bisa menghemat banyak waktu, tenaga dan pikiran.

Saya pun menyarankan kepadanya untuk menggunakan Midtrans sebagai solusi sistem pembayaran online dan ragam solusi untuk kebutuhan bisnis/usaha saudara saya tersebut. Supaya bisa lebih fokus dengan pengembangan bisnis, tidak terganggu dengan sistem pembayaran yang ribet.

Pengalaman ini kemudian saudara saya bagikan juga kepada teman-teman UMKM untuk menggunakan Midtrans

Lalu, bagaimana dengan Anda? Segera gunakan Midtrans ya, supaya bisa fokus dengan bisnis sehingga bisnis berkembang.


Baca Juga

Related Posts

23 comment

  1. Masih kurang paham dengan midtrans ini, berarti midtrans ini semacam platform toko online seperti sho*pee dan tok*opedia atau hanya untuk pembayaran aja seperti d*ana, fl*ip, dan ov*o?

    BalasHapus
  2. Memarik juga nih tulisannya. Penjelasan ttg Midtrans malah jadi bikin aku tambah penasaran. Ok aku akan cari info ke web Midtrans deh.

    BalasHapus
  3. Memang UMKM banyak butuh bantuan dana yang tidak menjerat dan ramah kepada mereka ya, Mak. Midtrans nih bisa jadi solusi masalah para penggiat UMKM.

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu juga soal Midtrans ini dari tulisan mentemen blogger, jadi beneran solusi buat pembayaran agar mudah dalam transaksi. Dan setuju banget, setelah kita tahu dan paham bisa dishare juga buat sekitar kita para pelaku UMKM yang insyaallah sangat memudahkan mereka dalam hal pembayaran. Makasih loh Mak sharingnya.

    BalasHapus
  5. Amiin amiin semoga UMKM di negeri ini bangkit. Di saat pandemi memang frozenfood kebetulan.saya ikut jadi reseller laris maniss karena pembatasan keluar rumah ya.

    Semoga makin banyak yg menggunakan sistem pembayaran menggunakan midtrans.

    BalasHapus
  6. Iya mbak, MidTrans ini emang sangat membantu pelaku UMKM ya
    Dengan adanya MidTrans solusi pembayaran menyeluruh ini, UMKM makin mudah melakukan transaksi keuangannya

    BalasHapus
  7. Senang deh di era digital ini semakin banyak kemudahan bagi usaha UMKM. Seperti gerbang pembayaran digital midtrans ini. Memberikan pelayanan menyeluruh baik untuk pembayaran maupun menerima pembayaran. Mungkin juga bisa terhubung dengan bank kali ya

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah makin banyak aplikasi yang menunjang kinerja UMKM ya mba, dengan begini geliat ekonomi lokal akan makin meningkat.

    BalasHapus
  9. Dengan adanya midtrans bisa membantu UMKM lebih berkembang dengan memudahkan dalam sistem pembayaran ya mbak.

    BalasHapus
  10. Pembayaran secara online sangat memudahkan ya.. termasuk bagi UMKM yang emmang mau usahanya makin luas jangakauannya...Perlu aku coba nih pembayaran pake Midtrans

    BalasHapus
  11. Pembayaran menggunakan Midtrans ini solutif sekali.
    Ada banyak penawaran dan cocok untuk yang memiliki usaha. Dengan semakin banyak pilihan alat pembayaran, maka akan semakin terpercaya oleh konsumen.

    BalasHapus
  12. Iya dengan adanya Midtrans kita bisa fokus ke bisnis sementara proses lainnya udah ada yang mengatur dan mengelolanya. Itu bisa bikin usaha kita makin maksimal. Pelaku UMKM pasti akan banyak terbantu

    BalasHapus
  13. ooo Midtrans ini dikembangkan oleh Gojek Group. Yakinlah emang bagus kalau begitu, cocok juga dipakai oleh pelaku UMKM

    BalasHapus
  14. Midtrans ini bentuknya aplikasi ya? Sy baca dua kali msh belum kebayang spt apa, mungkin kalau aplikasi bisa d sc penampakannya. Atau berupa mesin pembayaran spt untuk pedagang umkm

    BalasHapus
  15. Ini menarik banget. Benar-benar solusi buat para pelaku usaha terutama pelaku UMKM yang mulai berkembang ya. Karena meereka kadang ribet kalau harus urus pembayaran dari berbagai rekening gitu. Kalau pakai midtrans, proses pengecekan transaksi juga gampang ya?

    BalasHapus
  16. Solusi yang tepat ini untuk para UMKM semakin dipermudahkan dalam pembayaran dan juga perhitungan dalam perdagangannya

    BalasHapus
  17. Nah betul ini, solusi pembayaran yang simple bakalan narik banyak pembeli karena kemudahannya. Saya pun senang kalau belanja dan cara bayarnya itu mudah. Kayaknya bakalan kurekomendasikan buat sodaraku yang juga punya bisnis UMKM

    BalasHapus
  18. Midtrans memudahkan pengusaha UMKM untuk melakukan pembayaran, pencatatan keuangan dengan lebih rapi ya, usaha bisa lebih maju..

    BalasHapus
  19. Semoga dengan Midtrans ini banyak pengusaha yang terbantu terkait dengan sistem pembayaran yaa... jadi lebih fokus ke bisnisnya enggak pusing lagi terkait bayar membayar ini.

    BalasHapus
  20. Aku masih penasaran sih sama sistem kerja Midtrans ini, aku sendiri pake midtrans sebagai payment gateway di blog suami yang kebetulan isinya tutorial design, jadi ada sistem lock dan unlock gitu kalo mau akses, carannya bayar pake transfer atau gopay dan itu terfasilitasi sama midtrans ini cma masih penasaran sih

    BalasHapus
  21. Asyik nih kalo UMKM pakai Midtrans payment juga, jadi ada banyak pilihan pembayaran. Bisa sering-sering belanja deh ga terkendala metode pembayaran.

    BalasHapus
  22. Midtrans ini punya produk Payment link yang memudahkan transaksi dan menjangkau lebih banyak pelanggan

    BalasHapus
  23. Baru kemarin saya mau baya tagihan les dan ada tulisan midtrans kirin gimana ternyata ini mitra pembayaran ya, jadi lebih memudahkan pelaku UMKM pastinta

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin