Menu

Selasa, 14 November 2017

/
 

Dimana sih tempat beli oleh-oleh. Pertanyaan itu sering banget muncul kalo sedang liburan atau berkunjung ke suatu daerah. Adalah sebuah kewajiban dong pulang dari liburan , membawa oleh-oleh. Kamu pasti juga pernah mengalami hal seperti itu.


Seperti kunjungan saya beberapa waktu lalu ke daerah Bandung, baru sampai saja saya sudah mencari tahu dimana tempat dan akan membeli oleh-oleh apa saja nanti kalo pulang. Padahal saya pulangnya sih, masih lima hari lagi ke depan. Soal oleh-oleh sudah saya pikirkan duluan. 

Belum lagi telpon dari anak-anak yang meminta belikan inilah, itulah. jadi soal oleh-oleh memang harus dipikirkan sejak awal. Agar tidak mengganggu aktivitas saya , apalagi pikiran. Bisa gawat nanti.

Apalagi kondisi saya waktu itu di Bandung padat. Pertemuan dan rapat juga sangat intens, sehingga hampir tidak ada waktu buat ke lokasi atau pusat oleh-oleh. Sebab  itulah, saya  butuh informasi yang cepat mengenai dimana tempat membeli oleh-oleh khas kota Bandung. Meski sudah banyak yang saya ketahui mengenai makanan khas Bandung itu. Tetapi jujur saya gak tau belinya dimana. Apalagi jika diminta langsung membeli ke lokasi. Wah, ini bisa heboh dan rusuh. Dan yang pastinya juga butuh waktu yang agak lama. Belum lagi saya juga gak begitu hapal dengan kota Bandung, jadi kalo mau menuju langsung ke lokasi. Bisa dibayangkan bagaimana repotnya saya.

Akhirnya saya mencari informasi di sosial media. Saya cek di Instagram. Oleh-oleh Bandung dan tempat membelinya. Tetapi informasinya kurang lengkap. Satu akun hanya memuat produk yang dia buat atau jual  saja. Jadi jika ingin mnedapatkan banyak informasi, ya harus mengecek ke beberapa akun. Sangat tidak efektif.
 
Coba deh, ada aplikasi mudah beli oleh-oleh

Dalam kebingungan tersebut, saya sempat berpikir. Coba deh, kalo ada aplikasi mudah beli oleh-oleh. Bukan cuma mudahya tetapi informasinya juga lengkap. Dalam gambaran saya aplikasi ini akan memuat

1.    Lokasi wisata atau daerah yang dikunjungi, kita tinggal memasukan nama lokasi saja
2.    Ada informasi barang-barang atau produk khas suatu daerah
3.    Ada informasi mengenai makanan khas
4.    Lalu ada alamat gerai atau toko yang menjual. Bisa juga memuat para pemilik atau pengusahnya. Sehingga mudah untuk dihubungi untuk di pesan.
5.    Ada informasi mengenai layanan pembelian. Misalnya bisa dibeli via online, barang diantar atau dikirim ke lokasi.
6.    Memuat informasi harga

Nah, kebayang kan enaknya kalo ada aplikasi ini terutama jika kita datang untuk pertama kali ke suatu daerah. Kita gak bakalan kesulitan mencari informasi mengenai oleh-oleh apa yang aka kita beli. 

Mendukung Program Pemerintah 

Jika aplikasi mudahnya beli oleh-oleh ini diwujudkan, tentu saja bukan saja manfaatnya dapat dirasakan oleh pengguna atau konsumen. Yang butuh akan informasi dan ingin membeli oleh-oleh. Akan tetapi juga sangat membantu bagi para pengusaha atau produsen untuk dapat mempromosikan dan menjual produk-produk usaha mereka. Hal ini akhirnya akan berimbas dengan meningkatnya kondisi perekonomian di masyarakat. Menciptakan lapangan pekerjaan. Serta dapat meningkat pendapatan daerah. Ujung-ujungnya ide aplikasi mudaanya beli oleh-oleh ini sejaan dan sangat menukung dengan berbagai program pemerintah. Misalnya program Dinas Koperasi , Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata dan lain sebagainya yang saling berkaitan.

Obat Kangen

Dengan adanya aplikasi ini, bukan hanya bisa diakses atau digunakan oleh para pelancong yang sedang berkunjung ke suatu daerah. Aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai obat kangen dengan kuliner daerah tertentu. Atau keinginan memiliki suatu barang tertentu dan daerah lain. Sehingga siapa pun , meski gak sedang liburan tetap bisa order. Dan gak perlu juga nahan selera buat beli. Apalagi kalo harus datang langsung.

Keren kan, idenya ini sekali jalan langsung banyak bisa memberikan manfaat!!. Yuk, kita bikin apliaksinya. Kamu bisa kan bikinnya. Aku sumbang ide aja dulu ya. 

Kamu, punya ide menarik yang bisa bermanfaat bagi orang banyak. Apa aja sih, idenya asalkan berguna buat orang lain. Kalo kamu punya, nama kamu wajib ikutan IWIC. Belum tahu ya, ini tentang apaan. Baiklah akan saya jelasin sedikit.

Tentang IWIC 11

IWIC 11 itu adalah even tahunan dari Indosat yang bernama Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC). Saat ini even IWIC telah dilakukan sejak 2006 dan secara konsisten terus menerus melakukan inovasi dalam menyelenggarakan even yang bertujuan untuk mengembangkan karya anak bangsa.

Pada ajang IWIC ini kita dituntut untuk dapat mengembangkan inovasi digital seperti membuat aplikasi-aplikasi yang memudahkan aktivitas sehari-hari. Selain mengembangkan invoasi digital di IWIC 11 ini kita juga bisa ikut serta hanya dengan menuliskan ide-ide di berbagai bidang seperti kuliner, travel, entertainmen dan lain-lain.


Tujuan dari diadakan IWIC lainnya adalah untuk mendorong dan mendidik generasi muda untuk berinovasi melalui aplikasi digital serta mendorong tumbuhnya para pencinta konten bukan pengguna konten.

Ini merupakan salah satu program keren dari Indosat Ooredoo, yang patut kamu dukung. Salah satu bentuk dukungan tersebut, adalah dengan kamu menyumbangkan ide-ide yang menarik dan unik untuk kemudahan dan kepraktisan dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Gimana? tertarik buat sumbang ide buat aplikasi kece. Kalo kamu berminat, daftarin ini kamu di Pendaftaran IWIC. Ajak juga ya teman-teman kamu buat daftar dan sumbang ide. Siapa tahu juga kamu yang menang dan ide kamu akan segera direalisasikan oleh Indosat Ooredoo ini. Keren kan, apalagi jika ide aplikasi kamu itu sangat bermanfaat.

Ditunggu ya ide-ide cemerlangmu!


13 comments

Pengen ikutan daftar nih. :D

Reply

Wah, pengen ikutan. Pasti seru banget. Apalagi hadiahnya lumayan. #eh :v

Reply

Idenya keren, Mbak. memudahkan turis mencari oleh-oleh khas suatu daerah.

Reply

Kayanya asik ya mba😍😍

Reply

wah keren deh idenya Mbak Milda, sukaaa...

Reply

iyah, saya suka kesulitan nyari oleh-oleh

Reply

Eh aku pernah lihat aplikasi serupa di android. Pernah make juga waktu lagi liburan. Tapi kurang lengkap emang sih aplikasinya. Idemu lebih lengkap. Keren.

Reply

makasih info lombanya mba

Reply

wih lagi ikutan IWIC..
boljug ide nya..

smoga menang ya mba.. hehehe

Reply

Wah wah boleh boleh nih aplikasinya. Iya banget, kita sering banget kangen ke tempat wisata tertentu, tapi gak sempet ke sana saat itu. Nah aplikasi kayak gini, bikin kangen sedikit terobati. :D

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.