Menu

Minggu, 26 Februari 2017

/

Assalammualaikum Wr. Wb

Benteng Malborough Jadi Saksi Bangkitnya Forum Lingkar Pena Bengkulu. Tahun ini Forum Lingkar Pena atau yang lebih dikenal dengan nama FLP Berusia genap 20 tahun. Iya, tepatnya pada tanggal 22 Februari 2017.

Tak terasa sudah berusia 20 tahun FLP ya, semakin kokoh dan kuat berdiri. Begitu juga dengan Bengkulu. Sejak diaktifkan kembali pada tahun 2011. Saat ini usia FLP Bengkulu sudah hampi 6 tahun. 

Saya ingin bercerita bagaimana serunya orientasi pertama FLP Bengkulu. Yang dilakukan di halaman benteng Malborough. Yang merupakan salah satu wisata sejarah yang terkenal di Bengkulu



Waktu itu saya sendiri yang berusaha untuk mencari anggota FLP yang baru. Mereka yang mendaftar langsung saya tawari jika berminat untuk langsung mendaftar menjadi pengurus FLP. Alhamdulillah, memang ada yang langsung mendaftar menajdi pengurusnya. Saya girangnya bukan main, soalnya kepengurusan adalah hal yang mutlak untuk membentuk sebuah komunitas atau organisasi.

Saya membuka informasi penerimaan anggota dan pengurus FLP melalui sosial media. waktu itu lewat facebook. Dulu Fesbuk masih ada ruang catatan atau note. Jadi bisa kita bikin informasi dan pengumuman di sana. Kalo sekarang ruang itu sudah dihapus . Dijadikan satu saja saat menulis status. Bisa panjang. Kalo dulu nulis status fesbuk ada batasannya. Berapa karakter gitu, aku ya lupa. Udah lama ya!

Setelah terkumpul para pendaftar anggota dan pengurus. Selanjutnya ditetapkanlah hari dilaksanakannya orientasi FLP. Hari orientasi dilakukan pada hari ahad, karena itulah waktu yang paling pas, hari libur.

Saat hari orientasi saya dibantu Ayuk Fransiska atau Siska dan Sondang. Mereka adalah pengurus FLP terdahulu.



Seperti biasa, setiap orientasi. Ada banyak bawaan yang harus dibawa oleh peserta. Saya memanfaatkan kondisi tersebut. Apalagi memang FLP baru dibentuk kembali belum ada uang kas. Jadi semua harus peserta bawa.



Namun saya bermain cantik. perlengkapan yang akan dibawa oleh peserta. Terbungkus oleh sebuah tugas yang tanpa di sadari oleh peserta itu adalah sebuah bekal makan siang, hehehe. Buku-buku tulis dan FLP. alat tulis, termasuk permen dan air minum.

Acara orientasi akan segera dimulai, diawali dengan pembacaan kalam ilahi



Lalu lanjut dengan kalimat taujih dari ustad KH. M. Syamlan. Menyampaikan mengenai kemulian dakwah lewat tulisan. Termasuk ajakan untuk menulis hal-hal yang baik dan bermanfaat. Kemudian ajakan untuk menulis sesuatu yang bermanfaat dan menginspirasi bagi orang lain sebagai usaha mengumpulkan amal jariah.



Kemudian materi tentang FLP, tentang profil dan selayang pandang FLP. Oleh Fransiska dan Sondang


Setelah materi, lalu break makan snack terlebih dahulu

Lanjut lagi dengan bermain game, dengan menuliskan judul dari beberapa gabungan kata-kata. Banyak sekali kejadian seru dan lucu pada sesi ini. Sampai sekarangpun masih saya ingat.




Pokoknya meski waktu jedah atau games, tetap saja selalu diajak menulis. Jadi meski bermain, ya permainanya untuk mengasah dan melatih untuk menulis.

Usai salat Zuhur, lanjut dengan makan siang. Ini adalah bagian yang paling lama dan seru. 
Semua peserta membawa telur warna merah putih. Nah, karena tidak diberitahu telur merah putihnya harus bagaimana. Maka muncullah berbagai bentuk telurnya. Ada yang diberi pewarna, ada yang dibungkus ada yang diberi kertas dan lain sebagainya.




Acara makan ini dibuat terpisah antara laki-laki dan perempuan karena ada bagian adegan suap-suapan. Jadi sengaja dipisahkan




Para peserta orientasi ini beragam, ada pelajar, mahasiswa dan yang sudah bekerja. Jadi sangat beragam. Mereka semua bercampur baur dan bergabung. Saling berkenalan dan bekerjasama.




Setelah makan lalu lanjut lagi pembahasan materi dan game, seputar dunia menulis dan perkembangan FLP.




Acara orientasi ini berlangsung sampai menjelang Ashar. Namun karena suasan benteng yang nyaman. Waktu berlalu tanpa terasa.



Para peserta juga sangat senang dan antusias mengikuri setiap sesi kegiatan orientasi ini


Pada orientasi ini, para peserta bukan saja diajari tentang organisasi FLP, soal menulis. Akan tetapi juga diajari tentang kerjasama tim dan saling membantu membesarkan FLP.


Pada kegiatan ini,saya juga membawa Nawra, anak pertama saya yang saat ini sudah berusia 1o tahun , kelas 5 SD



Nawra juga sangat menikmati, tak rewel dan tak minta segera pulang. Saya sangat bersyukur, Nawra bisa diajak bekerjasama. Soalnya repot ya kalo dia rewal. Saat itu saya berdoa dan berharap Nawra nnati juga menajdi anak FLP dan penulis yang karyanya best seller dan bermanfaat buat umat.



Tak terasa hari sudah sore dan semua sesi orientasi sudah dilakukan. Setelah orientasi ini menanti tugas besar. Saat itu saya juga harus segera laporan kepada Mas Adam Muhammad selaku Ketua Jarwil atau Jaringan Wilayah . Yang juga bertugas mengontrol termasuk mengawasi perkembangan FLP di berbagai daerah.

Tugas menanti setelah ini adalah, bagaimana promosi FLP bisa dilakukan dan karya bisa dihasilkan. Karya penulis Bengkulu ditunggu untuk diterbitkan, disebarkan dan dibaca semua orang.

Tulisan inis aya buat untuk mengenang ulang tahun Forum Lingkar Pena yang kedua puluh dan mengenang bangkitnya Forum Lingkar Pena Bengkulu yang selama ini tidak aktif kembali, sangat lama.

Tulisan ini juga saya buat untuk menajwab tantangan dari #BloggerBengkulu untuk #NulisSerempak tentang #WisataSejarah Bengkulu yang saat ini sengaja saya angkat mengenai kenangan bersama benteng Malborough.

Memang halaman benteng yang luas sering kali digunakan oleh berbagai orang untuk berbagai kegiatan. Kalo dulu meriam masih boleh diduduki. Namun sekarang meriam tidak boleh lagi diduduki dan sudah diberikan meja atau kursi tempat meriam tersebut. Seolah ada di atas meja.

Ini cerita kenangan saya, kamu punya kenangan jugakah bersama benteng Malborough atau wisata sejarah lainnya. Yuk, berbagi

Salam, selamat ulang tahun FLP ku sayang semoga semakin tangguh dan bisa menginspirasi banyak orang. Melahirkan penulis yang profesional dan berkarya bagus sepanjang masa.
2 comments

Beteng penuh kenangan ya. Jadi kumpul ma temen2 baru. Seruu, asiknya Mbak :) makin semangat nulisnya kalo ngumpul gitu ya Mbak :)

Reply

Kereeenn banget Mbak,suskes terus ya FLP Bengkulu.

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.