Menu

Sabtu, 03 Juni 2017

/


Bulan puasa, nafsu makan sebagian orang berkurang. Pasa sahur inginnya makan yang kering, goreng, tumis dan sejenisnya. Jarang yang menyukai makanan santan apalagi kako berkuah . Santan kering masih ada juga yang suka. tapi kalo seperti gulai kliyo atau opor. Sebagian orang gak suka. Enek rasanya sahur dengan menu begituan

Kali ini saya mau berbagi resep menu sahur untuk membuat sambal ikan cabe hijau. Untuk membangkitkan  selera makan saat bersahur supaya tetap semangat makan. Jika semangat sahur tentu badan kuat dan tahan puasa sampai berbuka. Iya kan.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Ikan yang dipilih sebaiknya juga ikan yang berdaging atau banyak dagingnya. Misalnya ikan kakap, ikan gebur dan lain sebagainya.

Bahan yang diperlukan

Ikan segar, sebanyak satu kilo atau setengah kilo. Bagusnya sih yang masih segar,  gak kena es batu atau ikan dingin. Kalo di Bengkulu sangat mudah menemukan penjual ikan segar. Kita bisa juga langsung membeli dari nelayan yang barus aja pulang melaut. Jarak rumah saya ke pantai hanya sekitar setengah koli. Jadi untuk ikan segar dan hasil laut lainnya mudah sekali mendapatkannya.



Cabe hijau, bagusnya pilih yang warna hijaunya agak gelap, itu tandanya cabenya sudah sedikit matang, jika dibiarkan di pohon maka akan segera masak. Kali ini saya mencampur dengan beberapa cabe rawit sisa makan gorengan, hehehe.



Tomat, bebas saja mau pake tomat apel atau tomat chery atau kalo saya di Bengkulu menyebutnya tomat Cung. Kalo mau mudah sebaiknya pakai tomat apel saja dua buah. Tomat yang masak itu adalah yang warnanya orange kemerah-merahan . Pilihlah yang bentuknya mulus.Lebih baik lagi jika amsih ada tangkainya.

Bawang merah, bole juga menambahkan bawang putih, Tergantung selera, kalo saya lebih suka bawang merah saja. Sebanyak 3-4 siung

Garam dan penyedap rasa seperlunya, sesukanya.

Baiklah, itu semua bahannya. Untuk cabe, tomat dan bawang saya lebih suka direbus atau dimasak terlebih dahulu supaya lebih terasa pedas. Baru nanti digiling, gak diblender ya tetapi digiling atau diulek secara kasar aja dengan tangan.


Selanjutnya cara membuatnya. 

Ikan segar tadi setelah di potong-potong, Saya suka beli ikan sekalian minta dipotongin jadi sampai di rumah tinggal dicuci bersih. Setelah dicuci, sebaiknya ikan ditiriskan terlebih dahulu agar airnya berkurang. Setelah itu berikan garam halus dan diaduk-aduk secara merata. Untuk mendapatkan tekstur ikan yang tetap bagus atau tidak hancur saat di goreng tambahkan sedikit cuka makan. Atau bisa juga dengan menambahkan air perasan jeruk nipis, dengan air jeruk nipis itu bisa juga untuk menghilangkan bau amis ikan.

Saat di goreng sebaiknya, dengan api kecil saja sehingga ikan masak merata. Dibolak-balik di atas kuali atau penggorengan jika salah satu sisi sudah agak matang. Ditandai dengan tidak lengket saat dibalik. Lakukan juga begitu untuk sisi yang lainnya.


Setelah ikan di goreng , kemudian kita menumis cabe hijau yang sudah dihaluskan tadi. Minyak gorengnya boleh menggunakan yang baru atau menggunakan sisa menggoreng ikan tadi. Saya lebih sering menggunakan minyak sisa mengoreng ikan. Jika kurang baru saya tambahkan dengan yang baru.

Diaduk atau ditumis sebentar saja, sebab cabe sudah kita masak terlebih dahulu. Masukan ikan goreng lalu kita aduk sampai merata.


Sudah sambal ikan cabe hijaunya sudah jadi, siap dimakan saat sahur. Lebih nikmati jika dimakan saat hangat dan ditemani nasi putih serta lalapan atau rebusan sayur dan kerupuk. Bikin makan tambah semangat dan nambah terus. Awas kekenyangan.

Oh, ya berikut ini tips saat mengoreng ikan

1. Cara goreng ikan yang baik adalah, bagian luarnya kering sedangkan bagian dalamnya agak lembut.

2. Ikan tidak boleh digoreng terlalu lama sebab akan membuat ikan teroksidasi oleh  minyak goreng

Selamat mencoba ya, makan sahur dengan menu ikan goreng sambal cabe hijau. Supaya hari-hari puasamu lebih bersemangat.

14 comments

SambelnyaAaaaaaa :O.. Lgs pengen makan aku mba.. Ini mirip sambel ayam penyet cabe ijo kesukaanku :D. Makanan itu memang hrs pedes.. Kalo g pedes, aku susah utk selera makan :p

Reply

woww , lihatnay enak sekali ya, maaksih infonya

Reply

Duh jd ngiler. Aku sih ga bs makan tanpa sambal bun. Hehehe

Reply

wah, boleh nih numpang makan tempat mbak milda, jgn lupa ajak anak2 bobe mbak,,hehe

Reply

hahaha, sabar ya tunggu sahur dolooo eh buka doloo

Reply

dicobain ya mba , masaknya , muda dan hasilnya enak

Reply

iya, kayak hidupku tanpa kamu ya

Reply

hahaha, boleh dong datang aja

Reply

sedap nih dgn tambahan kerupuk :)

Reply

Ikan...
Enak, tpi aq takut masak ikan 🤒🤒🤒😢

Reply

Werrr ... Jadi ngiler inih hehe ... Yummy tyh kayaknya. Coba deketan, minta aja ama mbak Milda *plak

Wkwkwk dasar sukanya gretongan hahaha

Reply

Yuhui.. enaknya, makasih resepnya, aku pingin bikin nih jadinya

Reply

nyam-nyam sedap nih uhuy enaknye

Reply

Aku suka banget sambel cabe ijo ini mbak, maknyuusss. Daripada ikannya biasanya banyakan cabenya yang dimakan, huehehe. *catet resep*

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.