Menu

Minggu, 19 November 2017

/




Hai apa kabar Emak Zaman Now, hari ini sudah bisa berkendara. Motor atau mobil. Yang mana saja, yang penting bisa pake kendaraan. Rugi kalo gak bisa nyetir. Minimal motor ya. Supaya langkah kaki kita menjadi lebih panjang dan bisa bergerak dengan cepat. Ada caranya loh supaya Nyaman dan Aman Berkendara Ala Emak Zaman Now.

Aku ya, selalu bilang keren perempuan yang bisa nyetir mobil . Aku belum bisa soalnya, hehehe. Ga mudah ternyata bisa membawa mobil di jalan raya. Aku sudah membuktikannya. Sudah bisa membawa mobil di lapangan tetapi belum bisa di jalan raya. Kalo ini sebenarnya sih, sebab suami aku belum kasih ijin buat aku nyetir di jalanan. Entah, sayang ama aku atau sayang mobilnya, hahaha. Atau mungkin sayang keduanya.

Yakinlah, ini pasti suamiku lebih menyayangi diriku sehingga dia rela menjadi sopir buat aku dan anak-anak kemana saja kami ingin. siap jadi sopir 24 jam.

Cuma itu akibatnya, ga bisa gerak cepat. Apa-apa kalo mau berpergian terutama membawa ketiga anak-anak. Aku harus menunggu suami dulu. Ga muat dan terlalu beresiko jika aku berpergian dan terpaksa membawa anak-anak. Padahal kayaknya asik ya, jika bisa jalan sendiri dan nyopir mobil sendiri. 

Ga Bisa Nyetir Itu Menyedihkan

Hal ini pernah aku alami, ketika suami dinas luar kota satu bulan, aku dan anak-anak ditinggalin. Waktu itu aku belum bisa pake motor. Jadi mau kemana-mana selalu minta antar ojek perempuan , kebetulan ada teman aku yang belum punya anak waktu itu bersedia menjadi ojek panggilan buat aku, hihihi. Waktu pertama kali dia menjemput dan mengantarkan aku ke sebuah acara. Dia terpana melihat di rumah ada motor, tapi kok minta dia jadi ojek. Dia baru tahu, kalo badan tinggi besar seperti aku ternyata ga bisa motoran. Satu plaaak, itu kondisi yang menyedihkan banget buat aku. Dimana orang yang bertubuh kecil dari aku saja bisa motoran. Duh, benaran kasihan. Selain itu aku juga ga bisa sepedaan, duh sedih bangetlah.

“Sayang bangetlah Mil, di rumah ada motor. Tapi gak bisa dipake. Satu bulan itu ya lama, pasti repot dan lebih mahal kalo mau kemana-mana harus pake ojek. Pulang suamimu nanti, minta ajarin ya motoran!”

“Akunya ga bisa sepedaan, mungkin susah ya buat motoran, kan katanya butuh keseimbangan”
Dia terkekeh, “Huuuuu, dasar penakut. Yang dibutuhkan saat motoran itu bukan cuma kesimbangan. Tapi kebenranian yak! Banyak kok yang bisa mobilan, malah gak bisa sepedaan”

Jiaaaah, kena lagi deh.  Kalo ga dibuktikan sendiri. Oke deh, akan kita coba. Mendengar ucapan teman ojekku itu, aku terpana sekaligus mikir. Iya juga ya, yang dia katakan. Kenapa ga dimulai buat latihan motor. Pokoknya mulai aja dulu, nanti deh urusan lainnya. Sambilan menunggu suami pulang aku baca beberapa referensi tentang gimana belajar motor. Biar nanti gak buta-buta amat yak!

Belajar Motor Gigi Lebih Asik Dari Motor Metik

Dari kejadian itu, akhirnya aku ya maksa suami buat ngajarin motoran. Hasilnya, saban sabtu –minggu pagi. Aku diajarin suami motoran di lapangan masjid. Alasannya, karena di masjid banyak rumput. Kalo jatuh ga terlalu sakit.Yeaaah, benar sekali suamiku.

Aku diajarin motor bergigi dulu, alasannya juga karena lebih mudah dikendalikan alias bisa distel. Ternyata emang lebih mudah. Cuma sekali diajarin, aku ya udah bisa mengendalikan motornya buat jalan. Meski kaki belum naik ke kiri kanan . Belum berani pijak gigi dan belum berani pijak gas. Apalagi memainkannya. Baru bisa jalan lurus dan belok, dengan gigi dua sekaligus sejak dihidupkan, Sebab kuatir melompat kalo dimulai dari gigi satu dan ga bisa  mindahin gigi pas sudah berjalan. Apalagi saya dan suami termasuk orang yang sistematis suka dengan proses dan tahapan. 

4 Tahapan Mudah Belajar Motor Buat Pemula

Catatan ini buat belajar motor bergigi ya, motor bergigi itu..motor yang pake gigi, hahaha.

1.    Berdiri di atas motor, lalu hidupkan langsung dengan memasukkan gigi dua. Lalu naikan kaki di kiri dan kanan tempat kaki nempel di motor. Kalo belum bisa pake sepeda alias belum seimbang. Ya, sudah naik saja motor tapi kaki gak usah naik dulu. Yang penting tangan di starter dan pandangan fokus ke depan, siap meluncur.

2.    Setelah berhasil mengidupkan motor dan berjalan dengan gas kecil, kalo gas gede nanti gosong alias meluncur tak tau rimba. Jalan saja pelan, ingat ya jalannya lurus saja dulu. Dalam perjalanan , cobain sesekali naikin kaki pelan-pelan. Mana yang nyaman deh, kanan dulu atau kiri dulu boleh bergantian. Boleh juga berbarengan. Bagian ini gunakan feeling supaya aman dan nyaman. Ga perlu buru-buru. Rasakan dan nikmati dulu prosesnya. Setelah terasa seimbang dan gak bakalan oleng, yakin deh itu kaki bisa nempel dengan tepat dan nyaman. Baru naikin kakinya pelan-pelan.

3.    Sudah bisa ya jalan lurus, cobain  pelan-pelan buat berbelok. Mainkan juga lampu sen. Tapi harus komitmen ya , kalo lampu sen ke kiri ya jalan ke kiri. Sebaliknya, jangan salahkan lampu sen nanti jika sudah kejadian, hehehe. Jalan berbeloknya juga pelan-pela saja, turunkan kaki jika terasa susah belok jika kaki nempel di motor. Pokoknya beloknya senyaman dan seaman yang kita bisa. Ini juga bagus gunakan feeling juga ya, biar aman dan nyaman berbelok buat pemula.

4.    Nah, kalo sudah bisa jalan lurus, sudah bisa berbelok, maka cobalah bawa motornya di jalan. Pertama kali jalan yang sepi saja. Biar kondisi jalannya dapat meski sepi, intinya di jalan deh motorannya. Jalan di jalan raya gunakan saja jalur paling pinggir atau tepi saja. Jalan pelan-pelan dan tak perlu mendahului. Yang penting sampai saja. Jika sedang di jalan berpapasan dengan mobil gede atau kondisi jalan lagi ramai, sebaiknya mengalah saja. Berhenti dulu juga boleh, menunggu sampai kita merasa nyaman dan tenang.

Empat tips ini sudah saya terapkan dan lakukan sendiri saat belajar motor bergigi, hasilnya memang lebih efektif dan efisien. Cuma butuh dua pekan atau empat kali belajar. Di hari sabtu –ahad, dengan durasi belajar satu hingga dua jam. Bisa juga lebih, apalagi kalo sudah sedikit bisa, ketagihan dong buat motoran dan ngeceng, hihihi.

Nah, sekarang jangan ditanya kemana kaki saya melangkah buat motoran. Sudah kemana saja, sudah lelah kalo dihitung dengan jarak yang sudah dilalui oleh saya dan motor. Ga bakalan bisa ngitungnya. Alhamdulillah selama saya motoran belum ada kejadian yang berat atau kecelakaan. Palingan cuma jatuh saja. Lecet-lecet dan sedikit luka.

Cuma sekarang saya lebih sering dan suka menggunakan motor metik, sebab tidak repot untuk pindah gigi dan nyaman juga jika menggunakan rok atau gamis saat motoran. Waktu ganti motor juga gak susah, langsung bisa menyesuaikan begitu juga naik sepeda. Juga otomatis bisa.

Kalo motoran, bisa bikin kaki makin panjang

Impian Baru Nyetir Mobil, Harus Bisa!

Sekarang impian baru aku yaitu, menaklukan mobil. Ya, harus bisalah nyetir mobil supaya bisa keliling-keliling sendiri bawa mobil sambil bawa anak-anak. Impian yang sangat sederhana ya, tapi agak susah diwujudkan sebab suami belum kasih ijin bawa ke jalan.

Aku pun bertekat dan nekat ingin bisa nyetir mobil sendiri. Setelah beberapa kali latihan nyetir mobil bersama suami, aku pun sudah bisa menghidupkan mobil dan membawa mobil keliling lapangan. Ya, meski belum ke jalanan raya. 

“Nanti, sambil jalan deh, bikin SIM dulu ya. Biar nyaman kalo ngebawa mobil di jalanan “

“Sama satu lagi, belajar dulu saban pagi buat manasin mobil dulu, maju mundur cantik “

Yaaah, pak suami. Jadi aku ya, tukang manasin mobil nih di rumah saban pagi. Memang sebelumnya sebelum belajar mobil ini. Aku ga pernah juga manasin dan pengen tahu urusan manasin mobil. Tapi sekarang malh jadi ketagihan, hahaha.

Manasin mobil aja senang yak!

Iyahlah, berawal dari lancar menghidupkan mobil alias manasin mobil. Akhirnya nanti jadi makin pede nyetri mobil dan pede buat jalan di jalanan raya. Jadi memang sama kayak belajar motor. Ada proses dan tahapannya. 

Trauma Belajar Motor Akibat Suku Cadang Mendadak Rusak

Namun, ada cerita yang bikin aku trauma juga belajar mobil, waktu itu kami berpergian bersama keluar rumah. Ingin membeli jam dinding untuk kamar Kakak Nawra. Sore itu kami berangkat dengan mobil sekitar jam lima sore. Dari rumah semua lancar saja, sampai kami membeli jam yang diinginkan Nawra.

Kami pun pulang ke rumah, jarak antara rumah dan toko jam sekitar tiga kilo. Namun tiba-tiba dalam perjalanan hujan tiba-tiba turun sangat lebat. Jalanan di depan hampir tak terlihat, jika tidak dibantu dengan lampu mobil. Sesekali ban mobil kami masuk lobang, dan itu membuat anak-anak berteriak menahan sakit. Dalam ketegangan hujan yang lebat tersebut, tiba-tiba wiper mobil kami tidak berfungsi dengan baik. Suami pun ikutan panik.

“Ya, Allah, Umi bantu tolong lap kaca depan mobil. Tidak terlihat jalan. Jendela turunkan sedikit. Ac akan dimatikan.”

“Kenapa sapu air di mobil ini tiba-tiba macet. Ya, Allah semoga tidak terjadi apa-apa”

Aku pun segera membersihkan kaca mobil bagian depan, agar jalanan terlihat dengan jelas. Aku pun gerak cepat, lap di sana lap di sini, sambil sesekali memberitahu suami untuk hati-hati. Saat ini kami sangat tegang sekali. Pilihan untuk mampir atau berhenti  terlebih dahulu kami abaikan. Sebab hujan semakin deras. Mau berhenti juga tak tahu dimana. Lalu jika kami berhenti terus mau ngapain, keluar pun tak bisa karena hujan sangat lebat. Lagi pula perjalanan tinggal sepertiga lagi, kami akan segera sampai di rumah. Namun dengan kondisi hujan yang sangat lebat, membuat perjalanan ini sangat berat dan terasa sangat lama.

Jika hujan penting banget  adanya dan fungsi wiper di mobil

Sepanjang perjalanan kami sekeluarga tak henti-hentinya berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah. Agar diselamatkan di dalam perjalanan ini.

Memang terlihat sangat sederhana sekali alat wiper yang menempel di kaca paling depan mobil. Bahkan sempat tak terpikirkan apa kegunaannya. Tetapi jika dalam kondisi hujan lebat begini. Wiper sangat berperan penting, sapuan air hujan oleh wiper membuat jelas penglihatan pengemudi di jalan saat hujan turun. Meski hanya bergerak turun naik seolah seperti sapu yang menyapu air hujan. Namun, fumgsi wiper sangat besar dan sangat diperlukan bagi sebuah mobil terutama dalam perjalanan berhujan.

Akhirnya memang harus ganti wiper dan gantinya dengan BOSCH saja
Kejadian tersebut sempat membuat aku trauma dan sempat mundur untuk lanjut belajar nyetir mobil. Apalagi jika terbayang sedang dalam perjalanan dan tiba-tiba wiper macet. Apa yang harus dilakukan. Atau bisa jadi alat yang lainnya tidak berfungsi dengan baik, apa yang harus dilakukan. Ketakutan tersebut kadang sempat menghatui dan membuat aku juga maju mundur buat nyetir mobil.
Namun suami dan teman-teman aku selalu member semangat untuk tetap maju belajar mobil. Dengan tentunya selalu waspada dan hati-hati agar idak timbul kecelakaan atau masalah yang lainnya. Sama halnya dengan waktu saya belajar motor dahulu. Belajar mobil juga harus dilengkapi dengan wawasan atau ilmu pengetahuan seputar mobil juga. Agar lebih mudah dipahami.

Wajiblah Eak Zaman Now bisa berkendara dengan Nyaman dan Aman


Beberapa Hal Penting yang Harus diketahui Mengenai Alat Mobil, Terutama Bagi Pemula.
    
Kerusakan Aki

Bagaimana: Seringnya kerusakan aki terjadi akibat terminal aki yang mengalami karat, hilangnya kontak pada konektor atau pun hilangnya daya aki jika  sering menyetir dengan jarak dekat. Hal ini pun bisa saja terjadi akibat kerusakan pada aki lama yang membutuhkan penggantian. Apa yang harus dilakukan: Pastikan terminal aki dalam keadaan bersih dan lindungi lah dari bahaya karat dengan lapisan jel khusus atau grease. Pastikan juga kondisi kepala dan konektor aki sudah cukup aman. Jika  jarang melakukan perjalanan jarak jauh, maka rutinlah untuk mengisi daya aki di malam hari setiap dua minggu sekali.


Kebocoran Ban

Bagaimana: Berkendara melewati jalanan berlubang dan rusak dapat merusak kondisi ban seperti terjadinya kebocoran. Apa yang harus dilakukan: Sebaiknya  cek kondisi ban kendaraan  setiap minggu untuk mengetahui tanda kerusakan awal. Pastikan  mengisi tekanan angin ban sesuai dengan yang disarankan dalam buku pedoman kendaraan. Kendaraan  pun sebaiknya juga selalu dilengkapi dengan ban cadangan dan alat penggantian ban, sehingga selalu siap setiap saat jika  butuh untuk menggantinya.

Kerusakan Busi  

Bagaimana: Busi seringkali menjadi bagian yang terlupakan. Kerusakan busi dapat menyebabkan hilangnya daya kendaraan, pemborosan bahan bakar dan getaran yang tak terkontrol. Kondisi ini akan merusak mesin kendaraan  bahkan untuk mulai dihidupkan pun tidak bisa. Jika  tetap membiarkan busi kendaraan  tetap rusak,  akan mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan. Apa yang harus dilakukan: Solusi terbaik di sini adalah melakukan perawatan secara reguler dan gunakan selalu busi yang berkualitas.

Kekurangan Bahan Bakar

Bagaimana: Hal ini terkesan biasa saja, namun  pasti akan terkejut dengan intensitas kerusakan yang terjadi jika kekurangan atau kehabisan bahan bakar. Apa yang harus dilakukan: Hindari kondisi kehabisan bahan bakar seperti ini dengan selalu sadar dan cek standar ukuran bahan bajar yang ada pada kendaraan .

Kerusakan Motor Starter

Bagaimana: Sesuai seperti namanya, motor starter merupakan salah satu suku cadang yang sifatnya penting untuk membantu menyalakan mesin kendaraan . Namun motor starter juga merupakan suku cadang yang sering menjadikan kendaraan  rusak. Tidak perlu khawatir sebelumnya, karena kondisi ini sejatinya dapat di atasi sendiri. Apa yang harus dilakukan: Trik praktisnya adalah: Jika kendaraan  sulit untuk dinyalakan, segera bawa kendaraan  ke ahli mekanik untuk dilakukan pemeriksaan. Seperti yang kita

Ketahui, perawatan kendaraan secara berkala dan memiliki suku cadang berkualitas adalah kunci untuk menghindari kerusakan kendaraan .

Aku dan Bosch

Peralatan mobil kami menggunakan Bosch. Salah satunya adalah wiper. Mengapa suami memilih merek Bosch, di antara alasannya adalah 

Bosch dianugerahi sebagai "Best Brand 2017" dalam 6 kategori

Bosch dianugerahi penghargaan dari pembaca Majalah Jerman "Auto Motor un Sports" untuk keduabelas kalinya. Lebih dari 123.000 pembaca memilih Bosch sebagai "Best Brand 2017" dalam 6 kategori yaitu : Aki, Filter, Busi, Wiper, Peralatan dan Workshop . Majalah "Auto Motor un Sports" adalah salah satu majalah otomotif yang memiliki banyak pembaca di wilayah Eropa. Setiap tahunnya, pembaca memilih aksesoris kendaraan, supplier dan layanan yang akan dinobatkan sebagai Best Brand.


Bosch dinobatkan sebagai supplier suku cadang kendaraan No.1 oleh Fortune

Bosch kembali dinobatkan menjadi supplier suku cadang kendaraan bermotor No. 1 selama tiga tahun berturut-turut oleh Fortune. Bosch berhasil menempati semua peringkat pertama di sembilan kategori penilaian yang mencakup inovasi, manajemen sumber daya manusia, kualitas produk dan layanan, dan daya saing global.



Selain itu, Bosch kini berhasil menempati peringkat 87 dari 100 besar Fortune’s Global 500. Hal ini adalah prestasi yang membanggakan mengingat di tahun 2016, Bosch hanya berhasil menempati peringkat 150 besar.

Mobil Aku dan Wiper Bosch

Wiper
Wiper Bosch dapat dipercaya untuk kemampuan penyapuan yang sempurna walaupun dalam kondisi cuaca yang ektsrim.

Kelebihan wiper bosch

•    Tahan terhadap sinar matahari dan karat
•    Daya tahan luar biasa hinga lebih dari 200.000 sapuan
•    Mudah dipasang
•    Original Produk Bosch
•    Ukuran 16" dan 16"

Wiper Bosch Di Mobil Starlet Toyota Kami
Aku dan suami memang percaya dengan  Bosch  sebab merk  Suku Cadang Berkualitas yang ada.Dengan berbagai suku cadang yang berkualitas , dengan menggunakan Bosch menjadi salah satu  solusi berkendara aman, apalagi aku memang sudah pernah mengalami suatu kondisi yang membuat aku jadi trauma. Jadi butuh alat yang bagus. Bosch menggunakan teknologi Jerman yang digunakan khusus untuk para pengguna kendaraan terutama yang ada di Asia. Termasuk Indonesia.

Jadi keluarga berkendara Indonesia, wajib pilih dan pakai Bosch ya untuk keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Teknologi Bocsh memang buat kehidupan.

Referensi Website Bosch
26 comments

Yaah aku juga awalnya gitu, mba. Walau dulu berani nyetir. pas nikah sempat ga berani nyetir. Skarang alhamdulillah udah bisa walau untuk mobil ya jarang dipraktekkan lagi. Malas. hahaha

Reply

aku pernah belajar nyetir mobil dan kerepotan ngukur jalan dari kaca mobil. alhasil pas mundur masuk paret alias siring..hahaha

Reply

Sebelum pindahan ke Jakarta, aku sempat-sempatin buat belajar mobil. Alhamdulillah, bisa. Meski waktu itu belum sampe tahap bawa ke jalan raya. Tapi aku udah cukup senang waktu itu. Kalau nanti pulang lagi ke Bengkulu, kuusahain buat bawa ke jalan raya

Reply

Udah lama banget ga nyetir, terakhir SMA :')))) btw kata Papa emang setidaknya harus 'kenal' kendaraan utk masalah basicnya ya Mba, biar kalo ada apa-apa ga kena panic attack

Reply

beh......rugi mbak kalau ada mobil tapi ga bisa nyetir, ayo mbak semangt belajarnya dan ajak kami jalan-jalan

Reply

atuutt, semenjak naik ke trotoar udah gak punya nyali lagi buat belajar nyetir heuu. Kata adikku memang aku gak ada darah untuk nyetir mobil :)

Reply

Kalo anin mbak, malah bahaya ntar kalo bisa. Anin ga pernah di rumah ntar hihi

Reply

Saya baru tahu mbk klo ad bosch. Xixi.

Mklumlah mbk jagankan mobil, naik motorpun saya blm bisa.
Menderita banget rasanya gk bs pke mtor, cukup tersindirlah baca tulisan mbk milda. Haha

Artikelnya lengkap banget mbk..

Reply

wah recomended ya mba bosch ini , mau bilang ke suami juga deh biar ganti pake bosch

Reply

baru ngerencanain belajar mobil mbak, semogaaaa....

Reply

Gak bisa nyetir itu emang menyedihkan bumil, seperti saya. Hiks..

Reply

Bener banget dech Mbak, kalau enggak bisa berkendara emang menyedihkan. Paling enggak bisa mengendarai motor ya. Saya sudah belajar mengendarai mobil dari kapan tahu, selalu belajar dan anak-anak tidak mengijinkan saya membawa mobil, alasannya kasihan mobilnya kalau lecet. Huhuu, jadi saya sedang mencari informasi cara pembuatan SIM A, biar kalau sudah pegang SIM kan aman nyaman dan mematuhi peraturan lalu lintas. Wah iya, tuh suku cadang kendaraan kalau rusak dan susah mencarinya, bikin repot. Saatemilih merek mobil, suami saya uga pilih-pilih dan mempertimbangkan suku cadangnya mudah didapat atau enggak, ternyata bosch menyediakan suku cadang kendaraan salah satunya untuk mobil y. Hm, terima kasih rekomedasinya Mbak

Reply

Bukan main lagi, keruan galo masalah permobilan emak jaman now ni..

Reply

iyah, katanya sih gitu kalo jarag digunakan suka kagok ya

Reply

nah, ini katanya belajar mobil harus banyak matanya ya

Reply

yah, samaan dong, aku juga mau nekat ini

Reply

iyah, minimal hal-hal yang umumlah ya, kit tahu

Reply

emang nyetir mobil kudu ada darah apaan say

Reply

wah, gakpapa kan bisa jejalan terus

Reply

hayuuu Mira, kita belajar lagi yak, semangat

Reply

hahaha, mari kita belajar nyetir

Reply

iyah, minimal bgt itu motoran

Reply

iyah dong kakak, jangan cuma tahu naiknya doang

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.