nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

7 Prinsip Makan Sehat Pada Saat Hamil dan Menyusui


Assalammualaikum Wr. Wb

Seorang ibu hamil dan menyusui pasti sangat membutuhkan banyak asupan makanan yang bergizi. Bukan saja untuk dirinya, kaan tetapi juga untuk jabang bayi atau anaknya. Saat hamil, makanan yang kita santap sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin dari bulan ke bulan. Begitu juga saat menyusui. Terlebih lagi pada saat masa ASI eksklusif. Selama enam bulan bayi hanya minum ASI sebagai asupan gizinya. Tentu saja hal ini snagat tergantung kepada makanan yang dimakan oleh sang Ibu. 

Meskipun demikian  saat hamil adalah masa yang juga sulit bagi seorang ibu untuk bisa nyaman mneyantap berbagai makanan. Apalagi kalo sudah kena morning sickness.  Duh, makanan susah banget buat masuk ya. Masuk sedikit, muntahnya banyak.Diisi lagi. Gak lama keluar lagi. Pokoknya repot deh kalo lagi hamil muda. Beda lagi kalo sudah menyusui, bawannya mau makan aja. terasa lapar melulu. Takut juga bdan gemuk mendadak, gak bagus juga kan tetiba gembrot gitu. Llau solusinya gimana sih. Nah, daripada bingung. Cobain aja ini tips kece untuk 7 prinsip makan sehat pada saat hamil dan menyusui.



Masa kehamilan dan menyusui adalah suatu momen yang berat bagi seorang ibu sekaligus juga mengharukan. Suka duka ada di kedua masa ini. Iya kan, pastinya ya. Ada kenangan yang tak akan bisa segera dilupakan.

Saat makanan muntah. Saat tubuh lemas menjalani masa kehamilan muda. Lalu saat berasa kok badan mendadak tambah gembul. Berasa lapar terus, hehehe.

Masalah tersebut muncul mungkin karena kekurangtahuan kita atau minimnya wawasan kita bagaimana sih sebaiknya makan pada saat hamil dan menyusui. Karena sudah pasti kondisinya akan sangat berbeda dengan kondisi pada saat hamil atau menyusui. Oleh karena itu, sebagai seorang ibu yang pastinya juga sayang ama calon bayi dan bayinya. Pasti sangat memperhatikan soal asupan gizinya selama hamil. Agar janin yang dikandung kebutuhan gizinya juga cukup. Begitu juga dengan anak yang masih menyusui. Asupan gizinya juga harus cukup. Agar tumbuh kembangnya sesuai dengan usianya. Supaya kesehatan ibu juga tetap terjaga, oleh karena itu harus tetap makan, apa pun caranya.



Jika teman-teman ada yang mengalami kelupaan atau kurang tahu soal prinsip makan saat hamil dan menyusui. Di postingan saya kali ini akan membahas soal itu ya. Sekalian saling mengingatkan. Siapa tau ada yang hamil muda, atau baru menyusui.Atau ada yang mau persiapan program hamil kembali. Baru memulai untuk hamil. Atau apa aja deh, pokoknya buat ibu hamil dan menyusui.

7 Prinsip Makan Sehat Pada Saat Hamil dan Menyusui

1. Mengubah Cara dan Jadwal Makan


2. Menghindari Makanan yang Berbahaya



3. Makan Dengan Porsi Kecil Tapi Sering dan Kaya Gizi



4. Hindari Diet Selama Hamil dan Menyusui



5. Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen



6. Cukup Asupan Cairan dan Mineral



7. Perbanyak Makan Buah dan Sayur yang Banyak Serat



Nah, itu dia ada sekitar 7 prinsip yang harus diketahui oleh ibu hamil dan menyusui saat makan. Jadi gak asal makan saja. Apalagi asal kenyang saja. Sebaiknya prinsip tersebut, cobalah untuk diterapkan. pelan-pelan dicoba saat menjalani masa kehamilan dan menyusui

Untuk penjelasan lebih mendetil, teman-teman bisa membaca buku saya ya. Yang berjudul Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah. Bukunya ada empat dan sesuai dengan golongan darah manusia. Yaitu, golongan darah A, B, AB dan O. 

Buku ini diterbitkan oleh penerbit Bhuana Ilmu Populer grupnya Gramedia. Jadi bisa didapatkan dibeli di toko Gramedia dimana saja. Bisa juga dibeli secara online.

Buku ini berisikan enam BAB

Bab Pertama, Pedoman Menentukan Gizi Seimbang

Bab Kedua, Gizi Seimbang Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah

Bab Ketiga, Tipe dan Karakter Golongan Darah

Bab Keempat, Sayur dan Buah yang Bermanfaat Bagi Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah

Bab Kelima, Resep Jus/Smoothie Sehat Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah

Bab Keenam, Resep Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah

Kalo kepo atau penasaran, silakan diuber ya bukunya. Semoga bermanfaat. Semoga setelah membaca buku ini. Para ibu hamil dan menyusui tidak salah lagi dalam menyantap makanan atau memenuhi kebutuhan gizinya



Semoga kehamilannya sehat dan masa menyusuinya menyenangkan ya
Baca Juga

Related Posts

17 comment

  1. Tfs Mak, saya lagi hamil jadi pengen baca juga hehe

    BalasHapus
  2. Buah, sayur, dan Susu. Waktu hamil doyan banget susu. :D

    BalasHapus
  3. Wah, bagus buat ibu hamil nih. Apalagi yang makannya males. Kaya aku. :p

    BalasHapus
  4. Ini info penting sekali untuk Ibu hamil, saya mau di kehamilan saya nanti mencukupi kebutuhan janin tapi berat badan saya jangan sampai over.

    BalasHapus
  5. wahhh berguna banget nih untuk para ibu hamil. harus bener2 di mengerti betul nih oleh ibu yang sedang hamil...

    BalasHapus
  6. Kalau hamil nya hamil muda makan susah banget,yang ada c7ma bisa masuk air putih hangat trus oek oek lagi deh mba

    BalasHapus
  7. belum nikah, tapi ijin aku bookmark buat persiapan ya mbaa. Ihiik!

    salam kenal mbaa :D see me on nopipon(dot)com

    BalasHapus
  8. saya waktu hamil muda susah banget makan, mual terus jadi hanya konsumsi susu. barulah setelah masuk trimester kedua baru nafsu makannya membaik :)

    BalasHapus
  9. soal vitamin dan suplement aku suka pilah pilih kalo bukan dari dokter..rasanya kurang yakin aja..

    BalasHapus
  10. Ah jadi pengen balik ke yogya lagi
    Ups! Maaf hehehe...

    BalasHapus
  11. terima kasih info nya mbak , aku izin save link ya mbak untuk kehamilan ku kelak .
    aamin.

    BalasHapus
  12. Yang paling susah emang trimester pertama. Padahal pas masa itu justru ibu butuh asupan makanan bergizi. Kalo aku dulu akhirnya stok buah yang banyak. Kalo makan buah nggak begitu eneg jadinya.

    BalasHapus
  13. wah bukunya bagus buat ibu hamil ya. Semoga teman-teman bumil sehat2 kehamilannya.

    BalasHapus
  14. Alhamdullilah hamil 4x makan,minum,vit okeee semua sampai pernah mikir: gimana rasanya nyidam yang kata orang sampai ga bisa bobo xixi
    Paling kalau mual,masih batas wajar

    BalasHapus
  15. aku share ke teman yang sedang hamil ah

    BalasHapus
  16. Bagus kak informasinya. lanjutkan. https://bikinkaosmurah.com/alamat-kaos-polos-jogja/

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin