Menu

Selasa, 30 Mei 2017

/

Bengkulu itu di mana ya? Daerah Kalimantan ya. Atau Palembang ya. Suka sebal sih kalo dengar ada yang ngomongin Bengkulu begitu. Atau ada yang menjawab ucapan saya saat bertanya darimana . Ya, saya memang orang kelahiran dan menetap di Bengkulu. Sedihnya banyak yang tidak tahu dimana letak Bengkulu. Padahal ibunya Megawati itu Fatmawati, sang penjahit bendera Merah Putih yang juga istri presiden RI yang pertama adalah orang Bengkulu. Belum lagi wisata sejarah yang banyak di Bengkulu, seperti fort Malborough . Presiden Soekarno pernah diasingkan loh di Bengkulu. Bunga terbesar di dunia juga ada di Indonesia. Belum lagi kopi Bengkulu yang sedap tak tertandingi. Rupanya belum membuat orang-orang tahu dan mengenal Bengkulu.

Lalu apakah saya sebagai orang Bengkulu harus marah dengan kondisi ini. Mengapa Bengkulu kurang terkenal pasti ada sebabnya. Padahal Bengkulu ini adalah sebuah provinsi yang kaya akan sumber daya alam dan sumber wisatanya. Oleh karena itu tinggal bagaimana kita sebagai orang Bengkulu berbuat sesuatu untuk memperkenalkan dan mempromosikan Bengkulu kepada masyarakat Indonesa dan dunia.

Jadi  dari pada memikirkan mengapa masih banyak orang gak tau dimana Bengkulu. Saya malah berpikirnya bagaimana untuk mempromosikan atau memperkenalkan Bengkulu menjadi lebih dikenal oleh orang lain. Untuk hal-hal yang baik ya.

Membuat Komunitas Blogging

Berangkat dari rasa prihatin tersebut, dan sebagai wujud dari sebuah usaha untuk lebih peduli terhadap kemajuan Bengkulu. Tahun lalu, tepat di saat bulan Juni 2016 saya bersama dengan teman-teman blogger Bengkulu yang saat itu hadir di acara nangkring bersama Kompasiana di Bengkulu bersama BKKBN  mendeklarasikan berdirinya komunitas Blogger Bengkulu. Saat itu kami hanya sekitar sepuluh orang sepakat untuk menjadikan Blogger Bengkulu yang kami singkat menjadi Bobe ini menajdi salah satu sarana untuk mempromosikan Bengkulu melalui tulisan ke dunia maya.

Kebetulan saya didaulat sebagai ketuanya. Saya lalu membentuk kepengursan kecil yang hanya terdiri dari sekitar sepuluh orang. Untuk menjabat sebagai pengurus inti Bobe dan sebagai admin harian . Sebab kegiatan Bobe akan lebih banyak dikomunikasikan secara online melalui grup facebook dan whatsApp. Untuk  grup facebook ada jadwalnya setiap hari. Dan dipegang oleh satu orang admin.

Seiring sejalan, grup yang awalnya hanya diisi oleh beberapa orang akhirnya berkembang dan kian bertambah, mulai banyak yang bergabung dengan Bobe. Sudah mulai banyak yang melirik dan ingin join.

Pada bulan Agustus, untuk pertama kalinya kami mengelar acara kopi darat (kopdar) yang pertama. Karena tidak mungkin semua kegiatan Bobe akan dilakukan secara online apalagi semua anggota berada di satu wilayah, Maka pertemuan rutin atau kopdar adalah salah satu solusi untuk membuat belajar blogging menjadi lebih mudah dan asik. Setiap kopdar selalu ada tema dan pokok bahasan untuk kami diskusikan dan pelajari. Misalnya belajar Vlog, Belajar Tentang seluk beluk domain, Belajar tentang menulis konten dll.


Kopdar 7 di Harian Rakyat Bengkulu

Maka kami rancang pertemuan setiap bulan untuk mengajak , mengedukasi orang-orang untuk membuat blog dan menulis di blog. Bahkan ada yang dimulai dengan membuat emailnya, baru memilih nama dan menuliskannya. Semuanya dari awal banget. Ya, seolah kami berubah menjadi bidan blog buat teman-teman. Dengan sabar kami membimbing dan memberitahu teman-teman yang bergabung di Bobe seputar ilmu blogging.

Memang untuk semua pengurus dan sebagian besar admin Bobe sudah memiliki blog dengan performa yang lumayan bagus, aktif dan up date postingan blognya. Bahkan ada juga yang sering menang lomba dan mendapatkan penawaran kerjasama dari berbagai brand. Bobe seperti itu yang akhirnya mengedukasi teman yang lainnya.

Untuk memotivasi teman-teman yang sudah punya blog agar rajin menulis di blognya, maka kami membuat sebuah program yang Bobe beri nama #Nulisserempak dengan tema yang berbeda setiap bulannya. Sampai saat ini sudah beberapa tema yang kami tulis bersama seperti #WisataSejarahBengkulu, #PantaiDiBengkulu, #PasarDiBengkulu, #BatikBesurek dan lain sebagainya. Yang semua tulisan tersebut dibuat oleh teman-teman Bobe  tujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan Bengkulu melalui blog dan sosial media.

Semangat teman-teman sudah bertambah , namun masih kurang bersemangat. Salah satunya sebab masih jarangnya tulisan sobat Bobe  tidak muncul di page rank atau di mensin pencarian . Misalnya pencarian google. Salah satu masalahnya adalah blog sobat Bobe masih banyak yang belum berdomain alias masih blog gratisan. Oleh sebab itu setelah terkumpul sekitar 20 blogger aktif. Saya dan teman-teman mencoba untuk mengajak sobat Bobe untuk segera berganti atau menggunakan domain pribadi. Seperti dot com atau dot Id sehingga tulisan atau blog sobat BoBe lebih bisa 'nendang; di jagat dunia maya dan di belantara dunia perbloggeran. Apalagi saaat ini banyak sekali tawaran kerjasama bagi blog yang sudah berdomain. Hal ini tentu saja bisa menjadi pemicu untuk menambah penghasilan lewat blog.

Kopdar ke 2 di Konveksi Adiguna

PENTINGNYA DOMAIN BLOG

Setelah mencari banyak informasi akhirnya kami memutuskan untuk bekerjasama dengan IDCloudHost untuk membantu sobat Bobe untuk mengganti domain blognya. Dari yang gratisan menjadi yang berbayar. Maka terjalinlah kerjasama antara IDCloudHost dengan Bobe untuk memberikan harga murah dan terjangkau kepada Sobat Bobe. Kami memilih IDCloudHost karena memiliki layanan Hosting Murah Indonesia sehingga sangat membantu sobat Bobe yang ingin mengganti domain blognya.

Selain itu IDCloudHost (PT Cloud Hosting Indonesia) adalah penyedia layanan Web Hosting Provider berbasis SSD Cloud Hosting yang mempunyai tujuan untuk selalu menjaga website tetap hidup dan cepat di akses dari berbagai negara. Sehingga sobat Bobe tak perlu merasa kuatir. Sebab IDCloudHost merupakan salah satu Web Hosting Indonesia yang bisa kita percayai untuk urusan web kita.

Sangat penting untuk mengganti domain blog, baik dot com atau dot net. Banyak keuntungan blog yang  menggunakan domain di antaranya akan membuat blogger lebih percaya diri, bersemangat, diakui , memiliki daya jual dan pastinya juga membuka banyak tawaran kerjasama dari berbagai pihak.
 
CARI TAHU TENTANG IDCloudHost

PT Cloud Hosting Indonesia (IDCloudHost) Merupakan Salah Satu Web Hosting Provider yang Ada di Indonesia dengan Menawarkan Layanan Seperti Pendaftaran Domain, Cloud Hosting, Server (VPS & Dedicated Server), Reseller Domain & Hosting, dan Beberapa Layanan Lainnya. Jika berminat langsung saja hubungin website dan kontak saja CS-nya yang siap melayani 24 jam.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video berikut ini ya


Alhamdulillah di kopdar ke 8 ini  sobat Bobe banyak yang berminat dan blognya sudah banyak yang berdomain sehingga otomastis juga menambah semangat untuk menulis dan berbagi cerita tentang apa saja di blog

Semain hari Bobe kian tumbuh dan berkembang, komitmen kami untuk membatu promosi Bengkulu kini terbuka jalannya. Sobat Bobe juga kian percaya diri dengan domain pribadi blognya, Jadi kian bersemangat jika diajak ke berbagai kegiatan dan pertemuan blogging. Baik secara online atau offline. Satu persatu juga tawaran job atau kerjasama lewat blog mulai berdatangan. Sobat Bobe mulai merasakan 'Icip' duit dari blog. Bahkan ada mahasiswa yang sudah bisa membantu orang tuanya untuk urusan biaya kuliah.

Bobe Promosikan BENGKULU

Jalan pertama terbuka saat kami berkenalan dan bertemu dengan tim  Media Center Bengkulu yang pada awalnya mendapatkan informasi tentang Bobe setelah membaca sosial media. Dan tertarik untuk menawarkan kerjasama dan bersedia menjadi jembatan bagi Bobe untuk bekerjasama dengan berbagai instansi atau dinas -dinas yang ada di jajaran pemerintahan Bengkulu.Guna untuk membantu mempromosikan Bengkulu ke luar melalui dunia maya. Khususnya lewat tulsian di blog.

Kami pun merancang sebuah kerjasama, termasuk juga mengedukasi berbagai pihak terkait seputar 'Apa itu Blogger' karena masih banyak yang belum paham. Terutama para 'tetua' di jajajaran pemerintahan. Oleh karena itu untuk menyamakan persepsi agar substansi kerjasam ini nanti mudah dipahami dan tujuannya bisa saling memotivasi. Maka kami pun menjelaskan seputar blog, blog dengan performa baik termasuk soal DA. Demikian juga mengenai 'Fee' yang biasa diterima blogger sesuai dengan DA-nya. Hal ini penting agar mereka yang akan kami ajak kerjasama tahu dan mengerti arti sebuah blog dan tugas seorang blogger. Kita juga ingin menunjukkan bahwa sobat Bobe 'Serius' ingin mempromosikan Bengkulu.

Pada kopdar ke 9 kami diundang oleh Dinas koperasi dan UMKM Provinsi Bengkulu untuk membantu mempromosikan makanan dan minuman khas Bengkulu. Terutama oleh-oleh Bengkulu. Acara kopdar  ini bertempat di kantor pemerintah provinsi Bengkulu atau di kantor Gubernur. Tujuan kegiatan kali ini adalah untuk membantu mempromosikan produk UMKM Provinsi Bengkulu.

Kopdar 9 Bersama Diskop dan UMKM serta Media Center Bengkulu

Saat itu saya secara simbolis menerima paket oleh-oleh khas Bengkulu yang akan diulas dan ditulis oleh Bobe. Di dalam paket tersebut terdapat beberapa makanan dan minuman serta bahan makanan seperti ikan kering yang merupakan oleh-oleh khas Bengkulu yang dihasilkan atau dikelolah oleh para pengiat UMKM di Bengkulu.

Penyerahan secara simbolis paket oleh-oleh khas Bengkulu dari kepala Diskop dan UMKM kepada Bobe
Selain diberikan paket oleh-oleh khas Bengkulu, para blogger juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada para pengiat UKM . Bisa mengetahui secara  langsung mengenai produk yang mereka hasilkan. Para pengusaha atau pengiat UKM berbagi cerita  bagaimana perjuangan mereka dalam usahanya mulai dari awal berdiri usaha, ide atau motivasi untuk berusaha, termasuk mengenai sumber bahan baku, kemasan , sampai dengan promosi dan pengiriman barang kepada pembeli.


Salah satu makanan dan minuman khas Bengkulu.

Dengan pertemuan ini akhirnya Dinas Koperasi dan UMKM Bengkulu membuat website sendiri untuk memperomosikan dan membuat galeri produk-produk UMKM di bawah asuhan Diskop dan UKM tersebut.

Home website galeri  Diskop dan UMKM Bengkulu

Dengan adanya para blogger ini diharapkan dapat berjalan seiring sejalan dengan pemerintah untuk mempromosikan daerahnya masing-masing.. Promosi secara digital adalah sebuah cara yang sangat efektif , jangkauannya pun sangat luas. Tidak terbatas ruang dan waktu. 

Apalagi memang saat ini hampir semua orang dari anak-anak hingga orang dewasa sudah memiliki  handphone. Yang bisa sangat mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Sekarang lebih banyak orang yang lebih suka mencari infomasi dan barang apa saja untuk keperluan hidupnya secara online. Media online seperti blog, facebook, instagram adalah media yang paling sering digunakan orang untuk mempromosikan  berbagai hal. Termasuk barang dagangan. Blog dan media social tersebut juga yang paling sering diakses oleh orang-orang.
Menurut berita yang dilangsir oleh KOMPAS. Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengungkap bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet.

Survei yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang.

Data survei juga mengungkap bahwa rata-rata pengakses internet di Indonesia menggunakan perangkat genggam. Statistiknya sebagai berikut:

    67,2 juta orang atau 50,7 persen mengakses melalui perangkat genggam dan komputer.
    63,1 juta orang atau 47,6 persen mengakses dari smartphone.
    2,2 juta orang atau 1,7 persen mengakses hanya dari komputer.

Meski demikian, penetrasi internet tersebut mayoritas masih berada di Pulau Jawa. Dari survei yang dipresentasikan oleh APJII itu tercatat bahwa sekitar 86,3 juta orang atau 65 persen dari angkat total pengguna internet tahun ini berada di Pulau Jawa.

Sedangkan sisanya adalah sebagai berikut:

    20,7 juta atau 15,7 persen di Sumatera.
    8,4 juta atau 6,3 persen di Sulawesi.
    7,6 juta atau 5,8 persen di Kalimantan.
    6,1 juta atau 4,7 persen di Bali dan NTB.
    3,3 juta atau 2,5 persen di Maluku dan Papua.

Gelombang generasi millenial tak bisa dipungkiri menjadi ujung tombak penetrasi internet di Indonesia. Lahir dan besar bersama derasnya era informasi dan digital, penerimaan serta literasi usia muda lebih mudah ketimbang kelompok usia lain.

Kopdar 8 Bersama cafe Papuk Mamuk

Data statistik pengguna internet indonesia tahun 2016 APJII

Jumlah pengguna Internet di Indonesia tahun 2016 adalah 132,7 juta user atau sekitar 51,5% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta. Pengguna internet terbanyak ada di pulau Jawa dengan total pengguna 86.339.350 user atau sekitar 65% dari total penggunan Internet. Jika dibandingkan penggunana Internet Indonesia pada tahun 2014 sebesar 88,1 juta user, maka terjadi kenaikkan sebesar 44,6 juta dalam waktu 2 tahun (2014 – 2016). Tentu data / fakta ini menggembirakan, terutama bagi para pengusaha atau pemilik toko online.

Berdasarkan konten yang paling sering dijunjungi, pengguna internet paling sering mengunjungi web onlineshop sebesar 82,2 juta atau 62%. Dan konten social media yang paling banyak dikujungi adalah Facebook sebesar 71,6 juta pengguna atau 54% dan urutan kedua adalah Instagram sebesar 19,9 juta pengguna atau 15%.


Data perilaku pengguna internet 2016 APJII berdasarkan jenis perangkat yang digunakan hp mobile dan komputer Paling banyak pengguna internet menggunakan perangkat mobile (smartphone) sebesar 63,1 juta atau sekitar 47,6%.

Saat melakukan browsing, pengguna internet paling banyak menggunakan perangkat mobile (smartphone) sebesar 89,9 juta atau 67,8%. Tentu ini harus menjadi perhatian para pemilik website agar membuat website yang mobile friendly atau responsive. Sedangkan browser yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome sebesar 66,6%. Ini tentu bisa dipahami karena sebagian besar smartphone menggunakan operating system Android milik Google.

Data-data statistik ini menjadi sangat penting bagi pebisnis, pengusaha atau para pemilik jualan online untuk menentukan target calon konsumennya. Termasuk juga untuk mengetahui segala hal.

Kopdar Ke 5 Di Harian Bengkulu Ekspress

Memanfaatkan DIGITAL Untuk Lebih DIKENAL

Jika kita melihat dan mempelajari data-data di atas dengan seksama. Artinya sangat penting untuk belajar menjadi blogger dan memiliki domain blog sendiri sebagai upaya untuk mempromosikan dan memperkenalkan sesuatu kepada khalayak ramai. Seperti yang dilakukan oleh Bobe saat ini.

Setelah pertemuan kopdar ke sembilan bersama Diskop dan UMKM tersebut , saat ini Bobe sudah mulai mendapatkan  tawaran kerjasama dari berbagai dinas, instansi sampai undangan dari pemilik bisnis atau pelaku usaha. Mereka ingin sekali menggunakan blogger sebagai media untuk promosi.

Tak bisa dipungkiri, saat ini media blog sudah menjadi salah satu media promosi yang paling banyak diincar oleh para brand. Tulisan, uraian yang natural dan dengan gaya penulisan yang berbeda-beda mengenai sesuatu membuat daya jual blogger semakin meningkat.

Oleh karena itu saya sangat berharap dengan adanya Bobe ini bisa menajdi media partner bagi pemerintah provinsi Bengkulu dalam rangka mempromosikan dan memperkenalkan Bengkulu ke luar secara digital sehingga makin banyak yang tahu dan berminat untuk datang ke Bengkulu. Termasuk para investor yang berminat membuka lapangan usaha di Bengkulu, dan hal ini juga akan berakibat terciptanya lapangan pekerjaan dan percepatan pembangun infrastruktur sehingga masyarakat Bengkulu akan lebih maju dan sejahtera.

Kalo kamu, gimana. Mau bantu membuat Bengkulu lebih digital? Yuk jadi blogger, gabung aja di Bobe ya. Kami tunggu partisipasimu !


Kopdar X Bersama Disperindag dan pengusaha kopi Bengkulu

32 comments

Duhh,, sayang baru gabung. Udah bnyak ketinggalan ilmu ny :(

Reply

Setuju Banget Mba,di era millenial ini rata-rata kemudahan mendapatkan informasi melalui media online. dan Sebagai Blogger tentunya kita memerlukan domain untuk membuat blog kita menjadi lebih dikenal. Maksih infonya mba, jadi tau tempat beli domain dan hosting murah

Reply

Bangga gabung dengan BoBe, :)

Reply

Semoga Bengkulu bisa dikenal luas oleh masyarakat indonesia. Bukan lagi provinsi yang terkucilkan seperti yang di beritakan media televisi. Ayo emak Bobe, Kita semangat, Saya juga udah menemukan dunia ngeblog lagi..

Reply

Kalau diingat2 kopdar awal bobe dengan minimnya anggota sering ga nyangka bisa rame kayak sekarang..
Bahagia n bersyukur semoga bobe makin keren

Reply

Yang paling nampak drastis adalah jumlah peserta kopdar yg kian bertambah..inget zaman awal kopdar cuma 5 orang..😂😂 sekarang Alhamdulillah sudah banyak peminatnya

Reply

Wow, senengnya bisa ngumpul, belajar bareng dan nambah ilmu serta teman baru Mbak

Reply

Sukses selalu buat BoBe. Aamiin ya Rabb

Reply

Blogger Bengkulu (Bobe) emang makin topp markotoppp,,, joss tenannn mb hehehe

Reply

Bisa menjadi kegiatan yang bisa mengisnpirasi banyak orang mbak Mil :)

Reply

mulai sekarang ikutin ya dengan aktif dan giat

Reply

iya, harus go digital jika ingin terkenal ya

Reply

iya kak, alhamdulillah

Reply

iya, sedih banget kalo ada yang bersikap begitu

Reply

iya, alhamdulillah ya sampai kemari

Reply

betul mba wahyu, senang dapat ilmu juga

Reply

aamiin, terima kasih doa indahnya

Reply

iyap, kayak kamu juga toplah

Reply

iya, semoga begitu ya, bisa menginspirasi

Reply

semoga semakin banyak UMKM dan blogger untuk kerjasama, agar UMKM semakin dikenal masyarakat :)

Reply

Semakin berjaya aja Blogger Bengkulu, semoga kedepannya terus menerus bisa handil dalam memajukan Bengkulu..

Reply

Hidup BoBe. . Kenalkan Bengkulu lewat digital

Reply

Luar biasa Blogger Bengkulu semangatnya, sering kopdar dan bermanfaat pula, sukses selalu ya

Reply

Next mudah mudahan bisa ikutan aamiin

Reply

semoga bobe terus eksis dan ikut sukses mempromosikan Bengkulu melalui dunia digital

Reply

jos gandos mak Bobe....suka sekali dengan data ini : 20,7 juta atau 15,7 persen di Sumatera.
8,4 juta atau 6,3 persen di Sulawesi.
7,6 juta atau 5,8 persen di Kalimantan.
6,1 juta atau 4,7 persen di Bali dan NTB.
3,3 juta atau 2,5 persen di Maluku dan Papua.

hehehehe...kerennn lengkap pull komplit stmj dah wkwkwkwk

Reply

Maju terus Blogger Bengkulu!

Reply

Saya juga pernah sempat kesel mbak saat ditanya asli mana dan saya menjawab Bengkulu. Malah pada nggak ada yang tahu Bengkulu itu di mana, duh.

Reply

Sukaaa dengan komunitas blogger di tiap daerah yang gencar mempromosikan daerah masing-masing. Sukses selalu Bobe!

Reply

Semoga Bobe semakin terdepan dalam prestasi. :)

Reply

Betul, buuun. Indonesia tuh banyak ragam budayanya. Kalau bukan anak daerah sendiri yg mengenalkan, nggak akan ada yg tau.

Btw awalnya pas baca judul aku pikir Bobe tuh nama aplikasi yg muat berita2 itu, bun. Eh bau ngeh klo aplikasi itu pake huruf A. Dan pas baca baru tau kalau Bobe blogger bengkulu

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.