Menu

Selasa, 31 Januari 2017

/


Assalammualaikum Wr. Wb

Dunia dalam genggaman, begitu yang sering digaungkan berbagai merek handphone demi memikat hati para pelanggan. Ya, mau tak mau kita  pun akan terseret arus digital. Semua hal bisa diperolah secara onlline. Informasi apa pun bisa segera kita ketahui, hanya lewat handphone. Tinggal mainkan jari saja, semua informasi dapat kita ketahui segera, secepat angin. Termasuk dalam membeli aneka barang. Banyak orang lebih menyukai untuk membeli secara online. Ada banyak alasan orang membeli atau belanja secara online. Terutama dengan menggunakan aplikasi handphone atau smartphone. Alasan tersebut akan saya paparkan dalam tulisan saya kali ini. Semoga bisa memberikan informasi ya.

Seorang ibu seperti saya yang punya anak balita, pasti banyak kebutuhannya. Pastinya juga sering belanja barang kebutuhan sehari-hari . Apalagi untuk kebutuhan si balita yang juga selalu menuntut ketersedian yang cepat. Anak bayi selalu tumbuh. Itu juga membutuhkan banyak hal yang baru. Sebut saja kebutuhan pakaian. Gak kerasa, tau-tau udah kecil. Minta ganti. Benar gak, benarlah ya. Pasti ini pengalaman hampir semua ibu deh.

Belum lagi kebutuhan yang lainnya. Kebutuhan sehari-hari, yang bukan cuma balita saja yang butuh. Kita orang dewasa juga butuh. Apa itu, banyaklah ya.

Dengan banyak kesibukan, kesusahan waktu dan problem lainnya. Membuat banyak orang termasuk saya lebih suka belanja secara online. Ya, saya sangat terbantu dengan adanya para penjual online. Banyak kemudahan yang saya dapatkan. Jika dikaitkan dengan kebutuhan saya dan kesibukan saya mnegurusi anak-anak. Maka pilihan belanja online adalah solusi jitu. 

Apalagi belanja online tidak harus melalui laptop. Kita bisa belanja lewat handphone. Ada banyak penjual online yang menggunakan aplikasi WA, BBM, LINE, FACEBOOK, INSTAGRAM dan lain sebagainya untuk berjualan. Termasuk lewat WEBSITE yang bisa diakses secara mudah lewat handphone. Oleh karena itu semakin mudah dan cepat. Aplikasi yang banyak itu  bisa kita donlot dan pantengin barang dagangannya lewat handphone. Gak perlu waktu khusus, sambilan juga bisa. Berbeda kalo harus buka atau belanja lewat laptop. Agak lebih ribet ya.

Jenis handphone sekarang juga banyak. Mulai dari merk dan tentunya harga. Kita bisa memilih semua itu sesuai dengan kebutuhan. Termasuk soal dana. Kalo bingung mau membeli hape apa. Beli  Oppo di Tokopedia aja sedang ada promo dan pilihan banyak untuk handphone yang kamu sukai.



Untuk belanja online lewat hanphone memang tak harus atau tak ada syarat khusus untuk handphonenya. Hampir semua handphone bisa kok. Terlebih lagi kalo hape android. Tambah enak ngoprek barang incaran yang akan kita beli. Tinggal pasang aplikasinya aja. Kadang banyak promosi yang gak kita minta datang menghampiri. Tinggal kuat iman gak, buat nahan diri gak beli. Terutama barang-barang yang sebenarnya bukan kebutuhan mendesak. Bisa gak ya, gak kalap belanja, hehehe.

Belanja online lewat handphone emang asik dan bikin candu. Apalagi sekarang pulsa murah juga bisa kita dapatkan dengan mudah. Bisa beli online juga lewat handphone. Nah, loh. Gimana gak kalap belanja. Semua sudah tersedia di handphone.

Pokoknya, banyak deh, keuntungan dan kelebihan belanja online lewat handphone. Supaya lebih jelas dan detil. Saya sebutkan satu-satu ya.

1. Lebih Privasi
Ada teman saya sering nanya, gimana caranya yang nyaman buat belanja pakaian dalam. Soalnya kalo belanja di pasar atau di mall. Yang melayani kadang-kadang laki-laki juga. Belum lagi ada rasa risih atau malu. Pernah ada rasa begitu saat belanja underwear? Ada juga banyak barang rahasia lainnya, yang hanya kita saja yang tahu kapan dan dimana membelinya. Jadi solusi belanja online adalah jalan keluarnya.

2. Mudah dan Cepat
Belanja online lewat hape emang lebih cepat dan mudah. Kalo ada barang yang kita incar. Tinggal baca detil barangnya atau bisa juga chat sama penjualnya. Semua itu bisa kita lakukan secara sambilan. Kadang sembari makan, tau-tau kita udah order barang. Jadi gak perlu kemana-mana. 

3. Hemat Waktu dan Tenaga
Pasti dong, gak perlu kemana-mana. Gak perlu ke pasar atau mall. Coba kalo harus ke pasar atau mall dulu, berapa lama waktu yang kita habiskan untuk mencari barang yang kita inginkan. Belum tentu juga barangnya dapat. Tetapi sudah pasti capek dan menghabiskan waktu. Untuk orang yang suka efisiensi. Belanja online lewat handphone solusinya.



4. Ekonomis
Belanja online gak kena biaya parkir kan. Untuk Shopping, para wanita mampu mengahbiskan waktu berjam-jam loh. Jadi lebih ekonomis dari segi tambahan biaya. Meski ada biaya ongkir. Masih lebih ekonomis, jika dibanding dengan kita harus ke pasar atau mall langsung. Pasti ada biaya ongkos kendaraan, bensin dll. Bisa jadi sama, atau malah lebih mahal dari ongkirnya. Tapi ada juga kok toko online yang ngasih layanan gratis ongkos kirim. Jadi tambah ekonomis kan ya.



5.Fokus Belanja
Pernah gak ngalami dari rumah rencana ke pasar atau mall mau beli barang ini. Tetapi sepulang dari pasar atau mall barang yang dibeli lain atau nambah banyak, hehehe. Pasti pernahlah, namanya juga wanita. Suka belanja yang gak jelas. Nah, dengan belanja online kita akan lebiih fokus dengan barang yang akan kita beli. Kita akan mencari informasi sebanyak mungkin tentang barang tersebut.

6. Terhindar Kasus Kalap Belanja
Di poin lima, sudah saya bahas ya. Kalo belanja online itu bikin kita lebih fokus dan pastinya terhindar dari kalap belanja. membeli barang-barang yang sebenarnya gak terlalu penting atau kita butuhkan. Atau malah , pasti pernah juga mengalaminya kan, pas sampai di rumah pas dicek barang-barangnya. Taunya, barang yang dibeli sudah ada atau masih ada. Jadi bertambah banyak jenis atau jumlahnya. Dan itu tentu saja menambah pengeluaran kita juga ya. Buat yang suka kalap belanja, sebaiknya emang belanja online aja ya.

7. Tidak Terbatas
Belanja online membuat kita bisa membeli apa saja dan dimana saja. Bukan cuma jenis barangnya. Tetapi tempat menjualnya. Kita bisa saja membeli barang yang tidak ada penjualnya di kota kita . adanya di luar kota, di provinsi lain bahkan di luar negeri. Semua bisa kita beli. Saya pernah ingin membeli barang keperluan handycraft, susah nyarinya di pasar dan di mall. Ketemu malah di online,penjualnya banyak. Bahkan bisa langsung dari produsen atau pengrajinnya. 


8. Bisa Membandingkan Harga
Belanja lewat online membuat kita sangat mudah mendapatkan banyak informasi produknya, penjual dan tentu saja harga. Kita bisa memilih. Membandingkan harganya. Kalo belanja di pasar atau mall tentu saja kita akan kesulitan untuk mendapatkan perbandingan harga dan mendapatkan barang dengan harga terbaik yang kita inginkan. Gimana caranya, coba bayangkan...apa kita harus masuk dan keluar toko dulu, nanyain harga. 

9.Banyak Pilihan
Belanja online membuat kita juga mendapatkan banyak pilihan barang. Sesuai dengan kebutuhan dan harga yang kita inginkan. Saya pernah ingin membelikan baby Naya Baby Walker. Ketika saya cari , muncul banyak sekali jenis, merk dan harganya. Bahkan untuk satu merk saja, ada lagi jenisnya, warna dan harga. Jadi lumayan mumet juga saat itu memilihnya,. Mana yang diinginkan. Cuma karena semua serba online, saya gak begitu banyak keluar tenaga dan waktu buat memilih. Tinggal lihat, baca spesifikasi barang dan cek harganya.

10. Banyak Diskon
Di pasar atau mall juga sering kasih diskon. Tapi umumnya menjelang perayaan hari besar, misalnya menjelang lebaran. Pas bulan puasa banyak sekali cuci gudang dan diskon yang diberikan. Tetapi kalo belanja online, kita bisa mendapatkan informasi diskon kapan saja. Bahkan hampir setiap toko online juga punya program diskon berkala. Misalnya setiap bulan. Diskon yang diberikan juga kadang gede-gede loh.



11. Promosi dan Bonus
Banyak sekali toko online melakukan promosi melalui sosial media. Bahkan kadang tak kita minta, promosi tersebut muncul saja di wall sosial media kita. Saya sering juga belanja online dengan memanfaatkan momen promosi tersebut. Lumayan juga buat penghematan. Gak juga takut kehabisan. Barang bisa kita booking lalu baru kita bayar. Tak harus segera saat itu juga. Kebanyakan barang yang dipromosikan adalah barang baru, jadi tentu saja masih bagus. Kadang juga kita diberikan aneka bonus.



12. Stok Barang Banyak
Saya pernah berburu diskon minyak goreng murah. Eh, pas udah antri, eh pas giliran saya, eh barangnya habis. Rasanya gak enak bangetlah ya. Berbeda sama belanja online, stok barang banyak, malah kita bisa mendapatkan informasi ketersedian barang saat itu juga. Jika barang habis, maka kita juga akan segera tahu. 



13. Ada Testimoni
Kadang ada ragu membeli suatu barang. Apalagi barang baru. Solusinya untuk mengtasi keraguan saat membeli. Kita akan mencari tahu banyak informasi tentang barang tersebut. Salah satu informasi yang akurat yang bisa kita dapatkan dengan membaca tentimoni para pembeli atau pengguna barang tersebut sebelumnya. Hal ini penting, untuk menambah dan memperkuat keyakinan kita untuk membeli.

14. Terhindar Dari Tawar-Menawar
Belanja online, ada juga sih kegiatan tawar menawarnya. Tapi paling turun sekitar Rp. 5.000 - Rp. 10.000 atau sudah ada ketentuannya. Bisa kita baca dan pelajari saat itu juga. Tapi kalo di pasar, beruntunglah yang pandai menawar.Yang gak pandai, sudah pasti kena harga. Kadang harga tawaran pertama dengan harga jadi bisa sampai 50 persennya loh. Ngeri juga ya, kalo kena harga tawar. Bisa-bisa malah buntung, hehehe. sekuat-kuatanlah tawar-menawar dan bertahan. 

15. Tidak Malu Jika Tidak Jadi
Pernah gak ngebeli barang karena terpaksa atau gak enak kan ama yang jual. Iya, soalnya tadi sudah ngubek-ngubek barang tokonya. Si penjual juga udah melayani dengan baik, mengeluarkan barang ini, barang itu. Menjawab pertanyaan seputar barang dengan baik, sudah nanya harga, bahkan sudah dapat harga istimewanya. Masa gak jadi beli. Malah tadi sempat dicobain barangnya, masa gak jadi beli. Mana Mba yang jaga nempel terus memperhatikan. Malu dong kalo gak beli. Kalo kejadian ini di online, ya cukup dengan sopan bilang ama yang jual gak jadi atau belum jadi atau gak jadi ditransfer aja. Gak perlu maksa beli demi nahan malu.

16. Aman dan Nyaman
Ini dia yang bikin candu para wanita termasuk saya belanja online lewat handphone. Ya, aman dan nyaman. Bisa sambilan, gak kuatir kena copet, kelelahan, apalagi kehausan, lapar. Bisa dilakukan berbarengan. Bahkan kadang sambil tiduran, duh nyamannya. 

17. Menambah Penghasilan
Keseringan belanja online lewat handphone, ujung-ujungnya kita berminat dan tertarik menjadi reseller barang tersebut. Apalagi saat ada yang juga bertanya dan berminat membeli barang yang kita punya. Otomatis hal ini menjadi ladang penghasilan tambahan. Apalagi syarat untuk menjadi reseller juga mudah. Meski untungnya tidak terlalu besar. Akan tetapi banyak orang yang berhasil menjadi reseller dan mendapatkan tambahan penghasilan. Ya, kalo laris, hasil yang didapatkan juga banyak. Banyak para wanita terjerat menjadi reseller, akibat belanja online.



18. Menambah Teman dan Silaturahim
Rata-rata penjual online itu baik dan ramah. Mereka siap melayani kita dengan sabar. Mereka juga menjalin komunikasi dan hubungan yang baik. Kita pelanggan sering juga diberikan informasi barang baru, promisi dan diskon. Kita juga bisa terhubung dengan cepat dengan mereka saat membutuhkan barang yang kita inginkan. Hubungan tersebut, bahkan bisa terjalin lama dan akrab. Ya, otomatis kita pun mendapat tambahan pertemanan.


Nah, itu dia ada sekitar 18 alasan orang untuk belanja online lewat handphone. Namun meski demikian sebagai pembeli sebaiknya kita juga sebaiknya menjadi pembeli yang baik. Jika kita akan membatalkan pembelian barang, beritahu penjualnya secara baik. Dengan bahasa yang jelas dan sopan.

Lalu, hindari belanja barang-barang yang mahal. Apalagi masih ada barang dengan harga yang lebih murah untuk manfaat yang sama. Tak usah terbujuk rayu merk. Kemudian hindari perbuatan mubajir, membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan. Perbuatan mubajir sangatlah tidak baik. Sebaiknya, gunakan uang tersebut untuk membantu orang lain. Daripada sibuk belanja dan berburu barang yang tidak kita perlukan, hal tersebut hanya menambah tumbukan barang saja di rumah.

Sama-sama kita mengingatkan ya, supaya bisa menjadi pribadi yang empati dan smart. Termasuk saat belanja.

Salam, selamat belanja ya
28 comments

aku juga suka belanja via aplikasi, mba. biasanya nyari beberapa barang sekalian. biar hemat ongkir. :D

Reply

Akuu juga sering banget belanja di tokopedia mbak mildaa

Reply

Menarik sekaligus bikin candu mbaaa... Haha

Reply

Tapi sekarang ada peraturan baru utk pengiriman paket luar pulau kalo gadget hrs lepas batere. Pdhal hape jaman sekarang bakterenya gak bisa dicopot

Reply

Saya juga orangnya prefer belanja online mba. Pilihannya banyak banget dan ga perlu capek keliling mall :)

Reply

Wah lengkap banget artikelnya.
Belanja online sekarang makin praktis dan menyenangkan ya. Apalagi banyak diskon :D

Reply

Banyak banget..Mba.. panjang dan lengkap.. suka tulisan yah begini..

Cari barang fungsi sama tapi harga lebih hemat...

Reply

Aku juga termasuk yg keranjingan belanja online pake aplikasi Mba. Praktis, cepat dan hemat waktu.
Wah, keuntungannya banyak juga jika dibikin list ya? Hehe.

Reply

aku paling suka belanja online apalagi yang ada diskon atau freeong hahaha bis akhilaff..

Reply

duh kalo udah buka aplikasi belanja online.. langsung mupeng ini itu :D

Reply

Aku dan suami sekarang lebih suka belanja kebutuhan rumah tangga secara online karena nggak punya waktu buat nyari di toko offline. Kebayang kalo nggak ada online shop repot banget pasti.

Reply

Lama nggak berkunjung ke sini, template-nya sudah baru aja. Keren, Mbak Milda. Elegan.

Bener, Mbak. Belanja online itu jadi fokus, kalo mau beli buku ya udah beli itu aja. Nggak nengok-nengok barang lain.

Setuju deh, kalau nggak jadi beli, nggak malu, haha.

Reply

waah klo didaftar memang banyak banget yaa yg bs jadi pertimbangan belanja online...akupun lbh sering online mba

Reply

Akhir-akhir ini, saya juga lebih senang belanja online Mbak. Dan salah satu alasan yang kerasa yaitu, gak malu kalau gak jadi beli huahaha... ^_^

Reply

kalap belanja atau nggak kalo aku tergantung isi tabungan... halo gak ad money nya...oh gak mungkin klik ini itu...

Reply

Ternyata selera kita sama ya mbak, suka belanja online. Saya milih praktisnya dan gak ribet sih. Terimakasih sharing informasinya yang sangat informatif

Reply

Kalau belanja online sementara ini msh mengandalkan buka leptop mbk, maklum hpku jadul dan suka error, waktunya ganti @malahcurcol hehe

Reply

Belanja online ini ngak kelar2 alias candu ihik ihik

Reply

Menghindari kalap belanja tuh yang penting mak

Reply

setuju banget mba, sebenernya belanja online itu kalo caranya bener malah ekonomis ya karena hemat waktu, hemat tenaga, hemat ongkos, dan mudah2an gak laper mata, hehehe...

Reply

Belanja online itu bikin nagih

Reply

Aku sukkkaa belanja online. Bagian paling seru adalah ketika ada kurir ketok pintu pagar. wuaahh... penantian terbayar lunas. haha...

Reply

Belanja online memang mengasikkan dan memanjakan,tapi harus hati-hati agar terhindar penipuan dan rekening tidak jebol, hehehe

Reply

Aku tergoda belanja online kalau malam gini. Enak gitu browsing sana-sini

Reply

Lama nggak main ke blognya mbak milda...udah ganti template. Udah cakep banget blognya mbak..
He eh, aku blkngan juga milih blnja via hape..ngirit itung2annya. Bisa sambi rebus air...dan yang penting nggak kena charge " mainan". *anakku, klo setiap masuk toko..biasanya heboh, merengek rengek minta mainan😀😀

Reply

hobi banget kalo ini aku mba wkkwkwkw
belanja melulu

Reply

jaman sekarang semua udah gampang, mau belanja aja tinggal klik ini itu dah selesai hahahah

Reply

memang enak belanja online, apalagi sampe kenal sama penjualnya, nambah temen jadinya, meskipun ttp sopan, gak minta korting :D

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.