Menu

Jumat, 16 Maret 2018

/
Assalammualaikum Wr.Wb
 
Mildaini.com_Pelatihan Manajemen Ritel Bersama Alfamart Bagi Toko Kelontong. Siapa yang suka belanja di gerai Alfamart. Pasti banyak ya. Ritel modern seperti Alfamart memang banyak disukai oleh orang banyak. Banyak juga orang yang beranggapan bahwa kehadiran toko ritel akan membunuh usaha warung kelontong. Stiqma ini berkembang di masyarakat secara luas. Padahal sebenarnya tidak demikian. 

Saya bersiap menimba ilmu di sini, hari ini. Moga ga gending ya
Untuk membuktikan bahwa stiqma itu tidak benar. Hari ini saya mau membuktikan hal itu. Saya berencana untuk ikutan kegiatan yang dilakukan oleh Alfamart dalam bentuk Pelatihan Manajemen Ritel Bersama Alfamart yang diperuntukkan bagi member Alfamart yang berada di sekitar gerai Alfamart. Kali ini di daerah Bumi Ayu. Di daerah sekitar Simpang Pagar Dewa belok ke kanan menuju wilayah Pulau Baii. 
 
Ikuti ya keseruan saya mengikuti pelatihan ini bersama para pemilik toko kelontong di sekitar daerah Bumi Ayu. 
 
Dari rumah saya berangkat menuju lokasi dengan menggunakan motor metik, biar mudah. Mana tahu nanti di sana saya bakalan dapat goodie bag atau doorprize ya. Tinggal gantung aja di bagian depan motor, iya kan. Lagi pula pake motor juga bikin kita gesit dan irit, hahaha. Ini udah kayak iklan motor pula. 
 
Alhamdulillah , sudah sampai, saa bertana dengan  sekuriti, saya diminta masuk ke gerbang di samping gerai Alfamart. Sebuah bangunan yang memang mirip gudang, lumayan besar. Terlihat banyak motor yang parkir. Sepertinya, sudah banyak peserta yang datang. Saya pun parkir , lalu menuju ke pintu masuk. Sebelum masuk sempat saya baca, ada tulisan ‘ Alas Kaki Harap Di Lepas’
 
Baiklah, untung cuma alasnya, kalo diminta kakinya, bisa repot.  Saya terus masuk, menuju tangga ke lantai dua. Sebelum naik tangga saya harus melewati sebuah ruangan kecil dan sejuk, menurut info, ini seolah ruang lobi. Di dalamnya ada lagi ruangan kantor. Nah, ruang pelatihan harus dituju dengan naik tangga satu kali.

Lokasi tempat pelatihan di gerai Alfamart Bumi Ayu
 
Pas sampai ke ruangan pelatihan, benar peserta sudah ngumpul. Benar dugaan saya, ada goodie bag berwarna merah. Tim yang menyambut saya juga menggunakan kaos bewarna merah khas Alfamart. Setelah saya perhatikan, semua timnya cowok, ga ada cewek. Mungkin ini saatnya ‘ Cowok Beraksi’.
 
Setelah isi daftar absensi, saya menerima snack dan materi presentasi. Di depan layar Proyektor sudah hidup. Tertulis dengan jelas. Pengelolaan Toko Kelontong. Menarik sekali untuk disimak.
 
Saya duduk, lalu bertanya kepada beberapa peserta yang duduk di sebelah saya. Ternyata mereka adalah orang-orang pemilik warung yang berdagang di sekitar Alfamart Bumi Ayu ini. Mereka sudah menjadi member Alfamart. 
 
Member Alfamart, Member OBA , Apa Itu

Jadi maksud member Alfamart di sini adalah para pemilik toko kelontong yang berdagang di sekitar wilayah gerai Alfamart. Kali ini adalah member Alfamart di sekitar daerah Bumi Ayu. Mereka memang didatangi dan didata oleh tim Alfamart. 
 
Mereka ini juga disebut dengan istilah Member OBA ( Oulet Binaan Alfamart). Namanya juga binaan, ya bakalan dibina dan diurusin ya, sebagai wujud kepedulian dari Alfamart
Oh, begitu. Saya kira tadi member Alfamart yang punya kartu merah , yang mirip ATM,  yang sering juga disebut kartu Ponta. Kalo itu, saya juga punya. Tapi saya belum punya toko kelontong sih, semoga setelah ini saya juga bisa buka gerai Alfamart ya, aamiin.

Emak-emak peserta pelatihan sumringah dapat goodie bag, eh dapat ilmu
 
Manfaat  Toko Kelontong Jadi Member Alfamart
 
Manfaat jadi member Alfamart itu banyak, di antaranya 1) Bisa mengikuti pelatihan seperti ini. Untuk jenis pelatihannya juga banyak. 2) Mendapatkan bantuan dan bimbingan bagaimana mengelolah , menyusun barang dagangan dengan baik, termasuk juga membuat laporan penjualan secara sederhana 3) Mendapatkan promo harga, jadi toko kelontong diperbolehkan untuk membeli barang-barang di gerai Alfamart dengan harga diskon untuk dijual kembali di warungnya.
 
Pembelian barang ini juga bisa lewat pesan dan antar sebagai wujud dari sinergi antara Alfamart dengan para pedagang  tradisional. Pemilik toko kelontong tinggal menunggu saja di warungnya, barang datang. Keren ya, bentuk sinergi mereka, selain memberikan berbagai pelatihan. 

Tim Alfamart membantu merapikan dan menata dagangan di toko kelontong
 
Ada lagi loh, selain pelatihan-pelatihan dan kegiatan tingkat wilayah. Member Alfamart juga berkesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan untuk tingkat regional bahkan nasional. Jadi bisa bertemu dan silaturahim dengan para pemilik toko kelontong yang juga menjadi member Alfamart dari berbagai wilayah sehingga bisa bertukar informasi dan berbagi pengalaman. Serta bisa membuka pikiran dan menambah wawasan
 
Intinya juga dengan adanya member Alfamart ini bisa mendorong usaha para toko kelontong lebih berkembang , maju dan bisa bersinergi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Kalo ditata, toko jadi rapi dan enak serta mudah mencari barang dagangan
Upss, pagi sudah berjalan menuju jam Sembilan, sebentar lagi acara pelatihan manajemen ritel dari Alfamart ini akan segera di mulai.
 
Pelatihan Pengelolaan Toko Kelontong
 
Pelatihan yang ditunggu segera dimulai, setelah dilakukan pembukaan dan sapa serta salam, materi pun mulai satu persatu disampaikan oleh pemateri. Kali ini karena Bengkulu masih termasuk wilayah baru, jadi semua tim yang datang ini berasal dari kota Palembang di bawah pimpinan bapak Rendra. Mereka datang dari Palembang jauh-juh hari sebelum hari ini, dengan membawa empat buah mobil. Lumayan juga ya persiapan untuk kegiatan hari ini.
 
Pelatihan ini juga bersifat santai, jadi peserta  seolah diajak ngobrol saja. Maklum juga, para peserta berasal dari beragam latar belakang, termasuk latar belakang pendidikan. Usia juga, ada yang sudah tua. Oleh karena itu pelatihan ini dikemas secara sederhana, yang penting bisa dimengerti oleh peserta, sehingga bisa diterapkan di toko kelontong yang mereka punya.

Bersiap, materinya menarik banget nih, persipaan tim juga matang
 
Bahasa yang digunakan adalah bahasa sederhana dan lugas, tidak dengan istilah ekonomi dan pemasaran yang bikin peserta mumet.
 
Saat menjelaskan materi, jika ada peserta yang ingin bertanya atau belum paham, pemateri juga langsung membantu menjelaskan lebih rinci lagi. Sampai peserta lebih mengerti lagi.  Bapak Dennis Hermawan selaku Member Relation Coordinator juga sabar dan telaten menjelaskan dan menjawab setiap pertanyaan peserta.
 
Termasuk tim yang lainnya, mereka semua baik, sopan dan mau melayani dengan baik sehingga saya dan peserta lainnya merasa sangat dekat sudah seperti keluarga saja.  Banyak senyum kadang juga tertawa. 

Pak Dennis Menjelaskan New Platform Alfamart

 Tujuan Pelatihan Manajemen Ritel
 
Menuru Branch Manager Alfamart, bapak  Nur Fuad mengatakan, pelatihan yang melibatkan para pedagang tradisional ini digelar secara rutin setiap tahun dan di setiap kota yang memiliki jaringan toko Alfamart.

“Tujuannya, mengajak para pelaku UMKM khususnya yang memiliki bisnis ritel untuk memahami manajemen ritel modern. Ritel tradisional dan ritel modern sudah saatnya tumbuh berdampingan. Keduanya harus bersinergi,” katanya.

Bentuk sinergi yang dilakukan Alfamart dengan peritel tradisional yakni melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA). Program tersebut dijalankan dalam dua bentuk. Pertama, memberi pelatihan manajemen ritel. Kedua, menyediakan layanan pesan antar barang dagangan dengan harga khusus bagi member pedagang OBA. Selain itu, juga ada bedah warung yang dijalankan bagi member terpilih.

Terima kasih ya, pemateri yang baik dan sabar :)
 
Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pedagang kecil. Pedagang ritel tradisional perlu dibekali dengan ilmu manajemen ritel modern agar memiliki daya saing,” imbuhnya.

Nah , kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawsan kepada para  pedagang tradisional, mereka lazimnya menerapkan manajemen yang seadanya. Terutama soal cash flow yang cenderung kurang cermat. 
 
Padahal ini paling penting, sebab pengelolaan keuangan yang sehat adalah kunci bagaimana warung mareka  bisa berkembang dengan sehat. 
 
Banjir Ilmu dan Banjir Hadiah
 
Para peserta hari ini selain mendapatkan ilmu, mereka juga mendapatkan goodie bag juga hadiah yang bermanfaat dan bisa digunakan oleh peserta. Bagi peserta yang beruntung, misalnya bisa menjawab pertanyaan pemateri dengan baik, dia berhak juga mendapatkan hadiah.
Banyak juga dapatnya , peserta senang sekali. Termasuk saya:)
 
Sama seperti saya karena ada hadiahnya jadi para peserta semangat untuk angkat tangan dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pemateri. Kalo ini, adalah para peserta pemburu hadiah, hehehe.

Mba ini berasal dari Alfamart kelas, dapat hadiah lagi, pemburu hadiah :)
 
Selain itu peserta juga diberikan makan siang sebab acara berakhir di waktu makan siang, oleh karena itu memang seharusnya dapat makan siang, biar tetap fokus mengikuti semua rangkaian kegiatan.
 
Saya sendiri juga senang dengan kemasan kegiatan hari ini, meski terlihat santai namun tetap berisi dan juga memperhatikan mengenai kenyamanan peserta. Dengan menyediakan snack dan makan siang sehingga peserta bisa konsentrasi, mana tahu ada yang datang tapi belum sempat sarapan. 

Pak Rendra memberikan hadiah buat peserta yang beruntung
 
Saya dan peserta lainnya berharap kegiatan seperti ini akan dilakukan secara kontinu dan ada evauasinya. Agar tujuan sinergi itu memang bisa dilakukan oleh kedua belah pihak. Alfamart dan toko kelontong dapat maju dan sukses bersama. 
 
Buat kamu yang juga punya usaha warung atau toko kelontong, mari daftar segera menajdi bagian dari Member  OBA ini supaya juga bisa bersinergi dengan Alfamart dan bisa ikut berbagai program dan kegiatan yang dilakukan oelh Alfamart.

Untung tim banyak cowok, jadi ga jomplang pas difoto :)
 
Ga, boleh ketinggalan info ya, buruan daftar. Semoga ulasan ini bermanfaat ya. Salam!!
18 comments

keren nih alfamart... punya binaan...
makasih sharing acaranya mbak... nambah pengetahuan..

Reply

Toko kelontong ini memang perlu diselamatkan, harusnya mampu bersaing dengan mart mart yang lebih banyak dananya. Semoga semakin maju ya toko kelontong wlau kecil terus berkembang.

Reply

Boleh banget ini yang punya usaha kelontong kerjasama dengan Alfamart 😁

Reply

asiknye yang dapat ilmu dan kebanjiran hadiah, sayang ze kemaren dak bisa datang mbak hiks hiks

Reply

Waaw Mak bobe mau buka warung? Perlu kasir gak Mak ?
Alfamart memang gak pernah berhenti berinovasi ya, good!

Reply

Bagus juga programnya ya mbak, gerai dari ritel besar membantu usaha masyarakat, jadi bukannya menutup kesempatan usaha pedagang kecil.

Reply

wah keren ya programnya alfamart. sedikit banyak bisa membantu pedagang-pedagang kecil di sekitarnya. oya di sini juga aku ada lihat program ukm di alfamart. semacam kerjasama alfamart dengan pengusaha makanan gitu

Reply

Kasian banget Intan waktu itu lagi siaran & gak bisa tukeran, padahal mau ikutan acara ini buat tambah-tambah ilmu. Soalnya bapak ibu kalo udah pensiun katanya mau jualan. Kali kan bisa buka toko kelontong aja gitu :D

Reply

Kerennn,,, Berbagi ilmi, semoga berkah, baik itu untuk Alfamart maupun masyarakat sekitar.

Reply

Owh ad pelatihan gitu y alfamart. Mantap. Banyak juga hadiahnya.

Reply

Salah fokus sama goodie bagnya mbak

Reply

Bagus ya inovasi dari alfamart ini.

Reply

wah alfamart keren ya bs adain kegiatan kayak gini... coba alfamart yg lain juga ngadain jd dirasa benar kemanfaatannya

Reply

CSR Alfamart bagus ya, di Lampung ada tempat gratis untuk kegiatan komunitas. Semoga makin banyak yang membina ritel begini

Reply

dapat pelatihan, dapat hadiah lagi ya... :D siip pokoknya

Reply

Wah.. bagus banget ya pelatihan yang dilakukan Alfamart, jadi pedagang tradisional bisa me-manage tokonya dengan cara modern ya agar memiliki daya saing dalam memenuhi kebutuhan masyarakat

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.