Menu

Senin, 26 Maret 2018

/
Assalammualaikum Wr.Wb

Mildaini.com_Seluk-Beluk dan Persiapan Menulis Liputan di Blog. Saat ini seorang blogger sering sekali  diundang ke sebuah kegiatan untuk mengikuti berbagai acara. Selain hadir pada acara tertentu. Seorang blogger juga diminta untuk menuliskan sebuah liputan tentang sebuah acara yang dia ikuti. Pada saat hadir di sebuah acara tersebut blogger juga bertemu dengan berbagai wartawan atau jurnalis. Dengan tujuan yang sama, yaitu meliput sebuah acara.

 
Dalam situasi tersebut, apa yang harus dipersiapkan oleh seorang blogger saat menghadiri sebuah acara. Harus diakui bahwa latar belakang seorang blogger itu beragam, termasuk juga latar belakang pendidikannya. Bahkan ada yang ga ada sama sekali bau-baunya seroang penulis, apalagi penulis liputan. Berbeda dengan wartawan sebagian besar mereka memang mempunyai latar belakang pendidikan jurnalistik yang memang belajar untuk membuat sebuah tulisan liputan. 

Belum lagi mereka juga sering dibekali dengan berbagai pelatihan tentang bagaimana menulis liputan yang baik.

Namun, sebagai blogger yang mau belajar tentang apa saja. Semua itu juga bisa dipelajari, asal ada kemauan. Sebab Blogger pasti juga bisa menulis liputan yang bagus dan menarik untuk dibaca sekaligus juga informatif.

Seorang blogger juga harus mau mengasah ilmu dan kemampuannya dalam menulis termasuk menulis sebuah liputan.

Diundang di sebuah acara sering juga dikenal dengan istilah di blogger, dengan sebutan datang ke event.

Atas dasar motivasi itulah, saya bersama pengurus Blogger Bengkulu, menggelar tema bagaimana menulis liputan blog yang baik dan benar.

Jadi pada #Kelasblogger ke delapan ini, kita akan belajar dan mengali banyak ilmu dan informasi mengenai seluk-beluk mengenai menulis liputan

Kali ini pembicara yang Bobe undang, adalah Kak Zalmi Herawati yang merupakan seorang wartawan dan juga redaktur di Harian Bengkulu Ekspress. Yang merupakan salah satu harian terbesar dan terdepan di Bengkulu.




Sesuai kesepakatan yang sudah ditentukan, jadi siang itu peserta yang sudah mendaftar kumpul di lantai tiga gedung Harian Bengkulu Ekspress di daerah Simpang Skip. Kami semua kumpul di sana sejak pukul 13.30 siang. Dijadwal acaranya akan selesai di jam 16.00 petang.

Rupanya Kak Zalmi udah stay by di lokasi. Yeeeaaah, kan itu emang kantornya yaaak!!
Setelah acara seremonial, seperti pembukaan, kata sambutan dan pembacaan doa. Akhirnya, tiba waktunya Kak Zalmi show, hihihi.


Materi yang disampaikan , saya bikin ulasannya begini ya. Biar mudah dipahami dan diterapkan saat menghadiri atau ada tugas untuk meliput sebuah kegiatan.


Persiapan yang harus dilakukan sebelum pergi liputan  



  1. Mengenakan pakaian yang sesuai dengan acara peliputan
  2. Mempersiapkan Alat peliputan yang diperlukan buku agenda, notes, atau buku catatan
  3. Mempersiapkan alat untuk merekam atau mengambil gambar dan memastikannya berfungsi dengan baik 

Nah, saya jadi ingat. Waktu saya mengisi acara Mombassador SGM Ekplore bach 7 beberapa waktu lalu. Seorang bunda yang juga seorang blogger sempat bertanya. Kira-kira begini pertanyaan beliau . Bagaimana supaya saat meghadiri sebuah kegiatan, para blogger bisa sama atau percaya diri seperti para jurnalis. 

Waktu itu saya menjwab, kurang lebih sama dengan yang dijelaskan oleh Kak Zalmi. Terutama yang berkaitan dengan penampilan seorang Blogger saat menghadiri sebuah kegiatan atau acara. Harus menggunakan pakaian yang layak dan pantas. Istilah orang sekarang harus sesuai dengan dress code-nya.

Selain soal penampilan, ada hal lain  yang Harus Diperhatikan, ini juga Penting
Jangan terlambat datang ke acara, upayakan datang lebih awal sebelum acara dimulai
Ketika tiba di lokasi kegiatan/acara minta panitia memperlihatkan absensi peserta yang hadir, catat jumlah peserta, dan dari mana saja mereka. 

Minta bahan/materi kegiatan yang akan disampaikan nara sumber kalau disediakan
Oke untuk persiapan awal sudah siap. Sekarang kita belajar mengenai trik dan tips saat menghadiri sebuah acara


Trik Liputan ini terliha sepele, namun ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dalam tugas liputan. 



  1. Carilah tempat duduk atau berdiri yang dapat melihat secara jelas dan mendengarkan saat nara sumber berbicara (tidak terlalu dekat sound system atau duduk diposisi paling belakang)
  2. Hindari duduk dengan orang yang dikenal saat acara dimulai atau nara sumber mulai bicara
  3. Catat atau foto backdrop/spanduk acara yang biasanya dipasang di belakang para pemateri
  4. Oke, sekarang yang harus kita lakukan Saat Memulai Liputan
  5. Amati kondisi tempat acara, nara sumber dan peserta. 

Dengarkan dan catat saat pembawa acara membuka acara atau kegiatan. Mulai dari nama, kegiatan, tema, tamu penting yang hadir serta nama-nama nara sumber dan materi yang disampaikan 

Saat nara sumber mulai menyampaikan materi catatlah poin-poin penting yang ia sampaikan yang dirasakan menarik secara lengkap 


Bagian penting lainnya adalah saat, Mengambil Gambar/Foto 



  1. Ambil gambar/foto semua orang yang memberikan sambutan atau pernyataan di podium
  2. Ambil gambar nara sumber yang berada di meja depan saat acara dimulai
  3. Ambil Gambar masing-masing nara sumber saat menyampaikan materinya dalam posisi yang menarik.
  4. Ambil gambar peserta kegiatan dari berbagai sisi
  5. Ambil gambar  setiap sesi kegiatan foto bersama, penyerahan cindera mata atau hadiah pada pemenang

Menurut pengalaman Kak Zalmi, minimal foto yang diambil untuk satu objek itu adalah lima kali jepretan dari berbagai arah.


Kemudian tidak boleh mengambil foto HARAM, maksudnya adalah foto yang tidak jelas. Misal foto punggung, tampak belakang, hanya bagian tubuh tertentu.


Nah, itu beberapa hal penting sudah disampaikan oleh Kak Zalmi dengan cermat. Lanjut dengan Tanya jawab. Seru juga banyak yang bertanya dan antusias ingin tahu.


Selanjutnya saya menambahkan, sekaligus mengingatkan perbedaan yang sangat mencolok antara liputan blog dan liputan berita harian atau Koran.




Iyaaah, kalo liputan berita begitu dikenal juga dengan sebutan Straight news. Kebanyakan liputan berita itu seperti itu isinya. Nah, kalo liputan blog, bahasanya lebih personal. 

Kalo di sebuah berita ada isilah pada 45 kata pertama, memuat setidaknya tiga kalimat yang mengandung lead sebuah berita.


Di tulisan blog, biasanya pada 100 kata pertama sudah mengandung atau memuat keword /kata kunci dari artikel atau liputan yang akan kita bahas.


Lalu di sebuah berita, biasanya memuat kutipan atau ucapan seseorang, misalnya nara sumber, pembicara atau bintang tamu. Dan ga boleh memuat opini penulis.


Di tulisan blog kita bisa juga mengutip ungkapan atau ucapan seseorang dan menambahkan opini kita. Misalnya kesan kita terhadap kegiatan yang kita ikuti tersebut.


Memang terlihat ada sedikit perbedaan ya, terutama dari segi gaya bahasa. Bahasa berita lebih formal sedangkan bahasa blog lebih personal. Bahkan banyak hal yang bisa diulas. Baik dari segi acaranya itu sendiri, dari segi penulisnya bahkan dari segi makanannya. Sangat  dinamis.  


Ga terasa, sudah dua jam berlalu, materi dan Tanya jawab juga suah bergulir, saatnya makan-makan. Kalo udah ngumpul , asik ya sekalian  makan-makan. Kali ini menunya nasi goreng bikinan Mama Emi, bisa dicek di instagramnya @masakanmamaem.



Oh, ya acara kelas blogger kali ini dimeriahkan juga oleh Dimsum dan Thai Tea untuk pemenang Lomba Foto Live Event dan Nulis serempak. Sayang sekali kalo dilewatkan.
Kelas blogger ini memang digelar secara rutin oleh blogger Bengkulu dengan berbagai tema dan pembicara. Selain sebagai ajang untuk kumpul bareng, kegiatan ini juga dijadikan ajang untuk saling berbagi informasi. Sekaligus untuk penerimaan anggota baru blogger Bengkulu. Intinya kalo udah bersama pasti banyak yang bisa dilakukan dan pasti seru. 


Salam, sampai jumpa di kelas blogger 9 ya, bulan depan!!
4 comments

bisa bawa kartu nama juga ya saat meliput. Biasanya pada presensi diminta kartu nam. dan siapa tahu saat meliput, juga mendapat kenalan baru

Reply

jadi nambah ilmu lagi nih mba, hehe. Saya juga pernah menghadiri acara Blogger dan kebetulan dapet tugas mewawancarai narasumber hehe.

Reply

iya, cuma kalo blogger belum banyak yang pake alias belum tahu siapa yang mengeluarkan kartu tersebut

Reply

alhamdulillah semoga bermanfaat dan bisa memberikan banyak manfaat

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.