Menu

Selasa, 23 Januari 2018

/
Assalamualaikum, Wr. Wb

Ada yang pernah mengalami baterai  handphone  kembung.  Iya,  masuk angin mungkin henponnya.  Saya pernah  mengalami malam itu masih main handphone,  sebelum jam sepuluh  saya matiin hape klau tidur.  Nah,  besok pagi ketika saya mau menghidupkan  handphone  tau-tau itu hape sudah terbuka bagian belakangnya.  Saya coba tutup dengan sedikit menekan.  Tidak bisa.  Sebab bagian tengah mengembung.  Otomatis  ga bisa menutup ya.  

Saya coba hidupkan ga bisa hidup.  Sepertinya juga baterai  sudah habis.  Jadi kesimpulan saya baterai handphone  kembung membuat hape mati. 

Lalu,apa yang harus dilakukan  ketika Baterai  kembung.

Habis ganti batere saya cuci mata dulu,hihihi
 Ini yang saya lakukan saat baterai handphone kembung

1. Tidak mencoba memasukkan paksa baterai yang sudah kembung dan memaksa menutupnya. Meski pada saat pertama itu saya coba lakukan.  Tapi sebaiknya tidak dilakukan lagi atau berulang. 

2. Tidak berusaha menghidupkan handphone.  Apalagi menghubungkan dengan kontak listrik.  Nah,  ini saya beneran baru tahu ketika saya  bawa handphone  itu ke tukang servis.  Kata tukang servis yang jika dibiarkan apalagi kalo dipaksa dihubungkan ke listrik.  Ada potensi bisa meledak.  Nah,  loh.  Bahaya bukan.

3. Simpan handphone  dengan hati-hati.  Usahakan masukan atau simpan di suatu tempat,  dimana antara baterai  dan penutupan atau batang handphone  ga terpisah.  Bisa barabe kalo ada lagi yang hilang atau kececeran. Bisa timbul masalah baru.  Waktu itu saya masukan handphone  tersebut di dalam tas kecil khusus. 

4. Baca dan catat info yang ada di baterai.  Lalu cari info tersebut  di internet,  seputar baterai,  harga termasuk cara memasangnya.  Kebetulan baterai handphone  saya nempel. Jadi ga bisa dibuka sembarangan apalagi sama orang yang ga paham soal itu.  Kuatir malah tambah rusak.  Sebaiknya kita juga ga usah coba-coba .

Jadi handphone saya baterai ya BM32. Saya sudah mencari info  di internet termasuk harganya. Ya, paling ga kita ga buta-buta amatlah,hihihi.

Kelihatan ya, baterai handpone kembung
Namun kata suami supaya ga penasaran dan bisa dipasang di sini saja.  Coba tanyakan atau pergi ke gerai resmi Mi.  Sebab  kalo beli online nanti yang masang siapa?  Mesti ke tukang servis lagi kan.  

Ya,sudah siang itu saya dengan Athifah pergi ke galeri resmi MI. Kebetulan di Kota Bengkulu  ada dua gerai resminya. 

Saya pergi ke gerai yang pertama.  Sampai di sana.  Ternyata baterainya ada dan harganya sekitar 350rb sudah langsung dipasang.  Masangnya juga ga lama.  Bisa ditungguin. 

Saya telpon suami dan berkabar.  Mahal,  kata suami di seberang sana. 

Ya,  sudah saya pun ke gerai yang kedua.  Tempatnya agak sedikit jauh,  namun sejalan menuju jalan pulang ke rumah.  Di gerai kedua.  Barangnya ga ada,  pesen dulu klao mau.  Barang datang butuh waktu sekitar satu pekan.  Langsung dipasang  dan harganya 300 ribu.  Sedikit lebih murah. 

Tapi... Tetap aja mahal bagi emak kayak saya. 

Saya telpon suami lagi.. Kata suami bersabar sajalah.. Empat hari lagi kita bakal ke Jakarta,  tahan diri ga Internetan. Kita ganti di Roxy saja.

Duh,  empat hari ga main handphone.  Itu rasanya kayak apa yak. 

Buru-buru suami langsung mengingatkan, 

"kan bisa pake henpon yang  satu lagi,  itu kan bisa dipake seperti biasa. Makanya ga ngecass hape harus mati, jangan dalam keadaan hidup"

Suami tahu,  kegalauan hati saya, hihihi. Meski sempat ngomel juga!

Singkat cerita akhirnya,  sampai di Jakarta kami menuju Roxy,  pusat henpon di Jakarta.
Pas ditanyakan,  ternyata harganya cuma setengah dari harga di Bengkulu,  hahaha plus langsung  dipasangin. Ya,  udah ga pikir panjang lagi.  Saya langsung oke.  Langsung dikerjakan. 
Udah ga tahan ga main henpon MI, soalnya henpon yang  satu ini kapasitas kecil ada aplikasi  tertentu  yang  ga bisa saya buka,  hihihi. 

Beruntungnya juga.  Kami kan sudah keliling  Jakarta maklum liburan sama anak-anak.  Baterai  Handphone  saya dan suami mulai lowbat. Setelah baterai  handphone diganti,  langsung terisi full.  Maklum baterai baru ya. 

Jadi ya,  ga mati gaya dan ga repot buat menghubungi mobil online buat jalan-jalan. 

Oh,  ya pesan tukang servis kalo lagi cash handphone sebaiknya ga usah di malam hari,  apalagi ditinggal  tidur.  Soalnya handphone  sekarang banyak yang fast charger.  Jadi ga perlu di cass  lama-lama.  Hal. Inilah yang sering membuat  baterai  handphone  kita cepat panas dan kembung. 

Hayooo ngaku,  yang suka ngecass handphone di malam hari lalu ditinggal tidur.  Dengan harapan pas bangun besok pagi,  Baterai Handphone sudah penuh. 

Padahal ga perlu segitu banget apalagi untuk henpon terkini eh maksudnya handphone zaman now. Jadi kalo ngecass bagusnya siang hari dan dalam pengawasan kita, kao udah penuh segera matikan.

Moment ganti baterai ini saya gunakan juga untuk membeli aksesories handphone saya, hihihi. Aji mumpung ya kan....




15 comments

Selamat ya hpnya gak masuk angin lagi. Semangat foto kece lagi.

Reply

Dulu hape nokia 3315 ku juga gini kasusnya mb mil. Kalau ditutup lagi, nyempil gitu batrenya wkwk kayak orang pakai baju tapi nampak perutnya nyempil gitulah kira kira.

Reply

wah lumayan juga ya harga baterai hape Mi-nya. kalau nggak salah hape sekarang rata-rata pakai baterai non removable juga ya, jadi rada susah kalau baterainya bermasalah

Reply

Bisa gitu, baterai kembung? Hehe

Reply

saya sering cash sampai ketiduran, besok pagi dicabut kok malah cepet bnht habisnya. Thanks for sharing ya mbak

Reply

Jadi inget pesan suami. Kalau lagi ngecharge hp sebaiknya jangan sambil whatsappan atau apapun lah. Eh ternyata memang bisa bikin batre masuk angin ya, Mba

Reply

dulu waktu masih pake nokia, batrei hapeku juga kembung, coba beli batreinya tapi masa pakainya gak lama :(

Reply

baterai kembung emang berbahaya Mbak, saya selalu menyarankan ke anak-anak, jangan ngecash hape malam hari. roxy pusatnya gadget yaa, borong buanyak ya Mbak

Reply

aku juga pernah Mbak mengalami insiden batre kembung, solusinya ya lem biru alias lempar beli baru... hihihi, aku juga punya kebiasaan jelek saat ngecas, hapenya sambil dimainin

Reply

Coba ada syrup utk batre kembung, kan g perlu mahal ganti baru..hihi

Reply

Ini salah satu hal yang menggangu sekali, jadi harus di rawat benar benar baterainya..

Reply

Aku biasanya tak carger sampe penuh lalu masukan preezer.. habis itu agak kecil melembungnya

Reply

Dulu saya pernah mengalami hal serupa mba, baterai jadi kembung karena nge-charge kelamaan

Reply

kalau hape jaman dulu, batre kembung tinggal beli baru harganya murah,
smartphone zaman sekarang yang model batrenya tanem agak susah kalo harus ganti, dan harganya mahal

Reply

Kalau baterai sudah kembung, memang seharusnya sudah waktunya untuk diganti, kalau dibiarkan nanti bisa meledak. Saya kalau mau beli smartphone biasanya beli yang baterai tipe removable yang bisa dilepas (bukan baterai tanam). Kalau baterai tanam itu susah untuk mengganti baterai lama dengan baterai yang baru dan harus ke service center dulu.

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.