Menu

Minggu, 21 Januari 2018

/
Assalammualaikum Wr. Wb

Kalo sedang bepergian kamu senang menggunakan baju apa? Kalo saya suka juga bepergian dengan menggunakan baju gamis. Apalagi untuk perjalanan ke luar kota. Satu alasannya ga ribet. Jadi mudah dan praktis. Meski kadang timbul masalah juga saat bepergian dengan menggunakan gamis. Saya pernah juga mengalami hal demikian. Pernah loh,  ujung baju gamis saya terjepit di eskalator. Heboh banget waktu itu. Ceritanya begini, saya dan suami ke pasar Tanah Abang, Jakarta. Saat itu, memang hari libur . sudah bisa dipastikan ramai sekali orang-orang belanja di Tanah Abang. Nah, saya dan suami juga termasuk di antara orang-orang yang berdesakan tersebut. Hasilnya, ujung baju gamis saya masuk ke mesin tangga berjalan. Sampai di atas, gamis saya tersangkut. Harus di paksa ditarik baru mau lepas.  Akibatnya, baju saya  sobek. Alhamdulillah cuma sedikit yang nyangkut. Jadi sobeknya juga bagian bawah saja, gamisnya masih bisa dipake dan ga perlu ganti saat itu juga.

Itu sih, pengalaman yang ga enaknya. Terus, kapok bepergian pake gamis? Saya, ga juga, justru setelah kejadian itu saya lebih hati-hati lagi, teruama saat naik tangga berjalan. 

Sebab  ada banyak kemudahan dan pengalaman lainnya yang lebih menyenangkan saat bepergian dengan menggunakan gamis

Di depan Museum Wayang, Kota Tua, Jakarta, Foto by Kakak @nawra_0907
Apalagi saat ini, model gamis banyak sekali. Kita bisa memilih dan menyesuaikan modelnya dengan suasana. Kita juga bisa memilih model gamis sesuai dengan kepribadian atau karakter kita. Harga juga bisa menyesuaikan. Dari yang murah hingga yang mahal. Semua ada. Tergantung kita memilih, dan pintar-pintarlah mencari gamis diskon, hihihi. 

Bahan gamis juga bermacam-macam, ada di antaranya 1, Jersey, 2) Sifon, 3) ,Wolfis, 4) Shantung 5), Ceruti 6), Katun  dan lain sebaginya. Banyak banget nama-nama dan jenis kain. Kita bisa memilih yang sesuai dengan selera. 

Namun saat bepergian menggunakan gamis , terutama untuk ke luar kota, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Misalnya

1. Pilihlah gamis dengan bahan yang tidak mudah kusut, sebab akan kita masukan ke dalam kover atau tas. Kemungkinan besar sekali akan mengalami proses kusut atau terliha kusut. Kita bisa membawa gamis berbahan Jersey. 
2. Pilih gamis polos, agar mudah dipadu padankan dengan baju lainnya atau hijab. 
3. Hindari gamis yang terlalu  panjang atau menjuntai ke lantai. Hal ini akan membuat kita tidak nyaman , apalagi jika sedang berjalan kaki. 
4. Sebaiknya tidak menggunakan gamis dengan model, warna, aksesories yang sangat mencolok perhatian orang. Ini demi keamanan kita, agar tidak memancing orang untuk berbuat  kejahatan.
5. Bawalah gamis khusus menyusui jika masih menyusui atau gamis yang berkancing depan
6. Bawa selalu, celana atau dalaman gamis agar saat menggunakan gamis tidak menerawang. Celana atau dalaman gamis juga akan membuat kita bisa bergerak cepat, melangkah ke sana –kemari dengan lincah. Bawa dan gunakan juga kaos kaki.
7. Bawalah gamis sesuai ukuran badan kita, ga kesempitan dan juga ga kebesaran. Kalo kebesaran sih masih enak ya. Kalo sempit, ini bisa bikin ga nyaman dan bisa menarik perhatian orang.
8. Pilihlah model yang sesuai degan siruasi dan kondisi. Termasuk soal warna

Untuk poin no 8 ini, bisa dijelaskan begini. Pernah mengalami salah konstum atau salah menggunakan gamis pada suau kondisi atau keadaan tertentu. Dengan kemajuan dunia fashion saat ini, banyak sekali lahir ide-ide kreatif untuk membuat baju, termasuk baju gamis. Saat ini banyak sekali jenis gamis yang di jual di pasaran. Harganya juga beragam. Oleh karena itu, kita juga perlu tahu dan bisa bijak memilih gamis yang akan kita pakai pada suatu kondisi. Ga mungkin  saat berpergian ke suatu wahana wisata, kita menggunakan gamis yang glamour , banyak payet, penuh manik-manik atau gamis yang biasa orang bawa ke pesta perkawinan. Atau sebaliknya saat menghadiri suatu acara pesta di suatu gedung, di malam hari, kita malah menggunakan gamis yang biasa kita pakai jalan-jalan ke mall atau gamis santai. Jadi hal ini juga perlu kita perhaikan ya. Supaya ga salah kostum.

Di depan Cave Batavia, di belakang saya ada Kanga Athifah, Makanya gamisnya dilebarkan
Itu ya, beberapa tips memilih gamis saat akan bepergian, Anda bisa juga menambahkan poin lainnya. Terutama untuk alasan kepentingan pribadi . pokoknya utamakan selalu konsep praktis, aman dan nyaman untuk bergerak. Dengan menggunakan gamis tidak membatasi ruang gerak kita apalagi saat bepergian.

Selain beberapa tips itu. Ada beberapa barang-barang yang terlihat simple atau sepele yang juga harus selalu kita bawa turut serta saat bepergian dengan menggunakan gamis. Untuk mendukung penampilan kita supaya lebih prima dan bikin kita nyaman.
  1. Membawa tas, atau dompet, ini penting sekali, terutama untuk model gamis yang tidak mempunyai kantong
  2. Membawa jilbab, aneka warna, supaya bisa gonta-ganti
  3. Jarum peniti atau pentul, sediakan tempa khusus agar tidak berceceran
  4. Aneka bross  atau pin jilbab. Usahakan juga sesuai dengan model gamisnya 
  5. Shall, untuk aksesories dan perlengkapan, terutama saat bepergian di malam hari atau pada konsisi cuaca dingin
  6. Membawa topi bundar yang lebar untuk melindungi wajah, jika berjalan pada saat kondisi panas
  7. Ikat pinggang, bisa kita gunakan untuk membuat gamis agar tidak terlalu terlihat mengembang
  8. Bawalah beauty stuff dalam kemasan kecil dan praktis, agar bisa tetap make up di berbagai kesempatan.

Di halaman masjid Istilal, ga pake kacamata kayaknya ada yang minus ya, hehehe
Dari apa yang saya uraikan ini, memang secara pribadi saya sangat suka bepergian menggunakan baju gamis. Terutama untuk ke luar kota. Selain sangat praktis, dengan gamis bisa membuat saya tampil berbeda-beda pada beberapa waktu. Caranya, saya membawa berbagai warna dan corak jilbab. Jadi jilbabnya yang berganti ria, sehingga kalo di foto . tentu saja akan terlihat berbeda-beda. Apalagi yang suka berfoto selfie tentu saja yang akan lebih tampak adalah muka sama jilbabnya, bukan gamisnya, hehehe. Ini sih, pegalaman pribadi saya. Bisa juga dicobain. 

Kamu, punya pengalaman apa saat bepergian menggunakan gamis, bagikan dengan teman-teman yang lain yuk.  Mari berbagi  pengalaman di kolom komentar. Semoga yang saya sampaikan ini, bermanfaat ya buta kalian semua. Salam  

24 comments

Berpergian pakai gamis keren sih.. young lady bgt lah..
Tapi kadang kurang suka liat yg pake baju gamis sampe nyapu jalan apalagi naik motor..
Bahaya bgtttt....
Tipsnya ok bgt mba..

Reply

Saya juga sering menggunakan gamis kalau bepergian. Biasanya pilih gamis dengan warna aman biar bisa dipakai kemana saja

Reply

yang wajib kita pake saat pergi pake gamis adalah memakai celana panjang daleman yang juga nyaman, biar kalo naik kendaraan baju agak diangkat tetep aman

Reply

Tulisan yang menarik mbak.. saya juga sering bepergian menggunakan gamis, karena sudah terbiasa jadi tidak terasa repot hehe.
Salam kenal mbak..

Reply

Sekarang emang kemana - mana udah pake gamis...
Cuma kepikiran mau menyiasati dengan rok celana lebar..hi2..
Asal ukurannya pas...n ga kepanjangan ga masalah..soalnya kalo kepanjangan takut keinjek sendiri n jatuh..

Reply

Baju gamis tuh menurutku praktis dan bisa digunakan di berbagai kesempatan, mba :)

Reply

Enak ya mb adem pake gamis :) akupun sukanya gamis yang ga terlalu nyapu jalan :) makasi tipsnya mba

Reply

Biasanya saya pakai gamis juga, tapo setelah punya anak laki2 yang aktid punya saya memilih celana. Buat sy masih agak ribet kalau harus ngejar 2 anak pakai gamis gitu. Tp sebenarnya balik ke personalnya aja sih. Mslh selera

Reply

Kadang suka dianggap aneh di beberapa tempat kalau saya pakai gamis, pas naek gunung misalnya. Tapi itu style saya dan pengin ngebuktiin menggunakan pakaian syari gak jadi halangan dimanapun dan kapanpun. Selebihnya tinggal hati2 saja jangan sampai kejempet eskalator kayak mba milda hehehe...

Reply

Aku memang masih blm menggunakan jilbab, tp utk gamis, ak yg suka pake.. Walopun mungkin ga yg panjangnya sampe nutupin kaki ya mba. Palingan 5 cm di atas mata kakilah, supaya ga keserempet. Alasanku kenapa suka, krn adem jadinya kakinya hahahaha.. Beda ama celana yg suka bikin gerah :D. Tp memang sih, kalo utk traveling aku jrg pake gamis krn kebanyakan gamisku blm ada yg bahannya ringan. Jd suka beratin koper.. Masih belum nemu gamis yg ringan tp ga mudah kusut juga mba

Reply

Aku kalau ke mana-mana juga suka pakai gamis. Gamis yang polos dan bahan katun, biar adem hehe

Reply

Betul Mbak, gamis itu praktis tapi juga stylish kok. Banyak gamis-gamis yang kece dijual di pasaran. Tinggal mix and match saja ya :D

Reply

kalo muslimah emang gamis lebih pas buat dipake bepergian. kalo laki-laki pasnya apa ya? hmmm

Reply

Beli gamis pas lebaran doang, umi. hehee
Kemana-mana masih suka pake celana & blouse simple :D

Tapi emang betul, zaman sekarang mah pilihan gamis udah banyaaaak banget & cantik-cantik! :)

Reply

Subhanallah... Gamis membuat muslimah tampak anggun.

Reply

Aku jg sekarang nyamannya pake gamis, ringkas dan nyaman, betul bgt kalo keluar kota nyiapin gamis yg ga mudah kusut hehe jd ga payah cari setrikaan

Reply

pergi pake gamis nyaman-nyaman aja kok, yang paling penting bawa gamis yang gak mudah kusut sama yang bahannya mudah kering.. kali aja nyuci saat traveling...

Reply

Istri saya baru membiasakan pakai gamis pas kehamilannya. Dan alhamdulillah setelah melahirkan mulai terbiasa kemana-mana pakai gamis. Tapi gamis berkantung kiri dan kanan. Biar bisa nyimpen duit.

Informasinya cukup bermanfaat. Bisa ni dihare tulisannya.

Reply

Yg paling kusuka gamis berbahan jersy, gak perlu digosok...hahaha

Reply

Kalau saya sih penting pakai celana penjang atau bawa sarung.. karena cowok selalu simple, apalagi kalau solo traveling

Reply

Dulu alasan kenapa aku suka pakai gamis karena dia longdress jadi berasa jadi Princess kwkwkw

Reply

Belum punya banyak gamis, seringnya dipake ke pengajian atau lebaran aja. Hehe, thanks tips pake gamis buat jalan-jalannya Mba.

Reply

Yg sering cewe2 IAIN pake itu gamis bukan ya, adem liatnya, syar'i.ehehehe

Reply

Terima kasih atas infonya. Semoga bermanfaat.

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.