Menu

Rabu, 20 Desember 2017

/


     Assalammualaikum Wr.Wb

     Mau masak apa kita hari ini. Kalo saya, mau masak apa ya. Anak-anak hobinya makan Ayam. saya sih yang masak udah bosan, kadang kehabisan ide mau dibuat apa lagi itu Ayam. Mau diolah jadi makanan apa. Kalo anaknya ya senang aja. Menu ayam setiap hari, ga masalah. Sambil beberes rumah, saya jadi sekalian ingat-ingat menu apa yang belum dicobain minggu ini. Yuhuuu, AYAM Gulai Kuah Santan. Kuahnya kuning, dibuat gurih ama santannya. Hmmm, membayangkannya saja sudah bikin kenyang. 

     Tak kalah dari resep makanan-makanan yang lain, gulai Ayam Gulai  juga bakalan bikin selera makanmu naik 100% guys. Untuk memasak menu satu ini kita dapat menambah bahan lainnya. Bukan cuma ayam. Kali ini saya menambahkan tahu goreng dan sayuran. Bahan-bahan ini jika dimasak akan  punya rasa yang khas tersendiri. 

     Bayangkan saja, perpaduan nikmatnya Ayam, Tahu dan Sayuran disiram  dengan nikmatnya santan. Apalagi kalau dimakan saat suasana sedang dingin, tentu akan membuat lidah siapapun gak bisa berhenti untuk memakanya. Eitz jangan lupa tambahkan jeruk daun Sereh buat memikat rasa. Wahh jadi tambah ngilerr kan. 

Bahan dan Cara Membuat Ayam Gulai Kuah Santan

     Yaudah deh daripada ngiler dan penasaran, kali ini saya bakalan bagiin resep ayam gulai kuah santan ala rumahan yang pastinya lezat dan bergizi tinggi. Nah sebelum mulai memasak, alangkah lebih baiknya kalau kita mempersiapkan bahan dan bumbunya terlebih dahulu. Oh ya untuk kali ini kita pakai Sasa Santan Kelapa ya. 

Bahan yang perlu kita siapkan itu terdiri dari: 

500 gram Ayam yang sudah direbus atau diungkep, Tiga buah tahu goreng yang berbentuk kotak, potongan sayuran, irisan daun bawang, 1 buah jeruk nipis dip eras dan di ambil airnya saja, 2 batang serai lalu memarkan, 1 lembar daun kunyit dan di ikat, dan 4 lembar daun jeruk, serta 1 sendok teh garam, Bumbu halus.

2 bungkus Sasa Santan Kelapa. Oh ya, soal rasa, Sasa Santan Kelapa ini sama dengan santan yang baru diperas. Apalagi ia dikemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai, memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang diperas. Jadi kita tak perlu lagi repot-repot lagi mencari santan. Toh bahan yang satu ini cocok untuk semua masakan, makanan dan minuman. Apalagi bahan ini juga tidak mengandung bahan kimia dan tanpa pengawet. So pasti aman dan sehat.

Ayam, Sayur, tahu dan Santan Sasa
Untuk bumbu halusnya kita perlu menyiapkan

8 buah cabai merah
1 sendok teh ketumbar
2 cm lengkuas
3 cm jahe
2 cm kunyit
½ sendok teh jinten
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih

     Nah setelah semua selesai di persiapkan, langkah selanjutnya adalah mulai memasak. Udah penasaran banget kan. Yuk kita mulai menu kita pada hari ini gulai kerang kacang panjang ala rumahan

      Pertama cuci ayam  hingga benar-benar bersih, buang kotoran dan bulu yang  masih ada lalu rebus sebentar. 

     Setelah ayam setengah matang. Lalu siapkan kuali dan tuang minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu. Baik bumbu halus atau bumbu kasarnya. Setelah keluar bau wangi bumbu. Maka masukan ayam, tahu goreng dan sayuran, aduk sampai rata. Kemudian tambahkan air mentah sbenayak 300 - 500 ml, aduk kembali hingga rata. Setelah semua rata, baru masukan satu bungkus  Sasa Santan Kelapa bersama serai, daun kunyit, dau jeruk, garam, dan bumbu halus hingga matang di dalam kuali.

      Aduk hingga rata santan dengan air, biarkan mendidih. Setelah semua rata dan ayam dan sayuran lembut. Jika ingin kuah santan yang agak kental. Kita bisa menambahkan satu bungkus lagi Sasa santan kelapa. Namun  Tergantung dengan selera kita. Kalo saya dan keluarga, tidak terlalu suka santan kental kecuali jika masak Rendang.

 


      Oh, ya untuk cabe supaya anak-anak tetap bisa makan. Saya hanya menggunakan bebebrapa buah saja. bahkan kadang kala tidak menggunakan cabe sama sekali. 
     Setelah itu, gulai Ayam masak secara sempurna. maka siap untuk dihidangkan dan dinikmati bersama. 

     Bagaimana sangat mudah untuk di praktekkan di rumah bukan. Selain itu menu ini juga sangat cocok dinikmati bersama keluarga. Masak menu bersantan juga menjadi lebih mudah , sebab ada Sasa santan kelapa, aslinya santan yang selalu setia menemani saya untuk masak dengan cepat dan praktis. Rasanya juga ga kalah dengan yang dijual di rumah makan. Cobain aja.  Mungkin itu yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan see you.
9 comments

Pakai sasa santan itu memang praktis ya, Mbak? Enggak perlu memarut kelapa lagi. Hihihi.. Bisa langsung tuang ketika masak bersantan seperti gulai dan sejenisnya. Hmm.. mau dong gulainya ;)

Reply

Bisa jadi referensi menu baru dirumah euy, mungkin juga ayam bisa diganti ikan kali ya mbak

Reply

Resepnya maknyuss ya Mbak. Pas utk saya yang pencinta daging ayam ini, hehehe

Reply

Asyiiik, aku suka banget deh kalo ada yang sharing resep gini 😍 btw alhamdulillah Sasa ngeluarin lini produk barunya ini Mba, praktisss! Ga perlu peres2 kelapa

Reply

ways, enak sepertinya ini mbak....bukin ngiler pepagi ini. bagi dong mbaks emangkok ke rumah ze ehheheee

Reply

Baru tau loh kalo ayam gulai enak juga dicampur sama sayur sawi, kan biasanya kalo gulai ayam campurannya terong atau kentang, nah ini sayuran.. boleh dicoba nih resepnya, catat dulu ^^

Reply

Waii mantap nian mba gulai tuu
Selero jadinya. Btw sasa santan memang enak, kental gtu

Reply

Coba zaman kuliah dulu udah ada sasa santan.. Ga repot beli makan di luar kan..

Reply

wah dingin2 bayangin masakan Mbk Milda, jd ngiler deh.. hehe... Mantap Mbk! 😊

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.