Menu

Jumat, 24 November 2017

/
 

Kita hidup di zaman now, dimana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau teknologi berbasis komputer dan gadget, saat ini sangat luar biasa atau bisa juga kita sebut GILA. Jumlah pengguna internet semakin hari semakin meningkat. Banyak ilmu wajib yang harus diketahui oleh pelaku bisnis online, salah satunya adalah internet marketing. Agar bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Berapa jumlah pengguna internet di Indonesia? Menurut lembaga riset pasar e-Marketer,  populasi netter Tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014.

Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet.

Pada 2017, eMarketer memperkirakan netter Indonesia bakal mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban.

Secara keseluruhan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diproyeksikan bakal mencapai 3 miliar orang pada 2015. Tiga tahun setelahnya, pada 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet sekali tiap satu bulan.

Data pengguna internet di Indonesia
Dari jumlah tersebut, saat ini mulai dari anak-anak sampai orang tua sudah sangat akrab dengan sosial media yang bisa di akses dengan mudah dan murah baik menggunakan perangkat  komputer atau handphone. Misalnya Facebook dan Whatspps

Orang gemar menggunakan media sosial untuk berbagai keperluan dan gaya hidup dengan memiliki beberapa akun di berbagai situs jejaring sosial.

Hayo, kamu punya berapa akun media sosial dan dimana saja. Saya yakin banyak dan minimal satu akun pada satu aplikasi ya kan, percaya deh!

Sebagian orang menggunakan media sosial untuk kepentingan bisnis dengan cara mempromosikan dan berjualan hingga bertransaksi di media sosial. 

Sebagian lagi menggunakan internet untuk kepentingan pribadi, berbagai informasi baik foto, video, artikel dan lokasi dimana orang tersebut bisa dilacak keberadaannya. Sekedar singgah di suatu tempat.

Beberapa Hal yang Sering Dicari Orang Di Internet

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh APJII (Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada tahun 2016 ditemukan fakta bahwa 5 besar penggunaan internet di Indonesia itu diakses untuk

1.    Media Sosial
2.    Pesan Instan
3.    Baca Berita
4.    Cari Data dan Informasi
5.    Streaming Video.

Di tahun 2016 itu juga telah terdapat 132,7 juta pengguna internet aktif di Indonesia dengan penetrasi 51,8 % dari total populasi Indonesia. Hal ini sudah menunjukkan dan bukti komitmen pemerintah Indonesia  dalam World Summit On Information Society (WSIS) bahwa sekurang-kurangnya setengah penduduk dunia sudah memiliki akses terhadap internet. 

Efek Penggunaan Internet

Namun meskipun sangat canggih selalu mempunyai dua dampak yang berbeda, baik positif maupun negatif. Termasuk juga efek dari perkembangan internet.

Berikut ini bisa kita lihat perubahan sebelum teknologi internet berkembang pesat dengan setelah perkembangan teknologi internet

1.    Pendidikan

Dahulu orang hanya melakukan proses belajar dan mengajar secara manual. Dengan adanya internet maka proses belajar juga banyak menggunakan teknologi dan alat elektronik, seperti komputer.



2.    Budaya

Sebelum internet berkembang pesat, orang-orang sering melakukan kegiatan kumpul bareng atau tatap muka untuk membahas segala sesuatu. Namun sekarang kumpul bareng bisa dilakukan dengan cara tatap Skype, Line, WA dan lain sebagainya.



3.    Sosial

Ini yang juga sangat berkembang dan berubah sangat pesat yaitu perubahan cara sosial dan lifestyle seseorang. Dahulu orang sering melakukan transaksi dengan turun langsung ke pasar atau ke toko untuk belanja segala jenis keperluan. Tetapi sejak internet berkembang pesat, banyak orang melakukan jual beli di internet. Bahkan tidak pernah bertatap muka. Pengguna  internet untuk aktivitas jualan online ini  sangat berkembang pesat, ibarat jamur yang sedang mekar setelah ditimpa hujan. Menjamur dimana-mana.



Saya ingin membahas soal Bisnis Online yang menjamur ini. Hal ini juga berdampak dengan banyaknya bermunculan berbagai jenis bisnis online dan perkembangan ilmu internet marketing. Semua orang berusaha untuk mempelajari ilmu internet marketing untuk bisnis online. Agar bisa mendulang untung berlipat-lipat.

Internet Berkembang Terbitlah Banyak Serba Online

Dari sekian banyak efek positif pengunaan internet yang paling berkembang saat ini adalah pemanfaatkan sosial media sebagai sarana jual beli online. Selain itu banyak juga yang memanfaatkan website untuk menjual aneka produk untuk keperluan kehidupan sehari- hari. Bukan cuma produk, aneka jasa, layanan dan fasilitas umum juga banyak ditawarkan secara online.Maka lahirlah hal lain dari perkembangan internet. 


Online Shop Paling Sering Didatangi Pengguna Internet
Online Shop
Semua hal bisa dilakukan secara online. Transaksi bisa dilakukan secara online. Untuk memenuhi kebutuhan apa saja, kebutuhan sandang, pangan, papan, liburan. Aneka jasa dan layanan publik. Semuanya bisa dapat kita beli secara online

Perusahan Ekspedisi
Sudah jelas ya, maraknya bisnis online. Menimbulkan marakya juga jasa pengiriman barang-barang. Jasa kurir pun bermunculan. Sistem pengiriman barang juga mulai banyak pilihan.

Kelas  Online
Mulai juga muncul berbagai kelas online, seperti kelas menulis, parenting, kesehatan, bahasa, masak-memasak dan lain sebagainya. Semuanya bisa dipelajari secara online oleh siapa saja dan dimana saja. Dari kelasa gratis hingga kelas berbayar , bahkan dengan harga yang juga lumayan mahal.

Kelas Internet Marketing
Kelas ini juga sangat ramai dan diminati oleh banyak orang terutama pelaku bisnis online. Mulai ramai orang berminat untuk mempelajari dunia internet dan kekuatannya terhadap marketing. Kelasnya juga ada yang dilakukan secara tatap muka ada juga secara online. Kelasnya juga ada yang gratis dan berbayar. 

Star Up
Ini juga muncul banyak sekali, bakat-bakat anak muda yang penuh dengan kreatifitas dan inovasi. Mulai muncul kepermukaan. Semuanya mulai juga memanfaatkan internet untuk pengembangan dan promosi.  Uniknya, ide-ide mereka ada-ada aja. Sangat menarik dan juga keren.

Dan banyak lagi yang bermunculan yang memanfaatkan perkembangan internet. Hal ini bermunculan juga akibat dari Perkembangan Dunia Internet Marketing di Indonesia, jadi kita bisa menikmati banyak hal secara online.

Saya dan Bisnis Online

Sebelum internet berkembang pesat saya memang sudah berdagang dan memang senang berjualan apa saja. Namun yang lebih banyak saya jual adalah aneka perlengkapan dan pakaian ibu dan anak. Dengan perkembangan internet akhirnya saya pun juga menggunakan internet sebagai sarana saya untuk promosi barang dagangan saya. Saya pun mulai belajar sedikit demi sedikit tentang ilmu internet marketing

Belajar Internet Marketing

Belajar membuat website dari nol, tanpa perlu basic IT. Termasuk digital marketing agar website yang kita buat tersebut ramai dikunjungi visitor. Apalagi kalo website jualan online, pasti butuh banyak visitor. Belajar Mendesain Logo, Brosur, Majalah, Edit Foto, agar postingan di website dan akun sosial media saya menajdi menarik. Kunci jualan online itu salah satunya adalah konten atau tampilan yang menarik.

Semua itu sangat penting saya pelajari untuk mendukung bisnis online yang sedang saya jalankan. Dampak penjualan online ini sangat besar terhadap transaksi jual beli barang dagangan.Saya menggunakan dua cara sekaligus, jualan secara online dan offline. Jualan online dengan adanya toko offline menjadi lebih mudah dan menarik. Apalagi jika pembeli berada dalam satu wilayah yang sama dengan pembeli.

Banyak peluang pembeli daerah yang bisa dimanfaatkan. Mereka yang sudah berkomunikasi dengan saya secara online, lalu ingin melihat langsung atau membeli langsung dan membayar secara cash barang yang akan dibeli. Mereka bisa datang ke toko saya.

Untuk yang di luar daerah, bisa melakukan transaksi dengan cara online. Untuk pengiriman pun meski berada dalam satu wilayah, kadang saya lakukan lewat kurir.

Salah satu produk jualan saya  yang sangat laris dijual secara online,  adalah Pembalut Kain Cuci ulang. Saya gunakan akun sosial media dan blog untuk melakukan promosi produk tersebut. 

Untuk blog atau website, meski bukan dibuat khusus untuk website jualan online akan tetapi blog pribadi saya . Akan tetapi di salah satu artikel di blog saya ada banyak tulisan tentang promosi jualan saya di blog pribadi saya tersebut. hasilnya sangat efektif dan efeknya juga sangat bagus untuk promosi dan memperkenalkan produk-produk jualan saya.

Saya Pengguna Sosial Media dan Blog

Saya menggunakan akun sosial media dan blog berikut ini sebagai sarana promosi barang-barang jualan saya.Dengan ilmu internet marketing yang saya pelajari selama ini, sangat berguna sekali dan saya terapkan di dalam aktvitas jual beli di toko offline dan online yang selama ini saya kelolah.

Saat ini semua orang lebih suka kalo ingin tahu atau membeli sesuatu selalu mencari tahu lewat internet. Semua bisa ditemukan di smartphone. Tinggal ketik nama barang atau apa-apa yang ingin diketahui dipencarian. Ketik dengan atau tanpa tagar tertentu . Maka informasi tersebut akan segera muncul. Kalo suka tinggal hubungi, order, bayar lalu barang dikirim.

Akun sosial media yang paling sering diakses untuk membeli atau mencari informasi tentang sesuatu itu, saat ini adalah Facebook dan Instagram.

Instagram

 Fanspage dan Facebook



 Blog/ Website



Dengan menggunakan akun sosial dan blog tersebut memang membuat jangkaun pembeli saya semakin luas dan tak terbatas waktu. Sehingga bisa melayani banyak kalangan dan peluang untuk mendatangkan banyak pembeli sangat besar. Omzet dan untung pun bisa meningkat. Apalagi didukung dengan berbagai ilmu internet marketing. Hasilnya memang sangat luar biasa.

Jadi, kalo mau sukses jualan online, selain punya motivasi yang kuat. Sangat wajib untuk tahu dan belajar tentang seluk-beluk internet marketing agar bisnis online yang kamu punya semakin sukses. Ada banyak kelas atau kursus tentang internet marketing ini. Salah satunya di Dumet School yang bisa kita ikuti. Untuk informasi silakan cek ke website-nya . Selamat belajar!!



26 comments

betul banget mba, jaman now rasa-rasanya semua ada di online shop. Saya termasuk pembeli dan penjual online. Saya lebih suka belanja online dibanding belanja ke mall. :D

Reply

iyah, dunia online akan lebih mengiurkan , termasuk bis gila belanja

Reply

zaman now, perkembangan ilmu penjualan berkembang pesat, melebihi ilmu pasar traditional. tapi sebagai pengguna socmed aktif, kita harus tetap waspada terhadap hal hal buruk mbak

Reply

iyah, benar harus tetap waspada

Reply

Mantap, bisnis via online lebih menguntungkan dan membantu ibu rumah tangga enggak sulit keluar rumah dan tetap menjaga anak2nya ya. Uang masuk, keluarga juga aman.

Reply

semuanya sudah beralih ke online shop ya mba, apalagi dengan kemudahan belanja di online shop, tunggu di rumah barang dateng hehe :)

Reply

Iya banget nih, zaman sekarang serba online jdi hrus bisa memanfaatkannya.terutama utk bisnis yg serba online, kudu punya ilmunya nih utk bisa dlm online marketing

Reply

Sudah waktunya menggunakan internet marketing sebagai peluang untuk memulai usaha bisnis online. Banyak yang sudah sukses diusia muda karena memiliki tekad dan keuletan untuk terus belajar dan berkembang

Reply

belajar itu penting sekali ya mbak, bahkan ternyata internet marketing pun ada tempat belajarnya, meluncur

Reply

Bisnis online, waktu gak kebuang percuma dan omset terus bertambah... manusia skr lebih suka hal yang simpel2 dan gak merepotkan, jadi bisnis online ini bisa jadi peluang.. mantap (Y)

Reply

pertumbuhan ekonomi yang bersumber dari dunia intrnet luar biasa ya begitu pesat peluang kerja juga tidak pernah terbatas di sini, so tinggal kita yang memilih mau di bidang mana

Reply

Jualan online itu membantu banget untuk penjual berwajah judes karena nggak perlu face to face dengan pembeli :D

Reply

Betul banget mbk, internet marketing saat ini memang menjadi media yang populer untuk persuasif dalam banyak hal. Semakin berkembang teknologi, semakin banyak pula model internet marketing yang berinovasi.

Reply

Betul banget mbk, internet marketing saat ini memang menjadi media yang populer untuk persuasif dalam banyak hal. Semakin berkembang teknologi, semakin banyak pula model internet marketing yang berinovasi.

Reply

Sekarang sih emang lebih gampang berbisnis via online ya mbak. Termasuk anin, jualan juga memanfaatkan media sosial..

Reply

Aturan dan pengatahuan baru ini kak, namun kewaspadaan harus tetap ada. Karena dengan bersliwerannya informasi menjadikan penjahat semakin leluasa.

Reply

Perubahan sosial budaya ya mbak.. Jelas berpengaruh ke kehidupan nyata

Reply

Emang lebih ngerasa nyaman belanja online. Nggak capek, nggak panas-panasan. Tinggal duduk depan gadget, barang sampe.. Ini nih yang bisa jadi peluang usaha..

Reply

Perlu bgt ni ilmu marketing, apalagi yg lagi bangun usaha kayak saya

Reply

Iya kak... sekarang semua serba online, bisnis online semakin menjanjikan kedepannya

Reply

ini emang peluang bisnis banget y mba secara akupun sekarang jadi customer belanja online udah males offline :p

Reply

Betul banget nih, Teh.. Di jaman now ini rasanya apa-apa bisa dari satu gadget. Tinggal klak klik aja ya.. he

Terlebih disaat musim hujan gini, jangankan belanja baju. Makan aja minta dianter ya..he

Reply

Saya juga jualan online tapi jarang menuliskannya di blog. Kudu contoh mbaknya nih...biar makin dikenal orang dan laris manis

Reply

mungkin udah saatnya kita ucapkan selamat datang zaman online..

Reply

Bisnis online memang sudah menjadi trend global, bahkan di India yang tradisinya masih kuat dengan toko2 tradisionalnya, sekarang belanja online juga sudah menjadi kebutuhan, mengingat orang malas keluar jauh karena iklim di sini yang ekstrim. Dan biasanya belanja online harganya memang lebih murah, ini menjadi daya tarik tersendiri.

Reply

Terima kasih mba sudah share data-data yang penting banget...
Nampaknya peluang usaha online kedepannya semakin bagus...

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.