nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

SPA atau Sehat Per Air Atau Sante Per Aqua


Mandi emang bikin sehat apalagi dimandiin :)

Istilah SPA yang kita kenal  akhir - akhir ini merupakan sebagai tempat komersial yang diperuntukkan bagi kesehatan yang dilengkapi dengan fasilitas seperti fitnes, kecantikan dan penurunan berat badan dan relaksasi dengan air sebagai media utama.
Konsep SPA sudah ada sejak zaman dahulu 
Terdapat  beberapa istilah yang merujuk  pada SPA di Romawi Kuno,  Cina,  Jepang dan sebagainya
Konsep serupa juga terdapat di Nusantara.  Beberapa suku di Indonesia  sudah mengenal pula konsep SPA.
Masyarakat  Banjar menyebutnya TIMUNG.  Masyarakat Sangar mengenalnya dengan BAKERA.
Lalu apa. Istilah yang tepat dalam bahasa Indonesia
Secara etimologi kata SPA merupakan akronim dari bahasa latin.  Kepanjangannya adalah SOLUS PER AQUA  atau SANTE PER AQUA  yang  artinya sehat melalui  air.

Mandi, bikin segar (pixabay)
Akan tetapi ada juga yang menganggap bahwa kata tersebut berasal dari nama tempat yang memiliki sumber air mineral yang bergurau bagi kesehatan.  Yaitu di Belgia. Beberapa sumber menyebutnya dengan SPAU
Dengan merujuk pada etimologi dan keterbatasan yang sudah lama dan luas di masyarakat.Pemasangan istilah SPA dalam bahasa Indonesia sebaiknya melalui proses penyerapan tanpa merubah bentuk.
Proses ini sama dengan proses penyerapan istilah ATM.Atm merupakan akronim dari Authomatic Teller  yang dipadankan kedalam bahasa Indonesia dengan nama Anjuran Tunai Mandiri.
SPA dipadankan dengan SPA dalam bahasa Indonesia yang merupakan  akronim dari Sehat Per Air (SPA) yang mempunyai arti 'Sehat Menggunakan Perantara Air' Padanan itu memiliki kedekatan bentuk dan makna dengan bentuk asalnya dalam bahasa Latin yaitu Solus Per Aqua atau Sante Per Aqua yang bermakna 'Sehat Melalui Air'

Santai banget  (Pixabay)


Benttu per dalam padanan Bahasa Indonesia merupakan partikel yang bermakna 'memaknai atau menggunakan ' seperti kalimat "Saya Menghubungi Per Telepon"

Demikian ya, berbagi ilmu seputar dunia Bahasa Indonesia, semoga bermanfaat. Yuk, kita jadwalin ke SPA biar sehat , kuat dan bermanfaat.

Baca Juga

Related Posts

0 comment

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin