Menu

Jumat, 18 Agustus 2017

/

Jadi guru itu sekarang susah
Banyak tuntutannya
Kalo mau mengajar banyak persiapannya

Dulu guru kalo mengajar cukup bawa buku besar pegangan ke kelas, absen siswa. Bahkan banyak yang tidak membawa buku cetak saat mengajar. Materi pelajarannya sudah hapal. Sudah bertahun-tahun mengajar materi yang sama.

Saya sering mendengar bahkan menjadi tempat curhat para teman sesama guru. Curhatan tersebut biasanya datang dari para guru senior yang sudah nyaman di posisi guru dan sudah sangat berpengalaman mengajar. Akan tetapi masih suka gagap teknologi, apalagi yang berkaitan dengan komputer dan internet. Tetapi saya juga tidak menutup mata bahwa banyak juga guru yang masih muda dan tidak gaptek tetapi masih bingung juga saat akan memulai untuk mengajar. 

Terutama pada setiap awal semester baru tahun pelajaran akan dimulai. Seperti semester satu dan atau semester dua. Sehingga wajar saja keluhan tersebut banyak muncul.

Memang benar, pemerintah kita sekarang khususnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . Apalagi sejak pemerintah memberikan tambahan insentif kepada para guru berupa dana sertifikasi. Memang terkesan banyak menuntut kepada guru . Banyak tututan kepada guru sebelum memulai mengajar di kelas. 

Setiap semester baru para guru dituntut  untuk membuat silabus, rencana pelaksanaan pendidikan, bahkan banyak lagi jenis laporan lainnya. Hal ini juga tergantung dengan pihak sekolahnya. Ada yang menuntut lebih. Misalnya harus membuat media pembelajaran yang kreatif, harus kegiatan out door, moving class dan  lain sebagainya.Bukan cuma tututan jam mengajar yang harus terpenuhi sesuai peraturan yang ada dalam satu pekan.

Apa yang Harus Guru Lakukan

Tuntutan seperti itu memang harus dilakukan dan dilaksanakan oleh seorang guru demi kemajuan perkembangan anak didiknya. Guru memang dituntut untuk bisa menyiapkan segala keperluan mengajar dengan sebaik mungkin. Tidak bisa hanya mengandalkan buku cetak lalu cuap-cuap mengajar di depan kelas. Apalagi anak didik sekarang jauh lebih maju dan kritis. Di mana banyak informasi bisa mereka akses secara cepat. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang guru saat ingin mengajar, sesuai dengan Permendikbud No 22 /2016 tentang standar proses di sana dijelaskan bahwa, seorang guru harus mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran yang ideal menurut standar proses tersebut

Seharusnya proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggrakan secara interaktif, inpiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik. Agar anak didik bisa berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian, serta sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik.

6  Standar Proses Yang harus dilakukan Guru



1.    Interaktif

Dalam proses mengajar seharusnya guru melakukan proses mengajar dua arah, dimana ada hubungan timbal balik atau interaktif. Antara guru dan anak didiknya . Ada saat guru menjelaskan materi, ada saat anak didik bertanya. Atau ada juga guru yang meminta anak didik untuk menjelaskan mengenai sesuatu.

2.    Inspiratif
Seorang guru harus bisa menciptakan bentuk atau desain belajar yang menginspirasi dan menarik bagi peserta didik.

3.    Menyenangkan
Ini juga merupakan bagian yang penting, bahwa seorang guru harus bisa menjadikan cara belajarnya menyenangkan. Anak didik tertarik untuk mengetahui dan belajar mengenai apa saja dengan penuh kesadaran. Anak murid yang senang akan sesuatu pelajaran, salah satunya akan terlihat di raut mukanya saat terjadinya proses belajar-mengajar, terlihat dari partisipasi dan juga terlihat dari laporan hasil tugas yang anak didik kerjakan.

4.    Menantang

Banyak orang kadang suka terpancing untuk melakukan atau berpikir tentang sesuatu dengan cara ditantang. Begitu juga dengan anak didik. Guru juga harus bisa membuat cara belajarnya itu adalah aktivitas yang juga menantang anak didik untuk berpikir dan mau melakukan hal tersebut dengan senang

5.    Aktif
Prose belajar –mengajar juga harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memancing dan menumbuhkan respon yang aktif dari para peserta didik. Oleh karena itu perlu sekali untuk melakukan trik dan tips agar anak mau aktif di kelas. 

6.    Demokratis
Pada bagian ini seorang guru harus bisa atau dituntut untuk bisa membantu anak didiknya mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Setiap anak mempunyai potensi yang berbeda-beda.

Jika sudah mengetahui standar proses belajar sedemikan rupa. Maka seorang guru tinggal membuat dan melakukan kegiatan tersebut. 

Namun, jika masih kesulitan saat ini kita bisa mencari dan menggalih ide di berbagai sumber. Salah satunya di internet. Saat ini internet adalah sumber informasi yang sangat mudah dan murah untuk kita akses. Bisa kita lakukan dimana saja.  Tanpa batasan ruang dan waktu.

Salah satunya kita bisa mencari ide dan inspirasi  tersebut di http://www.rumahjuara.com.

Di situs ini tersedia beberapa hal penting yang dibutuhkan oleh seorang guru. Produk yang dihasilkan di antaranya

1.    Media Interaktif



2.    E-Book



3.    Bank Soal



Kabar baiknya juga daftar di Rumah Juara juga gratis. Caranya juga sangat mudah kita tinggal login atas nama Guru. Ada isian biodata  data yang harus kita isi, setelah itu kita bisa menjadi bagian atau anggota dari Rumah Juara. Kita bisa menggunakan fitur yang ada di web tersebut.



Dengan membaca dan menggalih informasi di Rumah Juara, ada beberapa manfaat yang bisa seorang guru dapatkan. Di antaranya :

-    Semua informasi diberikan atau ditampilkan secara menarik, dengan gambar dan info grafis yang menarik, serta mudah dipahami.
-    Kita akan mendapatkan banyak ide dan kreatifitas bagaimana cara belajar dan mengajar yang baik
-    Kita mendapatkan materi secara tematik
-    Mengetahui informasi gaya belajar setiap anak
-    Mendapatkan model silabus, RPP
-    Mendapatkan banyak informasi terkini terkait dengan proses pembelajaran di sekolah

Yuk tonton video berikut ini aja ya, supaya tetap semangat mengajar  dan dapat inspirasi serta selalu bisa menjadi inspirasi bagi anak didik.

 

Jadi, tunggu apalagi, jika puyeng nyari inspirasi dan ide buat mengajar. Ya, sudah kunjungi saja Rumah Juara. Masalahmu akan segera terpenuhi dan langsung ada jawabannya. 










15 comments

Wahh bagus bgt aplikasinya u yg punya anak SD. Scr sekarang suka bingung ama pelajaran disekolah

Reply

Jadi teringat cita-cita guru yang kandas haha, guru itu selalu mulia dan keren di mata saya apalgi kalau gurunya kreatif setiap ngajar selalu punya bahan yang nggak bikin ngantuk siswa-siswinya. Keep sharing bu guru ^^

Reply

Iya, soalnya kurikulum suka ganti ya

Reply

Iyah, susah juga loh jadi guru kreatif, apalagi banyak tuntutan laporan

Reply

Q jg suka baca2 buku sd, kykny download ni apk

Reply

Sangat inspiratif bu, trmksh

Reply

Jadi ingat waktu masih mengajar dulu, dituntut membuat silabus, RPP. Lengkap.
Apalagi saat orang Diknas datang, duh rasanya ded-deg kl2 perangkat tidak komplit :D

Reply

Orangtua sama guru jaman sekarang sama-sama berat tugasnya. Terutama menghadapi anak-anak yang lebih aktif dan kritis dibandingkan jaman kita sekolah hihihi

Reply

Anin pernah jadi guru mbak.. Dan, kerasa super susah. Apalagi ngadepin anak-anak zaman sekarang yang terlalu aktif. Bikin pusing tiap hari >.<
Tulisannya bagus mbak Milda... ^^

Reply

Panfangan pertama menentukan segalanya ya mba, anakku yg ke2 gitu dia nggak nyaman dgn gurunya butuh pendekatan dalam mengajar

Reply

Memang Beda yaa cara belajar zamanku dan sekarang. Dulu hanya duduk, catat, lupa. Sekarang murid harus lebih aktif dan banyak aplikasi ilmu supaya lebih paham

Reply

Setuju banget sama ini:

"Seharusnya proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik. Agar anak didik bisa berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian, serta sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik".

Reply

memang perlu ada metode yang menarik , biar anak-anak bisa belajar dengan nyaman jadi ilmu yang dipelajari cepat masuk

Reply

jadi guru sekarang tantangannya lebih banyak ya mba, harus bisa menghadapi perkembangan jaman.

Reply

Wah aku juga suka langganan rumah juara lho. Tapi sebagai orang tua bukan guru. Menurutku membantu banget sih, anak jd semangat belajarnya. disana juga banya video belajar yg keren jadi anak tealihkan dari nonton yutup

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.