Menu

Minggu, 20 Agustus 2017

/


Bengkulu itu sebuah wilayah yang di keliling oleh banyak pantai yang indah. yang tersohor sejagat raya adalah pantai Panjang. Selain pantainya yang indah. Bengkulu juga memiliki dua buah pulau yang cantik, yaitu pulau Enggano dan pulau Tikus. Rugi rasanya sudah menjadi warga Bengkulu bertahun-tahun tetapi belum pernah berkunjung di kedua pulau tersebut. Kebetulan saya mendapatkan kesempatan untuk berku njung ke pulau Tikus bersama dengan keluarga besar Blogger Bengkulu.

Kali ini saya ingin berceria mengenai paket wisata atau trip ke pulau Tikus ya. Supaya teman-teman mendapatkan gambarannya . Jadi tahu juga apa yang diperlukan sebagai persiapan. Bukankah gambaran awal itu akan mengundang imajinasi dan kreatifitas sebelum kita memutuskan sesuatu. Termasuk ketika hendak melakukan trip ke Pulau Tikus tersebut.

Bagi warga kota Bengkulu, sering melihat pulau Tikus tersebut jika sering bermain atau mengunjungi pantai Malabero atau pantai Tapak Paderi. Jika kita duduk di sepanjang pantai tersebut, sejauh mata memandang ke arah laut. Maka akan terlihat sebuah pulau kecil, yang dinamakan oleh masyarakat sekitar dengan nama PULAU TIKUS.

Aku mau cerita ya seputar kegiatan ku bersama Blogger Bengkulu ngetrip ke pulau Tikus dengan menggunakan paket wisata pulau Tikus . Sekalian merayakan HUT RI Ke 72. Rombongan kami ada sekitar 20 orang. Mau kasih tau gimana atau paket apa saja yang bisa kita pilih untuk ngetrip ke pulau Tikus tersebut, ikutin ya ulasan saya kali ini !

Bobe Go Pulau Tikus
Namun bagi yang belum pernah atau pertama kali ke Bengkulu, maka letak pulau Tikus tersebut bisa kita tempuh dengan kendaraan pribadi atau umum dari daerah bandara Fatmawati. Kita berjalan terus ke arah daerah Kampung atau ke kawasan rumah Dinas Gubernur Bengkulu atau ke kawasan wisata sejarah benteng Malborough. Nah, lokasi paket ngetrip ke pulau Tikus tersebut bisa kita temui di sana. Kita pun bisa berangkat dari sana.

Di sekitar daerah pantai Malabero dan Tapak Paderi ada beberapa jasa paket wisata ngetrip ke pulau tersebut. Salah satunya yang sudah cukup berpengalaman sebab sudah sejak lama membuka usaha industri pariwisata ngetrip ke pulau Tikus ini adalah Koperasa Jasa SAPTA PESONA WISATA, di bawah pimpinan Pak Thomas.

Bersama Pak Thomas Pemilik Paket Trip Ke Pulau Tikus

Usaha ini di rintis oleh Pak Thomas sejak tahun 2010. Sudah cukup lama juga ya!Sebelumnya beliau bergerak diusaha tour dan travel. Mengajak para pelajar, mahasiswa, pejabat dan masyarakat Bengkulu untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata di pulau Jawa dan Bali. 

Saat melakukan kegiatan tersebut bertahun-tahun, maka lahirlah pemikiran dan kesadaran bahwa wisata di Bengkulu banyak lokasi wisata yang indah dan sangat potensi untuk dikunjungi. Akhirnya Pak Thomas memilih pulau Tikus sebagai salah satu tujuan wisata yang akan dikembangkan dan  dikujungi oleh wisatawan.

Di awal usaha ini belum ada yang mau berangkat atau mengunjungi pulau Tikus. Akibat kurangnya informasi mengenai pulau Tikus dan adanya banyak mitos yang berkembang di masyarakat. Hal ini membuat banyak yang tidak mau bahkan takut untuk berlayar ke pulau Tikus. Salah satunya adalah informasi yang tersebar, bahwa di pulau Tikus banyak ular.

Oleh karena itu, di awal usaha ini dibuka, Pak Thomas banyak mengajak orang untuk ngetrip  gratis untuk berkunjung dan eksplore di pulau Tikus dengan harapan setelah pulang dari sana, mereka akan bercerita dan akan mengajak teman, sahabat dan keluarga untuk juga berwisata ke pulau Tikus. Dan usaha tersebut lambat laun akhirnya membuahkan hasil. Banyak orang yang mau berkunjung ke pulau Tikus bahkan mencari-cari infromasinya.

Ada beberapa paket wisata ke pulau Tikus yang bsia ditawarkan oleh Koperasi Jasa Sapta Pesona Wisata ini, kita bisa memilih sesuai dengan selera, kebutuhan dan dana yang kita punya.

6 Pilihan Paket Wisata Ke Pulau Tikus  
   
1.Paket Snorkeling Rp 150.000/orang itu fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP
  • Life jacket
  • Asuransi
  • Snorkeling
  • Dokumentasi
  • Guide

2.Paket Fun Trip Rp.200.000/orang itu fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP,
  • Life jacket
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang
  • Snorkeling
  • Dokumentasi,
  • Guide

3.Paket Full Fasilitasi Rp 200.000 /org itu fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP,
  • Life jacket,
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang,
  • BBQ/bakar ikan,
  • Toilet/kamar bilas
  • Snorkeling,
  • Dokumentasi,
  • Guide

Untuk paket Ini kalo peserta kurang dari 8 orang, bisa ambil paket carter boat,  atau bisa konfirmasi jauh hari agar biar bisa kita carikan teman tandemnya untuk saling minutupi akomodasi. Waktu berangkat biasanya saat  weekend karena biasanya setiap weekend ada peserta group / peserta perorangan

 
4.Paket Gathering Rp. 350.000/orang fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP,
  • Life jacket,
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang,
  • BBQ/bakar ikan
  • Toilet/kamar bilas
  • Snorkeling
  • Fun game/pelatihan leadership
  • Dokumentasi,
  • Guide 
 Biasanya paket Ini untuk perusahaan

5.Paket Menginap Rp. 400.000 /orang fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP,
  • Life jacket,
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang,
  • BBQ/bakar ikan,
  • Toilet
  • Kamar tidur./tenda,
  • Lighting
  • Sound
  • Snorkeling
  • Dokumentasi,
  • Guide 

Biasanya paket Ini paket untuk peserta minimal 10 orang .
Untuk penginapan sendiri bisa menggunakan kamar di mercusuar yang bisa di pake 2 kamar/ pake tenda. Berangkat biasanya jam 3 sore kembali jam 10-11 pagi. Sudah termasuk makan malam,  sarapan, pada malam harinya ada api unggun & bakar ikan.

Alat Snorkling yang disediakan

6.Charter Boat seharga Rp. 1.500.000,-  Ini biasanya  jika jumlah peserta/penumpang hanya 5 orang. Harga tersebut, sudah termasuk fasilitasi 

  • Transport PP
  • Life jacket
  • Asuransi
  • Makan siang
  • Welcome drink
  • Snack
  • Snorkeling
  • Dokumentasi
  • Toilet. 
  • Guide 
Dokumentasi yang diberikan saat kita ngetrip ke pulau tikus salah satunya adalah fasilitas FOTO DI DALAM AIR. Atau dengan istilah Water Spot. Kita akan berfoto dengan ikan Nemo (aku gak hapal nama latinnnya, ikan apa ya ) yang berwarna orange Yang sangat terkenal dengan film Finding Nemo. Lalu kita juga bisa berfoto di dalam air dengan terumbu karang. 

Nah, banyak sekali bukan. Pilihan untuk ngetrip ke pulau Tikus tersebut. Kita tinggal membuat agenda dan jadwal berangkatnya ya. Ada terus kok, setiap hari SABTU dan AHAD.

Akan ada potongan harga untuk rombongan. Jadi sebaiknya ngetrip-nya barengan aja ya. Seperti yang dilakukan oleh Blogger Bengkulu.

Kamu bisa datang langsung ke lokasinya, di pagi hari, sebab biasanya sekitar jam sembilan pagi, kapal sudah bergerak ke laut. Tempat ketemuannya di dekat wisata Sandal Jodoh, di Tapak Paderi.

Tempat kumpul di dekat sandal jodoh di belakang Ayam Jingkrak

Di pulau Tikus tidak terdapat penjual makanan. Yang ada hanya Pop Mie, yang dijual oleh penjaga pulau Tikus. Oleh karena itu untuk makan atau snack tambahan sebaiknya kita bawa sendiri. Apalagi jika kuatir kelaparan, sebab keasikkan bermain air, bisa bikin lapar.

Makan Siang yang disediakan oleh Trip Sapta Pesona Wisata

Oh, ya jika kamu masih bingung dan belum jelas. Atau ada yang ingin kamu tanyakan, atau mau pesan buat ngetrip, silakan hubungi kontak person di bawah ini ya

Sapta Pesona Wisata ((Thomas))

WA /Telp : 0813 6779 4296
Line : 0821 8610 0401
Instagram : @wisata_pulautikus






23 comments

Ayo mbak, Bobe bikin rencana ngetrip lagi yuk... >.<

Reply

Waaaah! Seru sekali perjalanannya. Belum pernah ke Bengkulu sih, apalagi ke pulau tikus, tapi aku jadi pengen ke sana :')

Reply

kayaknya seru nih.. bisa dibuat tempat rekomendasi pas liburan nih...
lengkap dengan daftar harganya pula, makasih ya infonya

Reply

Namanya pukau Tikus tapi banyak ular hehehe.
Seru juga yah di sana. Bengkulu tempat wisatanya bagus2 ternyata yah hehe

Reply

untungnya dapat makan dari Sapta Pesona ya mbak, kalau cuma beli pop mie duh rasanya perut akan kembung, apalagi lelah habis snorkling. Btw, kenapa dikasih nama tikus ya? jadi kebayang banyak tikus di sana :D

Reply

seru banget mba. apalagi semuanya sdh tau beres jd gak pusing. harga tripnya juga terjangkau

Reply

Wuihh keren banget mba bisa snorkeling..ternyata di Bengkulu ada pulau dan pantai yang keren.. cuma namanya perlu diganti nih, agak geli gitu denger nama Tikus

Reply

Duh dari dulu pengen banget kesana. Kemarin harusnya bareng Kang Geri saya tuh ke Bengkulu hiks hiks.. muda2an taun depan ada rejeki ke Bengkulu ^^

Reply

Menu makanannya sederhana yaa, mba Milda.
Tapi saya rasa cukup mengenyangkan. Hiihi...

Dengan bayar segitu dapat satu paket lengkap untuk mengekplor Pulau Tikus...waah...seneng banget.

Pengalaman yang tak terlupakan.

Reply

Wah murah ya bun, mudah2an bisa ada resort atau losmen mini nanti supaya bisa nginap byk org tanpa harus mendirikan tenda

Reply

wah seru banget, pengen ikut kemarin tapi pas tanggal nya gak bisa. jadi mupeng kalau lihat postingan gini, semoga bisa segera kesana

Reply

wah seru nih murah pula, apalagi kalau rame-rame jauh lebih murah.

Reply

Kenapa dinamakan Pulau Tikus, ya, Mbak? Padahal di sana gak banyak tikus, malah banyak ularnya...
Apa karena bentuknya mirip tikus?
Eh, yang penting pemandangan di sana bagus bangeet...apalagi ada Nemo. Anak-anak saya pasti tertarik datang ke sana, deh!

Reply

penasaran kenapa dinamain pulau tikus, padahal banyak ularnya, apa mungkin sebenarnya dulu banyak tikus tapi kemudian dimakan ular? hehehehe

Reply

weh murah tuh biaya tripnya
yang mahal teh ongkos ke bengkulunya hmmm

sayang banget ya kalo penjual makanannya sepi banget. seharusnya kan kalo ada tempat wisata gini, masyarakat tuh diedukasi untuk menjadi bagian dari tempat wisata tersebut, mencari rezeki di sana. wuah, sosialisasi dan kinerja aparat di sana kayaknya kurang nih. padahal ini kan bagian dari ekonomi kreatif

Reply

Lucu ya namanya Pulau Tikus.. dan itu paketnya lumayan murah ya di bandingkan tempat wisata sejenis di Kota Besar.. jadi pengen kesana

Reply

belum pernah ke pulau tikus tapi kayanya asik banget tuh harganya pun terjangkau banget nih cocok buat liburan keluarga atau main sama temen temen

Reply

Aku blm pernah nyelam krn gak bs renang. Tp pulau tikus ini menggodaaa. Enak juga tuh kalau dr sana udah dokumentasiin. Mau poto2 sendiri dlm air kan gak gampang

Reply

Seruuu mbak...

Eh kenapa dikasi nama pulau Tikus ya? Jadi penasaran. Mudah2an satu saat bisa ke Bengkulu

Reply

mauuuuu....

kalau dr palembang biasanya aku naik travel ke bengkulu. trus main main ke pantainya.. nah kapan kapan mau coba ah main ke pulau tikus.. kayaknya seru

Reply

Pulau tikus ada legendanya
Waktu ikut Bintek penulisan cerita anak ada teman dari Bengkulu yg mau nulis ceritanya
Bukunya msh dalam proses
Btw. .jd penasaran kesana nih

Reply

Pertama kali baca judulnya... Aku merinding wkwkwk tikus dalam bayanganku masih berupa hewan pengerat yang menyebalkan. Tapi setelah baca... WAH SERU YA! Duh sebagai anak pingitan pulau jawa (halah), aku belum pernah ke pulau lain. Makanya baru tau banget ada yang namanya pulau tikus ini. Menarik dan menyenangkan sepertinya.

Reply

Wah, wisata ke pulau tikus ini kayanya harganya bagus, nanti coba aku jadiin travel list deh... bulan2 depan deh nabung dulu sangunya.

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.