Menu

Minggu, 30 Juli 2017

/


Dalam rangka memperingati hari koperasi nasional atau HarkopNas yang ke 70. Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu mengadakan dua kegiatan besar.  Tanggal 27 Juli 2017  sudah digelar kegiatan seminar nasional Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dengan tema Membangun Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang Sehat dan Kuat. 

Kegiatan besar lainnya adalah Pameran Produk UKM  yang dilakukan di halaman Sport Center Pantai Panjang  Bengkulu 

Menurut Bapak Aritonang selaku ketua panitia kegiatan ini. Pameran ini akan diikuti oleh para pengusaha dan pengiat UKM yang ada di provinsi Bengkulu .Diperkirakan akan ada sekitar 44 UKM yang akan hadir memenuhi standar pameran tersebut. 

Laporan Ketua Panitia , Bapak Aritonang

Pameran ini dilaksanakan selama dua hari,  sabtu minggu,  tanggal 29-30 Juli. Dari pagi hingga sore.  Untuk hari minggu hanya sampai siang saja. 

Saya dan Athifah  anak ketiga saya berkesempatan untuk hadir dan mengunjungi standar pameran tersebut. Kebetulan saya datang pada saat pembukaan.  Jadi barang yng di pameran masih lengkap dan rapi. 

Dalam kata sambutan sekaligus membuka acara pameran tersebut,  ibu Hj Yuliswani,  SE, MM menyampaikan  ucapan terima kasih kepada para UKM yang mau hadir dan ikut pameran.  Kemudian ibu Yuliswani juga  memberikan motivasi kepada para UKM  untuk tetap bersemangat mengembangkan usahanya.  Baik secara penjualan langsung  atau tidak langsung.  Misalnya secara online.  Untuk itu di zaman Internet saat ini,  tempat bukanlah kendala untuk berbisnis yang penting ada produknya dan kita bisa memasarkan secara online. Para UKM harus bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjual  dan mempromosikan produknya.

Hj Yuliswani, SE,MM Sebagai Kepala Diskop dan UKM Provinsi Bengkulu
Dalam kata sambutan dan sekaligus membuka kegiatan ini, ibu Yuliswani  memberi kabar gembira bahwa Diskop dan UKM Provinsi Bengkulu mendapatkan  penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia memberikan Penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.  Berdasarkan Kepmen KUKM Nomor : 20/KEP/M.KUKM /VI/2017 

Penghargaan dari Menteri Untuk Diskop dan UKM Bengkulu
 
Memperbaiki dan meningkatkan produk UKM ini sangat penting dan sangat sesuai denga program pemrintah Bengkulu dengan Wonderfull Bengkulu, dimana produk-produk UKM ini yang nnatinya juga menajdi salah satu potensi yang harus dikembangkan menjadi lebih baik. Terutama sebagai oleh-oleh bagi wisatawan.

Setelah mengikuti acara pembukaan saya pun berkeliling  melihat pameran.  Banyak banget  yang saya menarik  hati saya.  Pengen mencicipi langsung.  Bikin kantong bolong,hehehe. 

Tapi jangan kuatir ada kemasan hematnya dijual dengan harga sepuluh ribuan. Ada sirup jeruk Kalamansi, kue tat, anak punai, aneka dodol. Coklat rasa rendang, rendang lokan, dan banyak lagi yang lainnya.

Novrini, Owner Salacca Coffie Sedang Meracik Kopi buat pengunjung
Saya pun ikut membeli Keripik Balado,  Gelamai,  Keripik Udang dan minum Kopi dari Biji Salak. Termasuk membeli gulai masak Jengkol dan Nangka.  Soalnya kepikiran  pulang dari pameran bakalan siang.  Pasti lapar.  Jadi perlu beli gulai masak,  kebetulan ada yang menjual.





Oh,  sebelumnya saya dan Blogger Bengkulu pernah bekerja sama dengan  berbagai pengusaha kopi lewat Disperindag.  Namun di pameran ini saya ketemu lagi dengan pengusaha  kopi.  Dan produknya bikin menarik hati  buat  kita cicipi,  hehehe. 

Selain itu ada juga pameran lukisan,  hasilnya juga bagus banget.  Cocok banget buat yang ingin mempercantik ruangan di rumahnya.

Stand Lukisan

Ada juga handycraf,  membuat kotak tisu,  bunga,  bros jilbab,  jilbab,  aneka tas berbahan baku alami. Seperti daun pandan,  papan,  kayu  dan lain sebagainya.

Handycraf dari bahan daun pandan
Yang tak kalah menarik  adalah hasil kerajinan tangan  berbahan rajutan. Ada sepatu,  tas,  dompet,  topi dan banyak malamnya.  Pengen dibeli semuanya 

Tak terasa sudah dua jam saya berada di pameran ini,  lumayan buat cuci mata.  Apalagi memang barang yang dipamerkan  adalah produk yang dihasilkan oleh teman-teman ini sudah ada yang terkenal dan biasa dinikmati oleh masyarakat Bengkulu.

Kerajinan Dari Bahan Rajutan
Selain untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk UKM pameran ini sekaligus  sebagai tempat orang melakukan jual beli produk yang selama ini ada yang sulit untuk ditemukan  atau dibeli dipasaran.

Semoga dengan momentum peringatan Hari Koperasi Nasional ini lewat kegiatan Seminar dan Pameran akan membuat #UKMBengkuluNaikKelas 
11 comments

Semoga ya mbak, soalnya untuk maju pemerintah harus bekerja extra terutama yg bagian ini pihak diskop agar bisa bersinergi dengan para pelaku UKM dan meningkatkan strategi pemasarannya...

Reply

Wahhhh bu kadis dapet penghargaan

Reply

Emang para putra daerah harus mendukung UKM Bengkulu agar naik kelas teroosss

Reply

betul harus kerjasama biar bisa berkembang

Reply

wajib tuh, harus dukung dan cinta produknya

Reply

wahh yg dodol salak sayah ketinggalan bin kelewat nih kayaknya mb, di mana nya itu yah

Reply

Semoga UKM Bengkulu makin jaya...

Reply

Semoga produk UKM Bengkulu bisa bersaing dengan produk lokal dari provinsi yang lain

Reply

Semoga UKM Bengkulu makin berjaya

Reply

Aamiin

Semoga UKM Bengkulu Makin jaya

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.