Menu

Minggu, 09 Juli 2017

/






Saya mempunyai tiga orang anak perempuan, satu menuju usia remaja Nawra,  satu balita, Athifah  dan satu lagi bayi, Annasya. Kepada mereka saya sudah mengajarkan untuk mulai menjaga kebersihan diri sejak kecil. Mulai dari membiasakan diri untuk selalu cebok setelah buang air kecil (BAK) dan mengajarkan toilet training (BAB)  termasuk juga selalu mencuci tangan setelah BAK dan BAB. Menjaga kebersihan dan kesehatan area miss V anak juga penting sejak kecil. Apalagi jika selepas menggunakan diaper. Untuk Athifah jika tidur malam saja menggunakan diapers.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Area V pada Anak

Kesehatan dan kebersihan area V juga sangat penting di jaga pada anak, bukan hanya pada orang besar atau dewasa saja. Potensi untuk terkena berbagai penyakit juga besar pada anak, jika tidak diajarkan sejak dini untuk menjaga kebersihannya.

Resiko Penyakit Kandung Kemih Pada Anak

Ada berbagai penyakit yang bisa menimpa anak, bagi yang tidak menjaga kesehatan area V dengan baik. Sama halnya dengan orang dewasa, letak kandung kemih atau uretra pada anak juga sangat dekat dengan saluran pembuangan (BAB) oleh karena itu sangat rentan juga terkena bakteri. Ini perlu diperhatikan terutama bagi anak yang baru belajar toilet training.

Anak-anak kadang suka menahan kencing saking asiknya bermain, bahkan bisa jadi mengompol saking tidak bisa lagi menahan atau keburu dipipisin. Oleh sebab itu potensi akan mengalami sakit saat buang air kecil juga bisa terjadi pada anak.

Anak juga suka lupa untuk minum, mereka kadang mengabaikan kebiasaan untuk minum. Biasanya mereka akan minum jika sedang makan saja. Jika sedang bermain suka lupa.

Gejala Sakit Saluran Kemih Pada Anak 

Anak-anak yang berusia sangat muda mungkin kesulitan untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Artikel pada situs kidshealth.org menjelaskan gejala-gejala ISK yang dapat timbul pada bayi adalah 

  • Demam yang tidak disebabkan oleh flu, 
  • Bau aneh dari urine, 
  • Muntah,
  • Nafsu makan berkurang
  • Rewel.

Sedangkan anak yang lebih besar cenderung memiliki tanda-tanda yang umum seperti

  • Nyeri atau rasa panas saat buang air kecil
  • Sering ingin buang air kecil
  • Mudah mengompol
  • Perubahan fisik urine
  • Rasa sakit di panggul maupun sakit perut bagian bawah. 

Sangat penting untuk menangkap tanda-tandanya sejak dini, karena ISK yang tidak diobati dapat memicu kerusakan pada ginjal.

Waspada Sejak Dini

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah timbulnya penyakit Infeksi Saluran Kemih pada anak.  Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. 

  1. Ganti popok secara rutin untuk membantu mencegah penyebaran bakteri penyebab ISK. 
  2. Saat melatih anak-anak menggunakan toilet, ajarkan juga cara untuk membersihkan organ kelamin, yaitu membasuhnya dengan air dari depan ke belakang. 
  3. Selain itu, pilih pakaian dalam katun dan ganti secara rutin untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Hal tersebut juga yang biasa saya ajarkan dan katakan kepada Nawra dan Athifah. Malah untuk Athifah memang masih saya temani saat awal proses dia mau BAB dan BAK. Saya selalu mengajarkan dan menyuruh mereka mencebok dengan benar dan  menggunakan air yang bersih.


Mengobati Infeksi Saluran Kemih Pada Anak

Jika anak sudah mengalami berbagai keluhan yang saya uraikan di atas, maka sebaiknya ajarkan atau ingatkan anak untuk sering minum. Saya selalu membawa botol minum jika sedang berpergian, malah setiap anak ada sendiri botol minumnya saat berpergian. Jika lupa membawa botol minum, maka saya selalu membeli dan menyediakan minum buat anak. Jadi tidak ada alasan untuk anak menahan haus apalagi tidak minum. Tindakan ini lebih tepatnya disebut pencegahan ya, namun juga bisa membantu untuk mengobati atau mengeluarkan bakteri pada urin. Jadi nanti anak akan sering BAK dan akan membuat urinnya lebih encer. Sering BAK akan membuat atau merangsang bakteri juga untuk keluar dari kandung kemih anak.

Namun jika masih mengalami kendala atau keluhan, maka sebaiknya kita orang tua segera berkonsultasi dan mengobatinya ke dokter. 

Kita juga bisa memberikan jus atau minuman ekstrak Cranberry yang dipercaya bisa mengatasi dan mengobati keluhan pada infeksi saluran kemih pada anak. Jus Cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah Cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Berdasarkan penelitian kandungan buah Cranberry sangat bagus digunakan untuk mengobati keluhan ISK tersebut.

Mengapa Buah Cranberry

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

Buah Cranberry


Kandungan Cranberry

Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Manfaat Mengkonsumsi Cranberry

Antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

Riset Mengenai Cranberry

Pada awalnya, sejak jaman terdahulu, Cranberry digunakan untuk berbagai macam pengobatan, dikarenakan kandungannya yang amat sangat beragam dan bermanfaat bagi berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Dan kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Dan akhirnya pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Sekarang kita tak perlu repot mencari buah Cranberry, cukup membeli PRIVE URICRAN saja. Tinggal diminum, praktis, mudah dan enak. Namun untuk dosis dan takarannya sebaiknya kita konsultasi dengan dokter dulu ya. Agar manfaat obatnya bisa maksimal.

Produk Prive Uricran
 
Untuk Prive Uricran plus sangat mudah diracik dan bisa disajikan dalam bentuk minuman biasa. Apalagi warnanya merah bisa dikira sirup oleh anak. Bisa jadi nanti mereka doyan minumnya. Saya pengalaman banget soal minum obat untuk Athifah, dia suka nagih minta minum sirup. Warna dan rasa sirup yang manis bikin anak suka. Jadi gak berasa sedang minum obat.

Produk ini bisa didapatkan dengan mudah ya di berbagai apotik terdekat, harganya juga sangat terjangkau. Meski demikian, sudah ada obatnya mencegah jauh lebih baik, bukan. Mulai dari sekarang kita harus tanamkan dan ajarkan kepada anak untuk selalu menjaga kesehatan diri.

Sampai jumpa ya, salam buat anak-anaknya.



16 comments

Ia mba, mencegah lebih baik dari mengobati. Apalagi infeksi saluran kemih pasti ga enak bgt Kan ya

Reply

Oh bisa juga untuk anak anak ya mba? Kalau rasanya memang seperti sirup warnanya apalagi menggiurkan.

Reply

betul mba anak2 juga harus diajarkan utk selalu menjaga kebersihan area v dan sekitarnya

Reply

makasih infonya mbak.. bermanfaat..

Reply

Ngeri banget kena ISK ini. Makasih ya mba sharingnya

Reply

Duh, kasian deh kalau sampai anak kecil kena ISK. Orang gede aja nggak nyaman. Apalag anak-anak ya mba :(

Reply

Kalau bentuknya sirup anak-anak pasti suka ya, mbak

Reply

Ternyata infeksi saluran kemih bisa juga terjadi pada anak-anak ya mbak Milda. Alhamdulillah sudah ada solusi untuk mengobatinya.

Reply

iya, betul sekali, apalagi pada anak, mereka kan gak bisa ngomongin keluhan

Reply

iya mba, namun sebaiknya konsultasi ama dokter dulu ya

Reply

wajib itu, sama pentingnya, cuma dia wanita kecil :)

Reply

yayyaya.. betul sekali.
harus diajarkan sejak dini ya :)

Reply

Semoga anak-anak kita dijauhkan dari penyakit anyang-anyangan ini yaa Mba Milda, Amin

Reply

Emang bener2 ga nyaman kalo kena anyang2an. Heuehu
Aku aja sampe meringis nahan nyeri. Untung ada uricran ya mba

Reply

Uric ini ramah berarti ya, soalnya boleh buat anak, ibu hamil juga ^^

Reply

Wah mantap dan info yang bagus. Ijin share.

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.