Menu

Kamis, 27 April 2017

/

Assalammualaikum Wr.Wb

Ada begitu banyak perempuan hebat yang bisa kita kenang dan ambil teladan dari mereka. Salah satunya yang selalu disebut dan selalu dikenang adalah perjuangn seorang ibu bernama SITI HAJAR. Beliau berjuang sekuat tenaga mencari sumber air di antara bukit Sofa dan Marwah. Demi mencari sumber air untuk memberikan minum kepada anaknya Ismail. Pejuangan tersebut akhirnya membuahkan hasil. Dengan terbentuknya sumber air terbaik di dunia yaitu sumur air Zam-zam. Dan setelah kejadian tersebut sampai sekarang. Kita mengenang perjuangan Siti Hajar tersebut dalam rukun ibadah Haji dan hampir semua orang dari penjuru dunia mengenangnya setiap tahun.

Lalu ada juga seorang wanita Jawa bernama KARTINI. Beliau berjuang untuk hak-hak seorang perempuan Kesamaan derajat warga negara perseorangan dalam hubungannya dengan negara, kesamaan di depan hukum, tanpa memandang agama, harta benda, atau ciri orang perorang 'pribadi' lainnya. Yang sekarang lebih kita kenal dengan nama EMANSIPASI .
Emansipasi ialah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sejumlah usaha untuk mendapatkan hak politik maupun persamaan derajat, sering bagi kelompok yang tak diberi hak secara spesifik, atau secara lebih umum dalam pembahasan masalah seperti itu.

Usaha perjuangan ibu  Kartini  dapat kita lihat dan baca melalui surat-surat yang pernah beliau tulis dan kirmkan kepada sahabat-sahabat Kartini di luar negeri.

Mr. J.H. Abendanon mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini pada teman-temannya di Eropa. Abendanon saat itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda. Buku itu diberi judul Door Duisternis tot Licht yang arti harfiahnya "Dari Kegelapan Menuju Cahaya". Buku kumpulan surat Kartini ini diterbitkan pada 1911. Buku ini dicetak sebanyak lima kali, dan pada cetakan terakhir terdapat tambahan surat Kartini.

Terbitnya surat-surat Kartini, seorang perempuan pribumi, sangat menarik perhatian masyarakat Belanda, dan pemikiran-pemikiran Kartini mulai mengubah pandangan masyarakat Belanda terhadap perempuan pribumi di Jawa. Pemikiran-pemikiran Kartini yang tertuang dalam surat-suratnya juga menjadi inspirasi bagi tokoh-tokoh kebangkitan nasional Indonesia, antara lain W.R. Soepratman yang menciptakan lagu berjudul Ibu Kita Kartini. Kini lagu tersebut sangat populer di kalangan siswa di seluruh nusantara. Lagu ibu kita Kartini menggambarkan inti perjuangan wanita untuk merdeka. Kini kemerdekaan kaum wanita diwujudkan dalam konsep emansipasi wanita.

Lalu sekarang muncullah Siti Hajar dan Kartini modern yang nampak pada wujud seorang perempuan yang mandiri, kuat tangguh dan punya segudang ide-ide menarik. Saat ini dunia digital semakin berkembang pesat sehingga membuka banyak peluang bagi para perempuan untuk lebih maju. Mendapatkan berbagai informsi dengan cepat, mempelajari segala sesuatu dengan mudah, cepat menambah pertemanan. Dan juga selalu up to date terhadap berbagi informasi. Perempuan sekarang lebih banyak yang melek teknologi dan internet.

Emansipasi itu sekarang berwujud menjadi sosok Perempuan Digital. Baik sebagai pengguna digital atau sebagai konsumen digital. 

Perempuan Digital Serba Online

 “Penetrasi internet di Indonesia telah meningkat sejak 2010. Saat ini, sekitar sepertiga dari populasi di kota-kota besar sudah memiliki akses ke internet dalam 3 bulan terakhir,” ujar Anil Antony, Executive Director, Consumer Insights, Nielsen Indonesia.

 “Seiring dengan hal tersebut, produk dan jasa dari para peritel e-commerce telah berubah secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir dimana popularitas online shopping telah meningkat. Konsumen kini menggunakan sarana online dan semakin mencari saluran-saluran online untuk meneliti dan membeli produk dan jasa yang mereka butuhkan dan inginkan.”

Jika menyangkut tentang perangkat yang paling sering digunakan untuk berbelanja online, penggunaan telepon genggam semakin populer. Indonesia berada dalam urutan peringkat teratas secara global dalam hal penggunaan telepon genggam untuk berbelanja online bersama dengan Filipina, Vietnam dan Thailand; dan semua negara di wilayah Asia Tenggara menghasilkan skor diatas rata-rata global.


Penggunaan telepon genggam pada populasi umum di wilayah perkotaan Indonesia telah mencapai 88%. Lebih dari enam dari sepuluh konsumen Indonesia (61%) menyatakan akan paling banyak menggunakan telepon genggam untuk berbelanja online, sementara itu lebih dari setengah (58%) konsumen menyatakan akan menggunakan komputer. Penggunaan tablet sebagai sarana untuk mengakses situs-situs ritel online juga meningkat, dengan lebih dari sepertiga (38%) konsumen menyatakan mereka akan menggunakannya untuk berbelanja online. Oleh karena itu sekarang semakin menjamur Toko Online.

Toko online di sini bukan hanya semata soal barang. Tetapi juga banyak toko online yang menjual jasa. Misalnya kursus menulis online, jasa pembuatan blog (website), kursus parenting, jualan aneka resep, panduan cara memasak an lain sebagainya. Semuanya bisa diperoleh secara online.

Selain itu banyak juga perempuan yang menjadi pelaku usaha online. Mereka bisa mengawali dengan ikut Kursus Membuat Toko Online. dari niat awalnya hanya coba-coba, akhirnya bisa juga sukses mendulang rupiah dari jualan online. 

Apalagi sekarang juga banyak Kursus Internet Marketing yang bisa diikuti oleh para perempuan guna menambah pengetahuan dan mengasah diri untuk bersaing dan kuat menekuni bisnis online. Jadi daya dukung untuk menajdi pelaku bisnsi online semuanya sudah ada. Belajarnya juga bisa secara online,

Apalagi banyak sekali Mobile Applikasi yang bisa diakses secara mudah oleh para perempuan. Tinggal di download di handphone. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Semakin hari semakin bertambah jumlah perempuan yang menggunakan mobile applikasi untuk mendukung kemudahan dan kebutuhan hidupnya. Misalnya mencari aneka resep masakan, mencari dan mmebeli aneka pakaian, kebutuhan informasi dan lain sebagainya. Semua itu bisa dilakukan dengan hanya sekali klik saja. Atau dengan hanya menggunakan handphone.
Meningkatnya kemakmuran, ketersediaan koneksitas dengan kecepatan tinggi dan penawaran-penawaran online yang semakin berkembang akan semakin memberikan pengaruh dalam tahun-tahun ke depan. Dengan pertumbuhan yang akan terus berlanjut ini, e-commerce menggambarkan peluang yang luar biasa bagi para peritel online dan pemilik jasa operator untuk memperluas basis konsumen mereka. 

Perempuan Digital Menulis di BLOG ( Website)



Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. 

Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).
Lalu muncullah banyak perempuan yang menggunakan blog untuk menuangkan ide-ide, pemikiran dan gagasan terhadap banyak hal. Ada saja yang bisa perempuan tuliskan dan ceritakan di blognya. Entah untuk tujuan mengekpresikan diri, untuk berbagi informasi atau ada juga yang menggunakan blog sebagai media untuk melatih dan mengasah keterampilan menulis.

Banyak juga lomba-lomba blog yang diikuti oleh para perempuan. Biasanya memang kebanyakan yang ikut lomba blog adalah perempuan. Kenapa? karena perempuan. Mempunyai banyak indra yang bisa digunakan untuk menangkap segala hal. Untuk menuangkan tulisan atau cerita dari sudut pandang yang berbeda-beda. 

Kemudian muncullah istilah Nge Blog

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. 

Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini.

Oleh karena itu Kartini Digital saat ini banyak yang menulis Blog. Sama halnya yang dilakukan oleh Ibu Siti Hajar yang cerita dan perjuangannya tertulis di dalam rukun ibadah Haji dan disebut di dalam kitab Al-Quran atau seperti ibu Kartini yang tulisannya juga bisa kita baca sampai sekarang.

Itulah sebabnya seorang perempuan yang juga ingin dikenang dan disebut lama namanya sampai kapanpun. sebaiknya harus lebih sering menulis. Agar ide, pemikiran dan gagasannya bisa dilihat dan dibaca sepanjang masa oleh anak cucu dan generasi muda kita.

Pertanyaannya, bagaimana cara memulai untuk menulis Blog tersebut.
Untuk belajar menulis di blog atau website kita juga bisa mengikuti Kursus Website atau Cara Membuat Blog. Agar lebih mahir. Namun untuk tahapan awal, teman-teman bisa mengikuti tips dari saya berikut ini. Terutama buat yang baru atau newbie.
10 TIPS NGE BLOG ASIK BAGI PEMULA (NEWBIE)

1. Pilih salah satu media blog yang lebih nyaman untuk kita gunakan. Ada Wordpress atau Blogger

2. Beri nama blog dengan nama yang menarik dan mudah untuk kita ingat

3. Kemudian menulislah dengan hal-hal yang ringan. Misalnya dengan topik yang familiar, up to date atau berdasarkan pengalaman pribadi atau hasil wawancara dengan orang lain.

4. Berikanlah Foto atau gambar pada postingan yang akan kita buat. Sebaiknya gambar dan foto adalah yang mendukung artikel atau untuk tujuan memperjelas tulisan yang akan kita buat.

5. Kemudian belajarlah bersama dengan blogger lain untuk menambah skil dan pengetahuan

6. Hadirilah berbagai pertemuan blogger untuk mendapatkan informasi dan menambah pertemanan.

7.  Ikuti lomba untuk mengukur kemapuan dan mengasah kemampuan menulis. Serta belajar banyak hal dengan mengikuti lomba.

8. Luangkan waktu secara khusus untuk menulis blog agar lebih konsisten untuk menulis.

9. Kunjungi blog-blog teman-teman yang lain. Membaca dan memberikan komentar serta membalas komnetar di blog kita.

10. Nikmati proses dalam belajar menulis. Akan banyak hal yang akan kita temukan.

Nah, itu ada 10 tips dari saya bagi teman-teman yang akan memulai menulis Blog. Jika masih bingung . Bisa dilihat di video saya berikut ini ya.



Semoga kita bisa menjadi bagian sebuah perubahan dengan menuliskan hal-hal yang yang baik dan membagikan informasi. ide, gagagsan kepada orang lain. Terutama kaum perempuan.

Semoga tulisan kita tersebut bisa memberikan inspirasi dan tambahan wawasan bagi para perempuan. Semoga juga tulisan kita tersebut akan dikenang selamanya oleh banyak orang sehingga sebutan nama kita jug akan terus digunakan dan dikenang sepanjang masa.

Selamat hari Kartini para perempuan hebat. Kalianlah Perempuan Digital Indonesia masa depan ! Mari kita mmebuat sebuah perubahan dengan menulis.

Referensi, Google, wikipedia
Nielsen Global Survey
30 comments

Tipsnya simple dan gampang di implementasiin mba , makasih ya mba sudah mau sharing ilmu ngeblognya.

Salam Kartini Indonesia

Reply

Ini untuk bapak2 juga kan mbak. Hehee

Reply

Untuk bapak2 juga ini mbak? Hehe

Reply

Ngeblog itu susah-susah gampang, karena ilmunya sangat luas sekali. kalo saya tergantung niatnya sih. hihihi

Reply

Masih harus banyak belajar seluk-beluk​ nulis dan ngeblog. Makasih tipsnya

Reply

suamiku diajak ngeblog bilangnya gak bakat mbak hihi.. perempuan mmg multi tasking jd apapun dicoba

Reply

salam juga kartini Bobe

Reply

Terima kasih tipsnya mba. Jadi semangat selalu belajar :)

Reply

dengan kemajuan teknologi, para wanita semakin dimudahkan untuk berkarya yaa Mbaa :)

Reply

Mbk boleh minta alamt emailnya. Saya mau belajar tapi bingung harus belajar ke siapa . Tlong konfirmasinya dessysetiyautami891@gmail.com.mkasih

Reply

Saya awalnya ngeblog rada bingung mau nulis apaan tapi lambat laun alhamdulillah lancar nulis. Memang wanita harus serba bisa karena terlalu bergantung pada orang lain hanya akan membatasi ruang gerak. Dan semoga kita (perempuan) bisa menuju pada perubahan yang lebih baik.

Reply

cek di kontak saya ada alamat email saya

Reply

setuju, ngeblog meskipun bekerja di dunia maya menurutku penting buat ketemu langsung dengan para blogger di dunia nyata. Bisa ikut workshop atau semacamnya, buat nambah ilmu sekalian networking.
kapan-kapan kita ketemuan ya mbaaa

Reply

Yang saya tidak ketahui selama ini tentang Kartini adalah bahwa ternyata dialah penyebab dari munculnya terjemahan Al Qur'an di nusantara dulu khususnya di Pulau Jawa. Selama itu Al Qur'an adalah kitab suci yang dihafal tiap ayatnya namun tidak sama sekali dibolehkan diketahui maknanya. Namun karena rasa kepenasaranan dan keingintahuannyalah yang membuat ia bertanya kepada alim ulama kenapa Al Qur'an tikda boleh diketahui maknanya.

Reply

Kemarin baca profilnya Bu Mildaini di blognya orang lain. Hebat n bisa dijadikan blogger panutan ;)

Reply

Selamat Mbak, menang lomba ini :)

Reply

boleh dong, buat siapa saja

Reply

iya, yang penting nulis buat kebaikan

Reply

sama, saya juga, ilmu blogging luas

Reply

hehehe, sama suami saya juga, tapi sekarang mulai melirik

Reply

alhamdulillah, kita hidup di zaman yang canggih

Reply

sekarang udah pandai ya say

Reply

Selamat mbak telah menjadi perempuan digital dan menjadi pemenang :)

Reply

keren mbak milda, banyak yang ingin mulai menulis ya dan jadi blogger, tapi blog saya malah lumutan

Reply

kayaknya para pria juga boleh nih belajar dari ini ya mb hehehe

Reply

Lumayan mbak sambil belajar sedikit demi sedikit nambah ilmu. :)

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.