Menu

Kamis, 02 Maret 2017

/

Assalammualaikum Wr. Wb

Cara Melatih Kecerdasan Naturalis Pada Anak. Siapa sih yang gak mau punya anak pintar dan cerdas. Pasti semua orang tua  mau ya. Kabar gembira bagi orang tua, bahwa kecerdasan bisa diajarkan atau dilatih sejak dini. Jadi benar ya tidak ada ada yang bodoh. Yang ada kita orang tua yang tidak tahu atau belum merangsang kecerdasan anak. Padahal cara merangsang atau melatihnya sangatlah mudah. Ya, hanya dengan cara bermain.

Setiap anak paling suka jika diajak bermain. Terutama untuk usia 1-6 tahun. Maka kita gunakan cara bermain untuk melatih dan merangsang kecerdasan anak tersebut.

Tetapi permainan apakah yang cocok untuk melatih kecerdasan anak tersebut. Lalu kecerdasan seperti apakah yang bisa dilatih dengan permainan.

Mulai bingung atau mulai tertarik alias penasaran.

Baiklah, kita ingatkan terlebih dahulu ya, Kecerdasan majemuk pada anak ada delapan jenis. Yaitu Kecerdasan Kinestetik, Kecerdasan Logika-Matematika, Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal , Kecerdasan Visual Spasial dan Kecerdasan Naturalis.

Dalam bahasan kali ini saya ingin membahas salah satu dari kecerdasan tersebut dan permainan yang bisa kita lakukan untuk merangsang kecerdasan tersebut. Ya, kita akan diskusi seputar kecerdasan Naturalis ya.

Eh, tunggu dulu udah ada yang tahu belum kecerdasan naturalis itu apa. Kalo belum, yuk simak dulu penjelasan berikut ini.

Kecerdasan Naturalis merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar yang berkaitan dengan pemahaman terhadap lingkungan sekitar kita seperti tanaman, binatang atau benda mati seperti air, batuan atau gejala alam seperti hujan atau panas, atau tentang ruang angkasa.

Jadi kita bisa mengajak anak-anak bermain dengan memanfaatkan lingkungan sekitar ya. Gak perlu jauh-jauh. Cukup di awali dengan yang terdekat dan berada di sekitar kita. Di sekitar lingkungan atau perkarangan rumah.

Kali ini saya mengajak Athifah, anak kedua saya yang bulan Juni nnati berusia empat tahun. kebetulan di samping rumah ada kebun bunga. Kebetulan juga bunga Asokanya sedang berbunga. Warna bunganya yang merah tentu saja sangat menarik perhatian Athifah.

Dengan bermain di kebun bunga, saya ingin mengasah kecerdasan naturalis Athifah lewat tanaman. Saya mengajaknya untuk mengenal bunga, daun, batang dan akar. Termasuk memberitahu bagaimana cara merawat tanaman. Dengan menyiram tanaman secara rutin, membersihkan tempat tumbuh tanaman tersebut. Termasuk juga mengajarkan untuk tidak sembarangan mencabut, memetik atau merusak tanaman.

Athifah pun sangat senang ketika diberikan penjelasan tersebut. 

Saya lalu bertanya kembali , kemudian Athifah menunjuk apa yang saya maksudkan. Misalnya. saya menyebutkan 

Mana bunga?

Daun warna apa?

Bunganya berwarna apa?

Jika  bunganya tidak disiram , apa yang akan terjadi?

Boleh tidak, kita memetik bunga atau merusak tanaman?

Dan banyak lagi pertanyaan lainnya seputar tanaman dan lingkungan sekitar yang pasti akan ditanyakan oleh anak. Mereka pasti senang dan selalu ingin tahu.



Bagaimana, sangat mudah ya untuk melatih dan merangsang kecerdasan naturalis anak. Bisa kita lakukan di rumah dan dilakukan secara berulang.

Oh, ya teman-teman mungkin punya ide yang lain untuk mengasah kecerdasan naturalis anak atau kecerdasan yang lainnya. Jika teman-teman punya banyak stok permainan ada baiknya ikut bermain atau ikut tantangan dari susu Morinaga. Yaitu tantangan bermain selama 30 hari. 

Saya sudah ikutan loh, dan emang caranya sangat mudah



Tantangan yang dimaksud adalah seperti ini. Teman-teman bisa berbagi tentang permainan yang biasa dilakukan bersama anak di rumah. Selama 30 hari. Caranya dengan mengupload foto atau video ke website Morinaga tentang permainan tersebut. Jika sedang buntu ide atau butuh inspirasi. Di website juga sudah disediakan ide-ide permainan yang bisa teman-teman coba bersama anak di rumah. 

Oh, ya ini khusus buat teman-teman yang punya anak usia 1 -6 tahun ya. Sehingga mudah nanti diajak bekerjasama untuk bermain dan mengembangkan ide yang sudah direncanakan.

Caranya juga sangat mudah, Bisa dicek langsung ya ke webnya.


Ada hadiahnya loh, bagi yang sukses memenuhi tantangan tersebut. Keren dan manfaat sekali hadiahnya.

Gimana tertarikkah, sangat tertariklah ya. Cara bermainnya juga mudah. Ya, sudah segera daftar ya.
Hayo , ikutan program #30HariMain ini ya, Semoga beruntung.
2 comments

caranya gampang2 sedap ya.. sambil main anak2 gak kerasa ada pelajaran yg dia bisa dapat.

Reply

Salah satu kelemahan teori Multiple Intellegence ini belum ada alat ukurnya... Jadi indikator keberhasilan masih subjektif berdasarkan penilaian individu...

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.