nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

14 Fakta Unik Tentang Brownies yang Harus Kamu Tahu


Assalammualaikum Wr. Wb

Siapa suka makan Brownies. Saya yakin pasti banyak yang suka. Kue lezat berwarna coklat ini memang disukai hampir semua orang. Baik anak-anak, orang dewasa sampai orang tua sangat menyukai makan Brownies. Apalagi jika dimakan ditemani dengan minuman , seperti kopi, teh dan lain sebagainya. Makan Brownies jadi semakin nikmat.


Apalagi sekarang banyak sekali inovasi yang dipakai orang untuk memasak atau membuat Brownies. Persaingan dan kreatifitas sangat diperlukan di dalam dunia perdagangan aneka kue termasuk Brownies. Selalu ada inovasi atau tampilan kreasi baru yang berbahan baku Brownies. Para pencinta resep kue selalu saja punya ide untuk kreasi kuenya.

Sebut saja Browza, udah tahu apa belum apa itu Browza. Itu loh nama dari Brownies Pizza. Browza sangat menekankan penampilan pada toping atau bagian atas kue Brownies. Toping yang beraneka ragam itu seolah membuat kue Brownies ini memang mirip Pizza. Tampilannya juga jadi semakin menarik. Lucu dan bikin gemes.



Adanya aneka toping di atas Brownies tentu saja menambah cita rasa yang berbeda saat makan Brownies. Jika selama ini kita cuma tahu rasa Brownies itu coklat. Maka saat makan Browza, kita akan merasakan rasa nano-nano seru!.

Gak percaya? cobain aja . Saya jamin pasti ketagihan.

Beberapa waktu lalu, saat hari kelahiran Kakak Nawra, anak pertama saya. Dia mendapatkan satu loyang Browza. tentu saja Nawra sangat senang. Bentuknya yang lucu membuat Nawra tak tega untuk menyantapnya. Lama dia pelototin topingnya. 



Jangan ditanya soal rasanya ya. Anak-anak saya Alhamdulillah sangat menyukainya. Apalagi memakan topingnya. 

Namun tahukah kalian fakta unik tentang Brownies itu seperti apa.  Sudah tahu apa belum hal-hal penting yang harus kita ketahui seputar Brownies.. Jangan cuma tahunya makan Brownies aja, hehehe.

Ternyata sebuah Brownies coklat itu pada awalnya  adalah sebuah penganan yang dipanggang yang berbentuk persegi, datar atau bar dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan dipopulerkan di Amerika Serikat dan Kanada pada paruh pertama abad ke-20.



Sejarah Brownies pertama kali muncul di hadapan publik pada tahun 1893. Saat itu digelar sebuah acara berupa pameran yang bertajuk Columbian Exposition yang diselenggarakan salah satu kota besar di Amerika, Chicago, Illinois. Pada saat itu seorang koki dari Hotel Palmer House membuat suatu inovasi kue setelah sang pemilik hotel Bertha Palmer memintanya untuk menghidangkan makanan penutup untuknya dan para perempuan yang hadir pada pameran tersebut. Sang koki diminta untuk membuat kue yang lain daripada yg lain dipotong kecil-kecil agar mudah dimakan

Selain itu ada beberapa fakta unik yang harus kamu ketahui mengenai Brownies

1.Brownies kukus maupun Brownies panggang adalah aroma dari coklat yang begitu khas, harum dan menggoda selera.

2. Membuat Brownies pada umumnya terdiri dari 3 langkah dasar; mentega dan cokelat dicairkan, telur dan gula dikocok bersama dan terakhir masukkan sedikit terigu. 



3.Jangan terlalu lama mengocok adonan karena Brownies akan menjadi basah, padat dan kenyal. Terlalu lama dikocok akan menyebabkan Brownies keras atau berbentuk lapisan kering tipis pada permukaan kue 

4..Kocoklah bahan-bahan basah dan kering hingga tercampur saja, jangan terlalu lama mengocok setelah telur dimasukkan.

5.Resep Brownies dimulai dengan mencairkan mentega dan cooking chocolate (cokelat batang/cokelat masak). Gunakan 2 panci dengan ukuran berbeda. Panci besar diisi air mendidih, lalu letakkan panic kecil di atasnya dan isi dengan kedua bahan tersebut, aduk-aduk hingga cokelatnya mencair.


6.Untuk meningkatkan tekstur Brownies, adonan mentah di loyang dapat disimpan dulu dalam lemari pendingin selama beberapa jam atau semalaman sebelum dipanggang.

7.Gunakan loyang dari stainless steel agar panasnya merata. Hindari pinggan dari gelas maupun loyang berwarna gelap dan anti lengket, karena kue bisa menjadi basah dan volumenya berkurang.Brownies dapat dipanggang dalam cetakan muffin kecil, agar tidak repot memotongnya.

8.Alasi loyang dengan alumunium foil biar bersih.



9.Bila Brownies menggunakan kacang, gunakan yang telah dipanggang untuk meningkatkan aroma kacang.

10.Untuk Brownies jenis fudge, keluarkan kue segera setelah pinggiran kue sedikit menyusut dari loyang. Bagian tengah kue masih sedikit liat dan lengket, tetapi segera mengeras setelah kue dingin. 

11.Untuk Brownies jenis cake, tusukkan lidi di tengah kue, bila remah-remah kue melekat pada lidi berarti sudah matang.


12.Biarkan Brownies dingin diloyang sebelum dilepaskan dari loyang dan dipotong-potong.

13.Brownies dapat tahan disimpan dalam wadah tertutup rapat. 

14.Bila hendak dinikmati, jangan dinginkan di kulkas karena akan membuat Brownies kering, kecuali bila hendak disimpan lama, karena Brownies tahan 4-6 bulan dalam freezer.



Semua fakta unik ini harus dipahami dengan baik ya. Supaya tidak gagal dalam membuat Brownies yang lezat. Supaya rasanya tetap enak dan enak dinikmati. Tapi kalo takut atau kuatir gagal membuat Browniesnya. Kamu bisa kok tinggal pesan saja. aman kok, caranya tinggal hubungi saja kontak di bawah ini

Instagram @Moystuff_
Line : Mumumoy
Wa 0896 8618 6196 

Baca Juga

Related Posts

19 comment

  1. Artikel yang sangat bagus untuk dibaca! Salam Kenal!
    freddygunawan.com

    BalasHapus
  2. MAntab hiasannya mbak. Bikin anak2 suka bange ituhh :)

    BalasHapus
  3. orang tua pasti suka apalagi anak2 suka warna warni..

    BalasHapus
  4. Lihat gambarnya jadi laper, pengin nyicip, hehe

    BalasHapus
  5. Tanya dong kakak, aku suka bikin brownies kukus pas matang bagian atas gelombang, solusi tahu gak kakak biar gak bergelombang.

    BalasHapus
  6. waduwwwhh ngiler aku mba Mil
    anak kost dipamerin ginian tega bener si mba Mil hahhahaa

    BalasHapus
  7. Coba deh brownies tauco. Baru ada dan hanya ada di Cianjur :)

    BalasHapus
  8. Ternyata brownis ada macem macem nya ya mbak ?

    aku kira brownis ya pokoknya yang item bantet tapi enak itu :D

    BalasHapus
  9. Mba Milda, brownisnya bikin ngiler. Hihiiii

    BalasHapus
  10. Wow browniesnya bikin laper, toppingnya warna-warni. Cakeeup!

    BalasHapus
  11. Fav aku brownis buat teman minum teh di pagi hari. Ah, jadi pengen beli

    BalasHapus
  12. Ooh Brownies banyak macamnya ya. Makasih tips membuat brownies-nya, kakakku suka banget membuat kue ini.

    BalasHapus
  13. Ahhh yummy...jadi pwngwn icip brownis.

    BalasHapus
  14. Wah seandainya aku bisa bikin brownies enak hehehe adh 2x aku buat mbak...eh msh gagal agak bantat gitu. Tks ya mbak Milda infonya bermanfaat bgt.

    BalasHapus

  15. Huaaa,ini brownisnya Ria Fasha kan ya Mbak? Huuaaa pengen coba jugaaaa..

    BalasHapus
  16. Mau ngabisin semua topingnya plus browiesnya sekalian..hmm..yummy

    BalasHapus
  17. Nyam, aku jg suka brownies. Kue ini meski gak dihias atau dikasi topping tetep enak :D

    BalasHapus
  18. Izin copas kak buat tugas sekolah😀

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin