Menu

Kamis, 09 Februari 2017

/

Assalammualaikum Wr. Wb

Saya suka makan buah jambu, kamu gimana? suka juga bukan? Nah, kalo saya suka Jambu Biji atau, Jambu Batu, warna putih. Maksudnya kulit buahnya berwarna putih. Makannya sama kayak makan buah Pear. Awal makan jambu ini saya sempat mikir. Ini Jambu apa buah Pear sih. Kok, rasanya empuk banget kayak Pear dan banyak kandunga airnya. Gak mau berhenti makannya. Jambu biji putih ini disebut juga sebagian orang dengan sebutan Jambu Kristal. Memang kuperhatikan mirip kristal deh. Supaya teman-teman gak penasaran. Saya mau mengulas seputar Jambu Kristal dan manfaatnya ya bagi kesehatan. Mari ikuti ulasan saya berikut ini

Baiklah sebelumnya kita ulik dulu secara cepat, siye! Apa itu Jambu Biji, Jambu Batu, Jambu Kristal, supaya lebih kenal. Jangan cuma dimakan aja ya.


Tapi sambilan ya saya kupas dulu plastik dan bungkus buah Jambunya. Saya udah gak sabaran lagi pengen potong Jambunya dan makan.

Oke kita lanjut lagi membahas Jambu.

Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. 

Nah, kalo dulu Jambu sejenis ini disebutnya Jambu Bangkok ya. Wajar saja karena yang menyebarkannya dari wilayah Bangkok. Kami dulu punya pohonnya. Cuma gak bertahan lama, ya maklum tanaman cangkokkan biasanya tumbuhnya gak bertahan lama ya. Agarnya bukan agar tunggal, atau sering disebut cuma akar serabut. Saya sih, gak begitu paham soal akar tumbuhan. Intinya tanaman yang tumbuh dan ditanam bukan berasal dari biji. Tumbuhnya atau hidupnya gak lama.

Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.



Terlihat ya, daging buahnya berwarna putih dan tebal. Emang mirip sekilas ama buah Pear ya



Nah, itu soal jambu biji atau jambu batu ya. Kalo Jambu Kristal merupakan mutasi dari residu Muangthai Pak,ditemukan pada tahun 1991 di District Kao Shiung-Taiwan.

Jambu Kristal diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1991 oleh Misi Teknik Taiwan. Jambu Kristal sebetulnya tidak benar–benar tanpa biji tetapi jumlah bijinya kurang dari 3 persen bagian buah. Selain jumlah bijinya nyaris nol, rasa buahnya pun manis, tekstur buahnya lembut tetapi renyah. 

Emang masih terlihat di dalamnya ada bijinya tetapi sangat sedikit. Banyakkan daging buahnya. Hampir tidak terlihat bijinya ya.



Sebelum Jambu Kristal diperkenalkan di Indonesia sudah terlebih dahulu ditemukan jenis jambu tanpa biji lainnya yaitu Jambu Sukun. Soal Jambu Sukun, lain waktu saya ulas ya secara khusus. Hari ini saya mau fokus ngebahas seputar Jambu Kristal dulu. 

Di Indonesia, kelompok tani Jambu Kristal awalnya berada di desa Cikarawang. Melalui pembinaan Institut Pertanian Bogor mereka mengembangkan jenis jambu ini dan menganalisis prospek bisnisnya. Dan ternyata prospeknya bagus. Jambunya juga banyak disukai orang.


Daun Jambu Biji dikenal sebagai bahan obat tradisional untuk batuk dan diare. Jus Jambu juga dianggap berkasiat untuk membantu penyembuhan penderita demam berdarah dengue. 

Daun Jambu  sudah dikenal sejak dahulu sebagai pencegah dan mengurangi diare. 3 helai daun jambu biji direbus dengan 2 gelas air putih lalu direbus,lalu disaring dan diminumkan pada orang yang terkena diare.

Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. serat menghalangi penyerapan kolesterol LDL oleh usus.



Salah satu kandungan Nutrisi yang terdapat pada Jambu yang bermanfaat untuk tubuh adalah asam askorbat atau vitamin C. Di dalam Jambu Biji terdapat 126 miligram vitamin C lebih dari 90 miligram asam askorbat .

Kedua zat ini diperlukan untuk orang setiap harinya terutama  untuk perempuan agar awet muda. Menurut Linus pauling institute.vitamin C membantu  menjaga bagian setiap jaringan tubuh .

Vitamin C pada Jambu berperan menumbuhkan kolagen.protein yang mendukung sel  dan jaringan tibuh untuk tetap utuh.



Potasium dalam Jambu membantu menurunkan kolesterol dan mencegahnya menggumpal sehingga tekanan darah tetap terkontrol. Potasium diperlukan untuk menjaga detak jantung dan tekanan darah. 

Ini benaran ya, bukan karena daging buahnya yang tebal, jadi kayak Tembaga. Jambu juga tinggi kandungan tembaga yang  bermanfaat untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid yang merupakan salah satu kelenjar paling penting dalam tubuh. Tembaga akan mengatur metabolisme tiroid dengan membantu mengontrol produksi dan penyerapan hormon.



Jambu biji mengandung vitamin B3 (niacin) yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan menstimulasi fungsi kognitif. Jambu biji juga memiliki vitamin B6 yang merupakan nutrisi penting untuk otak dan saraf.

Jus jambu biji yang belum matang bermanfaat untuk meredakan batuk dan pilek. Astringent, vitamin C, dan zat besi di dalamnya akan membantu meredakan hidung tersumbat, membersihkan sistem pernafasan, tenggorokan, dan paru-paru, serta mencegah perkembangan mikroba.

Penasaran cara mendapatkan atau membeli Jambu ini dimana? Tenang saya punya kok kenalan penjualnya. Silakan hubungi

Beni Sumarlin
Instagram  @benisumarlin
Fanspage : Agen Jambu Kristal
Wa 0853 8425 2430

Dalam satu kilo ada sekitar 3 sampai empat buah Jambu ya. Tergandung besar kecilnya . Semua Jambunya sudah diberi plastik atau kertas buah khusus dan sudah diberi wrap atau pembungkus sehingga kesegaran buah tetap terjaga . Termasuk kebersihan buahnya juga terjamin.



Ya, udah tunggu apa lagi. Kalo mau pesan buahnya sekarang. Tinggal hubungi no kontak dan sosial media penjualnya yang saya berikan di atas ya

Salam, selamat makan Jambu ya!

20 comments

Aku suka sekali jambu kristal, mba. Pernah tetanggaku jual tapi sayangnya hanya sekali saja . PAdahal enak banget

Reply

wah... aku juga suka banget makan jambu. Selain Ubi talas, Bogor juga terkenal sama buah jambunya. Jambu kristal enak, dagingnya tebal dan kriuk banget. seger. manis dan sempurna banget deh...

Reply

Aku kira jambu itu warnanya cuma pink hihii

Reply

Aku baru tahu kalau ini namanya jambu kristal. ^_^

Reply

Tiba2 pengen. Beli ah. :D

Reply

Di sini kok susah ya cari jambu itu? :(

Reply

order ke kontak di atas aja mba, ntar dianterin

Reply

emang enak kan ya, nagih makannya

Reply

hahaha, ada kok, kombinasi mungkin nanti juga ada, renbow

Reply

Harganya sekilo berapa yaa, mba..?
Iih..yang bikin ngiler dari semua manfaatnya apalagi coba..kalo bukan awet muda.

Hiihhi...
Ga perlu suntik-suntikan botox buat tampil menawan.

Reply

Suka jugaaak.. kenal buah ini pas tante tinggal di Medan suka bawa kalo pulang kampung. Ada manisannya juga. Euh jadi kangen pengen makan

Reply

gedhe2 ya jambunyaaa, aku suka jambu kristal jg :D
dirujak enak, dibikin asinan enaaak :D

Reply

Hihiu.. selama ini tahunya segala jenis jambu beginian ya jambu biji. Cuma ada yg putih, merah sama ga berbiji. Ternyata namanya jambu kristal ya mba. Hihi.. baru tahu.. #tutupmuka

Reply

Sukaaa banged sama jambu kristal ini.. Jadi pengen jambu biji yang belum matang, pas banged buat Aku yg lagi Flu dan batuk.
Thanks for share Mbak.

Reply

kemecer aku mba, secara aku suka banget ama jambu :-D
yang jambu kristal lebih suka kayak lebih manis gitu

Reply

jambu kristal ini enaak, aku kadang dibuat rujak juga tetep enak hihi

Reply

Saya tak pernah melewatkan hari tanpa makan buah jambu kristal saat masih di Taiwan. Sekarang lihat Saha susah. Ini malah baru dapat lagi infonya. Trims ya :)

Reply

ini salah satu buah kesukaankuu :)

Reply

Satu hari bisa makan 2 sd 3 biji jbi kristal....saking sukanya

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.