Menu

Minggu, 12 Februari 2017

/

Assalammualaikum Wr. Wb

Bayi saat memasuki usia tujuh bulan , mulai akan diperkenalkan dengan makanan lainnya selain ASI. Istilah yang sering kita ucapkan adalah Makanan Pendamping ASI atau makanan yang diberikan selain ASI. Iya, selepas masa ASI eksklusif. Dimana bayi sampai dengan usia enam bulan hanya makan dan minum ASI saja belum makan atau minum yang lainnya. Selepas usia tersebut. maka bayi butuh tambahan makanan, Bayi perlu mengenal makanan yang lainnya. Bukan cuma mengenal sih tetapi juga memakannya atau minum. Lalu pertanyaannya, jenis makanan apa sih yang sering atau enak diberikan untuk bayi.

Saat Annasya, putri ketiga saya lulus dari ASI Eksklusif maka saya pun segera mengenalkan dengan jenis makanan yang lainnya. Ya, sedikit demi sedikit. Supaya dia juga mulai terbiasa dan mau makan selain ASI. 

Ini juga penting untuk melatih pertumbuhan giginya. Dan yang lebih penting juga untuk kesehatannya juga. Agar tumbuh kembang bayi sesuai dengan usianya. 



Awal-awalnya sempat bingung dan mikir. Nasya, kira-kira suka makan apa ya. Apakah dia juga akan sama dengan kedua kakaknya Nawra dan Athifah yang doyan hampir semua jenis makanan.

Lalu saya mulai mencoba membelikan, mengolah dan akhirnya mencobakan makanan tersebut kepada Nasya. Saya berikan perlahan. Sedikit demi sedikit. Ya, namanya juga baru pengenalan . Jadi otomatis tidak langsung sukses. Saya mencobakan beberapa jenis bahan makanan. Namun, ada tiga jenis makanan yang sangat disukai Nasya . Jika ketiga jenis makanan ini diberikan. Nasya akan melahapnya dengan semangat.

Apakah jenis makanan tersebut, mereka adalah

1. Labu
Labu ada banyak jenisnya. Namun Nasya sangat suka makan Labu Kuning atau sering disebut orang-orang dengan nama Perengi, Labu Pumpkins , dan lain sebagainya.

Cara memasaknya juga cuma dipotong kecil lalu dikukus sampai matang. Setelah matang bisa diblender atau bisa hanya dilumatkan dengan tangan atau dibantu dengan di sendok


Selain jenis Labu itu. Nasya juga menyukai makan Labu Siam. Dengan cara pengololahannya yang sama dengan Labu Kuning. Namun Nasya lebih suka Labu Siam karena banyak mengandung air.




2. Kentang
Nasya juga sangat menyukai makan Kentang. Terutama jika baru dimasak. Dilumatkan dan didiamkan agak dingin. Baru dimakan. Nasya sangat suka. Hanya saja yang perlu diperhatikan. Saat mengkukus Kentang sebaiknya dalam keadaan sangat pulen atau lembut. Sehingga nyaman dimakan oleh bayi. Jika kurang masak. Maka baunya akan sangat berbeda dan tidak enak dimakan. 

Sebaiknya juga Kentang dikukus saja bukan direbus. Hal ini karena dikukus jauh lebih sehat, cepat dan mudah.


3. Ubi
Untuk jenis Ubi. Nasya hampir menyukai  semua jenis Ubi. Nasya sudah pernah makan Ubi Putih, Jalar, Orange, Ungu dan Kayu. Namun yang paling dia sukai adalah  untuk Ubi Ungu. Dengan syarat hampir sama dengan masak Kentang tadi. Harus dikukus dengan sangat lembut dan empuk sehingga nyaman di lidah dan aman diperut. 



Untuk pengolahan selanjutnya setelah dikukus. Bahan-bahan bisa dihaluskan secara manual dengan menggunakan sendok. Atau bisa juga dengan menggunakan blender. Hasilnya atau bentuknya akan seperti gambar di abwah ini.


Jika akan diblender sebaiknya segera setelah bahan matang. Masih dalam keadaan hangat dan tidak perlu ditambahkan air. 


Saat memberikan kepada Nasya, saya hanya memberikan satu jenis bahan makanan saja, Tidak dikombinasi atau dicampur. Namun jadwal makannya yang saya bagi setiap hari agar ada variasi dan tidak bosan. Hanya makan itu-itu saja.

Memang sebaiknya tidak langsung dicampur dengan beras atau nasi. Namun perlahan-lahan. Saat anak sudah mulai tumbuh gigi atau memasuki usia sembilan bulan. Baru dikombinasikan dengan beras atau nasi. 


Hal ini penting untuk menghindari anak melakukan GTM, gerakan tutup mulut. Akibat terlalu cepat mencoba makan berbagai jenis makanan.

Sebaiknya juga saat memasaknya tidak perlu ditambahkan penyedap atau tambahan rasa lainnya. Biarlah secara alami. Rasa, bau dan warna dari bawaan dari masing-masing bahan makanan itu sendiri.

Nah, itu tiga jenis bahan makanan MP-ASI yang sangat laris untuk Annasya. Bahan tersebut sangat mudah ditemukan dimana-mana dan tentunya harganya juga sangat terjangkau

Baiklah teman-teman , selamat mencoba memberikan MP-ASI ya, semangat

8 comments

Bahannya dari umbi, ya? :D Tinggi serat dan karbohidrat

Reply

Kentang. :D Anakku suka banget sama kentang. :D

Reply

Wah pengetahuan baru nih buat calon ibu seperti saya 😍

Reply

anakku juga suka ubi ungu. Warnanya cantik dan rasanya manis.

Reply

gak juga kan labu bukan sayang

Reply

samaan ya, anakku suka direbus aja,

Reply

eaa yang calon ibu baru, butuh banyak ilmu ya

Reply

kalo anak keduaku bilang, bintang mba :D

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.