Menu

Minggu, 29 Januari 2017

/

Assalammualaikum Wr. Wb

Kebutuhan popok eh, diapers atau pampers yang sering disebut orang banyak bagi saya yang punya dua anak balita semakin hari semakin banyak. Ya, seiring dengan bertambahnya usia baby Nasya. Maka kebutuhan akan diaper semakin bertambah. Kalo dulu cukup 2-3 kali ganti sehari kalo tidak pub. Kalo sekarang sudah lebih. Apalagi kalo sedang pub. Nasya bisa pub sehari dua kali ya. Otomatis ganti diapers dua kali ya. Terus pagi dan sore setiap habis mandi, sudah pasti pakai diapers. Lalu yang paling penting , saat akan tidur. So, pasti pakai diapers. Namun sekarang ada clodi, itu loh cloth diaper atau popok kain atau pampers cuci ulang. Penasaran ya, saya akan bahas ya seputar clodi Little Hippo di postingan saya kali ini.

Kemudian untuk kakaknya Nasya, si Athifah yang sudah berusia 3, 5 tahun. Masih pakai diapers sih kalo malam. Siang gak, cuma kalo berpergian agak lama barulah Athifah menggunakan diapers.

Jadi kebutuhan diapers di rumah saya ada dua ukuran S  untuk Nasya dan L untuk Athifah. Coba hitung deh berapa pengeluaran untuk diapers saja. Udah deh, gak usah dihitung, sudah pasti banyak. Sudah jelas ngebuang uangnya setiap bulan. Ya, karena diapersnya buat sekali pakai.

Solusinya gimana, ya begini. Sejak hamil Athifah dulu tahun 2012, saya sudah tahu dan kenal dengan yang namanya clodi atau cloth diaper cuci ulang. Maksudnya cuci ulang itu. setelah dipakai bisa kita cuci dan dipakai kembali seperti biasa.

Bentuk penampakan clodi cuci ulang itu seperti ini. Terbuat dari kain yang lebut, sehingga nyaman digunakan oleh anak. Mudah dibersihkan atau dicuci kembali. Jadinya nyaman buat anak dan ibunya.



Clodi itu singkatan dari Cloth diapers ya, atau sering disebut diapers cuci ulang. Kalo orang-orang menyebut clodi. Ada bnayak juga orang menyebutnya dengan nama popok kain .Itu maksudnya ya itu, diapers yang bisa dipakai kembali setelah dicuci. Tidak dibuang seperti diapers yang lebih kita kenal sebelumnya.

Saat ini ada banyak dijual clodi. Banyak merek dan harga. Tergantung kebutuhan dan keinginan kita. Salah satu clodi produksi dalam negeri yang juga tak kalah dengan produk clodi luar negeri adalah Clodi Little Hippo.



Kemasan clodinya menarik sekali ya. Ada kemasan luar, keren juga untuk dijadikan hadiah atau kado. llau setelah dibukan pembungkus kertasnya. Clodi masih dilindungi dengan kemasan plastik lagi. Jadi ya bersih dan terlindungi.

Mari kita kenalan lebih dengan dekat clodi kece satu ini. Clodi Little Hippo saya singkat dengan sebutan CLH aja ya biar mudah disebutkan.

Ada 4 Jenis Clodi Little Hippo

1.Cloth Diaper Little Hippo - TeenyFit

Spesifikasi :
- Terbuat dari bahan lembut dan nyaman bagi bayi newborn
- washable and reusable sehingga ekonomis
- Untuk berat bayi 2,5 - 10 kg
- Terdapat snap untuk adjust ukuran S, M, L
- Model Cover, dengan 2 insert, Fit untuk baby newborn yang masih sering pup. Sehingga tinggal ganti insert saja jika terkena pup (asal cover masih bersih)
- Pilihan warna dan motif eyecatching



2.Cloth Diaper Little Hippo - ActiveFit 

Spesifikasi :
- Terbuat dari bahan lembut dan nyaman bagi bayi yang sudah aktif
- Washable and reusable sehingga ekonomis - Untuk berat bayi 5 - 20 kg
- Terdapat snap untuk adjust ukuran S, M, L dan XL
- Model Pant, dengan 1 insert, Fit untuk baby aktif sehingga ketika memakaikan tidak perlu dalam kondisi tidur. Tinggal pull up
- Pilihan warna dan motif eyecatching



3.Cloth Diaper Little Hippo - EasyFit 

Spesifikasi :
- Terbuat dari bahan lembut dan nyaman bagi bayi
- washable and reusable sehingga ekonomis
- Untuk berat bayi 3 - 16 kg
- Terdapat snap untuk adjust ukuran S, M, L dan XL
- Model Pocket, dengan 1 insert (3 layer microfiber dan 1 layer microfleece).
- Pilihan warna dan motif eyecatching



4. Cloth Diaper Little Hippo - KiddyFit

Untuk anak dengan berat badan 8 - 23 Kg

Baik itu jenis-jenis Clodi Little Hippo ya, kita bisa membelinya sesuai dengan usia anak atau sesuai dengan berat badan anak. Selain itu banyak pilihan warna dan motifnya. Lucu-lucu sesuai banget ama karakter anak-anak yang imut .

Sekarang kita kenali juga ya, bagian dari clodi itu apa saja. Setiap membeli clodi Little Hippo kita akan mendapatkan satu buah outer dan satu buah insert. Nah, ini apaan ya? Tenang akan saya jelaskan supaya paham

Bagian -bagian atau istilah-istilah Clodia

Secara umum satu paket clodi berisi outer dan insert. Penampakannya secara umum seperti ini




Outer
Kita sebut juga dengan nama kover, atau bagian luar clodi. Bagian luar yang ada gambar yang lucu-lucu itu Atau yang warnanya mencolok. Disebut outer karena memang untuk bagian atau dipakai pada bagian luar



Insert
Disebut juga dengan nama dalaman. Iya, bagian dalam clodi yang berguna untuk menampung air pipiis anak. Sifat insert ini menyerap air karena terbuat dari kain microfiber yang mampu menyerap air dengan air.



Perawatan Sebelum Menggunakan Clodi

Clodi sama dengan pakaian lainnya. Tentu saja di produksi secara pabrik dan menggunakan pengawet kain. Agar tidak dimakan kecoa atau seranngga lainnya. Oleh karena itu sebelum digunakan sebaiknya kita lakukan Pre-wash terlebih dahulu atau dicuci terlebih dahulu. Caranya juga sangat mudah. 
-.Masak air panas sampai mendidih
- Masukan insert terlebih dahulu ke dalam air yang sudah mendidih.
- Biarkan direbus selama lima menit
- Matikan kompor, angkat air yang masih berisi insert tadi
- Lalu masukan outer atau kovernya
- Diamkan selama kurang lebih satu menit
- Setelah itu baru dicuci seperti biasa, dengan menggunakan deterjen.

Setelah dipakai, untuk mencuci clodi, bisa kita lakukan sama seperti kita mencuci pakaian. Setelah kotoran dibersihkan, misalnya pub. Baru kita rendam dengan deterjen. lalu dicuci seperti biasa. Mencuci dan mengeringkannya juga boleh dengan mesin cuci. Sebaiknya dicuci dipisah dengan pakaian lainnya.

Saat ini ada juga dijual deterjen khusus untuk clodi atau kantong khusus untuk mencuci clodi di mesin cuci. Kita bisa membeli dan menggunakan hal itu jika perlu.

Oh, ya hampir lupa clodi ini sama halnya dengan diaper sekali pakai ya. pemakaiannya tidak bisa lama atau seharian. Sebaiknya diganti secara berkala. Jika tidak pub sebaiknya diganti setiap 3-4 jam sekali. Oleh karena itu dalam sehari sekurangnya kita butuh 3-5 clodi setiap harinya.

Tapi tenang, tidak akan boros karena clodi kan bisa dicuci ulang dan dipakai kembali. Jadi tetap hemat. meskipun pada saat membeli awal-awalnya harga clodi masih agak mahal. Namun jika kita hitung kebutuhan dan pengeluaran kita untuk pemakaian diapers. dengan menggunakan clodi, kita tetap jauh lebih hemat. Bahkan pemakaian clodi bisa diturunkan atau diwariskan kepada adiknya atau saudaranya yang lain.

Cara Menggunakan Clodi

Pertama, masukan terlebih dahulu outer ke dalam kovernya, Di setiap kover atau outer , silakan di cek, pasti ada lobang untuk memasukkan insert.




Kedua, setelah insert masuk. Stel dulu kancing di bagian depan clodi. Kancing tersebut berguna untuk menstel ukuran clodi sesuai dengan berat atau besarnya pinggang anak. agar tidak mudah melorot apalagi lepas.



Ketiga, setelah semua siap. Pasangkan ke pinggang anak seperti kita memasangkan celananya. Ada plester di bagian depan sebagai pengunci atau kancing pinggang. Tinggal kita katupkan atau tempelkan saja plestenya.



Setelah memakai clodi kita bisa juga memakaikan anak celana kembali. Atau saya sering kali tidak memasangkan celana kembali Soalnya motif clodinya sudah lucu, ya. Sudah anggap aja itu sebagai celananya, hehehe.

Hmmm, hampir lupa clodi kan terbuat dari kain. Bisa jadi masa atau daya serapnya menurun karena sering dipakai. Tetapi saya punya solusi untuk hal itu. Jadi clodi yang sudah lama dipakai dan daya serapnya sudah menurun. Kita lakukan proses pre-wash lagi. Seperti pada saat pertama kali akan dipakai dulu. 

Dengan menggunakan clodi, itu artinya kita juga sudah turut serta dalam melestarikan bumi kita dari sampah. Udah pada tahu kan, berapa banyak limbah sampah diapers sekali pakai yang kita buang setiap hari ya.  Banyak sekali ya, gak kebayang sampahnya kayak apa kalo dikumpulkan. 

Kalo teman-teman mau order atau ingin mengetahui lebih banyak tentang clodi Little Hippo ini bisa hubungi saja sosial media di bawah ini ya 


Clodi Little Hippo



Yang mau bergabung menjadi distributor  Little Hippo Cloth Diaper :
Call / Whatsapp : 08577-5577-511

Jangan lupa ya kunjungi website dan follow semua akun sosmed Cloth Diaper Little Hippo :

Website : www.littlehippo.id
Ig : https://www.instagram.com/littlehippoclothdiaper/
FP : https://www.facebook.com/LittleHippoClothDiaper/



31 comments

Bisa dipakai berulang jadi tidak menimbulkan sampah yang sudah menumpuk di bumi ini.

Reply

wahhh saya juga pengen ah gabung.... langsung meluncur gabung... hehehe

Reply

Wah ini anan buat balita,pakai clodi hippo emang keren deh

Reply

Suka dengan desain clodi hippo ini, ditambah lg produk dalam negeri. Makin cinta :-*

Reply

Clodi bikin hati bapak senang :D nggak cuma ibu saja, karena bisa berhemat :)

Reply

Saya juga pakai clodi Little Hipo lembut ya mba bahannya

Reply

Aduh motifnya gemasbanget mbak ihihi kalo zaman dulu popok kain mah warnanya putih trus cuma ditaliin ya. Sekarang lebih fashionable.

Reply

Perlengkapan anak kecil ini banyak macem dan printilan nya yaaa

Reply

Yang ungu sama kaya punya anakku. :D

Reply

Saya juga pengen nyoba pakai clodi buat anak saya yang baru 2 bulan. Lagi nyari-nyari info merk apa yang bagus. Makasih sharingnya mbak :)

Reply

praktis n hemat pake klodi...aku baru kenal klodi belakangan pasa nak2 udah sukses toilet training bahkans empet dpt hadiah jadi kadoin deh

Reply

nooha juga pakai, emang lembut banget

Reply

iya, ini salah satu solusi ya

Reply

hahaha, benar juga ya mba, bapak senang

Reply

iya dong, mak pintar pake clodi

Reply

pake ini aja, buatan anak bangsa

Reply

iya dong, masa si om aja yg mau gaya

Reply

iya, nyaman di kulit anak, lembut banget

Reply

hayo dukung produk dalam negeri ye

Reply

aman mak, aman juga dikantong

Reply

wah clodinya lucu yaaa
ubay juga dulu dari bayi makenya clodi mbak
sekarang kadang2 aja dipakai karena dah bisa ngomong kalo mau pup ama pipis ehhee

Reply

sekarang lebih praktis yaa model lengketin bukan kancing

Reply

sekarang lebih praktis yaa model lengketin bukan kancing

Reply

Berasa ya kebutuhan buat beli popok tiap bulan.

Reply

Pas Rani, anak pertama saya kemarin belum kenal nih yang namanya clodi. Dan emang yaa pospak itu boros banget. Huhuhu.

Insya Allah, anak kedua nanti (belum lahir sih) udah direncanakan pakai clodi aja. Makanya jadi sering cari-cari info tentang clodi :)

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.