Menu

Rabu, 25 Januari 2017

/



Assalammualaikum Wr. Wb

Zaman sekarang semakin maju dan canggih. Hampir semua layanan umum dipermudah aksesnya bagi siapa saja terutama pengguna. Salah satu layanan canggih itu adalah layanan yang mulai banyak menggunakan pulsa dan aplikasi. Kita sebut saja yang sedang marak sekarang ini adalah listrik pulsa atau sering juga disebut listrik pintar. Selain emang diberikan kemudahan. listrik pintar ini bukan cuma mudah saja, akan tetapi banyak banget kelebihannya, dibanding dengan listrik pasca bayar yang selama ini kita pakai. Sedikitnya ada sekitar 20 poin kelebihan dari listrik prabayar ini. Saya akan membagikan ulasannya kepada teman-teman semua.

Ceritanya ini diawali, Saat hendak memasang listrik di toko  saya, kami sudah beberapa kali datang ke kantor PLN untuk mendaftarkan pemasangan baru. Waktu pertama kali datang, diberitahu oleh petugas bahwa meterannya sedang kosong jadi belum bisa mendaftar. Lalu kami diminta untuk datang lagi sekitar satu minggu kemudian.

Ketika datang pada minggu berikutnya, memang saya melihat banyak sekali meteran baru yang siap digunakan. Tentu saja kami sangat senang, itu artinya kami bisa segera mendaftar dan memasang listrik di toko kami.

Tapi ternyata kami salah, itu memang meteran baru akan tetapi untuk daya 1300 dan ada stok sedikit yang 450 sedangkan yang kami butuhkan hanya daya 900 saya. Iya, hanya buat kebutuhan toko. Sebenarnya menurut saya kalo dipasang daya 450 saja cukup. La wong cuma buat lampu, TV, Kipas dan sesekali ngecas handphone atau menghidupkan laptop atau radio. Akan tetapi daya listrik 450 itu tidak diperuntukkan buat toko tetapi ada ketentuan khususnya. Misalnya saja buat keluarga muskin, daerah pelosok dan ada beberapa syarat lainnya. Jadi tidak bisa dimiliki oleh setiap orang. 

Oke deh, kami kecewa. Sudah beberapa kali mondar mandir ke kantor PLN. Akan tetapi hasilnya nihil. Saya dan suami tidak langsung pulang. Sengaja duduk dulu di ruang tunggu. Apalagi suami emang cuma ijin aja sebentar dari kantornya  buat nemani saya mengurusi hal ini. Kami ngobrol dulu sebentar sambil berpikir.Di tengah kami berpikir. Datang seorang petugas PLN. 

Setelah memperkenalkan diri, dia lalu menyarankan kami untuk mencoba memasang listrik pintar saja atau listrik pulsa. Selain proses pemasangannya lebih cepat dan mudah. Stok meterannya juga ada. Tersedia  untuk daya 900. Ini sebuah alternatif yang isa dipertimbangkan daripada menunggu meteran analog datang, entah kapan. Waktunya belum pasti.

Nanti, bapak dan ibu bisa mendaftar via online saja supaya lebih cepat dilakukan pelayanan. Saat mendaftar akan diminta sekalian untuk mengisi pulsa listriknya. Tinggal pilih saja berapa yang diinginkan. Sesuai kemampuan. Bisa dimulai dari harga Rp. 20.000. Semua pembayaran dilakukan secara online atau via bank. Jadi tidak ada transaksi di kantor PLN. Setelah data dipelajari, akan ada petugas yang akan menghubungi untuk konfirmasi pemasangan.

Sangat mudah, bapak dan ibu tinggal menunggu telepon atau konfirmasi dari petugas PLN. 

Mendengar penjelasan petugas PLN itu, saya dan suami tersenyum girang. Kayaknya bisa dicoba saran bapak ini. Tetapi, supaya tambah yakin. Sebelum mendaftar kami memutuskan untuk menelpon dan bertanya terlebih dahulu dengan saudara suami saya yang tinggal di kota Palembang. Keluarga mereka sudah mengganti listrik pasca bayar dengan listrik pulsa. Informasi dari mereka sebagai pengguna lama , saudara ipar saya sudah terlebih dahulu menggunakan listrik pintar daripada kami . Ini sangatlah penting. Untuk bahan pertimbangan.

Hasilnya, setelah pembicaraan telpon yang cukup lama tersebut. Suami memutuskan untuk mendaftarkan pemasangan listrik pulsa. Apalagi kami juga tahu  tempat dimana jual pulsa murah. Jadi pilihan menggunakan listrik pintar ini sangat tepat.

Sesuai saran petugas PLN , kami melakukan pendaftaran  secara online saja, sehingga tidak rentan yang namanya pungli atau kena biaya ini itu Dan pastinya lebih efisien. Suami saya tak perlu kemana-mana. Cukup dikerjakan dari rumah saja. Tinggal menunggu telepon.

Hasilnya, tak lama tak kurang dari sepekan, kami ditelpon oleh pihak petugas PLN untuk dipasang listrik. Dan benar, proses pemasangannya tak lama. Cuma sekitar satu jam dan  setelah dipasang karena saat mendaftar suami langsung mengisi pulsa. Lampu toko bisa langsung menyala.

Nah, dari pengalaman memasang listrik pulsa tersebut. Ada banyak hal yang membuat saya dan keluarga menggunakan listrik pulsa tersebut. Memang setelah saya cermati banyak sekali kelebihan listrik pulsa dibandingkan dengan listrik non pulsa atau kita sebut saja listrik pasca bayar.

Kelebihan listrik pulsa atau pulsa adalah

1. Pemasangan Baru Lebih Mudah dan Cepat
Saya pernah memasang instalasi listrik pulsa ini untuk toko pakaian saya secara online. Hal tersebut sangat mudah dan membuat saya terkoneksi dengan cepat . Serta dilayani dengan cepat dan baik


2. Bebas Mengendalikan Rekening Sendiri
Dengan adanya listrik pulsa ini kita bisa mengatur kebutuhan keluarga kita akan listrik. Kita bisa mengatur pembelian listrik secara berkala disesuaikan dengan kemampuan kita membeli pulsa dan kebutuhan. Saya mempunyai tetangga yang secara rutin mengisi pulsa di hari sabtu, sebesar Rp. 20.000. Waktu saya tanya kenapa setiap sabtu. Alasannya karena setiap sabtu dia gajian. Jadi pada setiap hari sabtu dia sudah mengatur keuangannya untuk membeli pulsa listrik 

3. Hemat Waktu
Dengan listrik pulsa kita tak perlu antri membayar tagihan listrik di kios pembayaran listrik. Bahkan pulsa listrik bisa kita beli secara online. Jadi tidak perlu kleuar rumah

4. Terkontrol
Dengan listrik pulsa kita bisa mengontrol pemakaian listrik yang akan kita gunakan. Kita bisa mengontrol berapa banyak kebutuhan listrik dan pulsa yang kita butuhkan dalam satu hari,satu minggu dan satu bulan. 

5. Pendaftaran dan Layanan Secara Online




6. Lebih Privasi
Kenapa privat karena tidak ada petugas yang  datang kerumah untuk mengecek , memeriksa dan mencatat pemakaian listrik kita. Meski menggunakan alat. akan tetapi karena harus difoto. Artinya petgas harus masuk ke rumah kita. Bagaimana dengan rumah yang terkunci atau sedang tidak ada orang di rumah/ Hayo, coba ditebak apa yang akan dilakukan oleh petugas. Apakah dia akan datang lagi atau malah maaf menembak saja berapa pemakian kita, hehehe. Ini sering kejadian bukan, tagihan listrik membengkak mendadak. 

7. Harga Listrik Tidak Mudah Naik
Udah pada tahu kan pemerintahan kita yang sekarang sering sekali menaikan tarif listrik atau TLD. Bahkan di tahun ini saja akan ada kenaikan beberapa kali. Oleh karena itu dengan listrik pintar kita tidak serta merta langsung naik ya. 

8.. Tidak Ada Beban Bulanan
Ini yang membuat listrik pintar banyak diminati. Ya, tidak ada biaya bulanan. Kalo listrik pasca bayar kita akan membayar biaya beban ditambah dengan berapa jumlah pemakaian listrik kita setiap bulan. Beban bulanan tersebut sellau tetap setiap bulannya. gak pernah turun. Yang ada mau naik.

9 Ada Kartu  ID Pelanggan dan Nama pelanggan 
Dengan nomer pelanggan atau nomer ID akan memudahkan kita untuk melakukan pengisian pulsa secara ulang. Apalagi jika kita lupa dengan nomer ID, kita bisa menggunakan nama pelanggan saja Kartu ini juga mmebuat kita mudah, tinggal memberikan kartunya kepada penjual pulsa. Tak perlu membawa kopelan atau salinan resi pembelian.







10. Bisa Dimatikan Kapan Saja
Saat berpergian jauh, misalnya ke luar kota. Kita bisa membuat litrik di rumah sementara tanpa perlu takut listrik tetap berjalan. Berbeda dengan listrik pasca bayar. Listriknya akan tetap jalan. Meski kita sudah mencabut tombol saklar pemakaian listrik. Terutama bebannya, tetep harus kita bayar, hehehe.

11. Ada Sistem Pengingat
Jika pulsa listrik isudah mau habis. Akan ada bunyi atau suara yang keluar dari meteran. Suara tersebut akan menjadi pengingat bagi kita untuk segera isi pulsa. Jika listrik pasca bayar, kita sendirilah yang harus mengingat, jangan sampai telat bayar. Ya, bayarlah listrik sebelum tanggal 20 setiap bulannya. Kalo kita lupa tanggal, ya udah kena denda dong.

12. Terhindar Dari Suap dan Pungli
Sama-sama tahu aja deh, yang namanya urusan beginian rentan ama yang namanya pungli. Ya, sebenarnya tergantung juga dan emang ada orang yang gak mau repot. Maunya terima beres. Jadi yang akhirnya terjadilah. Dengan pendaftaran secara online , kita bisa mengatasi bahkan memutus mata rantai suap. Bahkan membuat mudah kerja orang PLN loh. 





13.Tidak ada biaya UJL (Uang Jaminan Langganan)
Ketika kita mendaftar untuk pemasangan listrik baru, maka kita pelanggan akan dikenakan biaya UJL bagi listrik pasca bayar. Uang ini perlu karena sebagai jaminan untuk pemakaian listrik karena pelanggan membayar setelah listrik dipakai. Tetapi kalo listrik prabayar maka pelanggan yang akan membeli terlebih dahulu listriknya. Oleh karena itu tidak ada iaya UJL.

14. Bisa Beli Pulsa Dimana Saja
Penjual pulsa sekarang banyak sekali. bahkan di kampung, di pelosok desa, banyak. mudah dijumpai



15.Ekonomis
Listrik pulsa jauh lebih ekonomis dari listrik pasca bayar. Dipandang dari segi ekonomi sudah tentu kita akan lebih untung. Harga pulsa listriknya mulai dari Rp. 20.000,- Jadi lebih ringan apalagi saat duit tidak ada. Bisa beli seperlunya. 




16. Terhindar Dari Pemutusan
Saat kita tidak bisa membayar biaya listrik, sampai dengan tiga bulan. Maka listrik akan diputus. Bahkan satu bulan pun terkadang sudah mendapatkan peringatan dan ujungnya ya pemutusan listrik Dan saat akan mengurusnya kembali, Akan sama halnya seperti pasnag baru. Jika lama tak diurus.




17. Mengajak Kita Hemat Listrik
Dengan listrik pintar, kita akan diajak untuk menghemat listrik. Sudah pasti dengan sendirinya kita akan menjaga pemekaian listrik di rumah. Kita lebih disiplin menggunakan listrik. Apalagi saat listrik sudah berbunyi , itu tandanya pemakaian listrik mulai harus dikurangi. Jadi kita akan terlatih untuk hemat listrik.



18. Pencatatan Lebih Akurat
Hal ini karena sistem listrik pintar menggunakan sistem digital sehingga hasil yang diberikan sudah pasti jauh lebih akurat diandingkan listrik pasca bayar yang menggunakan sistem analaog yang sangat rentan dengan selisih.Oleh karena itu kesalahan pencatatan akan terhindar dengan listrik pulsa ini.

19.Tidak Ada Batas Masa Aktif
Jika pada listrik pasca bayar. Maksimal menunggak adalah sampai tiga bulan. Kemudian listrik akan dicabut. Tapi dengan listrik pintar tidak ada istilah batas masa aktif.

20. Terhindar dari Bahaya dan Resiko Kebakaran
Pada listrik pasca bayar kita tidak bisa membuat lsitriknya mati. Apalagi untuk beberapa waktu tertentu. Hal ini membuat kita terpaksa meninggalkan rumah dalam kondisi saklar atau meteran listrik yang masih hidup. Hal ini tentu saja bisa mengundang banyak resiko dan bahaya bagi rumah kita, termasuk kita penghuninya. 

Oleh karena itu dengan begitu banyak kelebihan menggunakan listrik pintar tersebut. Maka tak ada alasan lagi bagi kita untuk menolak menggunakannya. Terutama jika ingin memasang baru. Sebaiknya gunakanlah listrik pulsa saja.

Namun, banyak juga teman saya yang beralih dari menggunakan listrik pasca bayar, jadi pindah menjadi listrik prabayar.

Untuk ulasannya, lain waktu kita bahas lagi ya secara mendetil. Nanti saya survei dan wawancara dulu deh teman-teman yang sudah mutasi listriknya , hehehe

Salam , mari hemat listik.
13 comments

Benar tuh, buat toko 450 aja cukup. Kios ku ada kulkasnya jg masih bisa kok.semoga sukses ya tokonya mak

Reply

Memang dg pulsa listrik kita bisa mengendalikan pemakaian. Bis ahemat juga :)

Reply

Aku nggak pakai listrik pulsa, mba. Teryata banyak juga ya kelebihannya :)

Reply

iyap betul... dengan listrik pulsa dapat memgendalikan pengeluaran. saya sekarang juga pindah ke listrik pulsa...

Reply

Tapi saya lebih hemat pake yang pasca bayar mbak. Di rumah banda aceh, pake prabayar, ratusan ribu habis sebulan. Sedangkan di kontrakan skrg, pake yang pasca bayar hanya 50ribuan

Reply

waktu masih di Cimahi bayar listrik suka pake ngomel karena naek terus. Sampe disini jadi diam seribu bahasa karena listrik bulanannya lebih edun lagi dan belajar menghemat listrik. Mungkin dengan sistem ini kita bisa belajar menghargai sumber daya alam itu harus bijaksana makenya

Reply

Iya pakai pulsa listrik lebih pro konsumen, bisa di atur sesuai kebutuhan.
Kalau pulsa mau habis ada warningnya sampe beberapa hari, tidak langsung putus. Kalau pun sampai kandas pulsanya dan listrik padam, cukup beli pulsa dan diisikan, udah deh nyala lagi. Gak perlu laporan dan gak usah ada denda utk menyalakan listriknya.

Pengalaman pakai listrik paska bayar yang kelupaan bayar (lewat tanggal 20)

Reply

ada enak enggaknya sih kalo pake listrik pulsa ini :3

nggak enak kalo lagi genting gentinggnya eh taunya pulsanya habis -_-

Reply

Sudah ada tipe beginian ya mbak...saya baru tahu..Jadi pake pulsa jauh lebih ekonomis ya.

Reply

Tergantung pemakaian kayaknya ya, bisa lebih hemat atau boros. Waktu di Padang, listriknya bersubsidi bisa hemat. Rumah di Lampung boros deh hihi

Reply

Umi, ceritanya di kosan aku sekarang ini pake listrik pintar nih, tapi sejak ada woro-woro kenaikan tarif listrik, kalo ngisi 20ribu dapetnya Cuma 16ribu apa 18ribu ya. Pokoknya di bawah 20ribu deh. Terus kalo ngisi yg 50ribu, masa yang masuk Cuma 36ribu. Huaaah! Udah berkali-kali ngisi kayak gitu muluu. Hiks. Sekarang harus nyiapin 150ribu buat beli pulsa listrik doang. Padahal isi kosan ya standar aja. Paling berat kulkas sama dispenser doang.

Reply

Kadang sering lupa bayar listrik saking gampangnya bayar cuma tinggal setor dari hp doang, eh taunya kelewatan juga haha.Pernah didatangi abang-abang yang menyeramkan nagih listrik. Akhirnya transfer via hp di depan pintu sambil nunjukkin hasil pembayaran via m-banking :D

Reply

Baru tahu ternyata hematan pakai pulsa daripada bayar bulanan..

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.