Menu

Selasa, 20 Desember 2016

/

Penyakit Asma, sangat menganggu. Apalagi jika terjadi pada anak. Sayangnya tidak semua anak tahan dan kuat untuk melakukan pengobatan dan minum obat secara rutin. Oleh karena itu pengobatan penyakit Asma pada anak dapat dilakukan dengan cara lain. Misanya saja mengobati penyakit asma anak dengan menggunakan buah dan sayur.

Berikut ini, ada beberapa buah dan sayur yang juga bermanfaat untuk mengobati penyakit asma . Silakan mencobanya.

1. Buah Alpukat
Alpukat telah diketahui memiliki kandungan konsentrasi paling tinggi l-glutathione ialah makanan anti-asma yang mampu membuat perlindungan sel, melawan rusak disebabkan radikal bebas, dan detoksifikasi tubuh dari polutan serta zat beresiko lain. l-glutathione dalam alpukat juga bisa menolong peradangan quells sistemik dan melakukan perbaikan kesehatan usus yang rusak. Suatu sistem yang pada gilirannya menolong menghindari penyebab asma. Makan buah alpukat tanpa diolah terlebih dahulu lebih baik. Namun sesekali boleh juga dikombinasikan dengan cara lain, dibuat jus, smoonthie dan lain sebagainya.


2. Buah Apel
Apel memiliki kandungan quersetin yang sudah dapat dibuktikan berikan perlindungan yang kuat pada asma. sesuatu studi dari Eropa mendapatkan bahwa wanita hamil yang konsumsi sekurang-kurangnya empat apel per minggu, 53 % lebih rendah pada risiko melahirkan anak dengan asma.


3. Sayur Bayam
Suatu penelitian yang melibatkan 68.535 partisipan wanita menunjukkan bahwa konsumsi tinggi bayam terkait segera dengan menyusutnya resiko asma. Hasil riset ini barangkali didukung oleh fakta bahwa bayam tinggi kandungan vit. c, beta-karoten, vit. e, dan magnesium. Oleh karena itu sangat baik jika anak banyak mengkonsumsi sayur bayam.


4.Bunga Kenanga Kering
Selanjutnya bisa dicoba dengan. Meminum ramuan yang terbuat dari bahan dasar bunga kenanga kering. Bunga kenanga dipercaya bisa menjadi salah satu obat asma alami. Cara membuatnya, sediakan tiga kuntum bunga kenanga kering, lalu rebus dengan 200 cc air sampai mendidih. Setelah itu tutup wadahnya rapat-rapat. Barulah setelah airnya agak dingin, minum airnya sekaligus. Untuk menyembuhkan asma, cobalah minum ramuan herbal ini setiap hari secara teratur.

5.Bawang Putih
Bawang putih adalah obat asma yang sangat manjur terutama untuk asma tahap awal. Bawang putih bisa membantu organ pernafasan agar menjadi lebih lega dan mengurangi cairan lendir dalam organ pernafasan. Cara penggunaannya adalah :
  • Rebus 2 siung bawang putih dalam 100 ml air
  • Minum air rebusan ketika sudah dingin
  • Sebaiknya minum ramuan ini saat malam hari

6.Bawang Bombay
Bawang bombay adalah bumbu yang sangat ampuh untuk mengatasi serangan asma. Bawang bombay mengandung zat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada saluran pernafasan. Bawang bombay juga dapat menurunkan peradangan yang terjadi pada paru-paru. 


7. Jahe
Jahe yang terkenal dapat menghangatkan badan, ternyata juga merupakan salah satu obat asma tradisional paling ampuh. Jahe dapat membantu mengatasi peradangan, asma sendiri disebabkan karena ada peradangan pada saluran nafas bawah. Jahe dapat ditambahkan ke dalam campuran madu, madu + jahe. Madu merupakan kombinasi yang cocok untuk jahe. Selain rasanya yang nikmat, kombinasi ini akan semakin mempercepat mengatasi sakit asma Minum jahe dapat menghentikan bertambahnya lendir dalam saluran dengan mengatasi peradangannya, madu akan mengencerkan lendir yang ada sehingga dapat dikeluarkan.


8. Kunyit
Kunyit mengandung bahan aktif anti-inflamasi yang juga bisa menangani peradangan yang pada pembengkakan paru-paru serta konstriksi saluran pernapasan sepanjang serangan asma. Kunyit sangat ampuh saat mencegah kambuhnya tanda-tanda asma.


9. Kubis
Kubis kaya  vitamin c yang mempunyai kekuatan unik memblokir radikal bebas dan membuat kontraksi otot polos saluran napas sisi didalam. Kubis juga  sumber fitokimia beta-karoten sebagai antioksidan kuat mengurangi tanda-tanda asma atau mencegahnya.


10.Kopi
Kopi bisa menjadi minuman yang sangat membantu perawatan asma. Sesekali dengan minum kopi hitam pahit tanpa gula untuk menangkal serangan asma. Kandungan kafein dalam kopi bermanfaat untuk menghilangkan semua gangguan pernafasan dan melegakan saluran pernafasan. 


11. Buah Pisang
Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2011 oleh beberapa peneliti dari imperial college london, makan pisang tiap-tiap hari bisa menghindari asma. penelitian tersebut mendapatkan bahwa anak-anak yang makan satu buah pisang 1 hari, alami penurunan risiko tanda-tanda asma layaknya mengi sampai lebih kurang 34 %.



Nah, itu dia ada 11 jenis sayuran dan buah yang dapat kita gunakan untuk mengobati penyakit asma pada anak. Buatlah menu yang menarik. Ajak anak untuk mengkonsumsi secara rutin. Ada yang bisa langsung dimakan seperti buah alpukat, apel, pisang. Hal ini tentu saja sangat mudah bagi anak. Mereka tak terasa minum obat. seolah makan seperti biasanya.
Untuk buah dan sayuran lainnya, sebaiknya kita carikan pola yang baik. Agar anak tetap mau mengkonsumsinya dengan baik. Sehingga penyakit asmanya juga bisa berkurang.
Semoga lekas sembuh ya.

3 comments

Anakku punya permasalahan sama. Apalagi kalau alerginya kambuh. Suka depresi deh aku melihatnya susah napas. Ternyata sayuran dan buah di atas bisa membantu mengatasinya yak. Thanks Mbak udah sharing.

Reply

Gak bisa ngebayangin rasanya minum air banag putih. :'D

Reply

Syukurlah serumah gada yg asma. Tapi sharing di atas sangat peting sekali. Bayam ternyata bisa juga ya

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.