Menu

Sabtu, 19 November 2016

/

Assalammu'alaikum Wr. Wb

Dalam rangka ulang tahun kota Bengkulu yang ke 48. Pemerintah Bengkulu menggelar serangkaian kegiatan. Salah satunya adalah Bengkulu Expo 2016. Dalam acara ini banyak dipamerkan berbagai macam produk unggulan dari Bengkulu. Selain itu juga banyak ditampilkan hasil dari seni dan tradisi budaya Bengkulu. Menarik emang, jadi pengen lama-lama aja di standnya. Namun bagi saya kali ini ada yang lebih menonjol di stand kain besurek. Bukan cuma karena yang jagain para putri pariwisata Bengkulu yang cantik-cantik, ramah dan pintar tersebut. Tetapi pajangan kain besureknya yang bikin saya betah. Belum lagi itu  kain besurek yang ditampilkan bagus-bagus. Terlihat banget kalo besurek itu penuh pesona dan keindahan. Bisa aja nih, yang ngedesian stannya. Saya acungin jempol. Dinas Pariwisata Bengkulu emang keren.

Ramenya pameran kali ini membuat para panitia extra hati-hati juga untuk menjaga standnya. Supaya tidak ada yang terinjak oleh pengunjung. Ditulis di sana, berfoto silakan tapi tidak boleh naik ke atas panggung apalagi menginjak kain besureknya.

Para putri pariwisata dengan sopan santun mengingatkan setiap pengunjung jika ada yang lupa, belum tahu atau lalai. La, iyalah soalnya itu kain batik bagus-bagus banget. Kainnya juga halus, motifnya juga menarik hati pengen pakai. Kalo dibeli, pastilah mahal harganya

Salah Satu Sudut Pada Pameran Bengkulu Expo
Penasaran ya, kain batik besurek itu apa dan bagaimana ya. Untuk sejarah kain besurek, bisa teman-teman baca di sini ya. ulasannya lengkap. Supaya dapat gambarannya yang agak jelas.

Secara mudah kain batik besurek itu adalah kain khas Bengkulu yang motif atau gambarnya secara umum adalah tulisan Arab dan bunga Rafflesia. Meskipun ada juga kombinasi yang lainnya. Namun secara umum ya dua itu motifnya.

Batik besurek Bengkulu sudah masuk dan ditetapkan dalam salah satu warisan budaya Indonesia ya, jadi perlu kita dukung dan lestarikan. Termasuk kita publikasikan dan promosi secara luas. Salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah Bengkulu yaitu dengan mengadakan Karnaval Batik Besurek di setiap tahunnya yaitu pada setiap bulan November bertepatan dengan hari ulang tahun kota Bengkulu.

Tahun 2015, Karnaval Batik Besurek yang bertajuk Karnaval Batik Nusantara, masuk dalam rekor MURI untuk peserta menggunakan batik terbanyak. Keren ya, sudah bisa masuk rekor MURI.

Adapun beberapa motif dan model kain besurek yang dipamerkan dalam Bengkulu Expo 2016 ini di antaranya adalah sebagai berikut. 








Cantik-cantik ya motif, warna dan kombinasinya. Membuat hati ingin memilikinya. Harganya berapaan ya, kalo batik biasa , harga dimulai Rp. 25.000. kalo tulis bisa kali sampai sejutaan lebih.

Tapi batik besurek yang dipajang ini adalah batik tulis. Tentu saja harganya jauh lebih mahal. Batik ini tentu saja dibuat memakan waktu yang lama jadi wajar saja harganya mahal. Apalagi dikerjakan sendiri, oleh tangan.

Bagi kolektor dan penyuka batik, harga tidak akan menjadi kendala. Membeli batik yang berkualitas bagus dan langka adalah sebuah kepuasan tersendiri bagi seorang kolektor.

Kalo kamu kolektor batik apa bukan? kalo saya sih iya, tapi batik yang biasa saja. Belum mampu beli batik yang mahal-mahal.

Kalo lihat batik besurek tersebut, tentulah sebagai masyarakat Bengkulu sangat bangga dan senang dengan Besurek. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada para pembuat, pendesain, pengrajin besurek yang terus mengembangkan batik besurek agar tertap lestari. Dikenal dan tersebar hingga kemana-mana.  Saya juga punya pengalaman seru menggunakan batik besurek pada Munas Sastrawan Indonesia 2016  bulan lalu. 

Apalagi di dunia digital sekarang ini. Publikasi dan promosi akan lebih mudah, kita bisa menyebarkan informasi kain besurek ini secara mudah dan cepat ke seluruh dunia. 

Kalo sudah melihat gambar di atas, gimana? Percayakan, bahwa batik besurek itu juga punya pesona dan keindahan tak kalah dengan kain batik dari daerah lain. 

Mari sama-sama kita lestraikan dan pakai besurek pada setiap kesempatan terutama dalam rangka mempromosikan budaya Bengkulu dimana saja kita berada

Salam, Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tantangan #NulisSerempak dari #BloggerBengkulu tentang #BatikBesurekBengkulu 


13 comments

Aaaaah bagus banget itu yang batik tulisnya Mba. Sayang gak bisa dateng ke expo-nya.

Reply

Iya, saya aja mau bnaget euy

Reply

bagian penyebarnya sajaah

Reply

Kain batiknya cantik-cantik semua. Tiap daerah punya batik dengan motif dan ciri khas tertentu ya :)

Reply

Batiknya ngegemesin banget ya ampuuuunnnn jadi pengen beli masa :(

Reply

Hai mba. Kain Besurek yang hitam panjang warna hitam putih itu yang kmrn dipajang di Bentara BUdaya Jakarta mba. Senangnya bisa liat langsung :)

Reply

Batiknya bagus-bagus banget dari yang warna gelap, sentuhan emas dengan kesan glamour, dan warna-warna yang ceria pun ada.

Reply

Pameran Batik Besureknya seru itu mbak, btw motif batiknya juga cantiks hhee

Reply

Senang banget ada pamerannya

Reply

Batiknya keren2 mbaa, aku pernah datang ke sanggar pembuatan batik betawi, bikinnya susah ternyataaa

Reply

Aku g sempat ikut pameran kemarin, seru ya mba cantik cantik batiknya. Itu kebanyakan batik tulis ya? Sampe nyambung gitu ya? Kalo batik cp bisanya motifnya pendek pendek dan sama, karena berupa cetakan mkanya kalau btik tulis harganya melambung tinggi ya.

Reply

Cantik-cantik batiknya ya... semoga acara seperti ini, bisa terus diadakan setiap tahun ..

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.